4 Kelebihan Deposito Valas yang Bikin Kamu Tetap Cuan

4 Kelebihan Deposito Valas yang Bikin Kamu Tetap Cuan

Berinvestasi sejak muda kini bukan lagi menjadi pembicaraan wow ya. Mayoritas anak muda sudah tahu bahwa berinvestasi sejak dini bisa memberi harapan yang lebih baik di kala tua. Namun tak sedikit lho yang masih bingung harus mulai investasi dari mana.

Berbagai risiko yang muncul saat berinvestasi seringkali menjadi penghambat seseorang untuk mulai berinvestasi. Ditambah lagi banyak yang masih ragu untuk mulai berinvestasi karena masih belum stabilnya keadaan ekonomi global. Banyak yang takut buntung karena salah memilih atau mengelola investasi.

Eit tapi jangan salah lho. Dinamika ekonomi dunia tak semestinya menjadi penghambat buat berinvestasi mulai dari sekarang. Kamu hanya perlu memilih instrumen investasi yang minim resiko tetapi tetap memberi peluang untuk mendapatkan cuan seperti memilih investasi mata uang asing dengan membuka deposito valas.

Deposito valas adalah simpanan uang dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan mata uang asing atau valas. Kamu bisa memilih mata uang asing yang ingin didepositokan sesuai dengan target penggunaan anggaran yang ingin dipakai. Sebagai contoh, bila ingin berinvestasi untuk rencana liburan ke Eropa, kamu bisa membuka deposito valas dengan mata uang Euro (EUR).

Ada banyak kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi lewat deposito valas. Beberapa di antaranya adalah:

1. Daya Tahan terhadap Inflasi

Investasi dalam mata uang asing lebih banyak dipilih lantaran dianggap lebih tahan terhadap inflasi. Apalagi bila kamu memilih membuka deposito untuk mata uang yang tahan banting seperti Dolar Amerika (USD), YEN dan EUR.

Pada saat ekonomi dunia tidak stabil seperti sekarang, perdagangan internasional dan nilai barang tetap mengacu pada mata uang utama seperti USD. Membuka deposito dolar akan memberi kamu kesempatan untuk menjaga aset saat kurs rupiah melemah terhadap dolar. Meski begitu, kamu tetap harus ingat untuk selalu mendiversifikasi investasi dalam berbagai instrumen ya. 


2. Selisih Nilai Tukar

Membuka deposito valas akan lebih menguntungkan terutama untuk kamu yang terbiasa melakukan transaksi dan mendapatkan income dalam bentuk mata uang asing. Jadi kamu tidak perlu menukar valas dan menginvestasikan kembali dalam bentuk rupiah.

Saat berinvestasi dengan membuka deposito valas, kamu berpeluang mendapatkan cuan dari selisih nilai tukar yang akan kamu peroleh saat jangka waktu deposito berakhir. Biasanya trend nilai tukar mata uang asing utama seperti dolar mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dengan begitu kamu bisa mendapat cuan dari selisih nilai tukar.

 
3. 
Fleksibel 

Berinvestasi dengan membuka deposito valas memberi kamu keleluasaan dalam mengatur rencana penggunaan dana. Kamu bisa menyesuaikan jangka waktu deposito sesuai dengan target yang ingin dicapai. Deposito valas biasanya tersedia dalam jangka waktu yang fleksibel.

Sebagai contoh, saat membuka deposito valas lewat aplikasi digibank by DBS, kamu bisa memilih tenor deposito untuk jangka panjang dan jangka pendek. Aplikasi digibank by DBS menyediakan tenor mulai dari 1-12 bulan yang membuat kamu bisa merencanakan penggunaan dana kapan saja.

 
4. 
Aman 

Hal yang tak kalah penting dan harus menjadi catatan bahwa deposito valas merupakan pilihan investasi yang aman dan tahan banting. Kamu tidak perlu khawatir asetmu menguap tak berbekas karena deposito valas merupakan bentuk investasi amin karena dijamin oleh Lembaga Penjamin SImpanan (LPS).

Dengan adanya jaminan LPS kamu bisa lebih tenang berinvestasi, Eits, tapi harus diingat ya bahwa LPS hanya memberi jaminan untuk simpanan atau investasi dengan nilai maksimal Rp 2 miliar.  Jadi, jangan lupa menghitung jumlah dana yang kamu investasikan dengan mengkonversi nilainya dalam rupiah ya.

Berbagai kelebihan yang bisa didapat dengan membuka deposito valas ini membuat investasi ini makin banyak digemari. Ditambah lagi, belum berakhirnya pandemi akibat penyebaran virus Corona membuat banyak yang masih menahan rencana perjalanan ke luar negeri. Jadi daripada dana yang sudah disiapkan menganggur di rekening, lebih baik diinvestasikan dengan membuka deposito valas.

Sekarang membuka deposito valas amatlah mudah. Kamu bahkan bisa melakukannya hanya dari satu aplikasi tanpa perlu repot pergi ke cabang bank. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi digibank by DBS dan memanfaatkan fitur deposito valas.

Membuka deposito valas di digibank by DBS lebih mudah dan praktis karena memang dirancang untuk memenuhi gaya hidup masyarakat zaman now yang lebih suka kepraktisan. Kamu juga bisa mendapatkan banyak manfaat membuka deposito valas dari aplikasi digibank by DBS.

Berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat melakukan investasi deposito valas lewat digibank by DBS:

  • Deposito dapat dibuka dalam 10 mata uang asing yaitu USD, SGD, AUD, EUR, GBP, CAD, CHF, HKD, JPY dan  NZD
  • Penempatan di DBS bank bisa dilakukan mulai dari US$ 100 dengan suku bunga kompetitif.
  • Kamu bebas memilih jangka waktu penempatan Deposito sesuai rencana penggunaan. Deposito valas di digibank by DBS tersedia mulai dari 1 bulan hingga 1 tahun
  • Akses 24/7, klik di aplikasi, Kamu bisa melakukan transaksi pembukaan rekening deposito dolar di manapun dan kapanpun tanpa harus  datang ke kantor cabang DBS Bank.

Setelah mengetahui berbagai kelebihan berinvestasi dengan investasi mata uang asing dalam bentuk deposito valas, sekarang waktunya eksekusi. Jangan sampai niat baikmu batal karena menunda untuk memulai. Apalagi sekarang membuka deposito valas menjadi lebih mudah lewat aplikasi digibank by DBS. Kamu hanya perlu mengambil gawai, mendownload aplikasi,dan menggerakkan jari mengikuti instruksi di aplikasi.

Oiya, agar proses pembukaan deposito valas berjalan lancar, jangan lupa untuk mengkonversi terlebih dahulu rupiah yang ada di rekeningmu menjadi mata uang asing yang ingin kamu pilih untuk membuka deposito ya. Jangan lupa pastikan juga bahwa kamu memilih tenor sesuai kebutuhan karena pencairan deposito hanya bisa dilakukan sesuai jangka waktu yang sudah dipilih ya. Selamat berinvestasi. ***

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /