reksadana saham
23 Aug 2023

Yakin Sudah Merdeka Finansial? Cek Tingkatnya Di Sini

Semua orang pasti ingin kondisinya keuangannya tercukupi dengan baik. Akhir-akhir ini banyak orang membicarakan ‘kemerdekaan finansial’. Tak hanya membicarakan tetapi juga berlomba-lomba mencapainya.

Berinvestasi di Reksadana Saham dapat menjadi salah satu jembatan untuk mewujudkannya. Selain investasi, Anda juga harus mempersiapkan hal-hal lain agar menjadi orang yang merdeka secara finansial.

Apa Makna Merdeka Finansial?

Meskipun sering menjadi bahan perbincangan, banyak orang belum begitu paham mengenai makna ‘merdeka finansial’. Sebenarnya merdeka secara finansial adalah suatu proses perkembangan seseorang dalam mencapai kesuksesan sesuai tujuan masing-masing.

Itu artinya, merdeka finansial tidak hanya berkaitan dengan aset/harta yang banyak. Tetapi juga berhubungan dengan suatu pencapaian sesuai keinginan yang bersifat non materi. Apakah Anda sudah merdeka secara finansial? Untuk mengetahuinya, silahkan simak tanda-tandanya berikut ini.

●       Memiliki Tabungan dan Investasi

Menentukan apakah seseorang sudah merdeka finansial atau tidak dapat dilihat dari cara mereka mengelola uang. Orang yang sadar akan pentingnya menjaga kestabilan keuangan biasanya lebih senang hidup hemat. Supaya dapat menyisihkan uang untuk ditabung dan diinvestasikan. Jika sudah memiliki tabungan dan investasi yang cukup besar, itu tandanya Anda sudah termasuk merdeka secara finansial.

Meskipun investasi itu penting, Anda harus waspada ketika memilih instrumen investasi. Sebelum terjun, pelajari dulu seluk-beluknya agar tidak salah langkah. Reksadana Saham dapat dijadikan pilihan jika Anda mencari investasi yang relatif aman dan berpotensi menguntungkan.

●       Memiliki Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Tidak ada yang dapat memprediksi kondisi di masa mendatang. Itu sebabnya, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan sangat diperlukan. Dengan memiliki keduanya, Anda tidak perlu khawatir jika nanti mengalami hal-hal tak terduga, contohnya sakit parah, kecelakaan, atau bahkan meninggal dunia. 

●       Sudah Mempersiapkan Dana Pensiun

Memiliki dana pensiun juga menjadi salah satu tanda bahwa seseorang telah merdeka secara finansial. Orang yang berpikir jauh tentang masa depan pasti akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

●       Mempunyai Dana Darurat

Selain asuransi, Anda juga perlu mempunyai dana darurat untuk mengantisipasi jika terjadi hal-hal mendesak. Lebih penting mana, dana darurat atau dana pensiun? Keduanya sama-sama penting, namun sebaiknya kumpulkan dana darurat terlebih dahulu.

Setelah memilikinya dalam jumlah yang tepat, barulah selanjutnya kumpulkan dana pensiun untuk hari tua nanti. Jadi jangan sampai terbalik agar dana pensiun yang Anda kumpulkan tidak terpakai saat mengalami krisis keuangan.

●       Bebas dari Utang Konsumtif

Tanda merdeka finansial yang terakhir yaitu ketika Anda tidak memiliki utang untuk kebutuhan konsumtif. Contohnya ketika mengajukan pinjaman untuk membeli barang-barang branded keluaran terbaru. Tetapi lain halnya jika mengambil pinjaman untuk hal-hal produktif yang bisa mendatangkan income.

Tingkatan dalam Kemerdekaan Finansial

Merdeka finansial memiliki beberapa tingkatan yang dapat dilihat dari seberapa sehat kondisi keuangan Anda. Dengan memahaminya, seseorang dapat mengetahui seberapa besar hasil yang telah mereka capai selama ini.

