Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berinvestasi di Properti
14 May 2020

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berinvestasi di Properti

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berinvestasi di Properti

Tidak bisa dipungkiri, berinvestasi di sektor properti masih dianggap sebagai salah satu jenis investasi yang menguntungkan dibandingkan dengan investasi lainnya. Tapi, harus diakui juga kalau modal yang diperlukan juga lebih tinggi dibandingkan instrumen investasi lain. Oleh sebab itu, untuk mewujudkan keinginan berinvestasi di bidang properti, kebanyakan orang memilih untuk mengambil fasilitas KPR atau kredit pemilikan rumah untuk memiliki rumah impian.

Beberapa orang masih terkesan anti dengan fasilitas KPR yang ditawarkan oleh Bank. Namun membeli properti merupakan langkah yang tepat untuk menginvestasikan kekayaan Anda. Dengan begitu, Anda telah memiliki tabungan yang sangat berguna untuk hari tua nanti

Jika saat ini Anda memiliki cukup modal, ada baiknya Anda mulai berinvestasi properti sebelum harganya semakin melambung tinggi. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa investasi properti tetap memiliki resiko. Resiko yang terberat adalah risiko likuiditas yang mana memiliki properti tidak semudah berinvestasi di produk lainnya karena properti tidak mudah untuk disewakan atau diperjualberlikan kembali. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa kriteria yang membuat properti yang Anda beli memiliki nilai tambah di mata calon pembeli selanjutnya.

Berikut adalah beberapa kriteria penting yang harus Anda perhatikan.

Perhatikan Lingkungan Sekitar Properti Tersebut

Lokasi dan lingkungan sekitar adalah poin penting yang Anda harus perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli properti sebagai investasi.

Jika lokasi rumah atau properti yang akan Anda beli berada di sekitar universitas atau sekolah, maka Anda beruntung sudah menemukan penyewa potensial yang akan menjadi sumber pendapatan tambahan buat Anda.

Pajak Properti yang Harus Dibayarkan

Pajak dari properti juga perlu diperhatikan. Pajak properti antara satu kawasan dengan kawasan yang lain berbeda sehingga Anda harus memiliki informasi yang benar terkait pajak di kawasan properti yang Anda beli. Jangan sampai pendapatan sewa dari properti Anda tidak bisa menutupi besaran pajak yang harus Anda bayar.

Namun, jangan juga terlalu anti dengan nilai pajak yang tinggi. Jika memang properti incaran Anda berada di lokasi yang strategis dan memiliki banyak penyewa potensial, tidak ada salahnya juga untuk tetap membeli properti yang ada disana.

Akses ke Lokasi Strategis dan Sarana Transportasi Terdekat

Masyarakat yang tinggal di sebuah daerah tidak hanya membutuhkan tempat tinggal, tetapi juga membutuhkan berbagai hiburan dan berbagai fasilitas yang lain. Oleh karena itu, bisa dipastikan kalau properti yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan, mall, bioskop dan sarana transportasi umum adalah idaman semua orang. Namun, karena permintaan yang tinggi, biasanya properti yang berada di kawasan tersebut akan memiliki harga lebih mahal dibanding dengan kawasan yang lain dengan jenis properti yang sama.

Rencana Pengembangan di Masa Depan

Sebuah properti tidak hanya dinilai dari situasinya saat ini saja, tetapi juga rencana pengembangan di masa depan. Jika daerah tersebut akan dibangun gedung apartemen, mall, dan sekolah berkualitas, maka daerah tersebut memiliki potensi pertumbuhan yang sangat baik.

Penting untuk mengetahui bahwa pengembangan kawasan di masa depan juga bisa memiliki potensi merugikan buat properti yang Anda beli. Misalnya saja, jika pengembang tidak memiliki rencana untuk membuka ruang terbuka hijau, daya saing dari properti Anda bisa turun dan kehilangan penyewa potensial.

Dengan poin-poin diatas, Anda dapat menemukan jenis properti terbaik untuk disewakan dengan lebih mudah. Jangan sampai uang yang sudah Anda kumpulkan setelah sekian lama untuk membayar KPR menjadi tidak ada artinya hanya karena membeli properti yang salah. Namun, bagaimana jika Anda sudah menemukan properti yang tepat tapi uang Anda belum terkumpul? Apakah Anda harus melewatkan kesempatan untuk membeli properti idaman?

Tentu tidak. Anda bisa memanfaatkan KPR bunga kompetitif yang ditawarkan oleh Bank DBS Indonesia, yang disebut dengan DBS Home Loan. Dengan DBS Home Loan, Anda bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp20.000.000.000,- (dua puluh milyar Rupiah) dengan bunga yang kompetitif, proses pengajuan yang disederhanakan serta dukungan dari Home Advice Specialist (HAS) yang berpengalaman. Cukup mengisi formulir yang ada di sini