monitor gaming
08 Jan 2024

10 Hal yang Harus Diperhatikan saat Beli Monitor Gaming

Kebiasaan bermain game rasanya sudah menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat. Bahkan Kominfo merilis data dimana pada tahun 2021 menunjukkan jumlah pemain game di Indonesia mencapai 170 juta orang dan 53,4 juta diantaranya merupakan PC gamers

Untuk bermain game PC tentu membutuhkan PC gaming yang dapat menunjang. Salah satu komponen penting dari PC gaming sendiri adalah monitornya. Kamu perlu memastikan untuk memilih monitor game yang mumpuni. Dengan apply kartu kredit, kamu bisa mendapatkan monitor PC dengan spesifikasi terbaik.

10 Tips Memilih Monitor Gaming dengan Apply Kartu Kredit

Untuk memilih monitor PC yang tepat, kamu perlu mengetahui beberapa tips dan fiturnya terlebih dahulu seperti berikut ini:

●     Resolusi

Resolusi merupakan fitur utama pada setiap monitor. Resolusi dapat mengukur lebar dan juga tinggi layar dalam bentuk piksel atau dalam kata lain elemen gambar yang merupakan titik kecil dari cahaya yang dapat menyusun suatu gambar.

Misalnya sebuah layar dengan resolusi 2560 X 1440 berarti memiliki total 3.686.400 piksel. Terdapat beberapa kelas dalam hal resolusi, diantaranya, 1920 X 1080 yang disebut dengan Full HD, 2560 X 1440 yang disebut Quad HD, 3840 X 2160 yang disebut Widescreen Quad HD atau 4K Ultra HD, dan masih banyak lagi.

Semakin tinggi resolusi monitor, maka akan semakin meningkat juga detail gambar saat bermain game. Dengan resolusi yang tinggi, maka ruang desktop pun semakin luas.

●     Resolusi Natif

Layar monitor modern memiliki jumlah piksel tetap yang menentukan resolusi natifnya pula. Semakin rendah resolusinya, objek pada layar pun akan terlihat lebih buram, ruang layar akan menyusut, atau bahkan munculnya garis-garis yang disebabkan oleh interpolasi.

●     Pengaturan Skala

Perlu kamu ketahui bahwa pengaturan skala pada layar Windows dapat membuat ukuran teks dan juga elemen tata letak meningkat namun ruang pada layar menurun. Itu mengapa penting bagi kamu untuk menentukan dan mengatur skalanya.

●     Ukuran Layar & PPI

Biasanya, produsen akan mengukur layar secara diagonal. Semakin besar ukuran layar, semakin menentukan pula ukuran resolusinya. Maka dari itu, semakin luas ruang layarnya, tentu akan memberikan pengalaman bermain game yang semakin maksimal.

Namun kamu juga perlu mempertimbangkan kenyamanan mata dan pengaturan desktop. Karena jika terlalu dekat, hanya akan membuat matamu merasa tidak nyaman.

●     Rasio Aspek

Rasio aspek merupakan proporsi antara lebar dan tinggi, misalnya rasio 1:1, 4:3, 16:9, 21:9, dan masih banyak lagi. Untuk monitor game yang modern biasanya didukung dengan rasio aspek yang lebar hingga ultra lebar.

●     Ultra Lebar

Untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih maksimal, monitor ultra lebar adalah pilihan yang tepat. Ini karena layar ultra lebar dapat lebih mengisi pandangan dan tentunya memperluas sudut pandangmu.

Dengan pengajuan kartu kredit, tentu kamu dapat memiliki layar ultra lebar sesuai dengan kebutuhanmu.

●     Warna

Tak jarang para gamers menggunakan dua monitor berbeda yang berdampingan untuk bermain game. Untuk membuatnya semakin nyaman, pastikan untuk memilih monitor yang dapat menyuguhkan tampilan warna yang sama atau setidaknya hampir mirip.

Cek ketajaman warna, tingkat warna hitam, tangga warna, hingga tingkat kontras untuk dijadikan sebagai pertimbangan.

●     High Dynamic Range (HDR)

Monitor HDR dapat menampilkan gambar yang lebih kontras dan terang, tujuannya untuk mempertahankan detail, baik di area yang gelap maupun terang. Jadi pastikan kamu memilih monitor HDR agar dapat bermain game dengan lebih maksimal.

●     Tingkat Refresh

Maksud dari hal ini adalah frekuensi keseluruhan layar untuk memperbaharui gambar. Dengan tingkat refresh yang lebih tinggi, tentu akan membuat gerakan yang ada pada layar terlihat lebih halus.

●     Waktu Respon

Waktu respon adalah waktu yang dibutuhkan piksel di monitor untuk dapat berubah warna dalam hitungan milidetik. Semakin rendah waktu responnya, maka gerakan yang ada pada layar pun semakin terlihat buram atau kabur, begitupun sebaliknya.

10 Hal yang Diperhatikan sebelum Membeli Monitor Game

Ada sejumlah aspek yang perlu diperhatikan sebelum membeli monitor game. Apa saja itu? Berikut adalah daftarnya:

●     Pilih Ukuran yang Pas

Pastikan kamu membeli monitor gaming yang ukurannya memang pas dengan setup yang kamu inginkan. Jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil.

●     Mencari Informasi Harga

Kamu juga perlu mencari tahu mengenai informasi harga pasaran untuk monitor gaming. Cobalah untuk membuat perbandingan sederhana dari harga monitor terendah hingga tertinggi.

●     Temukan Toko yang Terpercaya

Penting bagi kamu untuk mencari toko terpercaya yang menjual monitor yang diinginkan. Kamu juga dapat mencari tahu bagaimana pengalaman orang lain setelah membeli di toko tersebut.

●       Buat Perbandingan Spesifikasi

Selain membuat perbandingan harga, kamu juga dapat membuat perbandingan spesifikasi dari setiap pilihan monitor game yang ada. Pastikan juga kamu mengetahui kelebihan dari setiap merek atau tipe monitor. Dengan begitu kamu dapat lebih mudah menentukan monitor mana yang paling cocok.

●       Jangan Tertipu Hanya karena Tampilan

Hindari untuk membeli monitor game hanya karena melihat tampilan keren bagian luarnya saja, karena belum tentu speknya sebagus yang terlihat. Itulah pentingnya untuk memahami betul mengenai berbagai fitur dalam sebuah monitor.

●       Pilih Sesuai Budget

Penting juga bagi kamu menentukan budget yang dimiliki untuk membeli monitor. Dengan begitu kamu akan lebih mudah memilih monitor mana yang paling cocok dengan budget-mu.

Namun gak usah khawatir, dengan adanya kartu kredit, tentu akan mempermudah kamu memiliki monitor yang diinginkan. Pastikan pula syarat pengajuan kartu kredit tidak terlalu merepotkan.

●       Perhatikan Garansi

Karena monitor termasuk alat elektronik, maka kamu perlu memastikan bahwa kamu akan mendapatkan fasilitas garansi setidaknya tiga tahun.

Sudah cukup jelas bukan tips dalam memilih dan membeli monitor game? Kini kamu akan lebih mudah dalam menentukan monitor yang tepat untuk mendukung pengalaman bermain game yang maksimal.

Hal ini bisa didukung dengan adanya fasilitas kartu kredit yang dapat memberikan  banyak keuntungan dan kemudahan. Kartu Kredit Digital digibank cocok menjadi pilihan yang tepat.

Ini merupakan kartu kredit digital pertama di Indonesia. Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan. Kamu bisa apply dan mendapatkan approval dalam 60 detik, kamu juga dapat atur limit belanja sesuai kebutuhan melalui Aplikasi digibank by DBS.

Jika kamu tertarik untuk memilikinya, apply kartu kredit sekarang juga dan nikmati segala kemudahannya! Ingin informasi lebih lengkap? Klik di sini!