Untuk mengetahui posisi Anda, simak tingkatannya pada penjelasan berikut.

●       Financial Instability

Tingkat yang pertama menunjukkan bahwa seseorang sedang mengalami ketidakstabilan keuangan. Itu artinya, perjalanan menuju kemerdekaan finansial masih panjang dan butuh perjuangan lebih besar. Seseorang yang berada di tingkat ini umumnya mengalami kesulitan dalam membayar utang dan cicilannya.

●       Financial Stability & Solvency

Orang yang masuk ke dalam tingkat ini telah memiliki penghasilan yang stabil dan mampu membayar utang-utangnya dengan baik. Tak hanya itu, tetapi juga dapat mengalokasikan sebagian pendapatannya untuk mempersiapkan dana darurat.

●       Debt Freedom

Jika tidak memiliki utang dan kredit, artinya seseorang telah memasuki tingkat debt freedom. Orang yang masuk dalam tingkat ini umumnya memiliki tabungan dan siap memulai investasi untuk mendapatkan passive income.

Biasanya mereka memilih instrumen investasi yang rendah risiko, contohnya seperti Reksadana Saham, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Pasar Uang dan lainnya.

●       Financial Security

Pada tingkat ini seseorang akan memperoleh hasil investasi yang lumayan besar bahkan cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok. Ketika berada di posisi tersebut membuka kesempatan untuk lebih bebas menikmati waktu, sehingga tidak perlu bekerja keras seperti sebelumnya.

●       Financial Independence

Apabila sudah berada di posisi ini, tandanya seseorang sudah mencapai kebebasan secara finansial.

Orang yang berada di level financial independence tidak perlu lagi memikirkan pekerjaan dan biaya hidup sehari-hari. Keuntungan yang didapat dari investasi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup bahkan jumlahnya di atas rata-rata.

●       Financial Abundance

Tingkatan level tertinggi ini akan dicapai jika sudah memiliki banyak aset. Orang yang berada di level financial abundance umumnya memiliki gaya hidup mewah. Tak hanya itu, mereka juga dapat memilih pensiun dini karena sudah mencapai titik finansial tertinggi.

Capai Kemerdekaan Finansial dengan Investasi Reksadana

Apakah Anda tertarik mencapai level kebebasan finansial tertinggi? Jika ingin meraihnya, persiapkan dari sekarang dengan berinvestasi di Reksadana bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Ada banyak keuntungan Reksadana Saham yang harus dipahami.

Salahnya satunya menawarkan peluang keuntungan yang tinggi dengan risiko yang lebih rendah dari saham murni.

Dengan bergabung menjadi Nasabah perbankan prioritas, Anda dapat memutuskan langkah-langkah yang tepat dalam berinvestasi. Apakah Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk berinvestasi? Melalui Aplikasi digibank by DBS, Nasabah dapat melakukan investasi dengan mudah. Mulai dari pendaftaran SID (Single Investor Identification), jual dan beli Reksadana, hingga switching investasi dengan mudah dan praktis.

Bersama DBS Treasures Anda dapat melakukan langkah investasi yang akurat di waktu yang tepat. Berkat dukungan hasil analisis pasar yang sudah dipersiapkan oleh tim ahli finansial. Informasi terkait peluang terkini yang tersedia juga sudah disesuaikan  berdasarkan portofolio dan profil risiko Anda.

Dukungan informasi investasi tersebut ditenagai oleh Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML) sehingga membuat hasilnya lebih tepat dan akurat. Bahkan informasi tersebut juga telah didukung dengan solusi berdasarkan asuransi (Protect) dan investasi (Grow).

Hal tersebut memungkinkan Anda berinvestasi secara yakin dan cepat melalui media sesuai preferensi. Tunggu apalagi, segera raih kemerdekaan finansial dengan berinvestasi di Reksadana Saham melalui DBS Treasures sekarang. Ingin mempelajari lebih lanjut tentang investasi Reksadana? Klik di sini untuk mendapat informasi lengkapnya.