kupon Obligasi
18 Jan 2023

Cara Kalkulasi Potensi Keuntungan dari Obligasi Pemerintah

Bagi Anda yang telah memilih untuk berinvestasi di berbagai jenis Obligasi, ada baiknya memahami cara perhitungan alat investasi yang satu ini. Sebagai investor tentu Anda menginginkan nilai aset bertambah dari Obligasi yang dimiliki.

Sebelum sampai ke cara kalkulasi, berikut adalah beberapa istilah yang mungkin telah familiar untuk Anda. Seperti kupon Obligasi, yield to maturity, current yield, accrued interest, capital gain dan lain-lain yang akan banyak disebut pada ulasan ini.

 

Rumus Untuk Kalkulasi Potensi Keuntungan dan Bunga Obligasi

Mungkin Anda sudah tahu bahwa kelebihan Obligasi sebagai instrumen investasi ialah memiliki jangka waktu investasi yang variatif dengan tingkat bunga stabil dan risikonya pun cukup kecil.

Namun, jenis investasi ini memiliki banyak aspek yang perlu dihitung untuk dapat mengetahui nilai return-nya. Berikut ini perhitungan umum Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah.

  • Nilai Kupon

Disebut juga sebagai interest rate, kupon Obligasi ini nilai bunga yang diterima investor secara berkala. Periodenya pun variatif, bisa sebulan sekali, tiga bulan sekali hingga enam bulan sekali. Tergantung pada kesepakatan awal.

Jika Anda memiliki Obligasi ORI dengan nilai kupon yang dibayarkan tiap bulan, perhitungan imbal hasilnya dapat dilihat di bawah ini.

Contoh:

Anda memiliki uang Rp200 juta dan membeli 200 unit Obligasi ORI di pasar perdana dengan interest rate atau kupon 4,9% per tahun.

Nilai investasi = Rp200.000.000

Kupon/tahun = Rp200.000.000 x 4,9% = Rp9.800.000

Kupon/bulan = Rp9.800.000 : 12 = Rp816.666

Pajak/bulan = Rp816.666 x 10% = Rp81.666

Kupon bersih per bulan = Rp735.000

  • Capital Gain

Jika Anda menjual Obligasi Anda dengan harga jual yang lebih tinggi dari harga beli, di sinilah Anda mendapat capital gain atau keuntungan modal. Untuk perhitungannya sendiri sebagai berikut.

Masih akan memakai contoh keadaan di atas dengan nilai investasi awal Rp200 juta/200 unit. Pada kesempatan ini, Anda dapat menjual Obligasi Anda di harga 102%. Kira-kira berapa keuntungan yang diperoleh?

Capital Gain = Rp200.000.000 x (102-100)% =  Rp4.000.000

Saat menjual Obligasi, Anda akan mendapatkan Rp204.000.000 dengan nilai keuntungan Rp4 juta.

  • Nominal Yield

Penghasilan bunga dari kupon tahunan yang dibayarkan pada investor.

Tingkat Kupon = Penghasilan Bunga : Nilai Nominal

  • Current Yield

Hasil bunga kupon tahunan dibagi dengan harga pasar Obligasi.

Current Yield = Penghasilan Bunga Tahunan : Harga Pasar Obligasi

  • Yield to Maturity

Yield ini umum dipakai karena paling sesuai dengan compounded rate of return yang seringkali diantisipasi oleh investor. Yield to Maturity (YTM) diberikan pada investor jika pembeli Obligasi menahan untuk terus memegang Obligasi hingga masa jatuh tempo. Perlu diingat bahwa harga Obligasi dan yield ini berlawanan arah, jika harga Obligasi alami kenaikan maka yield akan turun dan sebaliknya.

YTM = (Nilai Kupon+((Maturity value-Harga Obligasi Sekarang) / Lama Obligasi hingga jatuh tempo)) : (Maturity value + Harga Obligasi sekarang) / 2

  • Yield to Call

Yield to Call (YTC) merupakan imbal hasil yang didapatkan oleh investor pada Obligasi yang dapat dibeli kembali. Emiten dapat membeli dan melunasi Obligasi sebelum tiba masa jatuh tempo.

YTC = (Penghasilan kupon per tahun + (Call price Obligasi – Harga Obligasi sekarang)  / jumlah tahun hingga YTC terdekat)) / ((Call price + harga Obligasi sekarang) / 2)

  • Realized Yield

Ini merupakan tingkat keuntungan yang telah diantisipasi oleh investor Obligasi. Investor juga dapat membuat estimasi keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan strategi perdagangan.

Demikian cara kalkulasi potensi keuntungan saat Anda berinvestasi Obligasi Pemerintah. Imbal hasil dari investasi Obligasi ini dapat Anda gunakan sebagai dana bagi masa depan. Investasi ini juga dapat menjadi instrumen investasi yang menyeimbangkan instrumen lainnya.

 

Keuntungan Investasi Jenis Obligasi Pemerintah Bersama DBS Treasures

Anda telah mengetahui cara kalkulasi potensi keuntungan dari investasi di Obligasi Pemerintah. Kini saatnya mengetahui keuntungan apa saja yang diperoleh dengan melakukan investasi Obligasi Pemerintah di DBS Treasures sebagai perbankan prioritas yang tepat untuk mendukung investasi Anda. Ini dia keuntungan jika menjadi menjadi Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures:

  1. Kupon Reguler yang Kompetitif

Anda akan memperoleh kupon yang dibayarkan secara rutin dan berkala selama masa investasi oleh pihak penerbit Obligasi.

  1. Kupon Kompetitif

Memberikan tingkat kupon yang kompetitif. Tingkat nilai kupon pun kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito berjangka. Pada Deposito besaran pajak penghasilan mencapai 20%, sementara pada Obligasi senilai 15%.

  1. Dapatkan Potensi Capital Gain

Anda dapat menjual jenis Obligasi yang Anda pegang kapan pun sebelum masa jatuh tempo tiba dan Anda bisa mendapatkan potensi tingkat return yang tinggi.

  1. Tanpa Biaya Tambahan

Tidak dikenai biaya tambahan, hanya akan ada spread atau selisih antara bid dan offer.

  1. Lakukan Transaksi 24/7

Nikmati kemudahan dalam transaksi jual beli Obligasi Anda hanya melalui satu aplikasi saja. Tersedia juga beragam produk Obligasi yang dapat diperjualbelikan hanya melalui Aplikasi digibank by DBS.

Perbankan prioritas DBS Treasures sebagai mitra investasi yang tepat dapat mendukung Anda dengan menawarkan banyak kemudahan dalam investasi jenis Obligasi Pemerintah.

Tak hanya itu, Anda dapat yakin mengambil keputusan investasi sesuai momentum dengan ragam insight terkurasi berdasarkan aspirasi serta profil Anda. Informasi lebih lanjut dapat Anda akses di sini.