restoran
13 Oct 2023

6 Tips Sebelum Mengunjungi Restoran Berkonsep Fine Dining

Sekarang ini, terdapat pengajuan kartu kredit termudah untuk berbagai hal, seperti menunjang hobi dan meningkatkan gaya hidup. Salah satu yang perlu kamu coba yaitu mengunjungi restoran fine dining yang mewah.

Fine dining restaurant memiliki konsep yang berbeda dari tempat makan biasa atau casual restoran. Pada tempat tersebut, pengalaman menyantap makanan akan lebih berkesan dengan suasana dan pelayanan yang tertata.

Biasanya, fine dining restaurant banyak dipilih untuk menghabiskan momen bersama pasangan, acara penting, hingga bertemu dengan rekan bisnis. Tertarik mengunjunginya? Jangan lewatkan informasi lengkap yang harus kamu ketahui.

Apa itu Fine Dining Restaurant?

Restoran dengan konsep fine dining memang banyak diperbincangkan saat ini. Tidak semua orang dapat merasakan suasana makan di restoran ini. Mulai harga yang tinggi, untuk mengunjungi restoran juga perlu direncanakan jauh-jauh hari.

Dikutip dari fortuneidn, fine dining adalah istilah yang mengacu pada gaya makan formal. Konsep ini menyuguhkan pengalaman yang mewah mulai makanan, peralatan makan, hingga interior yang ditampilkan.

Restoran ini memiliki urutan penyajian yang terdiri dari hidangan pembuka, utama, hingga hidangan penutup. Selain itu, terdapat beberapa perbedaan mencolok dari restoran pada umumnya, seperti beberapa hal berikut ini:

●     Mengedepankan Privasi

Konsep restoran memiliki suasana yang lebih tertutup. Dalam satu ruang, biasanya hanya terdiri dari beberapa meja. Hal tersebut dikarenakan restoran membatasi jumlah pengunjung untuk menjaga kesan eksklusif. Suasana yang dihadirkan pun lebih tenang dan berkelas.

●     Hidangan yang Menarik

Sesuai dengan kelasnya, restoran selalu mengedepankan bahan berkualitas dalam setiap sajian. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan hidangan dari chef yang berpengalaman.

Makanan pun disajikan dalam tampilan yang menarik. Berbagai detail kecil sangat diperhatikan sebelum makanan tiba ke meja pelanggan.

●     Pelayanan dan Dekorasi yang Mewah

Tidak hanya soal sajian, pelayanan dan dekorasi yang disuguhkan juga tak kalah mewah. Penampilan pramusaji hingga pegawai yang menyambut kita di pintu juga mengenakan seragam yang rapi.

Dengan berkunjung di restoran ini, kamu akan merasakan sensasi menyantap makanan yang elegan, mewah, dan berkelas. Hal ini berbeda pada restoran secara umum yang lebih santai atau informal.

Informasi di atas hanyalah penjelasan singkat dan beberapa keunggulan fine dining restaurant. Ketika mengunjunginya, kamu bisa merasakan suasana mewah dan formal yang lebih berkesan.

6 Tips Penting saat Mengunjungi Fine Dining Restaurant

Setelah mengetahui penjelasan secara umum, kini saatnya kamu mempersiapkan diri untuk berkunjung ke restoran.

Seperti yang telah disebutkan, fine dining restoran memiliki konsep yang berbeda. Oleh karena itu, terdapat beberapa aturan dan tata cara khusus ketika kamu berkunjung. Jangan sampai salah, mari simak tips berikut ini:

●     Berpakaian Rapi

Dikutip dari themanual, restoran kelas atas memiliki aturan dalam hal berpakaian. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga suasana restoran yang formal dan eksklusif.

Kamu biasanya diharuskan memakai pakaian formal atau semi formal seperti jas dilengkapi dasi. Sementara itu, gaun lebih direkomendasikan untuk perempuan.

Oleh karena itu, kamu perlu mencari tahu apakah restoran yang dipilih mengharuskan hal ini. Jangan sampai kamu putar balik dan menghabiskan waktu karena salah dress code.

●     Ketahui Cara Melipat Serbet dengan Benar

Melipat serbet juga harus mengikuti aturan yang ada. Lipatlah menjadi dua, dan hadapkan bagian lipatan ke arahmu. Dalam menghapus noda, lakukanlah dengan menepuk pelan dan tidak menyeretnya.

