Wajib Tahu! Do & Don’t Investasi Reksadana Saham
03 Aug 2023

Wajib Tahu! Do & Don’t Investasi Reksadana Saham

Jika Anda berminat untuk berinvestasi dalam saham namun belum memiliki cukup keberanian untuk memulai, salah satu solusi terbaiknya adalah dengan memilih Reksadana Saham.

Investasi satu ini menawarkan potensi keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan jenis investasi Reksadana lainnya. Sehingga banyak digunakan para investor.

Namun perlu Anda ketahui bahwa berinvestasi pada instrumen satu ini juga memiliki risiko yang cukup besar. Maka dari itu, sebelum benar-benar terjun ke investasi ini, Anda perlu memahami hal-hal penting berikut ini.

Ketahui Pengertian Reksadana Saham

Reksadana merupakan sekumpulan instrumen investasi yang dikelola oleh Manajer Investasi dengan tujuan untuk memudahkan para investor dalam berinvestasi. Anda sebagai investor tidak perlu kerepotan mengelola dana investasi secara langsung karena ini menjadi tugas Manajer Investasi tersebut.

Untuk instrumen satu ini, cara kerjanya yaitu dengan menempatkan minimal 80 persen dana investasi ke dalam bentuk saham. Selebihnya, Manajer Investasi akan mengelola dan menginvestasikannya dengan cara membeli dan menjual saham dengan menggunakan strategi Manajer Investasi itu sendiri.

Keuntungan Besar, Risiko Tinggi? Ini Penjelasannya

Sudah cukup banyak orang yang mulai tertarik dengan investasi satu ini karena dinilai memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan berinvestasi saham secara mandiri atau langsung.

Dikatakan lebih aman karena terdapat Manajer Investasi yang sudah berpengalaman dan kompeten dalam investasi saham, sehingga dapat mengelola dana investasi Anda dengan baik melalui proses jual beli saham.

Manajer Investasi akan menentukan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli saham sehingga investor mendapatkan keuntungan yang semaksimal mungkin. Selisih dari terjadinya kenaikan atau penurunan harga jual beli saham merupakan keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Perlu Anda ketahui, apabila pasar investasi ini sedang bersahabat, potensi keuntungan yang bisa diraih dapat mencapai 15% hingga 20% per tahun. Sangat menarik bukan?

Persentase potensi keuntungan tersebut tentu lebih tinggi jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya. Namun perlu Anda ingat bahwa potensi keuntungan yang besar sepadan dengan risiko yang akan dihadapi.

Harga saham yang fluktuatif merupakan risiko yang perlu Anda hadapi. Sekalipun ada Manajer Investasi, namun Anda juga tetap harus memiliki strategi pengelolaan risiko yang tepat dan mengetahui cara untuk menganalisis kinerja dari investasi yang baik.

Do & Don’t Saat Investasi Reksadana Saham

Agar Anda mendapatkan keuntungan investasi yang diharapkan, berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan:

●       Tentukan Tujuan Investasi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan tujuan keuangan yang ingin dicapai dengan melakukan investasi tersebut. Dengan adanya tujuan, akan lebih mudah untuk menentukan pilihan instrumen investasi yang cocok bagi Anda.

Selain menentukan tujuan, hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah membaca kondisi pasar dan potensi di masa depan. Sehingga Anda dapat mengambil keputusan secara lebih matang dan juga tepat.

●       Sesuaikan dengan Profil Risiko Anda

Jika dibandingkan dengan jenis reksadana lain, investasi ini memang menawarkan potensi keuntungan yang lebih tinggi dan cukup menarik. Namun, risiko yang perlu Anda hadapi juga cukup besar karena fluktuasi harga yang sulit untuk diprediksi.

Anda perlu menyiapkan diri untuk menerima konsekuensinya apabila kemungkinan buruk terjadi. Itulah mengapa, sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, pastikan untuk memikirkannya secara matang agar keuntungan yang bisa didapatkan lebih maksimal.

●       Jadikanlah sebagai Investasi untuk Jangka Panjang

Apabila Anda menginginkan atau mencari keuntungan dalam waktu yang cepat, instrumen satu ini bukanlah pilihan yang tepat.

Itu karena harga saham sangatlah tidak menentu sehingga untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, Anda harus menjadikannya sebagai investasi jangka panjang.

●       Lakukan Secara Berkala atau Rutin

Dengan berinvestasi secara berkala atau rutin, potensi Anda mendapatkan keuntungan yang diinginkan menjadi lebih besar, terlebih karena Anda harus menghadapi pergerakan pasar saham yang dapat mengalami kenaikan dan penurunan secara drastis.

Strategi ini juga sangat cocok jika modal Anda tidak terlalu besar. Karena dapat digunakan sebagai persiapan untuk menghadapi kemungkinan penurunan nilai investasi.

Setelah Anda mengetahui apa itu Reksadana Saham dan hal-hal yang harus dilakukan di atas, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda hindari ketika berinvestasi pada instrumen investasi satu ini:

●       Menggunakan Rekening Pribadi

Pada saat Anda baru akan berinvestasi, hal pertama yang akan diminta adalah informasi data pribadi termasuk nama dan nomor rekening. Apabila Anda menggunakan rekening atas nama orang lain, kemungkinan besar akan terjadi masalah di kemudian hari pada saat Anda membeli atau hendak mencairkannya.

Maka dari itu tidak disarankan untuk menggunakan rekening atas nama orang lain untuk menunjang kelancaran Anda dalam berinvestasi.

●       Berinvestasi dengan Melebihi Profil Risiko

Keinginan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal tidak terlepas dari risiko yang mengiringinya. Anda perlu mengetahui profil risiko dari investasi tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda dapat membeli instrumen investasi tersebut sesuai dengan profil risiko yang ada.

Jika berinvestasi melebihi profil risiko, hal ini dapat merugikan diri Anda. Tentu Anda tidak mau bukan jika pada akhirnya harus merugi karena hal yang seharusnya tidak terjadi?

●       Terlalu Terburu-buru Mencairkannya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Reksadana jenis ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Maka dari itu, hindari untuk mencairkannya secara terburu-buru agar Anda tidak merasa rugi nantinya.

Miliki Keuntungan Maksimal dengan Berinvestasi Reksadana  

Setiap orang sangat disarankan untuk berinvestasi sedini mungkin untuk mencapai tujuan keuangan di masa depan. Salah satu bentuk persiapannya adalah dengan investasi Reksadana Saham ini.

Dengan adanya mitra yang tepat, seperti perbankan prioritas DBS Treasures, Anda akan didukung untuk bisa mencapai target tujuan finansial dari keuntungan yang didapatkan, karena investasi Anda akan langsung dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional. Anda juga dapat melakukan diversifikasi secara lebih mudah tapi tetap minim risiko.

Selain itu, Anda juga akan berkesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Dapatkan peluang baru yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Insight tersebut didasari dengan solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Jika Anda tertarik berinvestasi melalui instrumen Reksadana Saham bersama DBS Treasures, pelajari informasi lengkapnya di sini.