Apa itu Obligasi

Obligasi adalah surat utang yang dikeluarkan oleh suatu lembaga (pemerintah, korporasi, atau pihak lain) dalam rangka mendapatkan pendanaan. Penerbit Obligasi akan membayar kupon selama jangka waktu Obligasi tersebut, dan melunasi seluruh surat utang yang dikeluarkan pada saat jatuh tempo.

Obligasi Pasar Perdana

Obligasi yang dilepas perdana ke publik (Initial Public Offering) dengan harga sesuai nilai yang ditawarkan. Obligasi ini hanya bisa dibeli dalam periode waktu tertentu. Selain itu, tidak semua obligasi yang dibeli di pasar perdana dapat diperjualbelikan kembali di pasar sekunder.

Obligasi Pasar Sekunder

Obligasi yang bisa diperjualbelikan kapan saja sebelum jatuh tempo dengan para investor lainnya. Dari segi jangka waktu, jatuh tempo obligasi pasar sekunder biasanya lebih panjang yaitu antara 5-10 tahun. Nilai pokoknya mengikuti pergerakan pasar sehingga membuka potensi capital gain.

 

Apa itu Obligasi Pemerintah?

Obligasi Pemerintah adalah salah satu produk investasi paling aman karena memiliki risiko rendah. Obligasi ini adalah surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Indonesia, kemudian ditawarkan kepada masyarakat secara perseorangan.

 

Apa Manfaat Investasi Obligasi Pemerintah?

  1. Memperoleh Kupon (Bunga) Secara Berkala

    Pemegang Obligasi akan memperoleh kupon secara rutin dengan kurun waktu sesuai kesepakatan. Ada Obligasi yang menetapkan pembagian kupon setiap satu bulan, per tiga bulan atau per enam bulan sekali.

  2. Potensi Capital Gain

    Capital gain merupakan potensi keuntungan yang bisa didapat dengan menjual obligasi kepada investor umum di Pasar Sekunder. Keuntungan ini dapat dihitung dari selisih harga jual dikurangi dengan harga beli Obligasi. Jika Anda membeli pada harga rendah dan menjual pada harga tinggi, maka Anda terhitung mendapatkan capital gain.

  3. Nilai Pokok Dikembalikan saat Jatuh Tempo

    Pada umumnya tingkat kegagalan pengembalian modal oleh Penerbit Obligasi relatif kecil meski risiko gagal bayar tetap ada. Risiko ini hanya ada pada Obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan swasta. Sementara pengembalian dana oleh pemerintah lebih terjamin karena adanya jaminan oleh Undang-undang.

  4. Keuntungan Obligasi Relatif Lebih Tinggi dari Bunga Deposito

    Hal ini menjadi pertimbangan kebanyakan investor dalam membeli Obligasi untuk memperoleh keuntungan semaksimal mungkin.

  5. Bisa Dijadikan Jaminan atau Agunan

    Tak banyak yang tahu, Obligasi ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai jaminan atau agunan untuk mendapatkan pinjaman bank. Selain itu, surat Obligasi bisa juga dijadikan sebagai jaminan untuk membeli saham ke Bursa Efek (Stock Exchange). Jadi keuntungan Obligasi yang Anda dapat akan berganda.

  6. Membantu Mendiversifikasi Portofolio Anda

    Kesuksesan strategi dari investasi Anda akan secara signifikan bergantung pada alokasi aset Anda. Jangan membuat kesalahan dengan hanya berinvestasi pada satu jenis aset.

    Investasi di Obligasi berpotensi membantu menstabilkan portofolio Anda. Investasi Obligasi menyediakan aliran pendapatan secara reguler, sebuah elemen penting dalam portofolio bagi banyak investor yang telah berpengalaman.

 

Jenis Obligasi

  • Obligasi Pemerintah dengan mata uang IDR Konvensional: FR & PBS. Obligasi Negara Indonesia Seri FR & PBS adalah surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah dalam jangka waktu tertentu dengan kupon tetap, dimana dalam hal ini Penerbit menjamin pengembalian nilai pokok pada saat jatuh tempo ditambah dengan kupon yang akan dibayarkan secara berkala. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

  • Obligasi Pemerintah dengan mata uang IDR Ritel: SR & ORI. Obligasi Negara Indonesia Seri SR & ORI adalah surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah dalam jangka waktu tertentu di Pasar Perdana Domestik dengan kupon tetap, dimana dalam hal ini Penerbit menjamin pengembalian nilai pokok pada saat jatuh tempo ditambah dengan kupon yang akan dibayarkan secara berkala. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

  • Obligasi Pemerintah dengan mata uang USD INDON & INDOIS: Seri Obligasi USD Negara Indonesia INDON dan INDOIS adalah surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam jangka waktu tertentu dalam denominasi USD dengan kupon tetap, dimana dalam hal ini Penerbit menjamin pengembalian nilai pokok pada saat jatuh tempo ditambah dengan kupon yang akan dibayarkan secara berkala. Informasi lebih lanjut tentang INDON klik di sini & INDOIS  klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

  • Obligasi Pemerintah dengan mata uang EUR: INDONEUR. Seri Obligasi EUR Negara Indonesia (INDONEUR) adalah surat utang yang diterbitkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam jangka waktu tertentu dalam denominasi EUR dengan kupon tetap, dimana dalam hal ini Penerbit menjamin pengembalian nilai pokok pada saat jatuh tempo ditambah dengan kupon yang akan dibayarkan secara berkala. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

Fitur dan Keuntungan Investasi Obligasi Pemerintah di DBS

Kupon Reguler

Memberikan pendapatan reguler berupa kupon yang dibayarkan secara berkala selama periode investasi oleh penerbit Obligasi.

