Usaha Kuliner
12 Apr 2023

10 Perlengkapan Usaha Kuliner Beli Pakai Kartu Kredit Online

Salah satu cara agar bisnis kuliner kamu semakin ramai pembeli adalah dengan menambah perlengkapan usaha yang bisa menunjang kebutuhan bisnis! Kamu bisa membelinya pakai Kartu Kredit Online, agar lebih praktis dan mudah.

Melengkapi peralatan untuk bisnis kuliner akan membuat aktivitas usahamu semakin efisien. Perlengkapan tersebut bisa membuat proses produksi lebih cepat dan terjamin kebersihannya. Dengan begitu, kamu dapat memenuhi permintaan konsumen sesuai ekspektasi mereka.

10 Perlengkapan untuk Usaha Kuliner

Setiap jenis bisnis memerlukan perlengkapan yang berbeda. Dalam usaha kuliner, kamu tentu akan membutuhkan peralatan masak, kemasan, dan alat pendukung lainnya. Sebagian alat pasti sudah kamu miliki, sebagian yang lain belum tersedia, atau ada tapi kondisinya sudah rusak.

Sudah saatnya mendata barang-barang inventaris usaha kulinermu. Periksa apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Kemudian lengkapi peralatan yang masih kurang. Berikut ini daftar 10 perlengkapan yang perlu dimiliki pengusaha kuliner:

●       Peralatan Masak

Lengkapi peralatan masak di dapur kafe atau restoran kamu. Peralatan seperti pisau, food processor, oven, kompor, wajan, mixer, spatula, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sesuaikan peralatan masak yang kamu beli dengan jenis hidangan yang kamu jajakan. Apakah makanan utama, dessert, atau camilan. Contohnya jika produk usahamu kue dan roti, kamu pasti perlu meng-upgrade oven dan menambah mixer. Begitu juga dengan jenis makanan lainnya, agar semua alat masak terpakai dengan baik.

●       Peralatan Makan

Selain peralatan masak, lengkapi juga alat makan seperti piring, mangkok, gelas, sendok, sumpit, dan garpu. Pilih desain alat-alat makan yang seragam. Misalnya serba putih, hitam, atau full color. Sesuaikan dengan konsep bisnis kuliner kamu.

Kamu bisa membeli peralatan makan satu set agar warna dan desainnya seragam. Kunjungi toko peralatan rumah dan gunakan Kartu Kredit Online supaya kamu mendapatkan banyak promo.

●       Lemari Pendingin

Lemari pendingin wajib dimiliki oleh pengusaha kuliner, untuk menyimpan bahan makanan yang mudah basi atau rusak. Seperti telur, susu, sayuran, dan bahan makan yang lain. Bahkan sebaiknya kamu menambahkan freezer untuk menyimpan daging dan ikan agar terjaga kesegarannya.

Selain itu kamu juga bisa membeli cooler box untuk memudahkanmu membawa makanan atau minuman dingin. Cooler box mampu menjaga makanan dan minuman tetap dingin dan segar saat dibawa pergi. Kamu akan membutuhkan cooler box ketika berjualan di luar toko.

●       Etalase

Etalase merupakan wajah dari outlet usaha kamu. Penataan etalase yang rapi dan menarik bisa mengundang konsumen untuk membeli. Karena itu sebaiknya upgrade etalase tempat usahamu dengan yang lebih canggih, misalnya etalase pendingin.

Bagi kamu yang berjualan kue dan dessert, etalase pendingin akan menjaga makanan tetap dingin. Selain etalase pendingin ada juga jenis etalase standar, tapi pilih yang modelnya menarik. Kalau perlu kamu memesan etalase secara custom, agar bisa disesuaikan dengan layout di restoran atau café.

●       Lemari dan Rak

Lengkapi tempat usaha kuliner kamu dengan lemari dan rak. Lemari berfungsi menjadi tempat menyimpan bahan-bahan kering, peralatan masak, dan stok persedian lainnya. Sedangkan rak ditaruh di bagian depan toko, dipakai untuk menyimpan produk.

Rak dijadikan tempat untuk memajang produk jualan, agar terlihat lebih menarik. Pastikan kamu mengukur dulu luas tempat usaha sebelum membeli lemari dan rak. Supaya kamu membeli dengan ukuran yang pas. 

●       Kursi dan Meja

Kursi dan meja menjadi perlengkapan yang penting untuk bisnis kuliner. Terutama buat kamu yang memiliki konsep bisnis restoran atau café yang menyediakan layanan dine in. Persiapkan meja dan kursi dalam jumlah yang sesuai dengan luas tempat usaha.

Pilih desain kursi dan meja yang masuk dengan konsep café kamu. Apakah minimalis, klasik, industrial, dan lain sebagainya. Meskipun tempat usahamu berupa outlet, tetap sediakan meja dan kursi yang lebih minimalis. Supaya konsumen atau kurir online bisa duduk menunggu dengan nyaman. 

●       Kemasan

Buat kemasan makanan yang menarik untuk produk yang dipesan take away.  Desain kemasannya secara khusus, karena kemasan juga bisa menjadi strategi branding bisnis.

Ciptakan bungkus kemasan yang unik, estetik, dan menggugah selera. Kemasan yang cantik bisa memikat mata konsumen dan akhirnya memutuskan membeli makanan.

Sekarang ini cukup mudah untuk memesan bungkus kemasan secara custom. Cari inspirasi desain dan bentuk kemasan. Kemudian bawa rancangan desain tersebut ke tempat percetakan. Usaha kulinermu jadi memiliki kemasan eksklusif yang khas.

Namun di samping desain, yang pertama perlu kamu pastikan adalah kualitas kemasan. Pastikan kemasan tersebut bisa menjaga makanan atau minuman di dalamnya dengan baik. Tidak mudah rusak, lepas, tumpah, atau bocor. Sehingga konsumen bisa membawa makanan dan minuman dengan aman.

●       Vacuum Packager

Untuk kamu yang juga menawarkan produk makanan dalam kemasan, sebaiknya beli vacuum packager. Alat ini akan membuat makanan atau minuman tersimpan dalam wadah yang kedap udara. Menjaga kualitas makanan untuk beberapa hari ke depan.

Vacuum packager dan sealer merupakan alat pengemasan yang penting bagi pengusaha kuliner online. Karena produk makanan yang harus dikirim melalui jasa ekspedisi bisa tetap segar saat diterima oleh konsumen.

●       Mesin Kasir

Mencatat penjualan kini semakin mudah dengan mesin kasir yang beroperasi secara digital. Perhitungan akurat dan pencatatanya jadi otomatis. Kamu tidak perlu lagi membuat nota dan mencatat penjualan secara manual. Sistem kasir digital akan membuat perhitungan yang terkadang melelahkan ini, jadi lebih efisien.

Tidak ada salahnya untuk membeli mesin kasir dengan sistem digital sebagai barang inventaris bisnis. Kini sudah ada mesin kasir yang berukuran compact, kamu bisa membelinya menggunakan Kartu Kredit. Sebaiknya daftar Kartu Kredit Online dan nikmati beragam promo menarik.

●       Alat Kebersihan

Alat kebersihan juga merupakan perlengkapan bisnis kuliner yang amat penting. Karena pengusaha kuliner harus menjaga kebersihan tempat usaha. Memastikan dapur, etalase, dan tempat makan customer tetap higienis.

Konsumen akan lebih memilih tempat makan yang tampak bersih dan rapi. Sebab hal tersebut bisa menjadi jaminan bahwa makanan yang diolah juga terjaga kebersihanya. Karena itulah lengkapi peralatan kebersihan di toko dan segera beli yang baru jika ada peralatan yang rusak.

Itu dia 10 perlengkapan usaha kuliner yang perlu kamu persiapkan. Lengkapi peralatan yang dibutuhkan, ganti peralatan rusak dengan yang baru! Upgrade peralatan lawas yang kamu miliki dengan alat-alat baru yang sudah dilengkapi teknologi canggih!

Lengkapi Kebutuhan Usaha Kuliner Pakai Kartu Kredit Online

Mengembangkan bisnis kuliner memerlukan tambahan peralatan. Dengan begitu, aktivitas bisnis jadi lebih efisien. Sebagai saran, kamu bisa membeli semua barang di atas menggunakan Kartu Kredit. Selain lebih praktis, transaksi menggunakan Kartu Kredit memiliki banyak promo menarik.

Saran terbaik yang bisa kamu pertimbangkan saat ini adalah daftar Kartu Kredit Online! Nah, adapun rekomendasi terbaik untukmu yaitu Kartu Kredit Digital digibank by DBS Sebab, produk Kartu Kredit satu ini menawarkan segudang kelebihan dan keuntungan.

Sebagai Kartu Kredit Digital pertama di Indonesia, Kartu Kredit Digital digibank menawarkan beberapa kelebihan dan keuntungan sebagai berikut:

●     Approval 60 Detik

Kartu Kredit Digital ini hanya butuh waktu 60 detik untuk diketahui approval-nya.

●     Bisa Langsung Digunakan

Setelah verifikasi sukses, kamu akan mendapatkan 2 jenis Kartu Kredit, yaitu digital dan fisik. Khusus untuk Kartu Kredit Digital bisa langsung digunakan. Namun untuk Kartu Kredit Fisik dengan nomor berbeda bisa diterima selambat-lambatnya 14 hari kerja.

●     Mudah untuk Dikontrol

Pengaturan limit belanja bisa disesuaikan dan diatur atau dikontrol dengan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS.

●     Atur & Monitor 24/7

Aktivasi Kartu Kredit Fisik digibank, pembuatan PIN, informasi transaksi, maupun penukaran Poin Rewards bisa diakses kapan saja lewat Aplikasi digibank by DBS.

●     digibank Pay Later

Kamu bisa mengubah transaksi jadi bentuk cicilan sampai 60 bulan, kapanpun dan dimanapun lewat Aplikasi digibank by DBS. (Pastikan Kartu Kredit Fisik sudah diaktifkan)

●     Gratis Iuran Tahun Pertama

Kamu akan dibebaskan dari iuran tahun pertama kalau sudah belanja paling tidak Rp1 juta dalam 60 hari pertama setelah Kartu Kredit di-approve.

Itulah keunggulan yang bisa kamu peroleh dari Kartu Kredit Online ini. Tertarik untuk apply sekarang juga untuk miliki perlengkapan usaha kuliner? Ketahui informasi dan cara apply kartu kreditnya di sini.