6 Tips Memilih Kamera Mirrorles Sebelum Membeli Kredit
10 Jan 2022

6 Tips Memilih Kamera Mirrorles Sebelum Membeli Kredit

Saat ini kredit pinjaman online menjadi solusi keuangan terpercaya dan mudah bagi seluruh lapisan masyarakat. Bahkan dana pencairannya pun bisa mencukupi banyak kebutuhan, salah satunya untuk hobi fotografi kamu.

Seperti yang kita ketahui, kamera mirrorless perlahan menggeser popularitas kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex). Namun, kamu harus mengetahui bahwa kamera mirrorless saat ini tersedia untuk profesional dan juga untuk yang sekedar hobi saja. Jadi kamu harus tahu cara memilih kamera yang tepat.

Apa Itu Kamera Mirrorless?

Sesuai dengan namanya, mirrorless adalah tipe kamera tanpa cermin. Yang kami maksud cermin di sini yaitu kamera ini bisa kamu gonta-ganti lensanya tanpa adanya cermin yang biasanya terdapat pada kamera DSLR.

Karena tidak menggunakan cermin, kamera mirrorless menjadi lebih ringkas dan ringan. Itulah kenapa, kamera ini sangat cocok untuk kamu yang hobi fotografi karena pas di kantong yang kecil.

Kamera mirrorless memiliki viewfinder yang canggih karena kamera ini tidak menggunakan cermin seperti DSLR. Bahkan beberapa tahun belakangan ini, viewfinder pada kamera mirrorless semakin matang dan canggih.

Kamera mirrorless pertama kali dikenalkan oleh Epson R-D1 pada tahun 2004 silam. Pada masa itu, kamera ini masih belum bisa mengungguli kepopuleran kamera-kamera DSLR yang populer pada masanya tersebut.

Pada tahun 2008, kemudian Panasonic meluncurkan kamera mirrorles bernama Panasonic Lumix DMC-G1. Kamera dari Panasonic ini mengawali kebangkitan era mirrorless yang saat ini berhasil menggeser kepopuleran kamera DSLR.

Kelebihan Kamera Mirrorless

Sebelum kami jelaskan tips memilihnya, alangkah baiknya kami jelaskan kelebihannya terlebih dahulu. Berikut sudah kami rangkum apa saja kelebihan-kelebihannya di bawah ini:

  1. Ukurannya Kecil dan Enteng

Pada zaman kamera DSLR sedang jaya-jayanya, semakin canggih kamera tersebut bodinya pun semakin besar. Tapi tidak demikian halnya dengan kamera mirrorless yang tetap kecil dan ringkas.

Kamera mirrorless mudah saat digenggam dan dibawa kemana-mana. Ukurannya pun tidak menjadi patokan kualitas dan kecanggihannya. Kamera ini sangat cocok sekali untuk hobi maupun profesional.

  1. Kualitas Preview Gambar Tergolong Akurat

Kamera mirrorless memiliki viewfinder yang lebih bagus dari kamera DSLR. Viewfinder adalah sebuah fitur pada kamera yang digunakan untuk membidik objek yang akan difoto. Semakin akurat viewfinder tersebut maka hasil foto pun akan semakin bagus.

Hasil viewfinder kamera mirrorless akan menyesuaikan setting pada kamera kamu. Berbeda dengan kamera DSLR, saat kamu setting pada bagian shutter, ISO, dan aperture maka viewfinder tidak akan menampilkan hasil setting tersebut.

Pada kamera DSLR, kamu harus mengambil gambar terlebih dahulu untuk melihat setting yang sudah kamu ubah. Sementara pada kamera mirrorless, viewfinder yang digunakan adalah viewfinder elektronik yang menampilkan gambar sesuai setting.

  1. Memiliki Titik Fokus yang Akurat

Salah satu alasan kenapa kamera mirrorless memiliki hasil yang bagus yaitu karena titik fokusnya yang akurat. Kamera tersebut dapat menampilkan titik-titik fokus yang detail. Di sisi lain, kamera yang satu ini juga tidak menghasilkan suara yang keras seperti kebanyakan kamera DSLR.

Suara yang keras dari kamera DSLR dihasilkan dari cermin yang menjadi salah satu komponennya. Hal tersebutlah yang juga menjadi alasan kenapa kamera mirrorless ini lebih tahan lama dan juga awet.

Tips Memilih Kamera Mirrorless untuk Hobi

Sebelum kamu mengajukan kredit pinjaman sebaiknya simak terlebih dahulu tips yang akan kami bagikan di sini. Pasalnya, kamera mirrorless untuk hobi dan kamera untuk profesional memiliki jenis dan harga yang berbeda-beda.

Jadi, jangan asal pilih, ya. Berikut kami jelaskan tipsnya di bawah ini:

  1. Kenali Tipe Kamera Mirrorless untuk Hobi

Saat ini ada banyak sekali merk kamera mirrorless yang ada di pasaran. Beberapa merek yang sudah punya nama besar seperti Sony, Fuji, dan Canon. 3 nama tersebut mungkin sudah tidak asing juga di telinga kamu.

Masing-masing merek memiliki banyak sekali varian tipe kamera mirrorless. Range harganya mulai dari Rp5.000.000an hingga Rp50.000.000 tergantung spesifikasinya.

Jika kamu ingin memilih kamera untuk hobi, sebaiknya pilihlah tipe dengan range harga Rp10.000.000an. Menurut kami, kamera mirrorless pada range tersebut memiliki spesifikasi yang tidak ‘nanggung’ untuk hobi fotografi kamu.

Sedangkan tipe di atas Rp30.000.000-an biasanya sudah masuk ke dalam kategori kamera profesional. Tipe tersebut hanya kami rekomendasikan jika kamu ingin membuka bisnis jasa fotografi profesional.

  1. Memperhatikan Tipe Sensor Kamera

Ada beberapa tipe sensor kamera yang saat ini ada di pasaran. Sensor kamera berpengaruh pada gambar yang dihasilkan. Adapun tipe-tipenya yaitu APS-C, medium dan full frame. Jenis sensor standar untuk kamera mirrorless yang saat ini populer yaitu APS-C.

Namun, jika kamu punya budget lebih, kami menyarankan untuk memilih sensor kamera full frame. Perlu kamu ketahui, sensor full frame dapat menghasilkan kualitas gambar yang bagus dan lebih luas jangkauannya.

Kamera mirrorless full frame saat ini ditawarkan di atas Rp10.000.000an. Meski begitu, APS-C juga masih tergolong bagus untuk kebutuhan hobi dan juga video dokumentasi. Hanya saja dari segi detail sensor full frame jauh lebih baik.

  1. Ketersediaan Lensa

Sebelum membelanjakan uang dari kredit online untuk kamera, cek ketersediaan lensa terlebih dahulu. Untuk 3 merek yang kami sebutkan di atas, yaitu Sony, Fuji dan Canon, ketersediaan lensanya tergolong banyak.

Umumnya pabrikan akan memberikan satu paket kamera lengkap dengan satu lensa saat kamu membelinya. Tapi sayangnya, lensa bawaan biasanya kurang mantap dibandingkan dengan lensa yang dijual terpisah.

Ada banyak jenis lensa mulai dari lensa fix, tele, dan masih banyak lainnya. Semakin bagus kualitas lensa, gambar yang dihasilkan pun akan semakin beragam.

Meski begitu kamu tetap bisa menggunakan lensa dari merek lain jika merk kamu tidak menyediakan lensa yang lengkap. Caranya adalah dengan menggunakan lensa adapter sesuai dengan merk lensa yang akan kamu pasang.

  1. Cek Fitur Kamera

Saat ini fitur merupakan bagian yang penting untuk kamu perhatikan saat akan membeli kamera mirrorless. Semakin banyak fitur yang ditawarkan, maka akan memperkaya eksplorasi user yang menggunakannya.

Salah satu contohnya yaitu fitur wifi dan NFC. Kamera yang sudah memiliki dua fitur tersebut akan mempermudah penggunanya yang ingin mengirim gambar ke internet maupun ke perangkat lain seperti handphone, laptop, dan lainnya.

Selain itu, ada juga fitur yang dapat mempercantik gambar seperti milik kamera Fuji. Kamera mirrorless dari Fuji sudah didukung dengan fitur Classic Chrome yang dapat mempercantik kualitas gambar yang dihasilkan.

  1. Perhatikan Harga

Seperti yang kami singgung sebelumnya, range harga kamera mirrorless cukup beragam. Maka dari itu, sebelum mengajukan kredit pinjaman untuk membelinya, silahkan survey harga terlebih dahulu.

