jenis Obligasi
22 Feb 2023

Sebelum Investasi Obligasi: 5 Kiat Memilih Financial Advisor

Sebelum melakukan investasi, seperti misalnya investasi jenis Obligasi, agar segala prosesnya lancar dan tidak salah langkah, maka Anda perlu memiliki seorang financial advisor.

Kehadiran financial advisor atau penasihat keuangan, sesuai namanya, memiliki peranan yang sangat penting. Karena dapat membantu Anda dalam membuat keputusan yang tepat terkait keuangan, termasuk ketika Anda hendak melakukan investasi.

Untuk itu, artikel ini akan mencoba membuat Anda mengenal lebih dalam terkait financial advisor, mulai dari manfaat hingga kiat memilih financial advisor yang paling tepat.

Namun sebelum beralih ke pembahasan tersebut, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu tentang konsep financial advisor yang akan dijelaskan dalam pembahasan kali ini.

Apa itu Financial Advisor?

Financial advisor atau dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan penasihat keuangan merupakan individu yang memiliki profesi dengan tugas memberikan dan menyediakan layanan informasi maupun prosedur tentang keuangan, tak terkecuali dengan rencana asuransi dan juga investasi.

Berdasarkan konsep tersebut, dapat disimpulkan bahwa financial advisor memiliki tugas dalam bentuk memberi nasihat terkait kondisi dan langkah keuangan seseorang.

Dengan profesinya tersebut, seorang financial advisor juga punya tanggung jawab untuk mengedukasi dan memberikan rekomendasi tentang layanan dan produk keuangan yang sedang dibutuhkan oleh seseorang.

Kemudian individu yang telah bekerja sama dengan financial advisor bisa menggunakan jasanya untuk mengkonsultasikan masalah maupun tujuan keuangan yang ingin dicapai.

Manfaat Memiliki Financial Advisor

Setelah paham tentang konsep dari financial advisor, maka selanjutnya yang perlu Anda ketahui ialah manfaat dari bekerja sama dengan mereka. Selain dapat membantu Anda mengambil langkah yang tepat soal keuangan, berikut ini akan diberikan apa saja manfaat apabila Anda memiliki seorang financial advisor.

Manfaat-manfaat yang bisa Anda rasakan dengan memiliki sosok financial advisor antara lain:

● Memiliki Partner Diskusi yang Ahli dan Terpercaya

Seperti yang sudah dijelaskan pada konsep financial advisor, dengan memiliki atau bekerja sama dengan financial advisor, maka Anda jadi punya partner untuk berdiskusi soal keuangan.

Selain itu, diskusi keuangan bersama  dengan financial advisor juga lebih terpercaya karena mereka merupakan ahli di bidangnya.

●  Memiliki Sumber Informasi Terkait Layanan dan Produk Keuangan

Manfaat yang kedua dari memiliki financial advisor yaitu Anda jadi punya sumber informasi terkait layanan dan produk keuangan.

Dengan begitu, Anda jadi bisa lebih update tentang produk maupun layanan yang sedang tren atau yang paling banyak diminati oleh masyarakat.

Pada poin ini, Anda juga biasanya akan dipandu dan diinformasikan terkait perhitungan apabila Anda memiliki ketertarikan terhadap sebuah produk dan layanan keuangan.

●  Mengetahui Macam-macam Instrumen Keuangan Beserta Risikonya

Berikutnya, bersama financial advisor, Anda akan diberitahu terkait macam-macam instrumen keuangan yang ada.

Tidak berhenti di situ, financial advisor juga akan menjabarkan tentang kelebihan maupun kekurangan serta risiko yang mungkin saja terjadi akibat instrumen keuangan ini.

●  Mudah Merencanakan Keuangan

Manfaat yang paling umum dari memiliki financial advisor yaitu Anda jadi lebih mudah dalam membuat rencana keuangan.

Perencanaan keuangan ini punya tujuan yang bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan menjadi lebih tertata.

Financial advisor biasanya akan memberikan edukasi seputar keuangan dan hal ini bisa dijadikan langkah awal sampai nantinya Anda bisa membuat rencana keuangan yang matang.

●  Dapat Solusi Jika Terkena Masalah Keuangan

Kondisi keuangan tidak selalu berada di titik yang nyaman. Di masa sekarang, permasalahan keuangan bisa kapan saja menimpa. Ditambah juga dengan kebutuhan yang seiring waktu kian meningkat.

