Trik Memulai Bisnis Franchise Pakai Pinjaman Bunga Rendah

Trik Memulai Bisnis Franchise Pakai Pinjaman Bunga Rendah

Bagi anda yang bingung mencari ide bisnis yang menjanjikan, bisnis franchise makanan atau minuman bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak perlu khawatir soal modal karena anda bisa mendirikan bisnis franchise menggunakan pinjaman bunga rendah.

Bisnis franchise juga biasa disebut sebagai bisnis waralaba yang merupakan sebuah bisnis dengan metode hubungan kerja sama antara franchisor dan franchisee. Franchisor merupakan pemilik atau pendiri bisnis franchise, sementara franchisee merupakan orang yang menjadi mitra dalam bisnis tersebut.

Jika anda tertarik menjadi franchisor sebaiknya pahami dulu beberapa hal yang berkaitan dengan bisnis ini. Untuk masalah modal anda bisa mengajukan pinjaman bunga rendah hingga Rp300 juta.

5 Hal yang Harus Dimiliki untuk Mendirikan Bisnis Franchise

Kini bisnis waralaba lokal mampu bersaing dengan perusahaan waralaba dari luar negeri. Anda bisa menjadi salah satu pebisnis franchise sukses dengan menciptakan produk dan konsep bisnis yang inovatif dan unik.

Untuk mulai mewujudkannya anda perlu modal yang cukup, jika perlu ajukan pinjaman bunga rendah untuk mendapatkan modal tambahan. Selain modal ada hal-hal penting yang wajib anda miliki untuk mendirikan bisnis waralaba yang sukses.

Berikut beberapa hal yang wajib anda miliki agar bisnis waralabamu bisa berjalan sesuai dengan harapan:

  1. Ciri Khas yang Unik dan Menarik
    Hal pertama yang harus dimiliki yaitu menciptakan bisnis waralaba yang memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas tersebut harus unik dan menarik perhatian agar banyak orang yang tertarik dengan bisnis waralaba yang anda tawarkan.
    Ciri khas menjadi kelebihan dan pembeda antar bisnis waralaba. Ciri khas menjadi hal yang penting karena kebanyakan bisnis franchise minuman dan makanan di luaran sana memiliki konsep yang mirip.
    Jadi jika anda ingin menguasai pasar, sebaiknya ciptakan inovasi baru yang unik dan menarik. Agar orang-orang tidak memandang bisnis waralaba sama seperti bisnis franchise pada umumnya.
  2. Perencanaan Bisnis
    Hal selanjutnya yang harus anda miliki yaitu perencanaan bisnis, setiap membangun bisnis anda perlu membuat perencanaan yang matang. Perencanaan bisnis menjadi fondasi utama sebelum anda memulai sebuah bisnis terutama pada bisnis waralaba yang akan mengurus banyak mitra.
    Untuk mulai membuat perencanaan bisnis sebaiknya anda melakukan riset terlebih dulu untuk lebih mendalami bidang bisnis ini. Anda bisa belajar dan bertanya kepada orang-orang di sekitar yang pernah atau sedang menjadi mitra sebuah franchise.
    Tanyakan apa kelebihan dan kekurangan brand franchise yang mereka pilih dan pertanyaan-pertanyaan lain yang bisa membantumu mendirikan bisnis waralaba yang lebih unggul dari kompetitor. Sebenarnya membuat perencanaan bisnis lebih sulit daripada mencari modal.
    Modal bisa anda dapatkan dengan mengajukan pinjaman bunga rendah dengan mudah, sementara perencanaan bisnis perlu disusun secara matang dan membutuhkan waktu yang panjang.
  3. Mendaftar Nama Brand Franchise ke HAKI
    Syarat terakhir yang harus anda miliki yaitu mendaftarkan nama brand franchise ke HAKI (Hak Kekayaan Intelektual). Hal ini bertujuan agar brand franchise anda tidak digunakan oleh orang lain.
    Mendaftarkan brand franchise ke HAKI ini menjadi hal wajib terutama bagi anda yang memiliki produk dan konsep bisnis yang unik. Dengan begitu produk, konsep, hingga nama bisnis anda tidak bisa ditiru orang lain atau kompetitor.
    Selain mendaftar nama brand ke HAKI anda juga perlu membuat badan hukum untuk menaungi bisnis yang dijalankan. Biaya untuk mengurus hal-hal tersebut memang diperlukan biaya yang lumayan. Oleh sebab itu, sebaiknya ajukan pinjaman bunga rendah untuk mempersiapkan modal dan biaya-biaya operasional bisnis.
  4. Memberikan Dukungan Secara Berkesinambungan kepada Mitra
    Sebagai seorang franchisor anda harus memberikan dukungan secara berkelanjutan kepada mitra yang bergabung. Pihak franchisor biasanya akan memberikan pelatihan kepada setiap mitranya.
    Tidak hanya memberikan pelatihan tentang mengelola outlet dan keuangan bisnis, franchisor juga memberikan segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Contohnya pada jenis franchise makanan dan minuman, mitra akan mendapatkan:
    • Bahan produksi
    • Peralatan dapur
    • Booth atau tempat untuk berjualan
    • Seragam karyawan dan lain sebagainya

    Tentunya untuk menjadi franchisor anda membutuhkan banyak modal untuk mempersiapkan beberapa fasilitas tersebut untuk para mitra yang bergabung. Namun, jangan khawatir karena ada pinjaman online bunga paling rendah di DBS Indonesia yaitu DBS KTA anda akan mendapatkan penawaran bunga mulai 0,88 persen per bulan.
  5. Menyusun SOP yang Jelas
    Setelah anda menyusun perencanaan bisnis dengan matang, hal selanjutnya yang wajib anda miliki yaitu SOP (Standar Operasional Prosedur) yang jelas. SOP merupakan acuan yang akan membantu setiap karyawan atau pihak di dalam bisnis untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang ditentukan.
    Dengan adanya SOP yang jelas, anda akan memiliki standar kualitas yang tidak kalah bagus dengan kompetitor terkait produk, pelayanan, dan metode bisnis yang dijalankan. Untuk menyusun SOP yang sesuai ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan yaitu:
    • Membentuk tim khusus untuk membuat SOP yang sesuai
    • Membagi tugas kepada setiap tim
    • Mendokumentasikan berbagai jenis kegiatan
    • Menyusun alur dan instruksi kerja dan beberapa formulir pendukung lainnya
    • Berdiskusi antar tim dengan melibatkan pelaksana SOP
    • Lakukan uji coba SOP
    • Lakukan evaluasi dan perbaikan

Tips Mendirikan Bisnis Franchise Menggunakan Pinjaman Bunga Rendah

Mendirikan bisnis waralaba atau franchise di bidang kuliner memang banyak saingannya. Jadi anda perlu mempersiapkan segala hal dengan matang supaya bisa mengalahkan kompetitor. Salah satu hal yang harus anda persiapkan untuk mendirikan bisnis franchise yaitu modal.

Untuk mendapatkan modal yang memadai anda harus mempersiapkan uang yang lumayan besar. Jika memiliki masalah seputar modal anda bisa mengajukan pinjaman online bunga paling rendah.

Dapatkan pinjaman hingga Rp300 juta untuk memulai bisnis franchise impianmu melalui DBS KTA. Setelah mendapat modal yang cukup anda perlu menerapkan beberapa tips berikut agar bisnis bisa berjalan lancar sesuai dengan keinginan.

