Kampus luar negri
25 Oct 2022

Kejar Gelar Master di Universitas Top di Australia!

Australia adalah salah satu negara paling populer untuk dijadikan tempat menimba pendidikan master oleh mahasiswa internasional. Anda juga dapat mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan gelar master di sana dengan bantuan pinjaman uang di bank.

Namun sebelum memilih Australia sebagai tujuan Anda untuk menempuh pendidikan master, Anda dapat menyimak ulasan di bawah ini mengenai alasan serta cara berkuliah di Australia.

Mengapa Berkuliah di Australia?

Australia adalah salah satu surga bagi mahasiswa internasional untuk menyelesaikan studi master. Ada beragam alasan yang membuat banyak mahasiswa memilih Australia, yakni sebagai berikut.

  • Gudangnya Universitas Top Dunia

Australia memiliki banyak sekali universitas yang dapat dipilih oleh mahasiswa internasional. Beberapa universitas tersebut bahkan dinobatkan sebagai universitas top dunia seperti University of Melbourne dan Australian National University.

Banyaknya universitas top dunia menandakan bahwa Australia memiliki kualitas pendidikan yang mumpuni dan mampu bersaing dengan mahasiswa internasional lainnya.

  • Fasilitas yang Memadai

Tidak hanya kualitas yang mumpuni, universitas-universitas di Australia juga memiliki fasilitas yang memadai dengan taraf internasional seperti laboratorium, perpustakaan, dan lain sebagainya.

Tak hanya memadai, staf-staf di fasilitas-fasilitas tersebut juga dapat membantu para mahasiswa untuk mendapatkan apapun yang mereka butuhkan sehingga dapat menunjang akademis mahasiswa.

  • Banyaknya Pilihan Program Studi

Australia memiliki banyak program studi di masing-masing universitasnya. Bahkan banyak dari program studi tersebut tidak Anda temukan di Indonesia. Di samping itu, ada juga program studi dengan kelas internasional.

Program studi yang ada di Australia sudah dirancang menurut prospek karir yang ada. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir karena apapun program studi yang Anda pilih, ilmu Anda akan terpakai dalam karir di masa depan.

  • Kurikulum yang Berbeda

Kampus-kampus di Australia memiliki kurikulum yang berbeda. Di sana, mahasiswa dapat berkuliah dengan waktu yang lebih fleksibel sehingga mereka dapat menyelesaikan studi sembari bekerja.

Di samping itu, sistem pendidikan perkuliahan di Australia memungkinkan para mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di beragam bidang sehingga dapat membuka peluang mahasiswa untuk belajar hal-hal lainnya.

  • Dijamin Pemerintah

Sistem pendidikan di Australia diatur oleh badan-badan penjamin mutu. Badan-badan tersebut seperti ESOS yang dapat memberi perlindungan bagi siswa internasional. Badan-badan ini merupakan hasil dari komitmen Australia demi pendidikan di sana.

Selain itu, ada juga badan yang memastikan kualitas dari perkuliahan di sana yang bernama Australian Qualifications Framework atau AQF. AQF menggunakan standar internasional untuk menetapkan kualitas pendidikan di Australia.

  • Prospek yang Menjanjikan

Jangan khawatir setelah lulus dari Australia karena para lulusan Australia sangat dihargai bahkan secara internasional. Bahkan tingkat pengangguran Australia hanyalah 5,3% pada tahun 2019.

Selain itu, bagi lulusan pendidikan master akan mendapatkan Visa Pascasarjana Sementara setelah wisuda. Visa ini dapat memberi Anda kesempatan untuk tetap tinggal dan bekerja di Australia sampai empat tahun.

  • Ada Kampus Murah

Selain terkenal dengan kampus yang top, Australia juga memiliki kampus-kampus dengan biaya murah yang tak kalah bagus dengan kampus lainnya. Di sana Anda bahkan bisa menempuh pendidikan dengan biaya di bawah Rp300 juta per tahun.

Beberapa universitas tersebut adalah IPAG Business School, University of New England, University of Wollongong, dan Victoria University. Anda juga dapat menggunakan pinjaman dengan bunga rendah untuk membayarnya.

  • Ekonomi yang Kuat

Kurang lengkap rasanya bila kita tidak membicarakan negara Australia sendiri sebagai alasan mengapa Australia merupakan pilihan yang tepat bagi mahasiswa untuk menempuh S2. Salah satu alasannya adalah ekonominya yang kuat.

Australia memiliki tingkat inflasi yang rendah di dunia. Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir akan perekonomian di negara ini karena Australia memiliki ekonomi yang cukup stabil.

  • Negara yang Berkualitas

Tak hanya kampusnya saja yang berkualitas, namun Australia sendiri juga mempunyai kualitas negara yang bagus. Bahkan kota-kota besar seperti Sydney dan Melbourne telah dinobatkan menjadi kota pelajar terbaik di dunia.

Di samping itu, Melbourne juga menjadi kota paling layak huni di dunia selama tujuh tahun berturut-turut. Faktor yang mempengaruhi prestasi ini di antaranya adalah budaya, pendidikan, lingkungan, perawatan, dan lain-lain.

Melihat alasan di atas, Anda tidak perlu khawatir untuk belajar di Australia sekalipun Anda harus membawa keluarga ke sana.

  • Fasilitas Kota yang Berkualitas

Tak hanya fasilitas kampus yang berkualitas, kota-kota di Australia juga memiliki fasilitas yang mendukung para mahasiswa untuk belajar. Contohnya State Library Victoria dan State Library of New South Wales dengan suasananya yang menyenangkan.

Selain itu, Australia juga memiliki pelayanan publik yang cukup baik. Bahkan pejabat Indonesia pernah belajar langsung mengenai pelayanan publik di Australia.

  • Mendapatkan Pengalaman Lebih

Di sini Anda akan menemukan beragam mahasiswa dari seluruh dunia. Maka dari itu, Anda akan mempelajari banyak budaya yang berbeda pula selain budaya asli di Australia.

  • Terdapat Beragam Destinasi Wisata

Di Australia, Anda dapat menemukan beragam destinasi wisata yang populer seperti Opera House Sydney dan Great Barrier Reef. Berbagai destinasi wisata ini dapat menambah ilmu pengetahuan Anda, khususnya tentang Australia.

Tak hanya menambah ilmu pengetahuan, Anda juga bisa melepas penat dengan berwisata sembari menyelesaikan studi master Anda di Australia. Selain itu, Anda juga bisa berkenalan dengan berbagai hewan endemik di sana seperti kanguru dan koala.

Cara Berkuliah di Australia

Setelah mengetahui beragam alasan untuk menempuh pendidikan magister di Australia, saatnya Anda mengetahui bagaimana cara agar dapat berkuliah di sana. Simak ulasannya di bawah ini.

  • Memilih Program Studi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih program studi yang tepat bagi minat dan cita-cita Anda. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Australia mempunyai banyak program studi sehingga Anda harus mencari info mengenai program studi yang tepat bagi Anda.

Selain itu, banyak dari program studi master di Australia akan membutuhkan relevansi dengan pendidikan sarjana Anda. Maka dari itu, pertimbangkanlah aspek ini juga.

Berbagai program studi yang dapat Anda pilih adalah hukum, teknik, bahasa Inggris, keguruan, akuntansi, kedokteran, bisnis, seni, dan lain sebagainya.

  • Memilih Universitas

Setelah memilih program studi, Anda bisa memilih universitas yang akan dituju. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam memilih universitas, seperti ada atau tidaknya program studi yang Anda inginkan di sana beserta biayanya.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan kemampuan Anda. Memang berkuliah di universitas terbaik adalah impian bagi semua orang. Namun Anda juga harus realistis dengan mempertimbangkan kemungkinan yang ada.

Beberapa universitas yang dapat Anda pilih telah dibahas di atas, selain itu ada juga universitas lain seperti Deakin University dan University of Adelaide.

  • Kemampuan Berbahasa Inggris

Bahasa yang digunakan di Australia adalah bahasa Inggris. Itu artinya Anda harus menyiapkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris. Tak hanya untuk di kuliah saja, namun untuk pengurusan visa dan kehidupan sehari-hari nantinya.