Dengan memiliki financial advisor, maka Anda dapat berkonsultasi dan bisa menemukan solusi yang paling tepat dari setiap masalah-masalah keuangan yang Anda hadapi.

●  Dapat Saran Terkait Investasi yang Paling Tepat

Kemudian apabila Anda tertarik untuk menabung dan berinvestasi, bertanya langsung dengan sosok financial advisor tersebut bisa menjadi jalan yang tepat.

Anda tidak hanya akan diberi tahu soal macam-macam instrumen investasi, melainkan Anda juga akan diberi rekomendasi hingga didampingi saat memilih langkah-langkah yang paling aman untuk kondisi keuangan Anda selama proses investasi.

●  Dapat Bantuan Manajemen Perilaku Keuangan

Masing-masing orang punya perilaku keuangan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Dalam kasus ini, financial advisor bisa membantu Anda dalam berperilaku atau bertindak dengan kondisi keuangan yang Anda punya.

Bantuan manajemen perilaku keuangan ini misalnya membuat Anda menjadi lebih sering menabung dan tidak boros atau terlalu sering melakukan pengeluaran.

Manajemen keuangan lainnya bisa dilihat dari contoh tipe orang yang boros akan diminta membuat perencanaan keuangan supaya nantinya tidak menghasilkan kondisi keuangan yang mengkhawatirkan.

Cara Memilih Financial Advisor Sebelum Berinvestasi

Setelah mengetahui manfaat-manfaat menarik yang dimiliki oleh seorang financial advisor, selanjutnya Anda juga perlu ketahui apa saja cara atau tips yang sebaiknya dilakukan saat hendak memilih mereka.

Oleh karena memiliki peranan yang penting dan akan dijadikan sebagai salah satu orang tepercaya untuk melihat kondisi keuangan Anda, maka Anda perlu menemukan sosok yang tepat dan bisa diandalkan.

Anda perlu memilah-milah dan menelusuri latar belakang yang dimiliki oleh sosok financial advisor supaya bisa mengetahui bahwa performa atau kinerja mereka dalam menjalankan tugas tidak pernah menyimpang atau semacamnya.

Untuk itu berikut ini akan diberikan penjelasan terkait 4 cara yang sebaiknya Anda perhatikan dalam memilih sosok yang tepat untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan. Lantas, apa saja cara-cara tersebut? Berikut uraian penjelasannya:

●  Pastikan Kebutuhan

Cara pertama yang perlu diperhatikan saat hendak memilih sosok financial advisor yaitu memastikan kebutuhan Anda akan sosok penasihat keuangan ini sendiri.

Meskipun punya segudang manfaat yang menguntungkan, tapi Anda juga perlu mempertimbangkan tingkat kebutuhan yang sebenarnya.

Apabila pertimbangan menunjukkan bahwa Anda perlu sosok financial advisor, maka Anda perlu mulai memilih sosok yang tepat.

Namun apabila hasil pertimbangan Anda belum membutuhkan sosok financial advisor, maka Anda hanya perlu mempelajari sedikit demi sedikit terkait pengelolaan keuangan dengan tepat secara otodidak atau mandiri.

●  Memeriksa Sertifikasi

Berikutnya, setelah Anda memutuskan bahwa Anda memerlukan financial advisor, Anda perlu mulai mencari dan memilih sosok yang paling tepat.

Oleh karena saat ini sangat marak terjadi penipuan, maka dalam proses pencarian dan pemilihan financial advisor ini Anda perlu memeriksa sertifikasi yang dimilikinya dan memastikan bahwa sertifikasi tersebut adalah asli dan bukan tiruan.

Terdapat sertifikasi yang sebaiknya dimiliki oleh seorang financial advisor, salah satunya yaitu sertifikasi yang menunjukkan gelar Certified Financial Planner alias CFP.

Sertifikasi tersebut merupakan salah satu sertifikasi terbaik. Jika calon financial advisor Anda sudah memiliki sertifikasi ini, maka orang tersebut biasanya telah mengikuti pelatihan, memiliki pengalaman, dan telah terikat kode etik tertentu dalam menjalankan tugasnya sehingga lebih aman.

Selain sertifikasi CFP, beberapa sertifikasi lain yang juga bisa saja dimiliki oleh calon financial advisor Anda yaitu sertifikasi CFA, CPA, CIMA, dan masih banyak contoh sertifikasi lainnya.

Dari poin ini, dapat disimpulkan bahwa sosok financial advisor penting untuk memiliki keahlian yang sudah diuji kemahirannya, dibuktikan oleh sertifikasi yang dimiliki penasihat keuangan tersebut.

●  Memeriksa Rekam Jejak

Setelah memeriksa masing-masing sertifikasi yang sebaiknya dimiliki oleh sosok financial advisor, maka Anda juga perlu memeriksa rekam jejak atau pengalaman karir sebelumnya dari masing-masing calon.

Rekam jejak yang dimiliki seorang financial advisor penting untuk dijadikan pertimbangan sebelum nantinya diajak bekerja sama.

Dengan melihat pengalaman karir sebelumnya, Anda jadi bisa menilai apakah calon tersebut memiliki kinerja yang bagus dan sebagainya.

Selanjutnya, dengan memeriksa rekam jejak kerjanya, Anda juga jadi bisa mengetahui apakah calon tersebut memiliki cara kerja yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan dengan melihat proyek-proyek perencanaan keuangan yang sudah pernah dikerjakan sebelumnya.

●  Menyesuaikan dengan Layanan

Masing-masing financial advisor menawarkan kerangka dan layanan yang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda perlu menyesuaikan layanan yang dibutuhkan dengan layanan yang ditawarkan oleh setiap calon financial advisor.

Terdapat sekiranya dua layanan yang ditawarkan oleh financial advisor, yaitu:

○  Layanan Konsultasi Menyeluruh

Layanan ini sesuai namanya merupakan konsultasi menyeluruh terkait kondisi keuangan. Pada layanan ini Anda juga bisa menanyakan rekomendasi terkait langkah keuangan selanjutnya yang sebaiknya dilakukan.

○  Layanan Manajemen Aset

Pada layanan ini Anda bisa meminta bantuan untuk mengatur kondisi keuangan dan juga aset dalam durasi yang lebih panjang.

Selain itu biasanya Anda juga akan diberikan banyak rekomendasi dan saran keuangan yang bisa Anda lakukan.

●  Hindari Memilih Financial Advisor yang Memiliki Konflik Kepentingan

Supaya proses konsultasinya lancar dan fokus, maka ada baiknya bagi Anda untuk menghindari memilih sosok financial advisor yang memiliki konflik kepentingan seperti terikat dengan perusahaan tertentu.

Sebab apabila penasihat keuangan memiliki keterikatan terhadap sebuah perusahaan, dikhawatirkan proses konsultasi jadi tidak maksimal sebab pihak financial advisor bisa saja fokus mempromosikan produk dari perusahaan tersebut.

Tertarik Berinvestasi? Coba Instrumen Jenis Obligasi

Mengelola keuangan salah satunya dapat dilakukan dengan cara mencoba berinvestasi. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan investasi, Anda bisa mencoba instrumen investasi Obligasi.

Instrumen satu ini terdiri atas dua jenis yang dibagi berdasarkan penerbit Obligasi, yaitu Obligasi Korporat dan Obligasi Pemerintah. Sebagai rekomendasi, Anda bisa melakukan investasi Obligasi Pemerintah bersama dengan mitra yang tepat, yaitu perbankan prioritas DBS Treasures.

Supaya bisa mengenal lebih dalam tentang DBS Treasures ini, Anda perlu ketahui terlebih dahulu terkait kelebihan-kelebihan yang ditawarkan. Apa saja kelebihan dari DBS Treasures?

  • Anda akan mendapatkan pendapatan berupa kupon yang dibayarkan secara berkala
  • Terdapat potensi capital gain
  • Anda akan ditawarkan kupon yang bernilai kompetitif 
  • Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan
  • Transaksi Obligasi bisa dilakukan dan dipantau selama 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS 
  • Mendapatkan insight dari para ahli sesuai analisis data pasar dan profil risiko, sehingga Anda dapat berinvestasi dengan yakin di waktu yang tepat

Kelebihan yang ditawarkan apabila berinvestasi bersama DBS Treasures sangat menarik bukan? Jika Anda tertarik untuk memulai investasi jenis Obligasi Pemerintah bersama DBS Treasures, maka Anda bisa mengakses informasi selengkapnya melalui tautan ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/structured-product/investing-in-bonds.