penerbit Obligasi
31 May 2023

Tips Mencoba Investasi Berbagai Jenis Obligasi

Ada banyak sekali jenis Obligasi yang bisa Anda pilih. Tidak ada salahnya untuk memahami semua jenis tersebut. Sehingga Anda bisa memilihnya secara teliti supaya tidak salah langkah.

Sebelum memilih, ada baiknya jika Anda memahami mengenai dasar Obligasi. Mulai dari pengertian, jenis hingga tips untuk berinvestasi itu sendiri. Dapatkan penjelasan lengkapnya sebelum membeli instrumen Obligasi.

Mengenal Obligasi dan Tips Membelinya

Obligasi atau surat utang adalah salah satu instrumen investasi yang diterbitkan oleh perusahaan atau pemerintah dengan jangka waktu tertentu. Bisa dibilang, Obligasi adalah cara pemerintah atau perusahaan penyedia untuk berutang kepada Anda.

Besaran dari utang ini tergantung dari kesepakatan. Termasuk keuntungan dan juga kupon yang akan dibayarkan oleh penerbit Obligasi. Ada beberapa hal dasar mengenai Obligasi yang wajib Anda pahami, antara lain:

●      Nilai Utang

Ada sejumlah utang tertentu yang menjadi nilai pokok yang harus dibayarkan oleh penerbit. Nilai ini harus dibayar saat telah jatuh tempo.

●      Tempo Investasi

Jangka waktu investasi tersendiri bermacam-macam. Biasanya ada pada kisaran 1 - 10 tahun investasi. Anda akan mendapatkan informasinya ketika penerbit mengeluarkan surat utang yang bisa dibeli.

●      Kontrak

Sebelum melakukan investasi, terdapat kontrak yang harus Anda pahami. Kontrak ini berisi mengenai seri Obligasi, nilai, tempo, kupon, hingga syarat-syaratnya. Pastikan Anda membacanya secara lengkap, agar tidak merugikan Anda.

●      Kupon

Salah satu keuntungan dari investasi dengan instrumen ini adalah adanya kupon atau bisa juga disebut bunga. Besaran kupon ini telah ditentukan pada awal kontrak.

Pemberiannya pun sesuai kesepakatan. Bisa dilakukan setiap bulan, tiga bulan sekali atau enam bulan sekali.

●      Rating Investasi

Pada Obligasi juga terdapat rating atau peringkat risiko investasi. Anda bisa memilih sesuai dengan profil risiko masing-masing. Mulai dari yang minimal sampai risiko signifikan.

Beberapa Jenis Obligasi

Ada banyak macam Obligasi yang harus Anda ketahui. Beberapa jenisnya ditentukan mulai dari jenis pembayaran hingga pasar. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

●      Berdasarkan Penerbit

Tidak semua yang berbadan hukum bisa menerbitkan Obligasi. Sebab terdapat syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi. Berikut ini jenis berdasarkan penerbit:

○      Obligasi Pemerintah

Jenis yang pertama adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau negara. Segala hal dalam penerbitan ini diatur langsung oleh Undang-undang hingga peraturan pemerintah.

Tujuan dari penerbitan ini biasanya untuk mendanai kegiatan pemerintah seperti pembangunan infrastruktur dan lain sebagainya. Biasanya akan dikeluarkan pada waktu-waktu tertentu.

Beberapa jenis yang bisa sering Anda temukan adalah Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI); Sukuk Ritel (SR); Sukuk Negara Tabungan (ST); Saving Bond Ritel (SBR), dan lain sebagainya.

○      Obligasi Korporasi

Berikutnya adalah surat utang yang penerbitnya adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau bisa juga perusahaan swasta. Kecenderungan dari Obligasi Korporasi adalah waktunya yang pendek, biasanya hanya sekitar 1 tahun saja.

Berbeda dengan Obligasi Pemerintah, pada jenis ini biasanya lebih berisiko. Sehingga Anda perlu mencermati prospeknya sebelum memutuskan untuk membeli.

●     Berdasarkan Pembayaran Bunga

Berikutnya adalah macam-macam Obligasi yang dikelompokkan berdasarkan pembayaran bunga. Antara lain:

○      Obligasi Tanpa Bunga

Pertama adalah jenis investasi Obligasi yang tidak memiliki kupon secara berkala. Anda bisa mendapatkan keuntungan melalui harga jual dan harga beli.

