transaksi valuta asing
06 Sep 2022

Yang harus Anda ketahui tentang transaksi valuta asing

Singkatnya, transaksi valuta asing adalah proses menukar satu mata uang dengan mata uang lainnya. Penukaran persediaan dan permintaan tersebut menciptakan peluang untuk investasi dan keuntungan, tetapi juga disertai dengan risiko.

Tahukah Anda ?

"Transaksi valuta asing" disebut sebagai salah satu pasar perdagangan finansial terbesar dan paling likuid di dunia. Berdasarkan statistik Bank for International Settlements (BIS), pada bulan April 2019, volume perdagangan harian rata-rata sendiri mencapai USD6,6 triliun.

Dalam menghadapi pasar valuta asing yang begitu besar, apa hal yang memerlukan perhatian khusus? Bagaimana cara melakukan perdagangan? Bagaimana cara menghasilkan keuntungan?

Apa itu valuta asing? Bagaimana cara untuk melakukan jual beli?

Cara yang mudah dan praktis untuk memahami transaksi valuta asing adalah saat bepergian ke luar negeri, Anda tentu saja harus mengonversi mata uang suatu negara menjadi mata uang lokal sebelum dapat menggunakannya.

Namun, tentu saja transaksi valuta asing bukan hanya tentang menukar mata uang asing untuk bepergian. Dalam pasar finansial, transaksi ini juga bisa menjadi cara bagi individu atau perusahaan untuk berinvestasi, lindung nilai, dan menghasilkan keuntungan. Karena kebanyakan investor memperdagangkan valuta asing untuk menghasilkan keuntungan, jumlah mata uang yang diperdagangkan setiap hari dapat menjadi cukup besar. Bagi setiap investor yang ingin berpartisipasi, pasar ini merupakan peluang investasi yang menarik dengan batasan masuk yang relatif rendah. Tentu saja, ada risiko tertentu dalam semua investasi, tetapi mempelajari dasar-dasarnya merupakan kunci untuk meraih peluang investasi yang menguntungkan.

Transaksi valuta asing biasanya mencakup perdagangan tunai, spot, futures, dan margin. Sama seperti saham atau metode investasi lainnya, dalam transaksi valuta asing, investor menghasilkan dengan membeli di harga rendah dan menjual di harga tinggi, atau membeli di harga tinggi dan menjual di harga rendah, melalui fluktuasi dalam kurs.

Apa saja manfaat transaksi valuta asing?

Setelah Anda memahami definisi transaksi valuta asing dan cara kerjanya, Anda mungkin ingin mengetahui manfaatnya.

  1. Diperdagangkan 24 jam sehari
    Pasar valuta asing dioperasikan selama 24 jam sehari di berbagai belahan dunia, oleh sebab itu dapat diperdagangkan selama 24 jam karena zona waktu internasional yang berbeda-beda antar negara.
  2. Likuiditas tinggi
    Karena transaksi valuta asing cepat dibeli dan dijual, likuiditasnya tinggi. Sejumlah besar dana dapat dikonversi dengan cepat dalam waktu singkat.
  3. Biaya transaksi yang relatif rendah
    Bagian yang paling penting dalam biaya transaksi valuta asing adalah perbedaan harga antara harga penawaran dan harga permintaan yang dapat diperoleh broker selama transaksi.

    Perbedaan harga valuta asing ini diukur dengan "Pip". Sebagian besar pasangan mata uang ,diberi harga hingga empat angka di belakang koma. Misalnya, jika harga penawarannya adalah 1,2843 dan harga permintaannya adalah 1,2848, maka perbedaan harganya adalah 5 pip.
  4. Kenaikan dan penurunan harga sama-sama memiliki potensi keuntungan
    Karena tidak ada batasan terhadap perdagangan berarah dalam pasar valuta asing, jika Anda merasa bahwa suatu mata uang akan terapresiasi, Anda dapat membeli lebih banyak. Di sisi lain, jika Anda merasa bahwa nilainya akan terdepresiasi, Anda dapat segera menjualnya.

Bagaimana cara menghasilkan keuntungan dari transaksi valuta asing?

