4 cara untuk mulai menjelajahi dunia investasi

4 cara untuk mulai menjelajahi dunia investasi

Berinvestasi itu seperti melakukan perjalanan. Anda memutuskan di mana Anda ingin berada. Anda menetapkan anggaran. Anda membuat daftar mengenai apa yang ingin Anda lakukan. Kemudian Anda melihat sumber daya yang Anda butuhkan untuk mewujudkan perjalanan tersebut. Membutuhkan waktu, perencanaan, dan tentu saja, penggunaan dana yang bijaksana.

Namun, tidak banyak hal yang dibutuhkan untuk memulainya. Bahkan, Anda akan terkejut betapa sedikit yang Anda butuhkan untuk mulai menjelajahi dunia investasi. Berikut ini empat cara Anda dapat mulai berinvestasi dengan biaya fleksibel: 

  1. Portofolio yang disusun sendiri: sama seperti merencanakan liburan sendiri

    Menyusun dan mengelola portofolio Anda sendiri sama seperti mengendalikan secara penuh liburan Anda sendiri. Anda menikmati kebebasan untuk memetakan jalur sendiri, meskipun meneliti, merencanakan, membandingkan, dan memilih investasi yang tepat dapat memakan waktu yang banyak.

    Ini bukanlah satu-satunya hal yang perlu Anda pertimbangkan. Seperti halnya anggaran Anda membatasi jumlah tempat yang dapat dikunjungi, anggaran investasi membatasi seberapa banyak Anda dapat mendiversifikasi portofolio.

    Misalnya, Anda hanya dapat membeli saham di bursa dalam hitungan lot berisi 100 lembar saham. Jika satu lot blue-chip berharga Rp100.000.000, beberapa lot ini dapat menghabiskan sebagian besar anggaran Anda. Anda juga perlu mempertimbangkan upaya untuk mengakses investasi tertentu, seperti investasi yang berbasis di AS, yang mungkin memerlukan pengaturan akun khusus atau mengubah pengaturan akun perdagangan Anda.

  2. Reksa Dana: paket tur versi investasi

    Sangat mudah menemukan paket tur untuk mewujudkan perjalanan Anda sesuai preferensi, baik itu bermain ski di Hokkaido atau menyelam di Maladewa.

    Melakukan investasi dalam Reksa Dana sama seperti bergabung dengan paket tur tersebut. Jika pemandu wisata memimpin grup wisata, Reksa Dana dikelola oleh manajer investasi profesional yang mengumpulkan dana dari banyak investor, kemudian mengalokasikannya dalam saham, obligasi, dan aset lainnya. Ini menjadikannya cara yang terjangkau untuk mencapai diversifikasi, karena Anda dapat mulai berinvestasi dengan dana yang fleksibel.

    Namun, Reksa Dana biasanya berfokus pada pasar atau sektor tertentu, seperti halnya bagaimana paket tur berfokus pada kawasan tertentu. Ini membuat investasi Anda terbuka terhadap risiko. Secara global, peristiwa sosial politik berdampak pada nilai investasi di wilayah geografis yang berbeda.

    Selain itu, jika Anda hanya ikut serta saja secara pasif, Anda tidak akan bisa menentukan bagaimana uang Anda diinvestasikan.

  3. Dukungan inovasi digital dengan wawasan para ahli

    Saat ini, sebuah aplikasi wisata dapat memandu Anda dalam menjelajahi berbagai destinasi dan dilengkapi dengan berbagai fitur untuk mempermudah perjalanan. Di sisi lain, wawasan para pemandu lokal juga tetap dibutuhkan, salah satunya untuk mengetahui destinasi yang unik dan belum diketahui banyak orang.

    Begitu pula dengan Aplikasi digibank by DBS yang telah dilengkapi berbagai fitur untuk memonitor, mengelola, dan mengembangkan investasi Anda dari mana saja, kapan saja. Anda dapat melakukan registrasi identitas investor (SID), beli, jual, dan switching Reksa Dana. Ragam produk yang tersedia juga sudah dianalisis oleh Infovesta sebagai pihak independen yang terkemuka, memiliki kategori seperti Reksa Dana Berkinerja Terbaik, Reksa Dana Terpopuler, dan Reksa Dana Scoring Terbaik.

    Agar Anda dapat yakin mengambil langkah investasi, DBS Treasures sebagai mitra manajemen kekayaan tepercaya menghadirkan tim ahli finansial yang mempersonalisasi dan mengkomunikasikan strategi finansial Anda. Tim ini didukung oleh inovasi digital Portfolio Advisory Enablement Tool untuk merancang portofolio sesuai profil Anda dengan cepat dan akurat. Sehingga Anda dapat mengoptimalkan kekayaan pada jalur yang tepat


Diskusikan rencana perjalanan investasi Anda bersama kami

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?