○      Obligasi Kupon Tetap

Jenis yang kedua adalah investasi yang bisa Anda ketahui berapa imbal hasilnya. Sebab, penerbit telah mencantumkan nilai kupon yang akan diberikan secara berkala dari surat utang tersebut.

○      Obligasi Kupon Mengambang

Terakhir adalah jenis kupon yang nilainya dapat berubah sesuai dengan indeks pasar uang yang ada. Namun demikian, ada kupon batas minimal yang diterapkan. Kupon ini diberikan hingga jatuh tempo.

●      Berdasarkan Jaminan

Macam-macam Obligasi berikutnya adalah berdasarkan jaminannya. Berikut ini penjelasannya.

○      Secured Bonds

Pada Obligasi yang pertama, jaminannya adalah kekayaan dari penerbit atau pihak ketiga. Kemudian dana dari hasil jual Obligasi akan digunakan untuk melakukan pembelian terhadap aset tertentu. Lalu aset inilah yang akan dipinjamkan pada perusahaan. Pada jenis ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Mortgage Bonds: Surat utang yang satu ini menggunakan jaminan bangunan atau gedung tertentu.
  • Collateral Trust Bonds: Jaminan pada jenis ini adalah saham atau Obligasi yang dimiliki oleh penerbit.
  • Equipment Trust Certificate: Surat utang pada jenis ini untuk membiayai aset seperti truk, gerbong kereta, hingga pesawat.

○      Unsecured Bonds

Kebalikan dari jenis pertama, pada yang kedua ini tidak menggunakan jaminan dari penerbit Obligasi. Ada tiga macam unsecured Bonds, yaitu:

  • Debentures: Hanya perusahaan tepercaya yang bisa menerbitkan surat utang ini.
  • Subordinated Debentures: Surat utang yang hanya akan dibayarkan apabila surat utang yang lebih prioritas telah dilunasi.
  • Income Bonds: Bunga akan dibayarkan apabila perusahaan telah mendapatkan laba. Biasanya jenis ini hanya untuk perusahaan yang dalam status kurang berhasil. Jadi fungsinya hanya sebagai reorganisasi.

●      Berdasarkan Hak Penukaran/Manajemen

Kemudian berdasarkan manajemen atau hak penukaran, ada dua macam Obligasi. Antara lain:

○      Obligasi Konvensional

Pada jenis yang satu ini, Obligasi ditawarkan oleh perusahaan besar atau pemerintah. Investor kemudian memberikan pendanaan atau membeli surat utang tersebut.

Tujuan dari penerbitan Obligasi ini adalah untuk dana tambahan bagi pemerintah atau perusahaan. Kemudian penerbit akan memberikan imbal hasil melalui kupon.

○      Obligasi Syariah

Jenis yang kedua adalah Obligasi yang pengelolaan berdasarkan syariah. Dalam pelaksanaannya pun bisa dipastikan tidak mengandung riba. Sementara untuk imbal hasilnya akan dibayarkan oleh penerbit dalam jangka waktu tertentu.

●      Berdasarkan Pasar

Terakhir adalah tempat untuk membeli Obligasi. Berdasarkan pasar, Obligasi ini dijual pada pasar perdana dan sekunder. Berikut penjelasannya:

○      Pasar Perdana

Pasar ini untuk langkah awal perusahaan untuk menerbitkan surat utang. Jadi untuk meningkatkan modal, maka penerbit akan menjualnya di pasar Obligasi perdana.

○      Pasar Sekunder

Sementara untuk pasar yang kedua ini adalah sebuah tempat perdagangan Obligasi yang telah diterbitkan pada Bursa Efek Indonesia. Obligasi akan diterbitkan dengan bantuan dari broker pada pasar sekunder.

Tips Investasi Obligasi

Menjadi pertanyaan, apakah semua jenis Obligasi ini cocok untuk Anda beli? Pada dasarnya seluruh investasi bisa Anda coba. Asalkan Anda memahami tips dan triknya.

Misalnya, Anda tidak bisa membelinya secara sekaligus. Pahami dulu beberapa hal sebelum melakukan pembelian.

Berikut ini adalah tips dan trik investasi Obligasi yang bisa Anda lakukan. Antara lain:

●      Mengatur Strategi

Apabila Anda menginginkan untuk maksimal, ambil langkah dengan strategi yang tepat. Langkah yang terarah akan membuat Anda melaju dengan mudah dan penuh perhitungan.

Atur strategi kapan waktunya untuk membeli Obligasi Pemerintah, kemudian jumlah dana yang bisa diinvestasikan. Hal ini untuk menghindari adanya kerugian akibat langkah yang tidak tertata.

●      Hati-hati Pilih Penerbit

Anda harus berhati-hati dalam melakukan pemilihan terhadap penerbit surat utang. Anda harus memastikan penerbit sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kemudian cermati juga mengenai kinerja sebelumnya. Sehingga keamanan investasi Anda juga lebih terjamin.

●      Pahami Kondisi Pasar

Sebelum memutuskan untuk membeli Obligasi, pelajari terlebih dahulu kondisi dari pasar. Apalagi pasar sekunder ini sangat dipengaruhi oleh berbagai hal. Misalnya saja kondisi politik negara, kebijakan dari Bank Indonesia, kondisi ekonomi, dan lain sebagainya

Apabila kondisi dari pasar stabil, maka biasanya risiko pembelian investasi juga rendah. Keuntungan yang didapatkan juga bisa lebih maksimal.

●      Pemilihan Waktu Transaksi

Tidak semua jenis investasi Obligasi bisa langsung Anda beli. Pada Obligasi Pemerintah misalnya, Anda baru bisa membeli di waktu tertentu. Biasanya pemerintah hanya akan membuka pada bulan tertentu.

Sementara pada pasar sekunder, Anda bisa membelinya sesuai keinginan. Namun Anda tetap harus mengetahui potensi keuntungan yang didapatkan. Supaya tidak mendapatkan kerugian jika harus menjualnya.

●      Pahami Rate Suku Bunga

Trik keempat adalah dengan mengikuti rate dari suku bunga. Pastikan Anda telah memahami mengenai nilai dari suku bunga. Apabila Anda tidak memahaminya, maka Anda akan kesulitan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Bisa jadi Anda akan mendapatkan harga turun ketika menjualnya. Maka dari itu terkait rate suku bunga hingga waktu pembelian sudah harus Anda pahami secara menyeluruh.

●      Lakukan Investasi Melalui Daring

Investasi kini sudah bisa dilakukan melalui online. Anda bisa melakukan transaksi secara cepat dan tepat hanya dari smartphone. Ini akan sangat menguntungkan karena Anda bisa melakukan pemeriksaan mengenai profil dari penerbit juga melalui online. Kemudian proses transaksi juga melalui daring.

Investasi Mudah dengan DBS Treasures! 

Sudah waktunya Anda melakukan investasi Obligasi Pemerintah dengan DBS Treasures. Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Antara lain mendapatkan kupon secara berkala, berpotensi mendapatkan capital gain, hingga potensi keuntungan yang lebih tinggi daripada Deposito.

Jadilah Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures sekarang juga. Kemudian dapatkan keuntungan berikut ini.

  • Anda bisa meraih pendapatan berupa kupon yang dibayarkan secara berkala
  • Anda dapat memperoleh peluang capital gain
  • Anda bisa mendapatkan tingkat kupon di atas bunga Deposito berjangka pada umumnya
  • Tiada biaya tambahan selain spread, yaitu selisih antara harga beli dengan harga jual
  • Segala transaksi Obligasi dapat diakses 24 jam non stop melalui Aplikasi digibank by DBS
  • Didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannva. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Keuntungan yang menarik ini harus Anda manfaatkan dengan baik. Kunjungi https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-Bonds sekarang juga. Kemudian lakukan konsultasi apabila ingin menanyakan berbagai hal mengenai Obligasi ini.

Demikian penjelasan lengkap tentang jenis Obligasi dan tips untuk membelinya. Segera daftarkan diri Anda menjadi Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures dan dapatkan keuntungannya.


Mari diskusi bersama kami agar yakin mengambil keputusan dengan solusi khusus untuk Anda.

Investasi Sekarang di Aplikasi digibank by DBS.