  1. Persiapkan Sistem yang Baik
    Tips pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan sistem yang baik dan terbukti efektif untuk mengembangkan bisnis. Perlu anda tahu memasarkan bisnis waralaba yang baru saja dibuka bukanlah hal yang mudah.
    Kebanyakan bisnis franchise lokal yang gagal umumnya diakibatkan oleh sistem bisnis yang kurang baik di awal pendiriannya. Mengapa hal tersebut terjadi? Tentu karena bisnis waralaba baru belum dipersiapkan dengan sedemikian rupa untuk bisa berjalan dengan baik.
    Apalagi jika pihak franchisor merupakan pebisnis baru yang sebelumnya hanya seorang franchisee (Mitra Bisnis Franchise). Tentunya mereka tidak memiliki pengalaman yang mumpuni untuk menerapkan sistem yang baik untuk bisnisnya.
    Padahal kelebihan utama franchise terletak pada sistem bisnisnya yang jelas yang mana sistem tersebut memudahkan franchisee dalam menjalankannya dengan mengikuti sistem yang sudah dibuat franchisor. Jika anda tidak menggunakan sistem bisnis yang baik, maka risiko mengalami kegagalan juga akan semakin tinggi.
    Untuk itu diperlukan tim khusus yang membantu anda menyusun sistem bisnis yang baik untuk memudahkan franchisee dan mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Anda perlu menyediakan anggaran operasional dalam jumlah lebih untuk mendapatkan karyawan yang ahli di bidang tersebut.
    Anda bisa menggunakan pinjaman online bunga paling rendah dari DBS KTA untuk menyediakan anggaran operasional yang memadai. Sehingga anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah gaji karyawan di awal-awal memulai bisnis.
  2. Susun Strategi Pemasaran yang Jitu
    Memiliki sistem bisnis yang baik akan terasa percuma jika anda salah memilih strategi pemasaran. Strategi pemasaran menjadi salah satu hal utama yang mendukung keberhasilan pada sebuah bisnis. Untuk itu penting sekali menentukan strategi pemasaran yang tepat agar bisnis franchise anda bisa dikenali banyak orang.
    Dengan banyaknya orang yang mengenali bisnis franchise yang anda dirikan, maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk bergabung menjadi mitra atau franchisee. Untuk mewujudkan itu semua diperlukan tim yang ahli dalam bidang pemasaran.
    Anda bisa menggunakan jasa digital marketing untuk memasarkan bisnismu dengan lebih mudah. Jasa digital marketing sedang banyak diminati para pelaku bisnis karena terbilang lebih efektif dan hemat biaya anggaran pemasaran.
    Bukan berarti dengan menggunakan pinjaman bunga rendah anda bisa sembarang menggunakannya. Anda juga harus menghemat dan meminimalisir pengeluaran agar modal yang tersisa bisa digunakan untuk biaya operasional lain.
  3. Buatlah Proposal yang Realistis
    Dalam sebuah bisnis franchise, pihak franchisor dan franchisee merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi. Ketika franchisee sukses menjalankan bisnis dia juga turut andil dalam mengembangkan brand waralaba sang franchisor.
    Keberhasilan franchisee dalam menjalankan bisnis akan membuat banyak orang semakin mengenal brand waralaba tersebut. Sehingga secara tidak langsung dia juga turut meningkatkan brand awareness dari bisnis waralaba tersebut.
    Oleh karena itu, anda perlu membentuk hubungan dan menjalin kerja sama yang bersifat saling menguntungkan satu sama lain. Dengan cara ini anda dan seluruh pihak yang terlibat termasuk franchisee, karyawan, dan konsumen akan mendapatkan dampak yang positif.
    Namun, terkadang ada beberapa franchise yang cenderung menipu calon mitranya dengan memberikan penawaran yang oversell. Umumnya mereka menawarkan iming-iming palsu yang terlalu berlebihan untuk menarik banyak orang agar membeli produk waralabanya.
    Namun, hal ini sebaiknya tidak anda lakukan karena franchisee atau mitra merupakan pihak yang akan membantu mengembangkan bisnis waralaba. Jadi sebaiknya jangan kecewakan mereka, berikan proposal bisnis yang realistis dan jujur.
  4. Selalu Menjaga Kualitas
    Siapapun franchisee yang menjalankan bisnis waralaba pastikan kualitas produk tetap sama karena pelanggan tidak peduli tentang siapa yang mengelola outlet tersebut. Mereka hanya melihat produk melalui nama brand waralaba yang mereka beli.  
    Jadi untuk memuaskan para pelanggan anda perlu menjaga kualitas produk agar tetap sama meskipun dikelola oleh berbagai franchisee. Untuk itu dibutuhkan pelatihan khusus agar franchisee dapat membuat dan mengarahkan karyawannya dalam membuat produk yang sesuai dengan standar.

Ajukan DBS KTA untuk Mulai Mendirikan Bisnis Franchise

Bagi anda yang tertarik mengajukan pinjaman bunga rendah di DBS KTA kini tidak perlu ragu lagi karena ada berbagai penawaran menarik yang bisa anda dapatkan. Berikut beberapa penawaran menarik dari DBS KTA.

  • Pencairan pinjaman modal hingga Rp300 juta
  • Bunga flat DBS KTA yang kompetitif mulai dari 0,88 persen per bulan
  • Waktu tenor yang panjang hingga 36 bulan

Jangan ragu lagi mengajukan pinjaman DBS KTA untuk mendapatkan tambahan modal bisnis hingga Rp300 juta. Dirikan bisnis franchise impianmu dengan menggunakan pinjaman bunga rendah dari DBS KTA.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Bagaimana informasi ini dapat membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Anda rasakan
Berikan kami saran atau masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.?