jenis Obligasi
24 Jan 2023

Memang Tak Sepopuler Saham,Kenali Prospek Investasi Obligasi

Investasi jenis Obligasi memang tidak memiliki tingkat kepopularitasan yang setara dengan investasi jenis saham. Meskipun demikian, masing-masing dari kedua jenis investasi tersebut memiliki peminatnya tersendiri yang berada di level cukup tinggi.

Apabila investasi jenis saham merupakan sebuah instrumen yang biasanya berbentuk dokumen dan merupakan bukti kepemilikan atas nilai atau aset dari sebuah perusahaan, maka investasi Obligasi merupakan sebuah instrumen dalam bentuk surat utang yang diperjualbelikan oleh penerbit baik dari lembaga pemerintah maupun korporasi.

Dua jenis investasi di atas, baik investasi Obligasi maupun investasi saham, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan dari instrumen investasi Obligasi dan instrumen saham.

Apa saja perbedaan dari kedua jenis investasi tersebut? Simak pembahasannya pada poin-poin di bawah ini.

 

Perbedaan Saham dan Obligasi

Masing-masing instrumen investasi memiliki karakteristik dan sistemnya tersendiri yang membuatnya kemudian banyak dilirik oleh masyarakat. Dalam kasus instrumen saham dan Obligasi ini, keduanya merupakan dua tipe investasi yang berbeda.

Lantas apa saja yang menjadi pembeda dari investasi saham dan Obligasi tersebut? Berikut ini pembahasannya.

  • Berdasarkan Tingkat Keuntungan

Perbedaan yang pertama dari jenis investasi saham dan Obligasi yaitu dilihat dari aspek tingkat keuntungannya.

Investasi saham memiliki keuntungan yang bersifat fluktuatif atau mengalami fase naik turun. Hal ini memiliki maksud bahwa keuntungan dari instrumen investasi saham ini tidak bisa dipastikan jumlahnya dikarenakan kerap mengalami perubahan yang bergantung kepada nilai keuntungan dari suatu perusahaan tersebut.

Lain halnya dengan instrumen Obligasi yang memiliki keuntungan bersifat stabil dan dalam jumlah yang tetap selama periode investasi berlangsung. Keuntungan pada investasi Obligasi ini akan terus didapat per bulannya hingga periode investasi selesai atau hingga perjanjian kesepakatan antara investor dan penerbit berakhir.

Dari perbedaan pertama ini, dapat dinilai bahwa investor yang berani mengambil risiko akan cenderung berinvestasi dengan menggunakan instrumen saham, sementara untuk instrumen Obligasi cenderung dipilih oleh investor yang menginginkan pendapatan stabil.

  • Berdasarkan Batas Waktu Masa Berlaku

Hal kedua yang menjadi pembeda dari dua instrumen investasi saham dan Obligasi ialah dilihat dari batas waktunya.

Apabila investasi saham beserta keuntungannya ini berlaku selama investor tersebut masih memegang surat bukti kepemilikan atas sahamnya, maka berbeda dengan batas waktu dari instrumen Obligasi.

Instrumen satu ini memiliki batas waktu investasi selama waktu yang telah ditetapkan di dalam surat Obligasi tersebut. Sehingga apabila di dalam surat batas waktu yang tertera yaitu akan berakhir dalam lima tahun, maka setelah lima tahun selesai, pihak investor akan menerima kembali dana pokok investasi dan tidak lagi bisa menerima hasil keuntungan yang didapatkan secara berkala selama masa investasi.

  • Berdasarkan Jumlah dan Jenis Pajak yang Dikenakan

Berikutnya, pajak yang dikenakan juga menjadi hal pembeda dari kedua instrumen investasi ini. Pada investasi jenis saham, hasil keuntungan yang didapat memiliki sifat dividen. Hal ini memiliki arti bahwa hasil yang Anda terima dari perusahaan sudah berdasarkan hasil potongan pajak.

