Reksadana pasar uang
29 Aug 2022

Switching Reksadana Pasar Uang: Pengertian dan Manfaatnya

Bagi para investor Reksadana Pasar Uang, tentunya perlu memahami istilah yang seringkali muncul saat berinvestasi. Salah satunya yaitu istilah switching yang perlu dipahami pengertian sekaligus manfaatnya bagi para investor.

 

Reksadana Pasar Uang cukup menarik bagi para investor untuk berinvestasi. Terutama bagi para pebisnis handal yang ingin menggunakan uang dingin miliknya untuk berinvestasi dengan mudah.

 

Kemudahan berinvestasi Reksadana Pasar Uang adalah penggunaan jasa pengelola investasi oleh Manajer Investasi yang profesional. Sehingga para pebisnis bisa melakukan investasi sekaligus menjalankan bisnisnya tanpa perlu khawatir mengelola aset investasi yang dimiliki agar mendapatkan keuntungan.

 

Selain itu, para investor juga bisa memilih beragam pilihan produk investasi yang diinginkan. Anda bisa memilih produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan ataupun menyesuaikan dengan tujuan investasi yang dimiliki.

Selain transaksi jual beli aset investasi, di Reksadana Pasar Uang Anda juga bisa menemukan transaksi lain yang disebut dengan switching. Berikut ini pengertian singkat mengenai istilah switching dalam investasi Reksadana.

 

Pengertian Switching dalam Investasi Reksadana Pasar Uang

 

Switching dalam Reksadana termasuk Reksadana Pasar Uang adalah salah satu tindakan pengalihan saldo yang terdapat dalam suatu produk Reksadana ke produk Reksadana lainnya. Dalam kata lain, Anda bisa melakukan pengalihan jika aset Reksadana yang ingin Anda switching termasuk jenis aset produk yang berbeda. 

Tentunya Anda perlu mengikuti aturan switching yang berlaku sesuai dengan ketentuan dari pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Aturan tersebut tertera dalam peraturan OJK tentang Reksadana berbentuk kontrak investasi kolektif dengan nomor 23/POJK.04/ 2016.

Selain itu tertera ketentuan tersebut juga disebutkan ada syarat untuk investor yang ingin melakukan switching Reksadana. Yaitu switching bisa dilakukan jika kedua produk Reksadana dikelola oleh pihak Manajer Investasi yang sama.

 

Tidak hanya itu, Anda juga perlu melakukan perpindahan saldo dari produk Reksadana satu ke produk Reksadana lain di hari yang sama. Kemudian, proses pengalihan tersebut akan diproses maksimal selama 4 hari kerja setelahnya atau tergantung ketentuan Manajer Investasi yang dipilih.

Manfaat Switching Reksadana bagi Investor

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan transaksi pengalihan saldo dari produk Reksadana satu ke produk Reksadana yang lain. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui manfaat transaksi pengalihan dalam investasi Reksadana Pasar Uang.

 

1. Sebagai Penyesuaian Profil Risiko Investasi

Setiap investor tentunya perlu memahami profil risiko setiap aset atau produk Reksadana yang diinginkan. Setelah memahami profil risiko suatu produk, Anda tentu bisa memutuskan produk Reksadana yang cocok sesuai keinginan dengan tingkat risiko yang bisa ditolerir.

Oleh karena itu, transaksi pengalihan atau switching bisa Anda lakukan untuk menyesuaikan profil risiko terbaru yang dimiliki suatu produk investasi. Berikut ini beberapa jenis profil risiko yang dimiliki oleh investor sesuai dengan kemampuan dan tujuan dalam berinvestasi.

 

  • Konservatif

Jenis investor pertama memiliki kecenderungan sebagai investor yang konservatif terkait profil risiko investasi Reksadana. Pada umumnya, investor jenis ini akan menghindari terjadinya risiko atau kerugian, memilih produk investasi yang aman, serta menginginkan imbal hasil yang cenderung stabil.

 

  • Moderat

Jenis investor selanjutnya memiliki kecenderungan sebagai investor dengan tipe moderat. Biasanya, investor jenis ini memiliki tujuan investasi dalam jangka menengah sehingga cenderung memilih produk dengan tingkat risiko menengah serta memiliki kemungkinan untuk return yang fluktuatif.

 

  • Agresif

Terakhir yaitu jenis investor yang memiliki tipe agresif dalam berinvestasi. Pada umumnya investor jenis ini menyukai tantangan dan dapat menangani risiko investasi yang tinggi. Biasanya investor tipe ini memiliki kemampuan dan pengetahuan yang mumpuni sehingga menginginkan imbal hasil yang cukup besar. 

2. Dapat Menyeimbangkan Portofolio Investasi

Setiap investor tentunya perlu melakukan pengecekan portofolio investasi secara berkala walaupun berinvestasi dengan aset Reksadana Pasar Uang. Sehingga jika terjadi penurunan kinerja produk investasi, investor tersebut dapat mengatasinya dengan cara melakukan switching.

 

3. Memanfaatkan Momentum pada Produk Tertentu

Selanjutnya, Anda juga bisa melakukan switching untuk memanfaatkan momentum yang dimiliki suatu produk Reksadana. Hal tersebut bisa Anda lakukan jika suatu produk Reksadana mengalami kenaikan dan berpotensi terus menguat. Sehingga kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi Reksadana semakin meningkat.

4. Melakukan Pengamanan Keuntungan

Kemudian, Anda juga bisa melakukan switching untuk mengamankan keuntungan yang dimiliki pada produk Reksadana tertentu. Hal tersebut bisa Anda lakukan ketika mengetahui jika salah satu aset Reksadana yang dimiliki akan mengalami penurunan.

 

Penurunan tersebut bisa saja terjadi karena adanya koreksi investasi yang disesuaikan dengan perekonomian nasional, kondisi pasar, dan lainnya. Sehingga Anda perlu mengambangkan keuntungan yang telah diperoleh dengan melakukan pengalihan saldo pada produk Reksadana yang memiliki peluang imbal hasil lebih stabil.

5. Sebagai Bentuk Diversifikasi Investasi

Terakhir, Anda bisa menggunakan transaksi switching sebagai bentuk diversifikasi dalam investasi. Risiko investasi tergolong lebih tinggi jika Anda hanya mengandalkan satu produk investasi saja. Sehingga, melakukan diversifikasi dengan cara switching dinilai lebih efektif dan dapat meminimalisir tingkat risiko dalam investasi.

Kelebihan DBS Treasures untuk Melakukan Switching Reksadana

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat tindakan switching Reksadana pada ulasan di atas, Anda juga perlu mengetahui kelebihan berinvestasi dengan DBS Treasures. Melalui DBS Treasures Anda bisa melakukan switching Reksadana lebih mudah. Anda bisa mempertimbangkan perbankan prioritas satu ini untuk kegiatan investasi yang lebih menguntungkan dan praktis.

1. Manajer Investasi Profesional

Kelebihan pertama dari investasi Reksadana di DBS Treasures yaitu karena bermitra dengan pengelola investasi profesional yaitu Manajer Investasi, yang akan memaksimalkan serta mengoptimalkan kinerja produk investasi yang Anda miliki. 

2. Lebih Mudah Mendapatkan Wawasan untuk Memandu Proses Investasi

Selanjutnya kelebihan dari investasi Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures, investor akan lebih mudah mendapatkan wawasan terkait proses investasi. Hal tersebut terjadi karena investasi di DBS Treasures didukung oleh tim ahli finansial yang andal sekaligus proaktif yang bisa mengomunikasikan peluang terkini sekaligus analisa pasar, semuanya telah disesuaikan dengan aspirasi masing-masing investor.

3. Investor dapat Mengurangi Risiko dengan Diversifikasi

Memudahkan Anda untuk meminimalisir risiko kerugian dengan menerapkan cara diversifikasi dalam berinvestasi. Diversifikasi merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara melakukan penyebaran dana investasi pada berbagai jenis aset atau produk Reksadana. Cara ini juga bisa Anda lakukan dengan menerapkan tindakan pengalihan atau transaksi switching.

4. Melakukan Transaksi dengan Mudah dan Praktis

Terakhir, Anda bisa dengan mudah melakukan transaksi investasi yang praktis tanpa khawatir terhalang waktu maupun jarak. Karena Anda bisa melakukan setiap transaksi investasi Reksadana yang dibutuhkan dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS.

Transaksi yang bisa dilakukan menggunakan

Aplikasi digibank by DBS mulai dari transaksi jual beli aset sampai dengan transaksi switching. Bahkan, Anda juga bisa mempelajari analisis Reksadana yang didukung oleh data dari Infovesta.

Bahkan tidak hanya itu, bagi investor baru yang belum memiliki Single Investor Identification atau disebut SID juga bisa membuatnya dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS yang dikeluarkan oleh pihak KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) langsung.

Keamanan Aplikasi digibank by DBS yang bisa Anda gunakan saat berinvestasi Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures juga lebih terjamin. Karena setiap transaksi yang dilakukan akan berada dibawah pengawasan pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan diatur oleh pemerintah.

Semua kinerja produk cenderung transparan dan investor akan lebih mudah membandingkan antara satu produk investasi dengan produk lainnya. Hal tersebut dilakukan dengan cara pemberian informasi yang sama kepada setiap investor untuk melakukan tindakan atau transaksi yang tepat sesuai keinginan.

Anda bisa mulai melakukan investasi Reksadana di DBS Treasures untuk mendapatkan berbagai keuntungan dan kelebihan yang dimiliki. Mulai dari likuiditas tinggi, investasi dengan modal yang fleksibel, serta mendapatkan wawasan investasi yang lengkap.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk berinvestasi Reksadana di DBS Treasures untuk bisa melakukan switching dan transaksi lainnya dengan mudah? Anda dapat yakin berinvestasi dan melakukan transaksi switching dalam investasi Reksadana Pasar Uang bersama DBS Treasures.