definisi Obligasi
24 Jan 2023

Maksimalkan Untung Obligasi dengan Mengetahui Timing

Apabila Anda tertarik melakukan investasi Obligasi, maka langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu memilih jenis Obligasi yang paling tepat. Memiliki dua jenis, tipe Obligasi yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu Obligasi Pemerintah dan juga Obligasi Korporasi.

Kedua jenis tersebut dibedakan berdasarkan lembaga penerbitnya, apabila Obligasi Pemerintah diterbitkan oleh lembaga pemerintahan, maka Obligasi Korporasi sesuai namanya diterbitkan oleh korporat atau perusahaan.

Instrumen investasi dengan sistemnya yang memperjualbelikan surat utang ini bisa menghasilkan potensi keuntungan yang menarik apabila Anda mempelajari dan mengaplikasikan cara yang tepat selama proses investasi berjalan.

Artikel ini akan membahas tentang cara-cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan keuntungan Obligasi, seperti salah satunya yaitu mempelajari kapan timing atau waktu yang tepat untuk melakukan pembelian Obligasi.

Mengenai cara-cara yang bisa Anda lakukan dalam rangka memaksimalkan keuntungan Obligasi tersebut akan dibahas pada poin-poin di bawah ini.

 

Cara Memaksimalkan Keuntungan Hasil Obligasi

Setidaknya terdapat tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan keuntungan hasil dari investasi Obligasi. Cara-cara tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Memilih Penerbit Terpercaya

Agar bisa mendapatkan potensi keuntungan dalam jumlah yang besar, pastinya Anda perlu terlebih dahulu memastikan bahwa penerbit yang hendak Anda pilih merupakan penerbit terpercaya.

Dari dua jenis Obligasi berdasarkan lembaga penerbitnya, Obligasi yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah cenderung memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan Obligasi atau surat utang yang dikeluarkan oleh lembaga perusahaan.

Hal ini didasari dengan fakta bahwa surat utang negara yang dikeluarkan oleh lembaga pemerintah memiliki jaminan dan berada dalam perlindungan undang-undang. Selain itu, Obligasi Pemerintah juga diketahui memiliki potensi keuntungan serta suku bunga yang menarik.

Meskipun demikian, apabila Anda ingin mencoba berinvestasi Obligasi dengan Obligasi Korporasi, Anda perlu melakukan riset yang mendalam terkait riwayat dari perusahaan tersebut supaya Anda bisa mendapatkan potensi keuntungan sesuai ekspektasi alih-alih mengalami kerugian.

  • Mengikuti Perkembangan Tingkat Suku Bunga

Berikutnya, supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari melakukan investasi jenis Obligasi, maka Anda perlu dengan seksama mengikuti pergerakan tingkat suku bunga.

Perlu diketahui bahwa ketika berinvestasi Obligasi, harga dari surat utang atau Obligasi tersebut akan berbanding terbalik dengan tingkat besaran suku bunga acuan serta jumlah yang dihasilkan dari investasi Obligasi itu sendiri.

Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab harga dari Obligasi dapat naik maupun turun. Apabila tingkat besaran suku bunga acuan turun, maka harga dari Obligasi akan mengalami peningkatan, hal ini pun berlaku sebaliknya.

  • Memilih Waktu yang Tepat Ketika Hendak Bertransaksi

Sama seperti beberapa instrumen investasi lainnya, dalam melakukan investasi Obligasi, faktor ketepatan waktu dalam bertransaksi merupakan salah satu hal yang penting agar dapat menuai keuntungan maksimal.

Ketika Anda berinvestasi Obligasi melalui pasar sekunder, Anda berkesempatan untuk bebas melakukan transaksi baik menjual maupun membeli Obligasi tanpa memandang waktu dan tempat alias bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja.

Dengan hal ini, Anda sebagai investor bisa membeli maupun menjual Obligasi yang Anda punya tanpa adanya batasan dari pihak penerbit. Melakukan transaksi di pasar sekunder juga berkesempatan membuat Anda mendapatkan potensi keuntungan yang seringkali disebut sebagai capital gain.

Namun apabila Anda lebih mengedepankan pendapatan atau keuntungan yang stabil, maka Anda bisa menahan Obligasi yang Anda punya tersebut supaya bisa mendapat keuntungan tetap dari kupon yang sudah disepakati bersama pihak penerbit Obligasi.

 

Kapan Waktu yang Tepat Membeli Obligasi agar Keuntungan bisa Maksimal?

Berhubungan dengan poin terakhir pada pembahasan sebelumnya, agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal, Anda perlu memahami kapan waktu yang paling tepat ketika hendak membeli Obligasi dan memulai investasi tersebut.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, timing yang tepat untuk bisa memperoleh hasil keuntungan dari investasi Obligasi yang paling maksimal yaitu ketika suku bunga sedang naik.

Hal ini dikarenakan hukum dari pasar Obligasi yang menyatakan bahwa ketika tingkat suku bunga naik maka nilai yield atau keuntungan dari Obligasi itu sendiri akan naik.

Sehingga waktu yang sangat tepat agar Anda bisa memperoleh keuntungan maksimal dari hasil investasi Obligasi yaitu ketika BI rate sedang mengalami kenaikan.

Apapun jenis Obligasi yang ingin Anda coba untuk investasikan, baik Obligasi Pemerintah maupun Obligasi Korporasi, sewaktu BI rate sedang naik, maka hal ini berpotensi membuahkan keuntungan saat Anda membelinya di waktu tersebut.

Selain itu, waktu tepat lainnya yang juga akan memberikan Anda keuntungan maksimal untuk mulai melakukan investasi ini adalah ketika inflasi terjadi.

Saat Anda membeli Obligasi di waktu inflasi, Anda akan berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang menarik.

 

Tertarik Berinvestasi Jenis Obligasi?

Definisi Obligasi merupakan sebuah instrumen investasi yang sistemnya memperjualbelikan surat utang, baik dari lembaga pemerintah maupun lembaga korporasi.

Apabila Anda tertarik berinvestasi Obligasi, maka Anda perlu menemukan lembaga yang tepat dan terpercaya.

Anda bisa yakin melakukan investasi Obligasi Pemerintah dengan perbankan prioritas DBS Treasures. Sebagai sebuah mitra manajemen kekayaan, DBS Treasures menawarkan beberapa keunggulan, termasuk insight terkurasi untuk cepat menangkap momentum.

Keunggulan-keunggulan tersebut di antaranya yaitu:

  • Anda akan memperoleh pendapatan berupa kupon yang dibayarkan secara reguler
  • Terdapat potensi capital gain
  • Anda akan ditawarkan kupon yang bersifat kompetitif 
  • Tidak terdapat biaya tambahan
  • Transaksi Obligasi bisa dilakukan selama 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS

Apabila Anda tertarik, informasi lebih lengkapnya seputar investasi dengan jenis Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures bisa Anda akses melalui tautan berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds