Optimising Your Foreign Currencies

Keuntungan Memiliki Rekening Valas


Lebih dari 10 Mata Uang Asing dalam 1 Rekening

Akses mata uang USD, SGD, AUD, NZD, CAD, CHF, GBP, EUR, JPY, CNH, dan HKD dalam 1 rekening.

Nilai Tukar Kompetitif

Dana berkembang secara optimal dengan nilai tukar kompetitif.

Tanpa Biaya Administrasi Rekening & Konversi

 

Akses 24/7 Melalui Aplikasi digibank by DBS

Dapatkan kemudahan dalam mengakses Rekening Valas tanpa harus ke cabang.

Ajukan sekarang

Keuntungan Memiliki Rekening Valas

Khusus bagi Nasabah terundang, kami akan melakukan peningkatan secara otomatis dari Rekening Mata Uang Asing Reguler ke Rekening Valas dengan jadwal yang terdapat pada penjelasan lebih lanjut mengenai Migrasi Rekening Valas di bawah ini:

  • Pembukaan rekening: 22 Mei 2021
  • Transfer dana dari Rekening Mata Uang Asing Reguler ke Rekening Valas: 5 Juni 2021
  • Penutupan Rekening Mata Uang Asing Reguler: 21 Agustus 2021

Bila Anda memiliki pertanyaan mengenai peningkatan rekening tabungan mata uang asing Anda menjadi Rekening Valas, harap hubungi RM Anda atau DBSI Customer Centre di 1500 327 paling lambat 5 Mei 2021. Apabila Bank DBS Indonesia tidak menerima tanggapan dari Anda, kami akan menerima hal tersebut sebagai persetujuan dan meningkatkan Rekening Valas Anda

Migrasi Rekening Valas

Apa yang dimaksud dengan migrasi ke Rekening Valas?

Untuk kemudahan Nasabah terundang, peningkatan secara otomatis dari Rekening Mata Uang Asing Reguler ke Rekening Valas akan dilakukan dengan jadwal pelaksanaan berikut:

  • Pembukaan rekening: 22 Mei 2021
  • Transfer dana dari Rekening Mata Uang Asing Reguler ke Rekening Valas: 5 Juni 2021 (tidak berlaku bila Rekening Mata Uang Asing Reguler berstatus dormant)
  • Penutupan Rekening Mata Uang Asing Reguler: 21 Agustus 2021 (tidak berlaku bila Rekening Mata Uang Asing Reguler berstatus dormant) Bank akan mengirimkan surat pemberitahuan melalui email kepada nasabah yang terundang mengenai migrasi dan keunggulan Rekening Valas. Selain itu, Bank akan mengirimkan SMS kepada Nasabah terundang tersebut sebagai pengingat sebelum proses migrasi dilakukan. Semua aktifitas yang biasa nasabah lakukan di Rekening Mata Uang Asing Reguler Nasabah bisa tetap dilakukan di Rekening Valas.
Apakah Nasabah yang tidak terundang bisa membuka Rekening Valas?
Bisa, selama sudah memiliki aplikasi digibank.
Apakah Nasabah memiliki pilihan untuk menolak migrasi ke Rekening Valas?
Ya, apabila Nasabah tidak setuju dengan migrasi Rekening Valas tersebut, maka Nasabah dapat menghubungi RM atau DBSI Customer Centre 1500 327  atau +6221 298 52800 (dari luar Indonesia) sebelum tanggal 5 Mei 2021.
Saya ingin memindahkan kembali semua dana di Rekening Valas ke Rekening Mata Uang Asing Reguler saya yang lama dan menutup Rekening Valas saya.
Nasabah diharapkan agar menghubungi RM atau datang ke cabang terdekat untuk melakukan pengisian dan penandatanganan formulir penutupan Rekening Valas.
Saya sudah menghubungi RM/ CCTR kalau saya tidak mau merubah Rekening Mata Uang Asing Reguler saya menjadi Rekening Valas, mengapa dana saya masih tetap dipindahkan ke Rekening Valas?
Pihak Bank DBS Indonesia sudah menginformasikan mengenai migrasi rekening Rekening Mata Uang Asing Reguler ke Rekening Valas dan batas akhir untuk menyampaikan keberatan Nasabah adalah tanggal 5 Mei 2021. Setelah itu, proses migrasi akan tetap berjalan. Akan tetapi, kami masih bisa membantu Nasabah apabila tidak setuju dengan migrasi ini. Nasabah bisa mendatangi kantor-kantor cabang Bank DBS Indonesia terdekat dan melakukan penutupan Rekening Valas Nasabah serta transfer kembali dana di Rekening Valas Nasabah ke Rekening Mata Uang Asing Reguler yang lama.

