pinjaman bank
25 Oct 2022

Sebelum Mengajukan, Kenali Istilah dan Tips Menggunakan KTA!

KTA merupakan salah satu produk pinjaman bank yang ditawarkan oleh bank sebagai pihak pemberi pinjaman dengan keunggulan berupa para nasabah sebagai calon peminjam tidak diminta untuk memberikan agunan atau jaminan dalam bentuk aset apapun sebagai sebuah syarat untuk bisa meminjam uang.

Apabila Anda baru mengenal tentang dunia pinjaman, mungkin terdapat istilah-istilah baru yang mungkin asing terdengar di telinga. Maka dari itu, artikel ini akan membahas tentang istilah-istilah yang biasanya digunakan dalam lingkup pengajuan pinjaman serta bagaimana caranya menggunakan pinjaman dengan bijak. Pembahasan lebih lanjutnya akan dijelaskan pada poin di bawah ini.

Istilah dalam Pinjaman Tanpa Agunan

Berikut ini beberapa istilah dalam lingkup pinjaman yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman pinjaman apapun, termasuk pinjaman tanpa agunan.

  • Agunan

Agunan diartikan sebagai jaminan dalam bentuk aset apapun yang biasanya diberikan dari pihak peminjam kepada pihak pemberi pinjaman sebagai syarat serta dijadikan pemicu agar pihak peminjam taat membayar angsuran pinjamannya.

Pada produk pinjaman pinjaman tanpa agunan, sesuai namanya, seorang peminjam tidak diharuskan untuk memberikan aset sebagai jaminan pinjamannya. Sementara pada produk-produk pinjaman lain yang memerlukan jaminan, agunan atau jaminan ini berisiko untuk mengalami penyitaan sebagai sanksi apabila Anda tidak membayarkan cicilan dengan tepat waktu.

  • Angsuran

Istilah berikutnya yang perlu Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman yaitu angsuran. Menurut KBBI, angsuran merupakan uang yang dimanfaatkan untuk mengangsur atau melakukan pembayaran sedikit demi sedikit.

Dalam lingkup pinjaman, angsuran sering juga diartikan sebagai jumlah nominal yang wajib dibayarkan oleh peminjam usai mengajukan pinjaman dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

Perlu diketahui bahwa dalam pengajuan pinjaman tidak terkecuali pada pinjaman pinjaman tanpa agunan, bahwa besarnya angsuran ini dihitung dan dibayarkan bukan hanya sejumlah nominal pinjaman yang diajukan saja, melainkan pada angsuran besarannya ditentukan juga dengan perhitungan bunga dan biaya-biaya lain jika memang ada.

  • Approval

Approval merupakan sebuah proses dalam pengajuan pinjaman. Approval adalah proses persetujuan yang diberikan oleh bank sebagai pihak pemberi pinjaman kepada nasabah sebagai pihak peminjam.

Tidak semua proses pengajuan pinjaman yang masuk ke pihak bank dengan produk pinjaman pinjaman tanpa agunan lolos ke tahap approval ini. Sebab untuk bisa mendapatkan persetujuan pinjaman, terdapat syarat-syarat yang wajib dipenuhi.

Apabila ada seorang nasabah yang mengajukan pinjaman KTA tidak memenuhi salah satu syarat maupun ketentuan, maka pengajuan pinjaman oleh nasabah tersebut sangat mungkin tidak mendapatkan approval atau ditolak.

  • Akad pinjaman

Akad adalah sebuah janji atau bisa juga disebut dengan kontrak. Pada lingkup pinjaman, istilah akad pinjaman pun memiliki pengertian yang kurang lebih sama.

Akad pinjaman diartikan sebagai tahapan penandatanganan persetujuan pinjaman yang dilakukan oleh kedua pihak bank sebagai pemberi pinjaman dan pihak nasabah sebagai yang mengajukan pinjaman.

  • Bunga

Setiap mengajukan pinjaman, pastinya terdapat bunga yang diberlakukan. Bunga adalah salah satu jenis biaya yang harus dibayar kembali oleh pihak peminjam kepada pihak bank yang telah memberikan pinjaman.

Bunga yang sudah dihitung persentasenya akan dibayarkan bersamaan dengan jumlah total pinjaman yang sudah dibagi per bulannya pada tiap angsuran.

Pada pengajuan pinjaman, jenis bunga yang biasanya diberlakukan di antaranya yaitu bunga efektif. bunga flat, bunga floating, dan bunga fixed.

  • Debitur

Debitur adalah istilah atau sebutan yang digunakan untuk merujuk kepada pihak yang mengajukan pinjaman. Seluruh pihak peminjam akan disebut dengan debitur, baik pihak tersebut berbentuk perseorangan maupun badan usaha.

  • Kreditur

Selain debitur, terdapat juga istilah kreditur yang merupakan lembaga berupa bank yang menawarkan dan memberikan pinjaman kepada nasabah sebagai calon peminjam.

  • Jatuh Tempo

Istilah lainnya yang perlu Anda pahami sebelum mengajukan pinjaman pinjaman yaitu jatuh tempo. Jatuh tempo ialah istilah yang memiliki arti batas waktu akhir harus melakukan pembayaran angsuran.

Ketika Anda sudah mengajukan pinjaman, maka akan ditentukan jatuh tempo dari pembayaran angsuran pinjaman tersebut setiap bulannya. Dalam rentang waktu yang diberikan, tanggal terakhir disebut dengan jatuh tempo.

Anda harus membayarkan angsuran dalam rentang waktu yang sudah ditentukan tersebut dan jangan sampai membayar angsuran melebihi tanggal jatuh tempo. Sebab hal tersebut dapat membuat Anda terkena sanksi hingga catatan pinjaman Anda jelek pada Bank Indonesia.

  • Limit pinjaman

Limit pinjaman merupakan batas maksimal dari jumlah dana pinjaman yang disetujui oleh pihak pemberi pinjaman. Penentuan limit pinjaman ini biasanya dilakukan dengan melihat beberapa faktor, sehingga jumlah dana pinjaman yang Anda ajukan tidak selamanya sesuai dengan limit pinjaman, bisa kurang hingga ditolak apabila jumlahnya tidak masuk akal.

  • Penalti

Ialah sanksi dalam bentuk denda yang haru dibayar apabila debitur melanggar syarat dan ketentuan yang telah disepakati. Sebagai contoh Anda akan dikenakan penalti apabila Anda melunasi angsuran pinjaman lebih cepat dari waktu yang sudah disepakati di awal.

  • SID

Sistem informasi debitur merupakan fitur database yang dimiliki oleh bank indonesia yang memuat data informasi pinjaman terkait calon peminjam. Informasi tersebut biasanya memuat sejarah atau rekam jejak milik debitur yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

  • Tenor

Sementara untuk tenor merupakan lamanya waktu seorang debitur harus membayarkan angsuran atas pinjaman yang sudah diajukannya.

 

Penting untuk mengetahui masing-masing makna dari istilah-istilah yang biasanya digunakan pada lingkup pinjaman sebelum mengajukan pinjaman. Memahami istilah-istilah di atas dilakukan agar Anda tidak kebingungan saat sudah berhadapan langsung dengan istilah-istilah tersebut.

Tips Menggunakan pinjaman Tanpa Agunan dengan Bijak

Pinjaman pinjaman tanpa agunan termasuk ke dalam kelompok pinjaman yang paling sering dimanfaatkan oleh masyarakat. hal ini dikarenakan produk pinjaman KTA terkenal dengan sistemnya pengajuannya yang mudah dan dana pinjamannya bisa cair dengan segera.

Selain itu, dana pinjaman KTA juga dapat digunakan untuk kebutuhan apapun tidak terbatas oleh kepentingan tertentu.

Namun perlu diketahui bahwa dengan segala keunggulan yang diajukan oleh KTA, Anda bisa saja terkena imbas buruk apabila Anda tidak menggunakan KTA dengan bijak.

Untuk itu pada poin ini, agar Anda bisa berhati-hati dan memahami cara menggunakan pinjaman pinjaman tanpa agunan dengan benar dan bijak, akan dijelaskan terkait tips-tips yang bisa Anda perhatikan berikut.

  • Sebelum Mengajukan Pinjaman, Pastikan Sudah Memiliki Tujuan Jelas

Untuk bisa menggunakan pinjaman pinjaman tanpa agunan dengan bijak, tentunya sebelum Anda mengajukan pinjaman Anda harus memiliki tujuan pengajuan pinjaman yang jelas. Hal ini dilakukan guna mencegah menggunakan dana pinjaman tersebut untuk hal yang tidak berguna meskipun pada kenyataannya Anda bebas menggunakan dana pinjaman KTA untuk apapun seperti yang sudah disebutkan di pembahasan sebelumnya.

Dengan memiliki tujuan pengajuan pinjaman yang jelas juga membuat Anda tidak menghabiskan dana pinjaman secara cuma-cuma yang bisa saja menyebabkan kerugian besar. Selain itu, guna dari Anda telah memiliki tujuan yang jelas terkait akan digunakan untuk apa dana pinjaman KTA tersebut juga membuat kesempatan pengajuan pinjaman Anda lebih mudah disetujui oleh pihak pemberi pinjaman.

 

  • Ajukan Pinjaman Sesuai dengan Kondisi Finansial

Kemudian agar Anda bisa memanfaatkan pinjaman dengan baik, Anda perlu untuk mengajukan pinjaman dengan jumlah yang tentunya sudah disesuaikan dengan kondisi finansial atau kondisi keuangan Anda.

Menyesuaikan kondisi keuangan yang Anda miliki dengan besaran pinjaman yang Anda ajukan sangat penting dilakukan guna Anda bisa melunasi pembayaran angsuran dari pinjaman tersebut dengan mudah.

Sehingga sangat perlu bagi Anda yang berniat mengajukan pinjaman untuk memahami kondisi keuangan milik Anda sendiri. Pelajari apa saja yang menjadi pemasukan dan pengeluaran Anda dalam kurun waktu satu bulan, kemudian perhitungkan dari kondisi keuangan yang Anda miliki tersebut, Anda akan mampu mengajukan pinjaman seberapa besar yang juga berkaitan dalam penentuan besaran nominal angsuran dan juga jangka waktu untuk pembayaran angsuran tersebut.

 

  • Pelajari Macam-Macam Biaya yang Diterapkan, Tidak Terkecuali Bunga

Maksud dari menggunakan KTA dengan bijak yaitu berarti Anda menggunakan dana pinjaman kta yang sudah diajukan dengan sebaik-baiknya. Supaya hal tersebut bisa terjadi Anda perlu untuk memeriksa berbagai macam biaya yang biasanya diberlakukan dalam proses pengajuan pinjaman KTA ini.

Dengan mengetahui berbagai macam biaya yang diberlakukan selama pinjaman berlangsung, tak terkecuali bunga, Anda jadi memahami jumlah tuntutan angsuran yang harus Anda bayarkan tiap bulannya dengan benar.

 

  • Pahami Syarat dan Ketentuan yang Ditetapkan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, selain memahami biaya dan bunga, Anda juga perlu mempelajari syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak pemberi pinjaman. Guna dari memahami tiap-tiap syarat dan ketentuan adalah agar Anda mematuhi segala sesuatu yang ditetapkan. Kemudian ketentuan-ketentuan tersebut tentunya perlu Anda taati agar Anda terhindar dari penalti.

Sebagai contoh, Anda perlu membayar angsuran pinjaman tiap bulannya pada tanggal yang sudah disepakati. Sebab apabila Anda telat melakukan pembayaran angsuran, Anda bisa saja dikenakan penalti sebagai akibat dari tindakan tersebut.

 

  • Bandingkan Masing-Masing Produk pinjaman Tanpa Agunan

Tips tidak kalah penting lainnya agar Anda bisa menggunakan pinjaman KTA dengan bijak yaitu sebelumnya Anda harus memilih produk KTA yang tepat. Bandingkan masing-masing produk KTA, cari tahu juga apa saja yang menjadi keunggulan dan kekurangan dari produk KTA tersebut.

Jangan sampai salah memilih produk pinjaman KTA terlebih dengan alasan yang ditawarkan dari pihak pemberi pinjaman yaitu persentase bunga pinjaman yang terbilang rendah. Anda harus bijak dalam memilih produk KTA agar pinjaman yang Anda ajukan terpercaya dan terjamin keamanannya.

 

  • Buat Rencana Untuk Melunasi Pinjaman

Setelah menemukan produk pinjaman yang tepat, maka Anda bisa melakukan perencanaan atas pelunasan dari total keseluruhan pinjaman yang Anda ajukan beserta bunga yang diterapkan.

Dilakukannya pembuatan rencana ini agar Anda bisa mengira-ngira seberapa besar cicilan yang perlu Anda bayarkan sekaligus mengetahui tenor mana yang paling sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Membuat rencana atau melakukan simulasi pinjaman ini memiliki manfaat agar Anda lebih memiliki kesiapan dalam melunasi angsuran pinjaman yang diajukan.

Tertarik dengan KTA? Ajukan Pinjaman Bank DBS KTA

Dari beberapa pembahasan di atas terkait KTA seharusnya membuat Anda telah sedikit banyak mendapatkan pemahaman terkait KTA. DBS KTA sebagai salah satu produk pinjaman tanpa agunan bisa dijadikan solusi yang tepat bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman dengan waktu cepat.

Berikut ini terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh pinjaman bank bunga rendah DBS KTA, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Pinjaman hingga 300 Juta  
  • Bunga flat mulai dari 0,88% per bulan 
  • Cicilan hingga 36 bulan  
  • Persyaratan mudah

Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda berdomisili di Jabodetabek, memiliki e-KTP dan NPWP, berpenghasilan minimum 5 juta, dan memiliki kredit bank lain dengan limit sedikitnya 10 juta.

 

Dengan jumlah pinjaman besar yang ditawarkan oleh DBS KTA, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai macam kebutuhan. Sungguh menarik bukan? Bagi Anda yang sedang membutuhkan dana cepat, Anda sangat bisa menjadikan DBS KTA sebagai jalan keluarnya.

Tunggu apa lagi? Segera ajukan pinjaman produk unggulan DBS KTA ini dan nikmati berbagai macam kemudahannya! Anda bisa mengetahui tata cara dan informasi lengkap lainnya mengenai produk pinjaman bank DBS KTA dengan menuju ke laman berikut ini.