4 Hal yang Wajib Kamu Tahu Saat Merintis Usaha Ekspor

4 Hal yang Wajib Kamu Tahu Saat Merintis Usaha Ekspor

Hadirnya marketplace di berbagai belahan negara menjadi babak baru dalam perdagangan barang dan jasa. Kini, transaksi jual beli lintas negara menjadi hal yang biasa. Perkembangan ini memberi kesempatan pada para pengusaha lokal skala kecil menengah (UKM) di Tanah Air merintis bisnis ekspor impor.

Kamu tentu juga bisa memanfaatkan peluang ini untuk serius mulai merintis usaha ekspor. Dengan pengemasan digital yang baik, maka sejumlah celah pasar internasional dapat dimasuki dengan skala yang disesuaikan dengan kemampuan usaha.

Saat memutuskan memasuki pasar ekspor harus diingat bahwa kamu tak hanya perlu memikirkan urusan penjualan. Kamu juga perlu mempertimbangkan likuiditas, biaya transportasi dan harga pokok penjualan. Termasuk pengelolaan risiko yang timbul dalam biaya asuransi.

Bukan hanya itu, menjalankan bisnis ekspor impor juga harus memahami regulasi negara yang dituju. Termasuk kearifan budaya masing-masing negara seperti tata krama dalam komunikasi hingga perbedaan zona waktu.

Nah agar niatmu merintis usaha di bidang ekspor makin moncer, sebelum memutuskan menggarap pasar ekspor kamu harus mempertimbangkan berbagai aspek yang akan muncul. Sedangkan yang paling penting adalah target setelah memasuki pasar ekspor.

Agar sukses dalam memperluas pasar ekspor ini mulus maka beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

 

1. Pelajari segmen market yang digarap

Bertarung di pasar ekspor membuat kompetisi atas produk tidak hanya dengan sesama pengusaha dalam negeri. Adu kualitas harus dijalankan dengan ragam pengusaha dari seluruh dunia yang menyasar segmen yang sama. Karena itu kamu harus berupaya untuk menyesuaikan kualitas produk dengan target market yang disasar.

 

2. Siapkan pengemasan fisik yang baik

Penampilan visual menjadi langkah awal sebelum memenangkan pasar ekspor.  Penampilan visual ini baik dalam katalog digital maupun kemasan fisik saat barang dikirimkan.

Pengemasan yang baik memungkinkan terjadinya repeat order dari konsumen yang sama. Bahkan bukan tidak mungkin memberi pengalaman yang baik kepada konsumen sehingga mendorong penjualan lebih luas. Testimoni yang baik dari konsumen bisa membangun kepercayaan sehingga memperoleh rekomendasi lanjutan.

 

3. Luwes dalam komunikasi namun tegas dalam kontrak

Perdagangan ekspor impor melibatkan kepercayaan transaksi lintas batas. Untuk itu dibutuhkan keluwesan dalam menjalankan komunikasi bisnis. Sikap luwes ini akan membuat pola komunikasi dengan pembeli atau pemasok menjadi lebih cair.

Akan tetapi sikap luwes ini harus berbeda dalam kontrak transaksi. Perjanjian dagang yang disepakati harus sedetail mungkin dan mencakup semua risiko yang dapat saja terjadi. Pembahasan detail ini mulai dari urusan kepabeanan, biaya tidak terduga yang timbul hingga kelonggaran maksimal atas pembayaran.

Kamu juga perlu menyiapkan perjanjian pemilihan pihak ketiga seperti pengadilan atau arbitrase saat terjadi masalah dalam transaksi.

 

4. Pilih penyelenggara sistem keuangan terpercaya

Sejumlah biaya akan timbul baik saat ekspor maupun saat impor lintas negara. Kamu bisa saja dikenakan biaya pengiriman barang, cukai hingga bea masuk yang harus ditanggung. Untuk itu kamu perlu mempersiapkan rekening valas yang dapat diakses 24 jam tanpa harus repot untuk otorisasi ke cabang terdekat.

Saat memulai bisnis ekspor kamu akan sering memanfaatkan layanan Remittance. Remittance adalah layanan transfer yang disediakan oleh bank untuk mengirim uang dalam bentuk valuta asing (valas) ke luar negeri. Jadi saat membuka rekening valas, kamu harus pastikan bahwa bank yang dipilih memiliki reputasi bagus dan melayani urusan remitansi.

 

Salah satu perbankan yang menyediakan kemudahan remittance dan  transaksi valas adalah DBS Bank. Apalagi sekarang kamu bisa mengakses seluruh layanan perbankan dari DBS Bank melalui Aplikasi digibank by DBS. Di aplikasi ini kamu bahkan diberikan fasilitas gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara tanpa perlu datang ke cabang. 

Kini, urusan remittance kapan saja dan di mana saja untuk segala kebutuhan bisnis atau pribadi menjadi lebih mudah dengan Aplikasi digibank by DBS. Kamu juga bisa kirim uang ke luar negeri untuk keluarga, kerabat atau bisnis partner tinggal klik Aplikasi digibank by DBS.

Lewat Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa merasakan manfaat maksimal transfer valas antara lain:

  • Akses 24 jam tanpa harus datang ke cabang. Kamu tinggal klik langsung dari Aplikasi digibank by DBS
  • Gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara tujuan dengan 7 mata uang yaitu UGD, SGD, AUD, EUR, HKD, CADA, dan GBP
  • FX Rate terkini dengan nilai tukar yang kompetitif. Di digibank by DBS kamu juga bisa mendapatkan FX Rate juara karena selalu mengikuti perkembangan nilai tukar yang berlaku setiap hari sehingga transaksi menjadi lebih hemat.
  • Dana yang dikirim sampai di hari yang sama. Tentu kirim uang ke luar negeri dapat sampai di hari yang sama bila transfer ke luar negeri dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan atau cut off time.

Aplikasi digibank by DBS juga mendukung layanan transfer mata uang asing dengan sistem SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication). Layanan SWIFT memberikan kemudahan bagi kamu untuk melakukan pengiriman uang ke negara manapun di seluruh dunia yang tergabung dalam ekosistem keuangan global itu.

Jadi tunggu apalagi, bagi kamu yang ingin menggarap pasar ekspor, download Aplikasi digibank by DBS untuk mendukung dan mempercepat bisnis kamu melintasi pasar lintas negara. ***

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /