pinjaman tanpa agunan
25 Oct 2022

Apa itu KTA dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari

Saat ini masih banyak kalangan yang belum terlalu mengenal apa itu pinjaman tanpa agunan atau KTA. Padahal, pengajuan pinjaman KTA ini memiliki sangat banyak manfaat. Tak hanya digunakan sebagai modal usaha dan bisnis, banyak kalangan juga memanfaatkan KTA untuk kebutuhan lainnya seperti dana pernikahan, liburan hingga untuk renovasi rumah.

 

Jika Anda termasuk salah satu orang yang masih bingung dengan apa itu KTA serta manfaatnya. Ulasan yang satu ini mungkin bisa membantu Anda untuk lebih memahami tentang pengertian t KTA serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

 

Apa yang Dimaksud KTA?

Sebelum membahas mengenai manfaat hingga kelebihan dari pengajuan  KTA, hal pertama yang perlu Anda ketahui ialah pengertian dari KTA lebih dulu. KTA atau pinjaman tanpa agunan umumnya diartikan sebagai jenis produk pinjaman yang memungkinkan Anda untuk meminjam uang tanpa perlu menggunakan aset yang dimiliki sebagai jaminan. 

 

Meskipun tak memerlukan aset sebagai jaminan, pemberi pinjaman juga memiliki beberapa ketentuan tertentu sebelum memberikan modal pinjaman. Mulai dari mengecek riwayat pinjaman Anda sebelumnya hingga riwayat kartu pinjaman yang Anda miliki.

 

Sesuai namanya, KTA memang tanpa agunan sama sekali. Oleh sebab itu, banyak kalangan lebih memilih untuk mengajukan KTA dibandingkan jenis pinjaman lainnya.

 

Manfaat Mengajukan KTA

Umumnya, terdapat banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika mengajukan pinjaman KTA bank. Apa saja? Yuk, beberapa pembahasannya pada poin-poin berikut ini.

 

  • Memperbaiki atau Melakukan Renovasi Rumah

Salah satu manfaat dari pengajuan KTA ialah untuk memperbaiki atau melakukan renovasi rumah. Maka tak heran jika banyak orang mengajukan KTA demi memperbaiki rumah mereka. Seperti yang telah diketahui bahwa renovasi rumah adalah hal yang sangat penting karena rumah merupakan hunian yang akan ditempati dalam waktu yang sangat lama.

 

Jadi, selain digunakan untuk keperluan modal usaha, Anda pun bisa mengajukan KTA untuk keperluan renovasi rumah. Tak hanya itu saja, untuk melengkapi isi rumah Anda, silahkan memanfaatkan KTA untuk kebutuhan perabotan rumah. Jika masih terdapat budget yang tersisa maka tak ada salahnya untuk menggunakannya untuk mempercantik interior maupun eksterior rumah Anda.

 

  • Membeli Keperluan untuk Bekerja

Jika Anda termasuk pekerja yang super produktif maka silahkan mengajukan KTA dalam menunjang rutinitas harian Anda saat bekerja di kantor ataupun saat bekerja dari rumah. Beberapa gadget yang umumnya banyak digunakan oleh para karyawan ialah seperti laptop, tablet, handphone hingga gadget jenis lainnya.

 

Tak hanya gadget, Anda juga bisa menggunakan KTA untuk membeli meja, kursi dan peralatan penunjang pekerjaan lainnya. Dengan memiliki gadget hingga perlengkapan lainnya tentu akan membuat Anda lebih produktif saat bekerja.

 

  • Berfungsi sebagai Dana Darurat

Banyak orang menyepelekan dana darurat, padahal kehadiran dana darurat akan sangat berguna jika suatu saat nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mencegah lebih baik daripada mengobati, bukan? Oleh sebab itu, banyak orang juga sudah menyiapkan dana darurat sejak jauh-jauh hari untuk menghindari risiko buruk yang bisa terjadi kapan saja.

 

Dana darurat tak hanya untuk keperluan rumah sakit. Anda juga bisa mengajukan pinjaman KTA untuk jenis pembiayaan tak terduga lainnya seperti untuk perbaikan kendaraan, pembelian gadget dan beberapa jenis pengeluaran yang sulit untuk diperkirakan.

 

  • Uang Pernikahan

Pinjaman KTA bank juga bisa Anda gunakan untuk kebutuhan biaya pernikahan. Perlu Anda tahu, biaya pernikahan memanglah tidak sedikit. Anda harus memenuhi biaya gedung pernikahan, katering, dekorasi dan berbagai kebutuhan pernikahan lainnya.

 

Jika Anda ingin menyelenggarakan pesta pernikahan dalam waktu dekat ini tapi terkendala budget maka silahkan mengajukan pinjaman KTA sekarang juga. Jika masih memiliki budget yang tersisa maka Anda juga bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan pasca pernikahan seperti bulan madu hingga tabungan untuk membeli rumah beserta perabotan di dalamnya.

 

  • Digunakan untuk Liburan

Kehadiran pinjaman tanpa agunan juga bisa Anda gunakan untuk keperluan liburan entah itu bersama pasangan, keluarga atau sahabat. Namun, pastikan untuk benar-benar menggunakan pinjaman KTA ini dengan tujuan liburan untuk mencharge ulang energi Anda.

 

Jangan sampai Anda menggunakannya untuk liburan yang sia-sia belaka. Selain membuang-buang energi, Anda juga hanya menghambur-hamburkan uang untuk keperluan yang tidak perlu. Oleh sebab itu, maksimalkan pinjaman KTA untuk menikmati liburan yang benar-benar bermanfaat untuk mental dan fisik Anda.

 

  • Biaya Pendidikan

Para orang tua juga banyak yang mengajukan pinjaman KTA untuk keperluan biaya pendidikan anak mereka. Sebut saja untuk keperluan membayar UKT, SPP dan lain sebagainya.

 

Jumlah modal dana pinjaman KTA yang cukup besar juga sangat cocok untuk Anda yang ingin menyekolahkan anak hingga ke luar negeri. Seperti yang telah diketahui, pendidikan adalah hal yang sangat penting untuk anak. Tak heran jika banyak orang tua rela menggelontorkan banyak uang demi pendidikan anak mereka. Pendidikan terbaik untuk anak tentulah hal yang sangat diinginkan oleh setiap orang tua.

 

  • Modal Usaha

Jika Anda termasuk pelaku usaha yang sedang membutuhkan budget besar dalam waktu dekat maka silahkan mengajukan KTA sesegera mungkin. Pengajuan KTA sangat direkomendasikan untuk setiap para pebisnis karena selain menawarkan modal pinjaman dalam jumlah besar, proses pencairan pinjaman pun termasuk sangat cepat.

 

  • Membeli Gadget

Begitu halnya untuk pembelian gadget untuk keperluan kerja, kuliah ataupun sekolah anak. Anda bisa mengajukan KTA untuk membeli berbagai gadget yang dibutuhkan sang anak. Seperti yang diketahui jika beberapa jenis gadget dengan spesifikasi super memiliki harga yang sangat fantastis. Oleh sebab itu, pinjaman tanpa agunan adalah pilihan yang paling telat untuk memenuhi kebutuhan gadget yang dibutuhkan.

 

  • Jaminan Hari Tua

Bila Anda sudah memasuki usia dimana tidak diperbolehkan untuk bekerja kembali. Maka Anda akan sangat memerlukan dana pensiun untuk hari tua Anda. Uang ini bisa Anda gunakan untuk membangun sebuah bisnis atau sesuatu yang bisa mengcover kebutuhan Anda di hari tua. Sehingga Anda tidak perlu merepotkan anak-anak Anda soal biaya masa tua Anda.

 

Kelebihan Pengajuan pinjaman KTA

Berikut merupakan beberapa kelebihan pengajuan pinjaman KTA jika dibandingkan dengan jenis pinjaman lainnya yang perlu Anda ketahui.

 

  • Persyaratan untuk Mengajukan pinjaman Relatif Lebih Mudah

Syarat-syarat yang ditawarkan untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan tentu saja lebih mudah. Pasalnya, Anda tak memerlukan aset apapun yang bisa dijadikan jaminan atas pinjaman yang diajukan. Sehingga, Anda pun akan menjadi lebih mudah saat ingin merenovasi rumah, membeli kendaraan atau sekedar liburan bersama keluarga.

 

Saat ini Anda bahkan sudah bisa mengajukan pinjaman KTA secara lebih praktis yaitu lewat online. Tanpa perlu menyiapkan dokumen atau berkas-berkas fisik lagi maka Anda pun sudah bisa mengajukan pinjaman KTA. Dokumen yang dimaksud berupa e-KTP, NPWP hingga beberapa jenis dokumen lainnya yang dibutuhkan saat melakukan pengajuan.

 

Di antara jenis pinjaman lainnya, pengajuan pinjaman KTA termasuk yang paling memudahkan nasabah. Persyaratan yang mudah, proses pengajuan pun tak memerlukan berbagai jenis-jenis dokumen fisik jika dilakukan secara online.

 

  • Tidak Perlu Melakukan Penaksiran Agunan

Sesuai namanya, pinjaman tanpa agunan tak memerlukan jaminan aset kepada pemberi pinjaman. Hal ini tentu berbeda jika Anda mengajukan pinjaman dengan agunan di mana Anda harus menyiapkan aset sebagai jaminan serta melakukan penaksiran agunan. Aset yang dijadikan agunan tersebut lah yang akan ditaksir nilainya. Dengan begitu, pihak pemberi pinjaman pun akan menilai apakah aset tersebut setara dengan pinjaman yang Anda ajukan.

 

Beda lagi jika Anda mengambil produk pinjaman KTA karena Anda tak memerlukan proses penaksiran agunan sama sekali. Oleh sebab itu, proses pencairan modal pinjaman KTA pun lebih mudah cair.

 

  • Masa Pencairan yang Lebih Cepat

Seperti yang telah dibahas pada poin sebelumnya, proses pencairan pinjaman tanpa agunan memang jauh lebih cepat jika dibandingkan jenis pinjaman lainnya. Tanpa perlu menunggu waktu lama, dana yang Anda ajukan pun akan langsung cair.

 

Tidak adanya proses penaksiran agunan saat mengajukan pinjaman menjadikan pinjaman KTA memiliki proses dan waktu pencairan yang sangat cepat. Namun, tentu saja, untuk bisa mencairkan modal pinjaman dalam waktu cepat, Anda juga perlu menyiapkan berbagai dokumen yang lengkap. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan pinjaman KTA, silahkan melengkapi berbagai berkas yang diminta oleh pihak yang memberikan pinjaman.

 

  • Anda Bisa Mendapatkannya di Berbagai Bank

Selain beberapa poin yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat satu kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan saat mengajukan pinjaman tanpa agunan, yaitu pengajuan pinjaman KTA bisa dilakukan di berbagai perbankan hari ini. Dapat dikatakan jika hampir semua perbankan telah menyediakan layanan produk pinjaman KTA. Baik itu dari bank milik negara hingga bank milik swasta telah menghadirkan penawaran pinjaman KTA untuk para nasabahnya.

 

Anda juga sudah sangat mudah menemukan bank mana saja yang menyediakan penawaran KTA karena hari ini berbagai perbankan sudah melakukan berbagai promosi terkait produk pinjaman tanpa agunan ini. Anda juga bisa langsung mengunjungi bank-bank yang menyediakan produk KTA kemudian bisa bertanya kepada layanan customer service bank untuk mengetahui lebih banyak lagi soal produk KTA yang ingin diajukan.

 

Keunggulan Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan Melalui DBS KTA

Jika Anda sedang mencari produk pinjaman tanpa agunan dengan beragam kelebihan dan keunggulannya maka cobalah mengajukan pinjaman KTA di DBS KTA. Selain memiliki modal pinjaman hingga ratusan juta, para nasabah juga bisa menikmati proses pengajuan pinjaman tanpa agunan dengan lebih mudah dan praktis.

 

Lalu, apa saja keunggulan yang bisa Anda dapatkan saat mengajukan pinjaman tanpa agunan bersama DBS KTA. Berikut ulasannya selengkapnya untuk Anda.

 

  • Nasabah bisa mendapatkan pinjaman hingga 300 Juta.
  • Bunga flat mulai dari 0,88% untuk setiap bulannya.
  • Cicilan hingga 36 bulan.
  • Persyaratan yang ditawarkan sangat mudah. Para nasabah hanya perlu memastikan bahwa Anda berdomisili di wilayah Jabodetabek, memiliki e-KTP dan NPWP, berpenghasilan minimum 5 juta, serta memiliki kredit bank lain dengan limit minimal berjumlah 10 juta rupiah.

 

Demikian informasi yang perlu Anda tahu dan pahami mengenai pinjaman tanpa agunan ini. Jika dalam waktu dekat Anda memerlukan budget super besar hingga ratusan juta untuk kebutuhan bisnis hingga kebutuhan pernikahan, maka silahkan mengajukan pinjaman tanpa agunan di DBS KTA melalui link berikut ini.