Strategi investasi

Strategi investasi untuk bull dan bear market (bag 2)

Pasar keuangan telah benar-benar bergejolak pada tahun 2022, dan memilih strategi investasi yang sesuai mungkin tampak lebih menantang ketika pasar bergejolak ini. Pada saat seperti ini, mengenali strategi di pasar bull dan bear dapat membantu Anda menavigasi portofolio Anda.

Apa pun jenis pasar yang kita masuki, ada faktor pribadi dan pasar yang perlu dipertimbangkan sebelum berinvestasi. Setelah Anda mengidentifikasi beberapa perusahaan sebagai calon kandidat untuk berinvestasi, pilih perusahaan tersebut dengan menilai faktor-faktor berikut

strategi investasi

Sebut saja pandemi Covid-19 sebagai contoh. Banyak bisnis terkena dampak buruk dari penghentian pariwisata dan perjalanan udara, serta pembatasan sosial. Bisnis tersebut mencakup maskapai penerbangan, agen perjalanan, perusahaan pelayaran, dan perusahaan makanan & minuman.

Di sisi lain, beberapa bisnis seperti perusahaan produksi peralatan kesehatan, penyedia layanan online, dan e-commerce berkembang pesat di tengah karantina wilayah.

Beberapa investor mungkin tergoda untuk berinvestasi di bisnis yang terdampak berat, dengan meyakini bahwa valuasi rendah bisnis itu akan pulih dan menguntungkan dalam jangka panjang.

Namun dengan parahnya dampak pandemi, Anda perlu meneliti lebih dalam. Nilailah harga saham perusahaan yang mungkin tidak akan pernah kembali ke harga tertinggi sebelumnya, dan jika Anda sudah berinvestasi di dalamnya, pertimbangkan untuk berinvestasi pada perusahaan yang keuangannya lebih kuat.

3 cara untuk berinvestasi di bull dan bear market

3 cara berinvestasi

Dalam bull market, Anda akan berinvestasi karena harga naik.

Jika yakin harga akan terus naik, Anda dapat memilih strategi investasi beli dan tahan. Artinya, Anda membeli dan menahan dengan harapan bahwa makin lama Anda berinvestasi, makin tinggi nilai investasi Anda.

Alternatifnya adalah strategi beli dan tahan yang ditingkatkan, yaitu variasi dari strategi beli dan tahan. Anda terus membeli bahkan saat harga naik. Pertimbangkan strategi ini hanya jika Anda yakin bahwa investasi Anda masih bernilai terlalu rendah dan akan bernilai lebih di masa depan.

Namun, masih akan ada periode volatilitas dan fluktuasi harga bahkan dalam bull market.

Untuk berinvestasi di tengah volatilitas seperti itu, pertimbangkan strategi penambahan saat terjadi retracement (pembalikan harga), yaitu Anda membeli saat terjadi koreksi harga dan menahannya sampai harga kembali pulih. Saat berinvestasi dalam bear market, penurunan di pasar sering kali lebih sulit untuk diidentifikasi dibanding dengan kenaikan. Selain itu, lebih sulit untuk melakukan penilaian dengan tepat ketika dipengaruhi oleh pesimisme dan berita negatif.

strategi investasi

Jadi, ketika berinvestasi dalam bear market, hal yang terpenting adalah mempertahankan pandangan jangka panjang.

Pertimbangkan Dollar Cost Averaging (DCA) atau strategi investasi berkala yang membagi dana Anda menjadi porsi kecil dan menginvestasikan setiap porsi pada interval tetap secara teratur. Hal tersebut akan memberikan lebih banyak saham saat harga lebih rendah dan lebih sedikit saham saat harga lebih tinggi. Strategi ini membantu menurunkan harga pembelian rata-rata Anda dan membuat investasi Anda tidak terlalu rentan terhadap fluktuasi harga. Ketika biaya lebih rendah, keuntungan Anda juga akan meningkat.

Strategi ini juga membantu menyeimbangkan kembali portofolio investasi Anda sesuai target alokasi aset jangka panjangnya. Penyeimbangan kembali sangat penting untuk mempertahankan keuntungan dalam bear market, karena harga beberapa investasi Anda akan turun lebih cepat daripada yang lain sehingga alokasi aset portofolio Anda menjadi tidak seimbang secara keseluruhan.

Misalnya, jika aset pendapatan tetap Anda sekarang memiliki alokasi yang lebih tinggi daripada yang direncanakan awal, penyeimbangan kembali dilakukan dengan menjual sebagian aset tersebut ke ekuitas. Menyeimbangkan kembali portofolio Anda selama bear market juga dapat membantu Anda menuai keuntungan dari pemulihan pasar.

Terakhir, investor harus berhati-hati agar tidak menjual aset karena panik. Jika Anda memiliki cukup uang untuk keluar dari bear market, cobalah untuk tidak terpengaruh oleh pergerakan harga jangka pendek.

<< Kembali ke Bagian 1

Biarkan manajemen kekayaan yang tepat menjadi panduan Anda

Perjalanan investasi Anda akan berbeda dengan perjalanan orang lain. Di DBS Treasures, kami mengelola kekayaan Anda dengan strategi khusus untuk Anda.

Apa pun kebutuhan Anda hari ini atau esok, kami menghadirkan solusi kekayaan tepat yang sesuai dengan preferensi dan profil risiko Anda, bahkan saat kebutuhan Anda berubah.

Terdapat produk yang dapat disesuaikan dengan Anda hingga investasi yang dikelola oleh profesional, seperti Reksa Dana, produk terstruktur, pendapatan tetap, dan valuta asing untuk memberikan potensi hasil sesuai tujuan Anda.

Tip:

Dapatkan kendali penuh dengan notifikasi peluang terkini melalui Smart Insights serta rangkaian lengkap fitur Aplikasi digibank by DBS.

Dapatkan advisory yang dipersonalisasi dari Relationship Manager Anda, dipertajam oleh inovasi digital agar Anda yakin mengambil keputusan investasi.

Rencanakan investasi dengan kami untuk solusi finansial komprehensif DBS Treasures
Unduh digibank sekarang untuk menikmati kemudahan transaksi investasi dalam mata uang Rupiah maupun Dolar Amerika yang tersedia 24/7

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?