beli Obligasi Pemerintah
10 Mar 2023

Pentingnya Kenali Rating Obligasi dalam Memilih Investasi

Obligasi Pemerintah maupun Obligasi Korporasi tentu memiliki rating masing-masing. Rating Obligasi ditentukan oleh sejauh mana kemampuan bayar kupon atau bunga Obligasi dari penerbit ke para investor. Rating atau peringkat yang tinggi menunjukkan rendahnya potensi gagal bayar suatu Obligasi.

Rating yang baik seringkali diimbangi dengan penawaran suku bunga yang tidak terlalu tinggi. Berbeda dengan rating Obligasi yang buruk atau bahkan masuk kategori Junk Bond, seringkali diimbangi dengan imbal hasil yang tinggi.

Mengetahui rating Obligasi sangat penting bagi seorang investor, karena hal ini juga akan mempengaruhi portofolio dan langkah investasi ke depannya.

Apa Itu Rating Obligasi?

Rating atau peringkat untuk Obligasi merupakan penilaian yang memiliki standar yang mengevaluasi kemampuan pemerintah atau suatu perusahaan dalam melakukan pembayaran hutang-hutangnya.

Rating biasanya akan dikeluarkan oleh lembaga pemeringkat yang telah mendapatkan izin legalitas dan resmi dari pemerintah. Lembaga pemeringkat hanya akan melakukan pemeringkatan sesuai dengan izin wilayah beroperasi.

Untuk perusahan-perusahan rating Obligasi yang ada di Indonesia saat ini adalah PT Pefindo (Pemeringkat Efek Indonesia), Fitch Ratings Indonesia, Indonesia Credit Rating Agency (ICRA), dan lainnya. Lembaga-lembaga tersebut hanya akan memberikan peringkat pada Obligasi yang dikeluarkan oleh korporasi.

Sementara itu, untuk peringkat yang dikeluarkan bagi suatu negara atau Obligasi Pemerintah biasanya dilakukan oleh lembaga yang sudah memiliki pengakuan dan standar internasional.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak lembaga penyedia peringkat Obligasi bagi perusahaan yang ada di Indonesia. Agar dapat beroperasi sebagaimana mestinya, mereka juga diwajibkan mendapatkan izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jenis-jenis Rating Obligasi dan Contohnya

Peringkat untuk Obligasi dibedakan menjadi dua bagian yang berupa ‘rating’ dan ‘outlook’. Rating untuk mengukur sejauh mana penerbit Obligasi mampu membayar hutangnya, sementara outlook merupakan insight perusahaan pemberi rating – apakah peringkat suatu Obligasi akan mengalami kenaikan atau akan terus menurun di periode berikutnya.

Jadi, outlook serupa dengan analisis atau prediksi yang diberikan oleh lembaga pemeringkat. Biasanya outlook untuk Obligasi terbagi atas positif, negatif, dan stabil. Ketiganya bisa menunjukkan apakah peringkat akan naik, turun atau cenderung stabil di periode mendatang.

Sementara itu, rating biasanya terdiri dari 2 hingga 3 abjad yang disertai tanda atau angka yang ditentukan oleh lembaga rating. Untuk peringkat sendiri, dibagi kembali menjadi dua. Peringkat layak investasi atau disebut juga investment grade, sementara peringkat non-investasi dikenal dengan non-investment grade.

●       Rating Obligasi Investment Grade

Jika suatu Obligasi memperoleh rating dengan kategori ini, risiko gagal bayarnya rendah. Maka investasi di Obligasi ini bisa dipercaya atau diandalkan untuk jangka waktu yang panjang.

Sementara itu, untuk Obligasi yang dikeluarkan oleh suatu negara maka peringkat ini menunjukkan perekonomian yang stabil dan solid. Negara tersebut memiliki rasio utang terkendali, defisit anggaran yang cenderung rendah, dan inflasi terkontrol.

Sementara perusahaan yang memperoleh peringkat ini memiliki tingkat profitabilitas yang tinggi. Kondisi finansial perusahaan sudah kuat, membuat para investor menjadi tenang. Sebab, risiko gagal bayarnya menjadi sangat rendah.

Namun biasanya potensi keuntungan yang ditawarkan juga cenderung lebih rendah. Jadi, perlu Anda ketahui, contoh rating Obligasi dengan peringkat layak investasi yang pada umumnya dipakai oleh lembaga pemeringkat di Indonesia, sebagai berikut:

  • AAA atau Aaa
  • AA+, AA dan AA-, atau Aa1
  • A+, A, dan A-
  • A1, A2, dan A3
  • BBB+, BBB, dan BBB-
  • Baa1, Baa2, dan Baa3

●       Rating Obligasi Non-Investment Grade

Apabila suatu Obligasi berperingkat non-investment, ia berarti memiliki risiko yang tinggi dan memiliki potensi masalah pada likuiditasnya. Hal ini disebabkan dengan potensi gagal bayar tinggi. Kelebihannya, Obligasi ini memiliki penawaran keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan Obligasi lainnya.