Transaksi pada Rekening Valas

Apakah ada limit transaksi untuk melakukan konversi valuta asing?
Bank menetapkan limit transaksi konversi/pembelian valuta asing terhadap Rupiah yang dapat dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS adalah sebesar akumulasi ekuivalen USD25,000 per bulan per nasabah yang mencakup transaksi di seluruh channel yang dimiliki Bank untuk melakukan pembelian valuta asing tersebut (antara lain: cabang, dll.).
Apakah ada batas waktu untuk transaksi konversi valuta asing?
Bank menerapkan adanya batas waktu pemprosesan hingga jam 17.00 WIB setiap hari kerja. Transaksi konversi valas yang dilakukan di atas batas waktu tersebut, akan diproses pada hari kerja berikutnya.
Apakah nilai kurs transaksi yang saya input setelah batas waktu pemprosesan (diatas jam 17.00 WIB) akan berubah saat akan diproses?
Rate saat Bapak / Ibu menginput transaksi di aplikasi digibank adalah rate yang akan Bapak / Ibu dapatkan saat transaksi dijalankan
Transaksi apa saja yang bisa dilakukan di aplikasi digibank by DBS?
Nasabah bisa melakukan transaksi konversi valas, pembukaan deposito valas, dan juga pembelian Obligasi Pasar Sekunder di Aplikasi digibank by DBS. Untuk transaksi lainnya, seperti transfer dalam negeri, Transfer Valas (remittance), Bayar & Beli, pembelian Obligasi Pasar Perdana dan pembukaan deposito mata uang Rupiah dapat dilakukan menggunakan rekening utama rupiah digibank Nasabah.
Apakah saya bisa menggunakan jasa dan layanan yang tersedia di kantor cabang DBS dengan menggunakan Rekening Valas ini?
Anda dapat menggunakan jasa dan layanan yang tersedia di kantor cabang Bank DBS Indonesia sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Bank dari waktu ke waktu.
Apakah saya dapat menghubungkan Rekening Valas saya pada kartu debit saya?
Layanan ini masih dalam proses pengembangan oleh tim kami. Kami akan terus meningkatkan layanan perbankan terbaik untuk Anda.
Apakah saya dapat menarik dana dari Rekening Valas saya dalam bentuk bank notes, sesuai dengan mata uang yang saya inginkan?
Mata uang yang berlaku dan tersedia di kantor cabang Bank DBS Indonesia untuk transaksi penarikan tunai dapat berubah dari waktu ke waktu, sehingga disarankan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan menghubungi kantor cabang terdekat dimana Anda akan melakukan transaksi atau silakan menghubungi RM Anda.
Bagaimana cara saya untuk melakukan penambahan dana ke rekening valas yang baru saya buka?
Tempatkan dana Anda di digibank rekening valas dengan cara berikut ini:
  • Transfer dari mana saja langsung ke Rekening Valas Anda. Cek nomor rekening di menu “Detail”.
  • Tekan ikon “Konversi” melalui menu “Rekening Valas” dan tentukan rekening asal di DBS. Pastikan rekening Anda aktif.
Apakah saya dapat melakukan transfer dana saya dari Rekening Valas melalui fitur Transfer Valas digibank?