Cek harga yang sesuai dengan budget kamu dan juga sesuai dengan kemampuan pembayaran kredit. Kamera pada range Rp10.000.000 hingga Rp20.000.000 sudah lebih dari cukup untuk hobi kamu.

Harga di atas juga sudah cocok untuk kamu yang ingin menuju ke level profesional. Pasalnya, kamera pada range harga tersebut sudah masuk ke dalam kategori semi profesional.

  1. Layanan Purna Jual

Poin terakhir yang harus kamu perhatikan sebelum membelinya adalah ketersediaan layanan purna jual kamera tersebut. Pastikan ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi ketika kamera tersebut bermasalah.

Selain itu, kamu juga harus tahu kemana klaim garansi saat kamera baru yang kamu beli bermasalah.

Rekomendasi Pinjaman Bunga Rendah Aman dan Terpercaya

Berencana untuk mengajukan kredit pinjaman untuk membeli kamera mirrorless? Saat ini kamu bisa mengajukannya secara online. Salah satunya yaitu dengan menggunakan digibank KTA.

digibank KTA adalah solusi tepat untuk yang ingin mengajukan kredit online bank. Pasalnya, DBS menawarkan pencairan hingga puluhan juta. Cocok sekali untuk kamu yang sedang mencari tambahan biaya membeli kamera mirrorless.

Pinjaman dari digibank by DBS ini tidak memerlukan agunan atau kredit tanpa agunan (KTA). Persyaratannya mudah dan proses pencairannya pun cepat.

Proses pengajuannya juga sangat mudah sekali. Begitu juga dengan proses pencairan yang akan langsung diproses atau dicairkan ke rekening DBS milikmu. Selain itu, ada dua cara pengajuan baik untuk nasabah dan juga non nasabah yang akan kami bahas juga di artikel ini.

Kenapa Harus di digibank by DBS?

Kredit tanpa agunan dari digibank ini sangat cocok bagi yang ingin mengajukan pinjaman untuk membeli kamera mirrorless. Bank DBS Indonesia sebagai bank yang menaungi berkomitmen mengedepankan digibank sebagai digital banking terbaik dengan kelebihan-kelebihan sebagai berikut:

  • Proses pengajuan pinjaman bisa melalui Aplikasi digibank by DBS di handphone atau langsung melalui situs go.dbs.com/kta
  • Proses approval hanya memakan waktu 60 detik saja.
  • Pencairan dana dari digibank by DBS ini hingga Rp80.000.000 dan proses pencairan langsung ke rekening digibank by
  • Suku bunganya terbilang kompetitif yaitu mulai dari 0,95% saja per bulannya
  • Pinjaman KTA dari digibank by DBS sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Cara Pengajuan Pinjaman di DBS

Seperti yang kami singgung sebelumnya, ada dua cara pengajuan pinjaman di digibank by DBS. Proses pengajuan pertama yaitu untuk nasabah digibank by DBS dan kedua untuk non-nasabah. Berikut langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mengajukan Pinjaman untuk Nasabah

  • Silahkan download Aplikasi digibank by DBS di Play Store atau App Store.
  • Masuk ke menu utama aplikasi.
  • Cari kemudian pilih menu “Personal Loan” yang ada pada menu utama.
  • Lengkapi data diri pada aplikasi.
  • Silahkan tunggu konfirmasi selama 60 detik saja.
  • Pilih limit pinjaman sesuai kebutuhan.
  • Pilih tenor pinjaman sesuai kemampuan finansial.
  • Pencairan dana langsung cair secara real-time hingga Rp80.000.000 ke rekening digibank.

Cara Pengajuan Pinjaman Untuk Non Nasabah

  • Silahkan apply terlebih dahulu melalui situs go.dbs.com/kta.
  • Tunggu proses approval maksimal 60 detik saja.
  • Setelah pengajuan disetujui, silahkan download Aplikasi digibank by DBS di handphone.
  • Lanjutkan verifikasi biometrik dengan agen dari digibank by DBS terdekat.
  • Pencairan dana langsung ditransfer ke rekening digibank milikmu dengan besaran mencapai Rp80.000.000.

Produk KTA dari digibank by DBS menawarkan solusi dana cepat untuk membeli kamera mirrorless. Pencairan dana kredit online bank yang besar memberi kamu keleluasaan saat ingin memilih produk kamera sesuai dengan keinginan. Yuk, langsung ajukan sekarang juga!

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS