Reksadana Pasar Uang
02 Mar 2023

Jaga Kesehatan Finansial: Evaluasi Anggaran secara Rutin

Reksadana Pasar Uang merupakan salah satu alternatif investasi yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan finansial. Namun sebelum berinvestasi, penting untuk mengevaluasi anggaran keuangan sebagai langkah mengetahui kondisi finansial terkini.

Pasalnya, tidak hanya perusahaan atau bisnis saja yang membutuhkan evaluasi anggaran. Keuangan pribadi pun memerlukan evaluasi keuangan rutin, baik dari segi pertumbuhan aset, jumlah tabungan, investasi, dana pensiun, dana darurat, hingga rasio utang jika ada.

Dengan mengetahui pertumbuhan kondisi finansial, Anda bisa menentukan langkah perbaikan seperti apa yang perlu dilakukan selanjutnya agar keuangan Anda tetap aman, sehat, dan terkontrol.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Finansial

Kesehatan finansial adalah aspek penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Sebab kondisi keuangan yang sehat memungkinkan seseorang untuk mengatasi berbagai masalah keuangan insidentil, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan hidup secara optimal.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan finansial melalui evaluasi anggaran secara rutin sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini beberapa alasan terkait pentingnya mengevaluasi anggaran untuk menjaga kesehatan finansial:

●     Mengenali Pola Pengeluaran

Dengan mengevaluasi anggaran secara teratur, Anda dapat mengenali pola pengeluaran dan mengidentifikasi pengeluaran yang tidak perlu atau berlebihan. Hal ini bisa membantu Anda mengurangi pengeluaran dan menghemat untuk keperluan yang lebih penting.

●     Menyesuaikan Pengeluaran dengan Pendapatan

Evaluasi anggaran juga dapat membantu Anda menyesuaikan pengeluaran dengan pendapatan yang ada agar terhindar dari risiko utang atau defisit aset. Dengan ini, Anda bisa menetapkan prioritas pengeluaran yang lebih penting sesuai kebutuhan.

●     Mencapai Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Dengan evaluasi keuangan rutin, Anda dapat mencapai tujuan keuangan jangka panjang melalui penghematan anggaran, tabungan, atau investasi. Salah satu instrumen investasi yang potensial yaitu RDPU.

RDPU atau Reksadana Pasar Uang adalah jenis investasi pada Pasar Uang berisiko rendah seperti Deposito atau Obligasi.

Tips Evaluasi Anggaran Secara Rutin

Evaluasi rutin terhadap keuangan pribadi secara rutin, misalnya satu tahun sekali, adalah langkah penting untuk memastikan bahwa finansial Anda terkelola dengan baik dan efektif. Berikut ini adalah beberapa tips evaluasi anggaran yang bisa Anda ikuti:

●     Tentukan Tujuan Keuangan

Tahap pertama adalah tentukan tujuan keuangan yang ingin Anda capai, baik itu jangka panjang, menengah, maupun jangka pendek. Pastikan bahwa tujuan tersebut spesifik, terukur, realistis dan relevan dengan kebutuhan finansial pribadi.

Dengan menentukan tujuan keuangan yang jelas, Anda dapat memilih jenis investasi yang tepat dan mengalokasikan dana secara efektif. Misalnya, apakah Anda akan memilih Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Saham, atau Reksadana Campuran.

●     Analisis Pertumbuhan Aset

Aset merupakan salah satu indikator penting yang menentukan keberhasilan finansial seseorang. Dalam mengelola keuangan, analisis pertumbuhan aset pribadi wajib dilakukan untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai kondisi finansial Anda.

Pastikan bahwa seluruh aset sudah tercatat tanpa terkecuali, contohnya seperti uang tunai, emas, perhiasan, properti, hingga jenis aset lain yang bertumbuh. Dengan pencatatan, Anda bisa mempelajari dan menganalisis pola pengumpulan aset serta strategi yang bisa diterapkan agar asetnya terus bertumbuh.

●     Hitung Rasio Utang

Rasio utang merupakan perbandingan antara besar utang dengan total aset, dan merupakan salah satu indikator kesehatan finansial. Agar kondisi finansial tetap aman, pastikan rasio utang Anda tidak melebihi 30% dari total pendapatan per bulannya.

Semakin tinggi rasio utang, maka semakin rendah kemampuan Anda untuk membayar. Bahkan jika rasio totalnya melebihi angka 100%, maka artinya utang yang Anda miliki lebih besar dari pada aset, sehingga risiko keuangannya juga semakin tinggi.

