Strategi investasi
06 Aug 2022

Strategi investasi untuk bull dan bear market

Ketika pasar bergejolak dan analis investasi memiliki beragam pendapat, sulit memilih strategi investasi yang tepat.

Mengenali bull market dan bear market dapat membantu mengarahkan portofolio Anda, namun ini bukan tugas yang mudah karena terdapat banyak faktor yang terlibat. Anggaplah berinvestasi seperti mendaki. Analisis pasar mirip dengan mempertimbangkan rute perjalanan dan kondisi cuaca yang akan menunjukkan apakah jalan ke depan ringan atau berat.

Perlengkapan mendaki yang Anda miliki dapat diumpamakan dengan alat investasi yang akan digunakan untuk merencanakan portofolio, sementara tingkat kebugaran Anda serupa dengan keterampilan dan sumber daya investasi yang akan menentukan seberapa besar risiko yang bersedia Anda ambil selama pendakian dan perjalanan investasi. Tentunya Anda dapat menganggap tim ahli investasi di Bank DBS sebagai pemandu gunung atau teman mendaki berpengalaman yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kesuksesan pendakian Anda.

Terlepas dari tantangannya, mengenali bull market dan bear market bisa menjadi hal penting dalam memutuskan bagaimana Anda akan menginvestasikan uang. Baca selengkapnya untuk mempelajari cara membedakan bull market dan bear market, serta strategi investasi yang tepat dalam skenario tersebut.


Bagaimana cara mengenali bull market dan bear market?

Pada dasarnya, bull market ditandai dengan harga yang terus naik, sedangkan bear market adalah kebalikannya, yaitu harga yang terus turun. Harga juga harus naik atau turun sekitar 20% untuk memastikan apakah kondisi ini merupakan bull market atau bear market.

Namun, ketika pasar bergejolak, harga dapat berubah arah dengan cepat. Hal ini membuat banyak investor bertanya-tanya apakah bull market atau bear market yang mereka lihat sebelumnya memang terjadi, apakah akan berlanjut, atau bahkan sudah berakhir.

Pada tahap ini, fokuskan perhatian Anda pada alasan sebenarnya perubahan harga – ketidakseimbangan penawaran dan permintaan untuk investasi yang Anda amati. Kita jadikan saham sebagai contoh:
Untuk menilai apakah bull market dan bear market akan berlanjut, perhatikan tanda-tanda berikut.

Ketika permintaan sahamDan penawaran sahamHasilnya
KuatTidak cukupHarga naik
LemahLebih dari cukupHarga turun

Untuk menilai apakah bull market dan bear market akan berlanjut, perhatikan tanda-tanda berikut.

strategi investasi

Bull market sering ditandai dengan tingginya optimisme investor. Investor lebih bersedia untuk berinvestasi di pasar saham, sehingga makin meningkatkan permintaan saham dan harga. Pada masa tersebut, lebih banyak perusahaan juga akan berusaha untuk terdaftar di bursa saham guna memanfaatkan peningkatan permintaan ini.

Bull market juga sering diiringi dengan masa pertumbuhan ekonomi yang sehat. Itulah hal lain yang perlu diperhatikan: data ekonomi positif, pendapatan perusahaan yang kuat, dan angka pengangguran yang rendah.

Dalam bear market, kebalikannya sering terjadi (meskipun tidak selalu). Investor kurang optimis tentang pasar dan cenderung lebih enggan untuk berinvestasi di ekuitas karena harga turun.

Bear market juga bisa bertepatan dengan masa pertumbuhan ekonomi yang melambat. Hal ini ditandai dengan pendapatan perusahaan yang lebih lemah dan tingkat pengangguran yang tinggi. Tanda utama lain dari bear market: Ketika bank-bank sentral besar seperti Federal Reserve Amerika menurunkan suku bunga domestiknya.

Sambung ke Bagian 2 >>

Biarkan kami membimbing Anda

Ketika pasar bergejolak, membangun portofolio investasi yang kuat menjadi sulit dilakukan. Sama seperti mendaki Gunung Kilimanjaro, perjalanan akan lebih menyenangkan dengan perlengkapan mendaki yang sesuai dan pemandu gunung yang berpengalaman.

Apa pun kebutuhan Anda hari ini atau esok, kami menghadirkan solusi kekayaan tepat yang sesuai dengan preferensi dan profil risiko Anda, bahkan saat kebutuhan Anda berubah.

Terdapat produk yang dapat disesuaikan dengan Anda hingga investasi yang dikelola oleh profesional, seperti Reksa Dana, produk terstruktur, pendapatan tetap, dan valuta asing untuk memberikan potensi hasil sesuai tujuan Anda.

Tip:

Dapatkan kendali penuh dengan notifikasi peluang terkini melalui Smart Insights serta rangkaian lengkap fitur Aplikasi digibank by DBS.

Dapatkan advisory yang dipersonalisasi dari Relationship Manager Anda, dipertajam oleh inovasi digital agar Anda yakin mengambil keputusan investasi.

Rencanakan investasi dengan kami untuk solusi finansial komprehensif DBS Treasures
Unduh digibank untuk menikmati kemudahan transaksi investasi dalam mata uang Rupiah maupun Dolar Amerika yang tersedia 24/7
PT Bank DBS Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta merupakan peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)