Fitur Transfer Valas pada Aplikasi digibank by DBS hanya dapat digunakan untuk melakukan transfer dari rekening mata uang rupiah regular Anda ke 7 mata uang asing dalam koridor Bank DBS Indonesia untuk menikmati keuntungan same-day and zero transfer fee. Fitur Transfer Valas pun dapat digunakan untuk transfer dari rekening rupiah regular Anda ke mata uang lainnya di luar 7 koridor dengan biaya transfer regular.

Apabila Anda ingin melakukan transfer menggunakan sumber dana dari Rekening Valas yang Anda miliki, silakan kunjungi cabang terdekat kami. Tapi jangan khawatir, kami akan terus meningkatkan layanan Rekening Valas ini untuk Anda.

Apakah saya dapat menginformasikan nomor Rekening Valas saya ini ke kerabat saya yang ingin kirim uang ke saya?
Ya, Anda dapat menginformasikan nomor rekening tersebut untuk penerimaan dana dari bank luar atau dalam negeri.
Apakah saya dapat menggunakan Rekening Valas ini untuk pembelian produk investasi lainnya?
Nasabah dapat melakukan pembelian produk investasi seperti Deposito Valas atau Obligasi Pasar Sekunder melalui Aplikasi digibank by DBS. Untuk pembelian produk investasi lainnya dapat dilakukan melalui kantor-kantor cabang Bank DBS Indonesia terdekat.

Informasi pada Rekening Valas

Saya telah membuka Rekening Valas, tapi saya mendapatkan pesan bahwa rekening valas saya telah menjadi dormant. Apa yang harus saya lakukan?
Segera aktifkan rekening berstatus dormant di Kantor Cabang Bank DBS Indonesia.
Apakah yang dimaksud dengan simbol “≈” pada Estimasi total saldo?
“≈” artinya adalah akumulasi semua mata uang pada Rekening Valas Anda dalam jumlah ekuivalen rupiah dengan menggunakan kurs tengah BI.
Jadi saya harus menghafal semua nomor Rekening Valas saya yang baru?
Nasabah hanya perlu menghafal satu nomer rekening saja untuk semua mata uang yang terdapat dalam Rekening Valas yang dimiliki.
Jadi kalau ada kerabat atau relasi saya ingin mengirimkan uang ke saya apakah saya cukup memberitahukan satu nomer itu saja? Padahal saya memiliki lebih dari satu Rekening Valas.
Ya, Nasabah hanya cukup memberitahukan satu nomer rekening itu saja ke kerabat/ relasi Nasabah. Nanti uang yang akan masuk ke Rekening Valas Nasabah akan disesuaikan dengan mata uang yang di kirimkan oleh relasi/ kerabat Nasabah.

Penutupan Rekening Valas

Apakah saya bisa menutup beberapa mata uang di Rekening Valas saya?
Anda akan secara otomatis mendapatkan rekening tabungan dalam 10 mata uang dan 10 Rekening Valas tersebut tidak dapat ditutup satu per satu, namun kami dapat membantu proses penutupan Rekening Valas secara keseluruhan melalui kantor cabang terdekat.

Risiko

  • Simpanan yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) adalah simpanan dengan nilai maksimum Rp2.000.000.000,- (dua miliar Rupiah) per Nasabah atau dengan jumlah maksimum penjaminan yang berlaku di kemudian hari, sesuai dengan ketetapan LPS.
  • Apabila Nasabah menerima bunga simpanan efektif dari Bank yang melebihi maksimum suku bunga penjaminan LPS dari waktu ke waktu atau total simpanan Nasabah melebihi batas penjaminan yang ditetapkan, maka simpanan tersebut tidak termasuk dalam program penjaminan simpanan LPS, sesuai peraturan LPS yang berlaku.

Biaya

Setiap biaya transaksi yang terjadi atas rekening tabungan atau giro ini tunduk pada syarat dan ketentuan tarif dan biaya di sini.

Hubungi Kami

Perkenankan kami untuk menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut dengan mengisi form berikut ini.

Topics

Investasi