Jika Anda ingin menghasilkan keuntungan dari valuta asing, berikut adalah pengetahuan dan langkah-langkah yang harus diikuti:

  1. Mengenal istilah dasar dalam perdagangan valuta asing
    Sebelum melakukan transaksi valuta asing, ada baiknya untuk mengetahui istilah-istilah dasar yang terdapat dalam transaksi valuta asing seperti mata uang dasar, harga permintaan dan penawaran, serta perbedaan harga atau (spread ), dll.
  2. Mulai dengan investasi kecil
    Apa pun jenis investasinya, kesalahan terbesar dalam pasar adalah menginvestasikan sejumlah besar uang dalam sekali waktu berinvestasi, sehingga Anda berada di lingkungan dengan risiko yang lebih besar. Kami menyarankan Anda memulai dengan jumlah kecil sambil meningkatkan jumlah perdagangan secara bertahap dan hanya setelah memastikan bahwa strategi yang digunakan sudah tepat.
  3. Lebih banyak belajar, lebih banyak bertanya, dan lebih banyak persiapan
    Bagi sebagian besar investor, transaksi valuta asing mungkin merupakan alat yang relatif sederhana di antara berbagai investasi. Namun, Anda masih harus memahami dasar-dasar, manajemen risiko, dan istilah-istilahnya. Anda masih harus melakukan banyak persiapan atau mencari tim investasi profesional, seperti tim konsultan investasi valuta asing dari DBS, yang akan sangat membantu dalam perencanaan investasi dan proses menghasilkan keuntungan Anda.

Untuk mengoperasikan transaksi valuta asing, Anda harus memahami kurs mata uang dunia terlebih dahulu

Setelah memahami konten di atas, apakah Anda tertarik dengan "transaksi valuta asing"? Sebelum memulai, kami menyarankan agar Anda mempelajari kurs mata uang global. Misalnya, Anda bisa mendapatkan informasi kurs dari DBS. Seperti kata pepatah, perhatikan selalu teman Anda, terlebih lagi musuh Anda. Pemahaman yang lebih mendalam mengenai kurs akan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi valuta asing!

Faktor penting yang memengaruhi kurs valuta asing

Saat melakukan transaksi valuta asing, selain mengetahui kurs mata uang global, Anda juga perlu mengetahui faktor yang akan memengaruhi kurs agar dapat memahami pasar valuta asing dengan lebih baik:

  1. Inflasi
    Ancaman terbesar bagi mata uang adalah inflasi yang dapat memengaruhi kurs secara signifikan. Ketika tingkat inflasi relatif rendah, harga berbagai barang dan jasa di negara tersebut meningkat secara perlahan sehingga meningkatkan nilai mata uangnya. Sebaliknya, negara dengan inflasi yang lebih tinggi cenderung melakukan devaluasi terhadap mata uangnya dan memiliki suku bunga yang lebih tinggi.
  2. Suku bunga
    Perubahan dalam suku bunga akan memengaruhi nilai mata uang. Dari poin sebelumnya, terlihat bahwa kurs valuta asing, inflasi, dan suku bunga sangat berkaitan. Ketika suku bunga naik di suatu negara, mata uangnya akan naik juga, sehingga orang-orang di negara lain lebih mau berinvestasi. Jadi, tentu saja kursnya akan naik juga.
  3. Perdagangan spekulatif
    Tentu saja, dalam pasar valuta asing, selain partisipasi bank dan institusi finansial nonbank dalam pasar, transaksi yang dilakukan kebanyakan investor profesional atau spekulan pasar juga akan memengaruhi kurs mata uang. Ketika permintaan naik dan mata uang terapresiasi, kurs juga akan naik.


Bahkan, selain poin-poin di atas, ada banyak faktor yang akan memengaruhi perubahan kurs di berbagai negara, seperti ekonomi global dan regional, perdagangan, stabilitas politik, dan utang pemerintah nasional. Misalnya, perang dagang AS-Tiongkok sebelumnya, imbal hasil Treasury AS, dll., memiliki berbagai tingkat dampak langsung atau tidak langsung terhadap transaksi valuta asing dan kurs dengan berbagai mata uang. Oleh karena itu, perencanaan finansial dan penilaian risiko harus dilakukan sebelum transaksi. Selain itu, transaksi harus dilakukan dengan wajar dan hati-hati.

Artikel ini membagikan semua hal yang perlu diketahui tentang perdagangan valuta asing. Bahkan, selama Anda menguasai dasar-dasarnya dan memiliki rangkaian strategi sendiri, menghasilkan keuntungan melalui perdagangan valuta asing tidaklah sulit!

Rencanakan investasi dengan kami untuk solusi finansial komprehensif DBS Treasures

Unduh digibank untuk menikmati kemudahan transaksi investasi dalam mata uang Rupiah maupun Dolar Amerika yang tersedia 24/7