Untuk menunjukkan kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris, kemungkinan besar Anda akan diminta untuk menunjukkan bukti dalam bentuk tes seperti IELTS atau TOEFL. Carilah info mengenai tes serta berapa minimal skor yang dibutuhkan.

  • Bukti Akademis

Dalam mempersiapkan studi master di Australia, Anda juga perlu menyiapkan bukti-bukti akademis lainnya yang menandakan bahwa Anda mampu untuk melanjutkan studi di sana.

Pada umumnya, Anda akan memerlukan copy ijazah, transkrip nilai, dan lain sebagainya. Namun bukti-bukti akademis ini tergantung pada program studi dan kampus yang Anda tuju.

  • Dokumen-Dokumen Lain

Selain bukti akademis, Anda juga perlu mempersiapkan dokumen lain seperti daftar riwayat hidup, motivation letter, recommendation letter, surat keterangan pengalaman kerja, dan lain sebagainya sesuai dengan apa yang diminta oleh pihak kampus.

Di samping itu, Anda juga perlu mempersiapkan dokumen-dokumen lain terutama yang berkaitan dengan ijin tempat tinggal Anda di sana seperti paspor dan visa pelajar. Sebaiknya Anda mengajukan visa minimal 2 bulan sebelum pendaftaran

  • Rencana untuk Hidup di Australia

Anda juga perlu mempersiapkan rencana hidup di Australia bila Anda diterima berkuliah di sana. Rencana tersebut meliputi bagaimana Anda izin dari tempat kerja Anda sekarang, mencari apartemen dan pekerjaan sampingan di sana, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan apakah Anda akan mengajak keluarga untuk ikut tinggal di Australia atau tidak. Bila iya, maka Anda juga harus mempersiapkan kehidupan keluarga Anda di sana.

Setelah semua persiapan matang, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk mendaftar kuliah master di Australia serta mengirim dokumen-dokumen yang diperlukan ke pihak kampus. Namun mungkin kini Anda mempunyai pertanyaan baru: Bagaimana dengan biayanya?

Pembiayaan Kuliah di Australia dengan Pinjaman Uang di Bank DBS KTA

Ketika Anda memutuskan untuk kuliah di Australia, Anda harus mempunyai rencana biaya yang matang. Jika tidak, maka Anda akan mengalami kesulitan untuk hidup di Australia. Bahkan bukti keuangan ini juga harus Anda kirimkan sebagai syarat berkuliah di sana

Ada beragam cara yang bisa Anda tempuh untuk membantu pembiayaan kuliah master Anda di Australia. Salah satu cara yang bisa Anda pilih adalah dengan pinjaman uang di bank. Bila Anda masih ragu terkait bank apa yang cocok, Anda bisa memilih DBS KTA.

Ada beragam keunggulan yang dapat Anda rasakan bila Anda mengajukan pinjaman dengan DBS KTA. Keunggulan tersebut antara lain:

  • Limit hingga 300 Juta

Di DBS KTA Anda dapat meminjam hingga 300 juta. Dana ini dapat mencukupi biaya kuliah Anda selama setahun di kampus-kampus tertentu.

  • Bunga Rendah

Jangan khawatir meminjam di DBS KTA karena pinjaman dengan bunga rendah ini mulai dari 0,88% per bulannya.

  • Dapat Dicicil sampai 3 Tahun

Jangan khawatir juga dengan jatuh temponya karena Anda dapat mencicil pinjaman hingga 36 bulan atau 3 tahun.

  • Syarat Mudah

Anda hanya perlu beberapa syarat mudah agar bisa meminjam di DBS KTA, yakni NPWP, e-KTP, penghasilan mimimal Rp5 juta per bulan, domisili Jabodetabek, dan kredit di bank lain berlimit minimal Rp10 juta.

Bagaimana, mudah dan menguntungkan bukan? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut dan segera dapatkan pinjaman uang di bank dengan bunga rendah untuk menggapai cita-cita Anda berkuliah di Australia!