Pernyataan Umum

Nasabah mengerti bahwa produk – produk yang tidak terdapat pada situs ini adalah bukan produk DBS Indonesia. Bila nasabah tertarik atau berminat pada produk yang terdapat di situs lainnya, akan menjadi tanggung jawab nasabah sendiri.

 

Pernyataan produk Reksa Dana

Investasi melalui Reksa Dana mengandung risiko, termasuk kemungkinan berkurang/hilangnya pokok investasi. Calon pemodal wajib membaca dan memahami prospektus dan atau dokumen penawaran lainnya sebelum memutuskan untuk berinvestasi melalui Reksa Dana.

Reksa Dana merupakan produk pasar modal, Bukan deposito dan Bukan merupakan produk Bank, tidak dijamin oleh PT Bank DBS Indonesia serta tidak termasuk dalam program penjaminan pemerintah. Bank hanya bertindak sebagai agen penjual Reksa Dana. Kinerja masa lalu bukan merupakan jamininan kinerja masa depan. Nilai dari Reksa Dana dapat naik atau turun berdasarkan kondisi pasar.

 

Pernyataan untuk produk Obligasi

Obligasi adalah produk pasar modal, bukan produk bank dan bukan merupakan tabungan atau deposito, sehingga obligasi tidak dijamin oleh bank serta tidak termasuk dalam cakupan obyek program penjaminan simpanan. Investasi dalam obligasi mengandung risiko, termasuk kemungkinan berkurang/hilangnya pokok investasi. Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan kinerja masa depan. Harga obligasi dapat naik atau turun tergantung kondisi pasar.

 

Pernyataan untuk produk Currency Linked Investment

Currency Linked Investment (“CLI”) mengandung risiko nilai tukar mata uang. Produk ini tidak dijamin oleh PT Bank DBS Indonesia atau afiliasinya, serta tidak termasuk dalam cakupan program penjaminan simpanan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

CLI adalah investasi non-tradisional dan bukan merupakan tabungan dan/atau deposito konvensional/biasa. CLI berhubungan dengan opsi mata uang yang memberi Bank hak untuk membayar jumlah pokok dan imbal hasil pada saat jatuh tempo dalam mata uang alternatif. Semua atau sebagian dari bunga yang diterima dalam CLI merupakan premium dari opsi mata uang.

Dengan berinvestasi dalam CLI, nasabah memberi Bank hak untuk dapat membayar pada tanggal di masa depan dalam mata uang alternatif yang berbeda dari mata uang awal investasi, tanpa melihat apakah nasabah bermaksud untuk dibayar dalam mata uang tersebut saat itu. CLI tergantung pada fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang dapat mempengaruhi tingkat pengembalian investasi nasabah. Nasabah harus merasa nyaman untuk memiliki mata uang alternatif pada saat jatuh tempo, jika tidak, jika nasabah ingin menukarkan dananya kembali ke mata uang dasar, jumlah yang diterima dapat berkurang sangat besar dari jumlah investasi awal. Dalam keadaan terburuk, penurunan yang sangat besar dalam mata uang alternatif terhadap mata uang dasar dapat mengakibatkan kerugian total investasi awal dan imbal hasil.

CLI bukan merupakan tabungan dan/atau deposito biasa/konvensional dan/atau pengganti dari tabungan dan/atau deposito biasa/konvensional. Calon nasabah disarankan untuk  memperoleh pendapat dari penasihat keuangan profesional sebelum berinvestasi dalam CLI. Jika calon nasabah memilih untuk tidak melakukannya, calon nasabah harus mempertimbangkan, memahami, dan mengerti bahwa CLI cocok untuk calon nasabah.

Calon nasabah diwajibkan memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup serta telah mendapatkan saran terpisah dari penasihat keuangan profesional untuk melakukan penilaian sendiri atas manfaat-manfaat dan risiko-risiko dari transaksi jenis ini dan calon nasabah tidak diperkenankan sama sekali untuk bergantung pada informasi, nasehat atau saran dalam bentuk apapun dari PT Bank DBS Indonesia (“Bank”), para pejabat dan karyawannya termasuk pihak-pihak yang terkait dengan Bank.