Pastikan bekas noda tertutup pada bagian dalam serbet. Jadi, tetap jaga area makan dan peralatan bersih serta tidak berantakan.

 

●     Penggunaan Gelas

Hal sederhana seperti cara menggunakan gelas juga perlu diketahui. Saat kita minum dari gelas, kamu harus memakai sisi yang sama persis hingga acara makan selesai.          

Memakai sisi gelas yang sama dapat menjaga kebersihan dari lipstick ataupun bekas bibir. Selain itu, jangan lupa untuk meletakkan gelas pada tempat yang sama seperti awal disajikan.           

Selanjutnya, kamu tidak boleh bersorak atau mendentingkan gelas. Hal tersebut akan merusak gelas, terutama jika bahan yang digunakan adalah kaca yang super halus. Semakin minim suara yang timbul akan semakin baik dalam menyantap sajian fine dining.

●     Menjaga Kebersihan Piring saat Berkunjung

Kebersihan piring adalah hal yang penting, terutama pada bagian tepi. Hal ini dilakukan untuk menghormati staff yang akan membersihkan piring kita dari meja.

Bagian tepi yang kotor dapat merepotkan staf yang harus mengambil piring dari sisi tepi. Oleh karena itu, hal ini tidak boleh dianggap sepele.

Selain itu, kamu bisa menempatkan makanan yang tidak termakan di bagian kiri atas pada piring. Contohnya seperti kulit buah, tulang ikan, dan sebagainya. Lalu, kamu dapat meletakkan mentega dan saus di bagian kanan bawah piring.

●     Etika itu Penting

Etika dalam menyantap makanan di fine dining restaurant adalah aturan wajib. Salah satunya yaitu jangan pernah mengatakan bahwa kamu akan ke kamar mandi.

Hal ini tampak biasa jika kita makan di restoran pada umumnya. Namun, hal ini tidak sopan pada acara santapan yang formal. Sebaiknya, kamu mengatakan “permisi” jika hendak ke kamar mandi.

Salah satu etika penting lainnya yaitu menyisakan sedikit makanan tersisa di piring. Dikutip dari orami, hal ini menunjukkan bahwa kamu menikmati hidangan. Selain itu, hal ini menandakan bahwa hidangan yang disajikan tidak kurang dan memiliki porsi yang cukup.

●     Jangan Lupa Reservasi

Sebagian besar fine dining restaurant tentu memakai sistem reservasi. Hal ini karena mereka memiliki kapasitas yang lebih sedikit dan eksklusif daripada restoran biasa.

Ketika reservasi, kamu akan mendapatkan berbagai informasi lengkap mengenai restoran. Mulai dari ketentuan, aturan, hingga informasi menu.

Selain itu, biasanya terdapat minimal pembelian atau minimum order yang perlu dipenuhi. Tenang saja, kamu dapat mengunjungi restoran mewah ini dengan credit card, lho. Tentunya, dengan syarat pengajuan kartu kredit yang praktis.

Jadi, jangan sampai salah informasi, ya. Bila perlu, kamu dapat menanyakan berbagai hal ketika reservasi.

Tips di atas akan membuat pengalaman menyantap makanan di restoran fine dining lebih mengesankan. Selain itu, kamu tidak perlu takut melakukan kesalahan baik dresscode dan table manner yang digunakan.

Pengalaman mengunjungi fine dining restaurant kini dapat terealisasi dengan Kartu Kredit Digital digibank. Kartu kredit ini adalah yang pertama di Indonesia. Kamu tidak perlu khawatir karena terdapat berbagai keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan.

Kamu dapat Apply Kartu Kredit Digital digibank dan Approval dalam 60 detik. Selain itu, kamu bisa manfaatkan fitur digibank PayLater hingga 60 bulan melalui Aplikasi digibank by DBS.

Melalui Kartu Kredit Digital digibank, kamu dapat merasakan pengajuan kartu kredit termudah yang pernah ada. Mari tingkatkan gaya hidup dengan mengunjungi restoran fine dining bersama credit card ini.

Kartu kredit ini masih memiliki banyak keunggulan yang dapat kamu ketahui di sini. Apply kartu juga gampang dilakukan. Ayo ajukan sekarang.