Pinjaman modal usaha
27 Feb 2023

5 Tips Memilih Pinjaman untuk Modal Usaha

Memiliki impian membuka bisnis akan jadi kenyataan dengan mengajukan pinjaman uang di bank. Salah satu sumber kapital yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda adalah Kredit Tanpa Agunan atau KTA.

Kemajuan teknologi di zaman sekarang membuat pengajuan pinjaman semakin cepat dan mudah. KTA pun bisa diajukan secara online. Sudah banyak bank di Indonesia yang menawarkan jenis pinjaman ini, salah satunya DBS KTA.

Apapun bentuk dan pilihan industri bisnis Anda, Anda bisa mencoba mengajukan KTA online untuk mendanai usaha asalkan sudah memenuhi persyaratan yang tertera. Terdapat beberapa tips untuk memilih pinjaman agar prosesnya lancar.

5 Tips Memilih Pinjaman untuk Modal Usaha

KTA online merujuk pada sebuah produk perbankan, dapat diakses dan diajukan oleh siapapun yang memenuhi syarat secara online. Sebelum mengirim berbagai dokumen yang dibutuhkan kepada pihak bank, ketahui dulu tips pilih dan cari pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

●     Kenali Rincian dan Kelayakan Usaha Anda

Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu bentuk dan jenis usaha yang ingin dirintis. Begitu pula bila Anda ingin memperluas jangkauan bisnis dengan membuka cabang.

Evaluasi perkembangan bisnis Anda dan apa saja yang dibutuhkan sekarang. Dari hal ini, Anda setidaknya memiliki estimasi dana dan kebutuhan. Lalu, informasi ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk memilih pihak bank atau pemberi pinjaman mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ketahui pula rasio utang terhadap ekuitas saat mengajukan pinjaman. Jika pinjaman yang diajukan memiliki rasio terlalu tinggi, maka perkembangan bisnis bisa saja menjadi tidak aman dan tidak stabil. Kontemplasi kebutuhan dan kemampuan finansial Anda dan bisnis untuk menghindari hal ini.

●     Pilih Bank yang Terdaftar di OJK

Semakin berkembang teknologi, semakin banyak juga pihak pemberi jaminan atau bank yang menawarkan KTA online. Nah, banyaknya pilihan ini membuat pembentukan keputusan bisa saja terhambat.

Pasalnya, Anda perlu mempertimbangkan dan riset mengenai banyak hal. Salah satu cara pintasnya adalah membuat daftar bank atau pemberi pinjaman yang sudah terdaftar di OJK.

Kemudian, riset mengenai syarat dan aturan mereka karena setiap bank memiliki persyaratan dan aturan yang berbeda dalam menyetujui pengajuan pinjaman tanpa agunan.

●     Lakukan Perbandingan Pilihan KTA Online

Setelah membuat daftar pemberi pinjaman yang menurut Anda sesuai, langkah selanjutnya adalah membandingkan setiap aturan yang ditetapkan oleh bank. Anda dapat mencari segala informasi terkait ini di website resmi bank.

Alternatif lain, gunakan website yang menyediakan jasa membandingkan daftar pemberi pinjaman. Perhatikan batas limit modal usaha yang bisa Anda dapatkan, proses pengajuan, besaran suku bunga yang berlaku, masa cicilan, penalti telat bayar, dan lainnya.

Anda harus cermat dengan beberapa hal di atas. Soalnya, sembarang memilih KTA online dengan bunga yang tinggi dapat membuat proses pelunasan semakin sulit.

Anda juga dapat bertanya pada kerabat atau teman yang telah menerima KTA dari bank tertentu dan jangan lupa untuk meminta informasi detailnya pada Customer Service bank untuk informasi yang lebih akurat.

●     Cek Kelengkapan Dokumen Anda

Setelah memilah pemberi pinjaman mana yang Anda inginkan, sekarang saatnya untuk melengkapi setiap dokumen dan pendukung lainnya yang menjadi syarat dasar mengajukan pinjaman. Proses mungkin berlangsung dalam beberapa hari.

Tidak apa. Lebih baik Anda mengajukan pinjaman kepada pemilik bank dengan proses yang transparan dan jelas, daripada memilih pemberi pinjaman dengan iming-iming proses cepat tapi tidak menjelaskan detail apa saja yang diperlukan.

 

Perhatikan juga jenis dokumen yang diminta. Jika informasi di dalamnya terlalu personal dan dapat mengancam keselamatan data finansial Anda, tanyakan kejelasan mengenai kegunaan dokumen tersebut.

Pada umumnya, jenis dokumen yang diminta berupa e-KTP, NPWP, surat izin usaha, slip gaji atau bukti penghasilan, dan lainnya tergantung dengan peraturan bank tujuan.

●     Kalkulasi dan Lakukan Simulasi Kredit KTA

Masa atau jangka waktu cicilan KTA menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan secara matang. Sebelum Anda menetapkan hal ini, pastikan Anda telah menghitung dan melakukan simulasi kredit KTA.

Hal ini bisa Anda hitung dengan kalkulator sendiri atau memakai website yang menyediakan perhitungan dan simulasi tenor. Yang perlu Anda perhatikan adalah jumlah penghasilan bersih, baki kredit, angsuran pinjaman lain (jika ada), bunga KTA, dan sejenisnya.

Jangan memilih tenor yang pendek jika kemampuan finansial belum bisa menutupi setiap kebutuhan Anda dan Usaha yang lain. Sebab, telah bayar cicilan dapat membuat rekam jejak kredit menjadi lebih berisiko. Hal ini akan menghambat Anda untuk mengajukan pinjaman selanjutnya.

Setelah mendapat pinjaman, jangan hanya fokus pada perkembangan usaha Anda saja. Untuk memudahkan proses pembayaran cicilan, buatlah jadwal dan kelola anggaran Anda dengan ketat.

Keuntungan Menggunakan Pinjaman untuk Modal Usaha

Selain pengajuan yang mudah dan cepat, masih ada keuntungan lain dalam menggunakan pinjaman untuk modal usaha. Ada apa saja?

●     Bisnis Bisa Langsung Dimulai atau Dikembangkan

Proses pencairan dana yang cepat membuat rencana bisnis milik Anda bisa segera direalisasikan. Pasalnya, tidak sedikit calon pengusaha kehilangan momentum mereka di saat dana pinjaman cair dalam jangka waktu yang lama.

Anda hanya perlu menunggu 3 hingga 5 hari kerja agar dana bisa langsung dipakai setelah tanda tangan kontrak pinjaman dengan bank tujuan. Jika Anda ingin segera mewujudkan bisnis, ajukan pinjaman sekarang.

●     Tidak Perlu Ada Payroll dari Bank

Sekarang, KTA online memungkinkan setiap pemilik usaha untuk mengajukan pinjaman tanpa harus menjadi nasabah bank tertentu. Tidak seperti dulu, di mana hanya nasabah eksklusif yang mendapatkan hak ini.

Hanya dengan memenuhi setiap persyaratan dari bank, Anda sudah bisa menikmati sumber modal cepat dengan proses yang transparan. Perlu diperhatikan bila pihak perbankan memakai sistem skor kredit dan menilai kelayakan Anda melalui rekam jejak kredit sebelumnya.

●     Batasan Dana yang Besar

Pada umumnya, bank penerbit memberikan dana pinjaman hingga ratusan juta rupiah. Limit yang besar ini dapat membantu Anda dalam memulai atau mengembangkan usaha yang dipunya dari awal.

Tidak perlu lagi memusingkan sumber dana terkait pembelian lahan, konstruksi bangunan atau sewa, membayar gaji karyawan, serta membeli kebutuhan alat yang diperlukan untuk usaha Anda.

Wujudkan Bisnis Anda dengan Pinjaman Uang di Bank

Manfaatkan tips memilih pinjaman di atas untuk memilah pemberi pinjaman mana yang cocok dengan kebutuhan usaha Anda. Jika Anda sedang cari pinjaman modal usaha tanpa jaminan, dapatkan banyak keuntungan dengan DBS KTA.

Setiap tips di atas telah dimiliki oleh DBS KTA. Bunga rendah? Mulai dari 0.88% saja per bulan. Limit pinjaman besar hingga Rp300 juta, proses approval hanya 3 sampai 5 hari kerja, jangka waktu cicilan disediakan sampai 36 bulan.

Untuk mengajukan pinjaman uang di bank, Anda hanya perlu menyiapkan dan mengunggah e-KTP dan NPWP secara online. Pastikan Anda berdomisili di area Jabodetabek, memiliki penghasilan minimal Rp5 juta, dan limit kredit bank lain setidaknya Rp10 juta. Untuk info lebih lanjut, kunjungi tautan berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page.

 

Apply DBS KTA