Obligasi Pemerintah
10 Apr 2023

Syarat dalam Investasi Obligasi Pemerintah

Apabila Anda mencari instrumen investasi yang menawarkan keuntungan tetap dengan tingkat risiko rendah, Obligasi Pemerintah adalah pilihan tepatnya. Obligasi merupakan jenis investasi berupa surat utang yang diterbitkan oleh Penerbit Obligasi kepada investor.

Obligasi yang diterbitkan Pemerintah termasuk jenis Obligasi yang banyak dipilih para investor dibandingkan yang lainnya. Hal ini dikarenakan Undang-undang menjamin pelunasan pembayaran keuntungan dari investasi tersebut.

5 Syarat Penting dalam Investasi Obligasi Pemerintah

Dalam berinvestasi, tentunya ada sejumlah persyaratan yang perlu investor pahami. Berikut beberapa persyaratan penting mengenai investasi Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah pusat atau negara.

●       Investor Wajib Memahami Aturan dalam Berinvestasi

Sebelum terjun untuk membeli aset, pastikan Anda memahami isi Syarat dan Ketentuan Umum dalam berinvestasi Obligasi Pemerintah, Dokumen Fitur Produk, Prospektus, dan hal penting lainnya. Perhatikan pula pengisian profil risiko investor sudah sesuai atau tidak dengan kapasitas keuangan Anda.

●       Memiliki Rekening Bank Platform Investasi dan SID

Tidak semua bank menyediakan layanan berinvestasi sehingga penting sekali untuk memilih platform investasi. Platform inilah yang berperan sebagai perantara Anda untuk melakukan transaksi jual-beli Obligasi.

Ketika Anda memutuskan berinvestasi di platform tersebut, biasanya sekaligus membuat rekening bank pula. Bank yang menyediakan layanan ini juga menggunakan mata uang sama dengan mata uang dasar Obligasi yang akan diinvestasikan.

Selain itu, pihak investor harus memiliki Single Investor Identification (SID) dan ini bisa Anda peroleh melalui platform investasi tersebut. Nantinya, Anda juga perlu mengurus rekening surat berharga pada Bank Kustodian yang tujuannya untuk penempatan Obligasi pada bank.

●       Menyediakan Dana untuk Transaksi dan Biaya Lainnya

Namanya berinvestasi pasti membutuhkan modal. Kendati demikian, investor terkadang harus menyiapkan dana tambahan untuk biaya-biaya lainnya yang harus dibayarkan ke rekening investor di bank. Namun, sebenarnya ada pula platform investasi yang membebaskan biaya tambahan tersebut.

●       Investor Menyetujui dan Menerima Semua Ketentuan dari Bank

Investasi Obligasi ini tidak hanya melibatkan investor dengan penerbit, tapi juga bank atau platform investasi yang Anda pilih sebagai pihak perantara. Sebab itu, Anda wajib menyetujui dan menerima semua persyaratan yang berlaku untuk memulai investasi.

5 Manfaat Berinvestasi Obligasi Pemerintah

Investasi Obligasi yang diterbitkan pemerintah memang terjamin legalitas dan pembayaran keuntungannya. Namun, keuntungan investasi ini tidak berhenti di situ. Ada banyak manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan ketika terjun ke Obligasi Pemerintah seperti berikut.

●       Tingkat Kupon Kompetitif

Sebagai investor, Nasabah tidak hanya untung dari transaksi jual-beli tapi berkesempatan pula memperoleh kupon yang lebih tinggi. Bahkan, nilai kupon tersebut berpeluang lebih besar dibandingkan rata-rata tingkat bunga Deposito berjangka.

●       Diversifikasi Portofolio

Salah satu strategi untuk meningkatkan keuntungan dalam berinvestasi, yakni dengan diversifikasi portofolio dan Obligasi dapat jadi opsi tepat. Perlu Anda ketahui bahwa investasi Obligasi ini memiliki tingkat risiko yang rendah.

Jadi, sangat cocok bagi Anda yang sudah berinvestasi pada instrumen yang berisiko tinggi. Dengan begitu, semakin beragam jenis investasi yang Anda miliki sehingga tidak akan terlalu merugikan jika ada satu aset yang nilainya jatuh.

●       Potensi Capital Gain

Selain tingkat kupon kompetitif, manfaat Obligasi yang bisa Anda nikmati adalah potensi mendapatkan capital gain. Ini merupakan nilai keuntungan pokok dari hasil penjualan aset atau produk Obligasi dengan memperhitungkan biaya transaksinya.

●       Menawarkan Bunga Tetap Sampai Jatuh Tempo

Obligasi yang diterbitkan pemerintah juga memberikan suku bunga tetap yang besarnya sama dan dibayar secara berkala sampai waktunya jatuh tempo.

●       Aset Dapat Diperjualbelikan di Pasar Sekunder

Investor berhak memperjualbelikan aset Obligasi atau surat utang yang dimiliki secara bebas tanpa intervensi dari pemerintah selaku penerbit. Transaksi di pasar sekunder ini memberikan peluang bagi Anda untuk meraup keuntungan ketika kondisi ekonomi mendukung hal tersebut.

Mudah Transaksi Obligasi Pemerintah Hanya di DBS Treasures

Obligasi ini memang menarik dan dapat jadi alternatif di samping instrumen investasi lainnya yang sudah dimiliki. Kendati demikian, memilih mitra investasi yang tepat juga penting untuk meningkatkan peluang keuntungan tersebut.

Apalagi jika berinvestasi Obligasi di DBS Treasures, banyak manfaat yang ditawarkan sebagai berikut.

●       Menyediakan Kupon Reguler

Umumnya, manfaat Obligasi yang diperoleh investor berupa kupon kompetitif dan capital gain. Di DBS Treasures, Anda berpeluang mendapatkan pendapatan reguler berupa kupon yang nantinya akan dibayarkan selama periode investasi.

●       Potensi Meraih Capital Gain

Anda dapat menjual sejumlah aset Obligasi yang dimiliki sebelum waktunya jatuh tempo. Apabila harga jualnya lebih tinggi dibandingkan nilai pembeliannya, maka Anda akan memperoleh capital gain dari selisih penjualan tersebut.

Jika Anda ingin meraih keuntungan tersebut, sebaiknya ketahui pergerakan pasar atau kondisi ekonomi. Hal ini sangat membantu Anda untuk mengetahui waktu yang tepat dalam menjual aset.

●       Tersedia Kupon Kompetitif

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Obligasi di DBS Treasures juga memberikan tingkat kupon yang kompetitif. Nilainya pun di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.

●       Tanpa Biaya Tambahan

Terkadang keuntungan yang didapatkan kian kecil karena dipotong biaya tambahan. Tidak perlu khawatir mengenai hal itu karena investor dibebaskan dari biaya tambahan dan hanya perlu membayar spread atau selisih antara harga jual dan beli.

●       Transaksi 24/7

Ada banyak ragam produk Obligasi yang bisa Anda perjualbelikan selama 24 jam melalui Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi tersebut juga menyediakan banyak fitur yang akan memudahkan Anda dalam bertransaksi di mana pun dan kapan pun sehingga sifatnya limitless.

●       Investasi Didukung oleh Tim Ahli Finansial

DBS Treasures merupakan mitra investasi yang mendukung proses investasi melalui analisis pasar yang terakurasi oleh tim finansial yang profesional. Anda berpeluang meraih keuntungan optimal yang dapat disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio.

Di sisi lain, DBS Treasures dilengkapi dengan Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight ini menawarkan solusi terakurat mengenai investasi (Grow) dan asuransi (Protect). Dengan begitu, Anda bisa lebih yakin dalam berinvestasi secara cepat melalui media sesuai preferensi yang ada.

Sekian informasi terkait persyaratan dan manfaat dari investasi Obligasi Pemerintah tersebut. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi bagi Anda dalam berinvestasi Obligasi.

Sebagai tambahan, berhati-hatilah dalam memilih platform investasi dan pastikan Anda memilih tempat berinvestasi aman seperti DBS Treasures yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dapatkan informasi lebih detailnya pada tautan berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-Bonds.

Mari diskusi bersama kami agar yakin mengambil keputusan dengan solusi khusus untuk Anda.

Investasi Sekarang di Aplikasi digibank by DBS.