Reksadana pendapatan tetap
17 Mar 2023

Tips Memilih Reksadana Pendapatan Tetap untuk Diversifikasi

Agar alokasi dana terhadap produk investasi Anda lebih tepat sasaran dan hasilnya maksimal, Anda memerlukan strategi diversifikasi. Reksadana Pendapatan Tetap atau RDPT adalah salah satu alternatif jenis Reksadana yang bisa dipilih untuk melakukan diversifikasi.

Sebagai salah satu jenis Reksadana yang populer di kalangan para investor pemula, RDPT adalah opsi yang aman untuk Anda karena risikonya dikenal bertipe moderat. Selain itu, modalnya juga terjangkau dan memiliki imbal hasil lebih tinggi dibanding rata-rata bunga Deposito.

Sebelum memilih instrumen ini, sebaiknya kenali dulu apa itu definisi, manfaat, hingga risiko dari RDPT sebagai alternatif berinvestasi. Dengan demikian, pendapatan dari imbal hasilnya bisa lebih dimaksimalkan.

Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT), Manfaat, dan Risikonya

Reksadana jenis Pendapatan Tetap atau biasa disebut sebagai Fixed Income Mutual Funds adalah Reksadana yang sebagian besar investasinya dialokasikan pada jenis instrumen yang memberikan pendapatan tetap.

Biasanya, minimum alokasi yang ditetapkan adalah sekitar 80%. Dari segi keuntungan yang diperoleh, manfaat Reksadana Pendapatan Tetap dikenal cukup banyak. Mulai dari pendapatan yang stabil setiap bulannya dari dividen dan capital gain, pengelolaan yang mudah, serta tingkat risiko yang lebih rendah dibandingkan saham.

Risiko yang paling utama dalam RDPT adalah wanprestasi atau gagal bayar, yang biasanya terjadi jika penerbit surat utang atau produk pendapatan tetap tidak mampu memenuhi kewajibannya untuk membayar bunga atau pokok pada waktu yang sudah ditentukan.

Selain itu, terdapat risiko suku bunga yang dapat terjadi ketika tingkat suku bunga naik dan membuat harga surat utang turun. Namun, naik turunnya aset dalam berinvestasi adalah hal biasa dan risiko RDPT juga lebih rendah dibanding saham. Dengan pengelolaan yang tepat, Anda bisa menghindari terjadinya risiko yang tidak diinginkan.

Tips Memilih RDPT untuk Diversifikasi dan Cara Investasinya

Dalam melakukan investasi, diversifikasi portofolio merupakan salah satu kunci untuk meminimalkan risiko dan mendapatkan keuntungan yang lebih optimal. Salah satu manfaat Reksadana Pendapatan Tetap adalah bisa digunakan sebagai pilihan untuk diversifikasi.

Kini, langkah-langkah berinvestasi di Fixed Income Mutual Funds juga dikenal mudah dan sederhana. Caranya, Anda cukup memilih platform investasi terpercaya yang sudah berizin OJK, buat akun, verifikasi identitas, lakukan pembelian RDPT yang Anda pilih, pantau kinerjanya, dan jual di waktu yang tepat jika diperlukan.

Setelah mengetahui cara berinvestasi di Reksadana jenis Pendapatan Tetap, saatnya mengetahui apa saja tips penting memilih instrumen terbaik untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

● Pilih Manajer Investasi Profesional

Manajer Investasi merupakan pihak yang akan mengelola investasi Anda. Oleh karena itu, pilih Manajer Investasi yang profesional, terpercaya, dan berpengalaman. Pastikan track record-nya baik, dan sudah mengantongi izin dari otoritas berwenang.

Apalagi saat ini, semakin marak kasus penipuan bermodus surat izin operasi yang tersebar luas tanpa stempel resmi. Jadi, Anda perlu melakukan cross-check langsung pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku lembaga yang berwenang.

Oleh karena itu, pilihlah Manajer Investasi yang sudah berpengalaman setidaknya 5 tahun untuk memastikan kemampuannya dalam mengelola investasi lebih terjamin. Pasalnya, perkembangan investasi akan sangat bergantung pada pengelolaan Manajer Investasi.

● Perhatikan Tingkat Risiko

Reksadana jenis Pendapatan Tetap memang dianggap sebagai investasi yang relatif aman dan stabil. Namun, bukan berarti tidak ada risiko sama sekali. Sebelum memilih RDPT, pastikan Anda memperhatikan tingkat risiko yang dimilikinya.

Risiko yang perlu diperhatikan antara lain risiko kredit, risiko suku bunga, dan risiko likuiditas. Pastikan risiko tersebut dapat ditoleransi oleh profil risiko Anda dan sudah sesuai dengan tujuan investasi awal.

● Cek Kinerja Reksadana Pilihan

Kinerja Reksadana juga perlu menjadi pertimbangan dalam memilih Reksadana untuk diversifikasi. Pastikan Anda memilih Reksadana dengan kinerja yang baik dalam jangka waktu relatif panjang untuk memastikan imbal hasilnya memang stabil.

Jangan hanya memilih Reksadana yang memiliki kinerja baik dalam waktu singkat, karena hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa Reksadana tersebut bersifat spekulatif dan berisiko tinggi.

● Perhatikan Komposisi Investasi

Selanjutnya, Anda perlu memperhatikan komposisi investasi yang dimiliki oleh RDPT pilihan Anda. Pastikan juga investasi yang dilakukan pada surat utang atau produk investasi tersebut memiliki ulasan baik dan diterbitkan oleh perusahaan yang kredibel.

Kemudian, perhatikan jenis instrumen yang diinvestasikan. Pasalnya, jenis instrumen investasi atau surat utang yang berbeda dapat berpengaruh terhadap tingkat risikonya.

● Perhatikan Biaya Investasi

Terakhir, perhatikan jenis biaya yang dikenakan pada investor, apakah biaya tersebut bersifat tetap atau proporsional terhadap nilai investasi. Khusus untuk Reksadana, termasuk RDPT, dana investasinya dipercayakan kepada Manajer Investasi.

Adapun biaya investasi yang harus dikeluarkan umumnya meliputi subscription fee (biaya pembelian unit), redemption fee (biaya penjualan kembali unit), switching fee (biaya pengalihan unit), dan biaya transfer bank terkait transaksi jika ada.

Setelah memperoleh jenis RDPT pilihan, pastikan memantau kinerjanya secara rutin sesuai kondisi ekonomi dan pasar. Selain itu, jangan terlalu terburu-buru menjual aset jika terjadi fluktuasi harga sementara, sebab RDPT memiliki potensi keuntungan yang stabil dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Pilih Reksadana Pendapatan Tetap yang Tepat bersama DBS Treasures

Setelah memahami apa itu RDPT, manfaat, risiko, tips diversifikasi, hingga cara investasinya, saatnya memilih jenis produk Reksadana yang Anda inginkan. Sebagai solusinya, Anda bisa bergabung sebagai Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures.

Sebagai mitra berinvestasi, DBS Treasures berkomitmen mendukung pengambilan keputusan Anda lebih akurat dan tepat. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh sebagai Nasabah DBS Treasures:

● Pengelolaan Aset Langsung oleh Profesional

Bersama Manajer Investasi (MI) profesional yang bermitra bersama DBS Treasures, dana investasi Anda akan dikelola secara efisien agar performanya semakin maksimal. Untuk itu, MI akan mengelola investasi berdasarkan data dan analisis keuangan mendetail.

● Maksimalkan Return dan Tekan Risiko lewat Diversifikasi

Agar peluang imbal hasil (return) yang diperoleh semakin besar dan untuk menekan risikonya, Anda bisa mengambil peluang keuntungan dari berbagai produk investasi melalui sistem diversifikasi.

●  Panduan Investasi Terkurasi

DBS Treasures memberikan wawasan terkurasi untuk memandu Anda berinvestasi. Didukung tim ahli finansial yang mengomunikasikan analisis pasar serta peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Nasabah, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).  Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

● Transaksi Lebih Mudah Diakses

Kini, Anda dapat bertransaksi kapan saja dan dari mana saja secara fleksibel via Aplikasi digibank by DBS. Mulai dari jual beli, switching produk Reksadana, hingga proses registrasi Single Investor Identification (SID) secara mobile.

Kini, saatnya mengalokasikan sebagian pendapatan Anda setiap bulannya untuk berinvestasi di Reksadana. Bersama DBS Treasures, Anda dapat menerapkan strategi yang tepat dan akurat agar imbal hasil dan peningkatan nilai aset dapat dimaksimalkan. Tertarik berinvestasi di  Reksadana Pendapatan Tetap? Simak informasi lengkapnya di link berikut.