Potensi Capital Gain

Beberapa jenis Obligasi dapat dijual kapanpun sebelum jatuh tempo dan memperoleh potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

Kupon Kompetitif

Memberikan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.

Tidak Ada Biaya Tambahan

Hanya spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer). 

Transaksi 24/7

Tersedia ragam produk Obligasi yang dapat diperjualbelikan di Aplikasi digibank by DBS.

 

Syarat Investasi Obligasi Pemerintah di DBS Treasures

  1. Berusia minimal 18 tahun atau sudah menikah
  2. Memiliki e-KTP
  3. Memiliki NPWP
  4. Memiliki rekening di perbankan prioritas DBS Treasures
  5. Mengisi data formulir yang disediakan DBS Treasures
 

Cara Investasi Obligasi

  1. Buat Single Investor Identity (SID) di Aplikasi digibank by DBS jika Anda belum memilikinya.

  2. Pilih antara Obligasi Pasar Perdana (jika dalam masa penawaran) atau Obligasi Pasar Sekunder.

  3. Tentukan denominasi investasi yang Anda inginkan antara IDR atau USD.

  4. Pilih produk berdasarkan profil risiko Anda, kupon atau imbal hasil yang diinginkan, serta waktu jatuh tempo.

Diskusikan investasi Obligasi lebih jauh bersama DBS Treasures dengan bergabung menjadi Nasabah prioritas, penempatan dana minimal Rp500 juta. Dapatkan strategi manajemen kekayaan yang dipersonalisasi dan dikomunikasikan kepada Anda agar dapat yakin mengambil keputusan akurat di saat yang tepat.

cara investasi

Hubungi kami

 

FAQ Obligasi Pemerintah

Dijamin oleh Undang-undang sehingga aman bagi investor. Beberapa jenis Obligasi Pemerintah dapat diperjualbelikan sehingga memiliki potensi capital gain jika dijual saat harganya sedang naik.

Beberapa jenis Obligasi Pemerintah tidak dapat diperjualbelikan dan harus menunggu waktu jatuh tempo. Pergerakan pasar dapat menurunkan nilai pokok Obligasi Pemerintah sehingga menimbulkan kerugian jika perlu dicairkan sebelum waktu jatuh tempo.

Investor membeli Obligasi dengan jumlah dana minimal yang sudah ditentukan. Kupon akan disalurkan langsung ke  rekening Nasabah secara berkala hingga waktu jatuh tempo, dimana seluruh dana yang sudah diinvestasikan akan dikembalikan.

Kupon akan disalurkan langsung ke dalam  rekening Nasabah secara berkala hingga waktu jatuh tempo.

    1. Keuntungan dari kupon dihitung dari persentase nilai kupon yang akan didapatkan setiap tahunnya. Jika jadwal pembayaran kupon adalah dua kali setahun, maka jumlah tersebut dibagi dua dan dikurangi dengan pajak kupon Obligasi 10%. Pembayaran kupon berlaku hingga waktu jatuh tempo, dengan total nilai dikenal dengan istilah yield to maturity.
    2. Keuntungan dari capital gain didapatkan dengan menjual Obligasi di pasar sekunder dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga pembelian. Harga ini tergantung pada pergerakan pasar dan tingkat permintaan, dikenal dengan harga par atau nilai nominal 100%, harga premium (di atas harga par), dan harga diskon (di bawah nilai par).
    3. Accrued interest atau bunga berjalan didapatkan oleh penjual Obligasi saat Obligasi tersebut dibeli di antara tanggal pembayaran kupon. Misalnya jadwal pembayaran kupon adalah 1 Januari dan 1 Juli. Saat ada transaksi pada 1 April, maka pembeli harus membayarkan bunga berjalan dari 1 Januari hingga 1 April kepada penjualnya.
      1. Untuk informasi lebih lanjut tentang perhitungan keuntungan Obligasi,
klik di sini
      .

Beberapa jenis Obligasi Pemerintah dapat dijual kembali di Pasar Sekunder ke investor lainnya, kapan saja dan dari mana saja melalui Aplikasi digibank by DBS.
 

DISCLAIMER
Obligasi adalah produk pasar modal, bukan produk PT Bank DBS Indonesia (“Bank”) dan bukan merupakan tabungan atau deposito, sehingga obligasi tidak dijamin oleh bank serta tidak termasuk dalam cakupan obyek program penjaminan simpanan. Investasi dalam obligasi mengandung risiko, termasuk kemungkinan berkurang/hilangnya pokok investasi. Kinerja masa lalu bukan merupakan jaminan kinerja masa depan. Harga obligasi dapat naik atau turun tergantung kondisi pasar.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?