Jika rasio utang terlalu besar, maka solusinya adalah mengurangi pinjaman yang tidak perlu dan memprioritaskan pembayaran utang. Anda juga bisa mencari cara untuk mengurangi utang, misalnya dengan refinancing atau pengajuan keringanan.

●     Hitung Jumlah Tabungan

Selanjutnya, hitung total jumlah tabungan yang sudah dikumpulkan. Pastikan bahwa uang tabungan Anda masih aman dan tidak terpakai untuk keperluan di luar rencana. Jika ada uang tabungan yang terpakai, maka sebaiknya segera ganti uang tersebut.

Yang terpenting, pastikan bahwa jumlah tabungan Anda sudah sesuai dengan target awal yang ditentukan. Jika ternyata belum memenuhi, maka hasil evaluasi ini bisa menjadi bahan perbaikan agar tabungan tahun depan dapat memenuhi target.

●     Hitung Pertumbuhan Investasi

Saat melakukan evaluasi anggaran, pastikan juga untuk menyisihkan sebagian penghasilan untuk berinvestasi. Selain menabung, berinvestasi juga bisa menjadi langkah strategis mengembangkan aset.

Hitung berapa pertumbuhan dan hasil investasi yang berhasil Anda kumpulkan, serta jadikan sebagai bahan evaluasi. Jika instrumen investasi yang dipilih berkembang secara signifikan, itu artinya Anda bisa meneruskannya.

Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan diversifikasi dan memilih jenis investasi yang stabil seperti Reksadana jenis Pasar Uang.

Reksadana Pasar Uang adalah jenis investasi Reksadana yang risikonya dikenal rendah, sehingga banyak diminati investor berprofil risiko cenderung konservatif.

●     Hitung Dana Pensiun dan Dana Darurat

Walaupun masih berada di usia produktif, sebaiknya siapkan dana pensiun dan dana darurat Anda sedini mungkin, bahkan sebelum memasuki masa pensiun. Hal ini penting agar masa tua Anda lebih terjamin tanpa khawatir terkait masalah finansial.

Untuk menghitung dana pensiun dan simpanan darurat, Anda bisa menyesuaikannya dengan biaya hidup harian atau bulanan Anda, lalu mengubah nilai uang saat ini (present value) menjadi prediksi nilai uang di masa mendatang (future value).

Investasi Reksadana Pasar Uang bersama DBS Treasures

Apabila Anda tertarik berinvestasi di Reksadana Pasar Uang, sebaiknya pilihlah mitra yang dapat diandalkan untuk membantu evaluasi anggaran investasi Anda sesuai kondisi pasar. DBS Treasures bisa menjadi mitra yang tepat untuk Anda memulai berinvestasi di instrumen Reksadana.

Dengan menjadikan DBS Treasures sebagai mitra, maka pengambilan keputusan investasi bisa jadi semakin akurat sehingga kondisi finansial tetap sehat. Berikut ini berbagai keuntungan yang bisa Anda peroleh apabila berinvestasi Reksadana bersama DBS Treasures:

●  Pengelolaan Langsung oleh Profesional

Seluruh varian Reksadana di DBS Treasures akan dikelola oleh Manajer Investasi berpengalaman dan terpercaya agar performa produk investasi semakin optimal.

● Kurangi Risiko dengan Diversifikasi

Untuk memperkecil risiko yang mungkin terjadi dan memaksimalkan keuntungan, dana Anda akan didiversifikasi dengan cara menempatkannya ke berbagai jenis aset investasi.

● Panduan Investasi dari Tim Ahli

Anda juga akan memperoleh panduan investasi terkurasi. Tim ahli finansial mengomunikasikan analisis pasar serta peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Nasabah, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).  Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

● Transaksi Mudah Via Aplikasi digibank by DBS

Dengan dukungan Aplikasi digibank by DBS, Anda kini bisa bertransaksi secara fleksibel dan mudah, kapan saja dan dari mana saja. Mulai dari proses registrasi Single Investor Identification (SID), jual beli, hingga switching bisa dilakukan secara mobile via aplikasi.

DBS Treasures dapat diandalkan untuk menjaga kesehatan finansial melalui diversifikasi jenis instrumen investasi, termasuk Reksadana Pasar Uang. Evaluasi anggaran investasi yang akurat dapat membantu Anda menerapkan strategi yang sesuai.

Pelajari informasi selengkapnya di sini, dan maksimalkan imbal hasil Anda bersama DBS Treasures.