Sementara pada investasi Obligasi, pada umumnya kupon Obligasi akan dikenakan pajak dan langsung dipotong sebelum didistribusikan kepada masing-masing investor.

  • Berdasarkan Fungsi

Kemudian perihal fungsi juga menjadi pembeda antara investasi saham dan investasi Obligasi.

Pada investasi saham, dokumen saham memiliki fungsi sebagai bukti kepemilikan secara resmi terhadap sebuah perusahaan.

Sementara untuk investasi Obligasi, dokumen Obligasi hanya berfungsi sebagai bentuk bukti piutang saja dan bukan kepemilikan terhadap lembaga penerbit Obligasi.

  • Berdasarkan Hak Campur Tangan Perusahaan

Pada instrumen investasi saham, oleh karena sifatnya yang secara resmi memiliki sebagian kecil dari perusahaan, tentu saja investor memiliki hak bersuara terkait keberlangsungan perusahaan, seperti misalnya saat menentukan kebijakan. Biasanya hak suara ini berlaku ketika dilangsungkan Rapat Umum Pemegang Perusahaan (RUPS).

Sementara untuk instrumen Obligasi, investor Obligasi tidak memiliki hak suara apapun atas keberlangsungan perusahaan ataupun lembaga yang menjadi penerbit dari investasi Obligasi yang dijalani.

  • Berdasarkan Kebijakan Likuidasi

Likuidasi merupakan proses pembubaran dari sebuah perusahaan hingga di tahap menjual perusahaan tersebut.

Ketika perusahaan mengalami pailit hingga bangkrut, pada investasi saham, investor akan mendapatkan bagian keuntungan yang disesuaikan dengan persentase kepemilikan perusahaan usai perusahaan membayarkan utang, dan beberapa hal lainnya.

Sementara untuk investasi Obligasi, para investor akan didahulukan atau diprioritaskan karena pihak perusahaan perlu mengembalikan modal dan juga bunga kupon sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati.

 

Alasan Investasi Obligasi Lebih Unggul Dibandingkan dengan Investasi Saham

Berdasarkan beberapa poin di atas dapat dinilai bahwa investasi Obligasi lebih unggul apabila dibandingkan dengan investasi saham.

Namun selain poin-poin perbedaan di atas, berikut ini terdapat keunggulan dari investasi Obligasi yang perlu diketahui.

  • Investasi Obligasi merupakan investasi yang aman, terlebih investasi Obligasi Pemerintah karena sistemnya yang dijamin oleh perundang-undangan
  • Investasi Obligasi memberikan pendapatan yang stabil, sehingga bisa dijadikan sebagai sumber untuk mendapatkan penghasilan tetap
  • Keuntungan yang didapatkan dari Obligasi bisa dijadikan sebagai diversifikasi dari portofolio Anda
  • Investasi Obligasi memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan capital gain

 

Tertarik Coba Investasi Jenis Obligasi?

Apabila Anda ingin memulai investasi Obligasi, maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menemukan mitra berinvestasi yang tepat.

Sebagai pertimbangan, Anda bisa melakukan investasi jenis Obligasi ini dengan yakin bersama perbankan prioritas DBS Treasures yang akan  menghadirkan insight terkurasi khusus untuk Anda, sehingga Anda dapat mengambil keputusan sesuai momentum. Keunggulan-keunggulan yang bisa diraih antara lain:

  • Anda akan memperoleh pendapatan berupa kupon yang dibayarkan secara reguler
  • Terdapat potensi capital gain
  • Anda akan ditawarkan kupon yang bersifat kompetitif 
  • Tidak terdapatnya biaya tambahan
  • Transaksi Obligasi bisa dilakukan selama 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS 
Selengkapnya mengenai jenis Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures bisa Anda akses melalui tautan berikut https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds. Bagi Anda yang tertarik, segera kunjungi situsnya.