Hal ini juga yang kemudian membuat para investor mengambil risiko. Peringkat seperti ini biasanya juga diperuntukkan pada Obligasi sampah atau Junk Bond, Obligasi yang kerap dikeluarkan oleh perusahaan dengan isu tertentu pada kondisi finansial mereka.

Contoh rating Obligasi dengan peringkat non-investasi atau High Yield Bond, memiliki peringkat di bawah BBB ataupun Baa yang pada umumnya dipakai oleh lembaga pemeringkat di Indonesia sebagai berikut:

  • BB+, BB dan BB-
  • Ba1, Ba2, dan Ba3
  • B+, B, dan B-
  • B1, B2, dan B3
  • CCC+, CCC, dan CCC-
  • Caa1, Caa2, dan Caa3
  • CC+, Cc, dan CC-
  • Ca1, Ca2, dan Ca3
  • C+, C, dan C-
  • C1, C2, dan C3

Apa Kaitan antara Rating Obligasi dengan Imbal Hasil yang Diperoleh?

Rating Obligasi menjadi krusial bagi korporasi atau pemerintah yang menerbitkan Obligasi. Mengikutsertakan Obligasi agar mendapat peringkat dari lembaga berwenang jelas memudahkan penerbit Obligasi untuk mengakses pasar.

Sehingga baik korporasi atau pemerintah bisa segera mendapatkan dana dari pembelian Obligasinya. Kemudian, dana itu akan digunakan untuk mengembangkan dan meningkatkan pertumbuhan mereka.

Sementara itu, investor sebaiknya mengetahui peringkat suatu Obligasi sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian Surat Obligasi. Karena rating dari Obligasi jelas berpengaruh dalam tingkat suku bunga serta harga Obligasi tersebut.

Untuk Obligasi dengan rating yang tinggi tentu memberikan rasa aman dengan stabilitasnya, dan dapat menjadi investasi jangka panjang yang nyaman.

Pada umumnya, jumlah besaran penawaran keuntungan suatu Obligasi selalu berbanding terbalik dengan peringkatnya. Semakin rendah peringkat suatu Obligasi, imbal hasil yang ditawarkan semakin besar. Inilah yang kemudian memunculkan jenis Obligasi high yield bond.

Hal tersebut tidak lantas membuat Obligasi dengan rating non-investment grade jadi sepi peminat. Investor dengan risk tolerance tinggi dan seorang spekulan jelas meminati jenis investasi ini. Sebab, ketika perusahaan tersebut ternyata dapat mewujudkan komitmennya dan pulih dari kesulitan finansial, maka keuntungan yang diperoleh akan sangat tinggi.

Jadi, manakah yang lebih menarik minat Anda? Obligasi ‘High Yield Bond’ atau ‘Pemerintah’ dengan peringkat yang baik?

Tertarik untuk Investasi Obligasi Pemerintah?

Apakah Anda tertarik dengan Obligasi yang diterbitkan oleh Pemerintah? Jika demikian, Anda dapat menjadikan DBS Treasures sebagai mitra. Bersama DBS Treasures, Anda akan mendapatkan ragam kemudahan dan keuntungan investasi Obligasi Pemerintah sebagai berikut:

  • Kupon Reguler

Tersedia pendapatan reguler berupa kupon yang dibayarkan secara berkala selama periode investasi oleh penerbit Obligasi.

  • Transaksi 24/7

Anda bisa menemukan berbagai jenis produk Obligasi yang dapat diperjualbelikan lewat Aplikasi digibank by DBS. Jadi, beli Obligasi Pemerintah bisa semakin praktis.

  • Terdapat Potensi Capital Gain

Beberapa jenis Obligasi bisa Anda jual kapan pun bahkan sebelum jadwal jatuh tempo yang telah ditentukan. Selain itu, investor juga akan mendapatkan potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

  • Kupon Kompetitif

Tersedia tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito Berjangka.

  • Tiada Biaya Tambahan

Para investor tidak dikenai biaya tambahan apapun. Hanya terdapat spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer).

Tertarik untuk berinvestasi bersama DBS Treasures? Apabila demikian, segera tempatkan dana minimal Rp500 juta dan dapatkan welcome reward menarik. Dapatkan pula wawasan terkurasi untuk memandu Anda berinvestasi. Didukung tim ahli finansial yang mengomunikasikan analisis pasar serta peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Nasabah, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).  Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Untuk detail informasi Obligasi Pemerintah di DBS Treasures, Anda bisa klik tautan berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds.