Reksadana Pendapatan Tetap
22 Jun 2023

Apa Perbedaan Reksadana Pendapatan Tetap vs Pendapatan Uang?

Reksadana Pendapatan Tetap dan Pendapatan Uang termasuk instrumen investasi yang digemari investor. Reksadana adalah investasi yang memiliki beberapa jenis. Namun, dua jenis di atas paling banyak dilakukan karena risiko rendah dan keuntungannya yang lebih stabil.
Perlu diketahui, kedua jenis Reksadana ini memiliki perbedaan. Hal ini terkait pengalokasian, imbal hasil, hingga kelebihan dan kekurangannya. Sebelum memutuskan untuk memilih di antara dua Reksadana tersebut, mari simak informasi selengkapnya.
Informasi Seputar Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT) yang Perlu Anda Ketahui!
RDPT adalah jenis investasi yang mengalokasikan aset atau dana pada instrumen Obligasi atau surat utang. Waktu jatuh tempo surat utang ini biasanya tiba dalam durasi lebih dari satu tahun. RDPT akan memberikan imbal hasil yang mengacu pada nilai tukar USD atau rupiah dan tingkat dari suku bunga acuan.
Nilai dari jenis investasi RDPT ini memiliki perbandingan terbalik terhadap suku bunga. Ketika suku bunga acuan menurun, maka imbal hasil RDPT akan mengalami kenaikan. Hal ini juga berlaku sebaliknya.
Jenis investasi ini juga cocok dilakukan oleh investor dengan profil risiko yang konservatif. Dengan kata lain, investasi ini adalah opsi tepat bagi Anda yang memiliki toleransi kecil pada kerugian. Hal ini didukung dengan pertumbuhan RDPT yang cukup stabil dan memiliki risiko yang minim.
Investasi ini dapat menjadi alternatif pilihan bagi Anda yang memiliki tujuan keuangan menengah seperti dua hingga lima tahun. Walaupun begitu, Anda juga perlu meninjau kelebihan dan kekurangan dari jenis investasi Reksadana ini. Adapun kelebihan dari RDPT yaitu:
● Tingkat Imbal Hasil
Perlu diketahui, investasi RDPT memiliki potensi imbal hasil yang lebih tinggi dari Reksadana Pendapatan Umum sekiranya 4% hingga 7% per tahun. Sebagai contoh, potensi ini berada di angka 6,9% pada Januari 2023. Selain itu, investasi ini memungkinkan Anda menerima keuntungan dividen dan capital gain. Dividen merupakan pembagian dari hasil investasi pada investor RDPT.
Selain itu, potensi capital gain juga bisa Anda dapatkan. Hal ini terjadi jika nilai jual dari instrumen investasi lebih tinggi dari nilai beli. Investasi RDPT rata-rata memiliki waktu satu hingga tiga tahun. Hal ini juga dapat Anda jadikan opsi investasi jangka menengah.
● Risiko yang Rendah
Jenis investasi RDPT adalah salah satu yang memiliki imbal hasil cukup stabil. Selain itu, risiko dari investasi ini juga lebih rendah. Investasi RDPT akan mengalokasikan aset pada Obligasi dengan jatuh tempo di atas satu tahun.
● Alokasi Dana Investasi
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, alokasi dana investasi RDPT akan dialokasikan sebanyak 80% pada instrumen Obligasi, di mana rata-rata jatuh tempo investasi ini memiliki waktu lebih dari satu tahun.
Alokasi pada Obligasi membuat jenis investasi ini lebih stabil. Selain itu, investasi RDPT dapat menjadi opsi berbagai tujuan keuangan dengan rentang waktu sekitar tiga tahun. Manfaat Reksadana Pendapatan Tetap antara lain sebagai dana pernikahan, pendidikan, dan sebagainya.
Itulah informasi tentang investasi RDPT beserta keunggulannya yang dapat menjadi pertimbangan Anda. Apakah Anda tertarik berinvestasi? Sebelum itu, Anda juga perlu mengetahui informasi seputar Reksadana Pendapatan Uang yang juga dapat menjadi opsi investasi.
Mari Ketahui Karakteristik dan Kelebihan Reksadana Pasar Uang
Reksadana Pasar Uang (RDPU) merupakan jenis investasi Reksadana yang melakukan alokasi sebesar 100% asetnya pada dua jenis efek, antara lain surat utang yang memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun dan deposito.
Reksadana Pasar Uang memiliki risiko investasi yang paling rendah dibandingkan dengan jenis Reksadana lainnya. Hal ini karena pertumbuhan Reksadana ini cukup stabil dari waktu ke waktu. RDPU juga ditujukan untuk menjaga modal investasi dan likuiditas.
Investasi jenis RDPU ini juga dapat menjadi opsi tepat untuk Anda yang memiliki tujuan finansial jangka pendek atau kurang dari satu tahun. Selain itu, Reksadana ini juga dapat menjadi pilihan bagi Anda yang tidak ingin melakukan investasi dengan risiko tinggi.
Dengan berinvestasi RDPU ini, Anda tetap memiliki potensi untuk memperoleh imbal hasil lebih tinggi dari tabungan atau deposito. Bagaimana? Tertarik menjadikan Reksadana Pasar Uang menjadi opsi investasi?
Sebelum itu, mari ketahui keunggulan lebih lanjut mengenai jenis investasi RDPU di bawah ini:
● Tidak Dibebani Pajak
Perlu diketahui, investasi RDPU ini tidak akan dikenakan pajak terkait profit. Hal ini dikarenakan keuntungan investasi Reksadana tidak bersumber dari objek pajak. Jadi, investor Reksadana ini akan mendapat imbal hasil atau keuntungan penuh dari investasi.
● Keuntungan yang Terukur
Investasi Reksadana Pasar Uang memiliki jangka waktu pendek, yaitu sekitar satu tahun. Dari waktu ini, investor dapat mengkalkulasi potensi keuntungan investasi yang bisa didapatkan. Keuntungan investasi ini bergantung pada kondisi pasar uang.
Walaupun begitu, Anda tidak perlu risau karena pasar uang dinilai cukup stabil. Potensi keuntungan yang bergantung pada kondisi pasar ini mencapai 2% hingga 5% per tahunnya. Pada tahun 2022, nilai ini berada pada angka 2,71%.
● Risiko Investasi Cukup Rendah
Sama seperti RDPT, investasi ini memiliki risiko yang lebih rendah. Hal ini dikarenakan tingkat kestabilan yang tinggi dan tidak banyak terpengaruh oleh pasar modal. Ketika kestabilan pasar menurun, Anda dapat mencairkan dana investasi. Berbeda dengan deposito, pencairan dana investasi RDPU tidak dikenakan penalti.
Penjelasan di atas merupakan pengertian, karakteristik, serta kelebihan dari investasi RDPT dan RDPU. Kedua jenis investasi ini memang cukup mirip, tetapi ketika menelusurinya, terdapat perbedaan dari alokasi dana, ketentuan, hingga imbal hasil. Setelah mengetahuinya, manakah instrumen investasi yang Anda pilih?
Berinvestasi Reksadana adalah pilihan tepat dengan kestabilan tinggi dan risiko rendah. Ketika berinvestasi, Anda tentu memerlukan perbankan prioritas yang mendukung, seperti DBS Treasures.
Investasi Reksadana Pendapatan Tetap melalui DBS Treasures
DBS Treasures adalah perbankan prioritas yang dapat mendukung investasi Anda. Berinvestasi di sini memiliki berbagai kelebihan yang dapat Anda rasakan. Adapun kelebihan tersebut yaitu:
● Investasi Dikelola oleh Profesional
Dana investasi akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional yang bermitra dengan DBS Treasures untuk mengoptimalkan kinerja Reksadana.
● Panduan Wawasan Investasi untuk Anda
Informasi tentang peluang terkini serta Analisa pasar akan disampaikan secara proaktif oleh tim finansial yang ahli di bidangnya.
● Mengurangi Risiko dengan Diversifikasi
Dana investasi akan disebarkan dalam berbagai jenis aset untuk mengurangi risiko kerugian.
● Transaksi Mudah melalui Aplikasi digibank
Kemudahan transaksi melalui Aplikasi digibank by DBS, termasuk registrasi SID. SID (Single Investor Identification) merupakan kartu identitas yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh investor. Dapat dibilang, identitas ini merupakan sebuah KTP bagi para investor.
Kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengkomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.
Itulah keunggulan DBS Treasures yang sangat menunjang investasi Anda. Tunggu apalagi? mari berinvestasi di sini! Informasi lengkap mengenai investasi Reksadana ini dapat Anda akses melalui link berikut ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham.