Reksadana
01 Aug 2023

Nyaman di Hari Tua, 4 Aset Ini Cocok Jadi Bekal Masa Depan

Ada berbagai pilihan cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan bekal finansial di masa depan. Salah satunya lewat investasi Reksadana maupun aset aktif lainnya yang bisa menghasilkan keuntungan untuk jangka panjang.

Bicara soal kondisi finansial di masa yang akan datang, Anda tentu ingin mengusahakan yang terbaik. Mari cari tahu pilihan aset apa saja yang sebenarnya cocok untuk dimiliki demi masa depan sesuai aspirasi.

Deretan Aset Aktif yang Bisa Menghasilkan di Masa Tua

Persiapan finansial di masa tua memang sangat penting untuk dilakukan sejak dini. Anda bisa mengandalkan beberapa jenis aset aktif yang masih bisa menghasilkan profit di masa tua nanti. Berikut beberapa pilihan aset aktif tersebut:

●     Reksadana

Instrumen investasi ini bisa jadi pilihan pertama sebagai aset di masa tua Anda. Ini merupakan jenis instrumen investasi yang dinilai menguntungkan dan masih bisa aktif menghasilkan hingga di masa depan.

Banyak orang yang memilih instrumen ini untuk mempersiapkan masa pensiun mereka. Apalagi jika bisa mengelola portofolio dengan cukup baik, instrumen ini bisa jadi salah satu sumber penghasilan yang menguntungkan bagi Anda.

Seperti diketahui bahwa instrumen ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu dana investasi akan dikelola oleh Manajer Investasi yang berpengalaman. Secara teknis, Anda tidak perlu terjun secara langsung untuk mengelola dana investasi.

Ini sangat cocok dengan tujuan Anda yang ingin menggunakan aset tersebut untuk bekal di masa tua. Anda cukup memantau performa investasi dan menikmati keuntungan Reksadana yang diperoleh.

●     Saham

Tentu saham juga akan menjadi sebuah pilihan tepat jika Anda ingin punya aset aktif untuk masa depan. Jenis instrumen yang satu ini dinilai punya potensi profit yang besar meskipun memang risikonya juga terbilang besar.

Anda bisa mengandalkan saham sebagai pilihan aset saat masa pensiun tiba. Namun di sini Anda harus berhati-hati dan memilih jenis saham yang tepat agar profitnya benar-benar terasa di masa depan.

Lebih baik pilih jenis saham blue chip yang cenderung stabil dan menawarkan potensi profit yang tinggi. Selain itu Anda juga harus mempersiapkan mental yang kuat agar tidak mudah terbawa tren tanpa analisis matang saat berinvestasi.

●     Obligasi

Anda juga bisa menggunakan Obligasi sebagai pilihan aset aktif yang menghasilkan di masa depan. Obligasi itu sendiri banyak dijadikan sebagai instrumen investasi bagi mereka yang ingin menikmati masa pensiun dengan nyaman.

Jenis instrumen ini memiliki masa berlaku dan memberikan keuntungan berupa kupon kepada pemiliknya. Kupon tersebut bisa jadi salah satu sumber penghasilan pasif yang dapat diandalkan di masa depan.

Ada beragam jenis produk Obligasi yang bisa dijadikan pilihan dan salah satunya adalah ORI atau Obligasi Ritel Indonesia. ORI disebut sebagai produk Obligasi yang menarik dan bisa dijual kembali.

●     Properti

Masih ada lagi pilihan aset aktif yang ternyata berpotensi menguntungkan di masa depan yaitu properti. Jenis aset ini memang sudah lama diandalkan oleh masyarakat untuk mendapatkan kesejahteraan finansial di masa depan apalagi setelah pensiun.

Meskipun memang risiko investasi properti cukup besar dan modalnya juga tinggi, namun ini bisa jadi keputusan yang sangat tepat. Apalagi jika Anda bisa mengelola properti tersebut dengan baik sehingga hasilnya berlipat di masa depan.

Jenis properti yang bisa diinvestasikan di masa sekarang juga sangat beragam. Anda bisa menentukan pilihan tipe properti sesuai kemampuan saat ini dan prospeknya di masa depan.

Keuntungan Memiliki Aset Aktif

Sebaiknya mulai persiapkan diri Anda untuk memiliki aset aktif yang bisa diandalkan di masa depan. Kepemilikan aset aktif tersebut bisa memberikan Anda beberapa keuntungan sebagai berikut:

●     Lebih Tenang di Masa Depan

Jika Anda sudah mempersiapkan aset aktif untuk masa depan mulai dari sekarang, maka Anda pasti akan merasa lebih tenang. Tidak bisa dipungkiri bahwa semua orang memiliki kekhawatiran akan kondisi di masa depan.

Banyak faktor yang menimbulkan kekhawatiran tersebut dan salah satunya adalah kondisi finansial. Itulah mengapa adanya aset aktif yang bisa diandalkan di masa depan akan membuat Anda merasa jauh lebih tenang.

●     Bebas secara Finansial

Tentunya aset aktif akan membantu membebaskan Anda dari segala bentuk beban finansial. Bisa dibayangkan betapa idealnya masa depan yang nyaman dan tidak memiliki beban finansial.

Namun, perlu diketahui bahwa hal ini hanya bisa didapatkan jika Anda mempersiapkan aset masa depan dengan cara yang tepat. Anda bisa bebas secara finansial apabila punya aset aktif yang menghasilkan profit menarik di masa depan.

●     Bisa Fokus pada Kegiatan Lain

Siapa tidak ingin menikmati masa tua yang menyenangkan dan bisa fokus melakukan berbagai jenis kegiatan hobi sebagai hiburan? Semua orang tentu mengharapkan hal tersebut.

Anda bisa menikmati masa tua yang menyenangkan dan beristirahat dari aktivitas kerja jika kondisi finansial stabil. Itulah mengapa aset aktif sangat dibutuhkan sehingga Anda tidak perlu khawatir masalah finansial.

Jika ada aset aktif yang bisa diandalkan di masa tua, maka Anda masih bisa menikmati hidup dengan cara yang Anda inginkan. Kebutuhan pokok terpenuhi dan Anda masih punya dana untuk menjalani hobi yang menyenangkan.

●     Tetap Sejahtera di Masa Tua

Produktif di masa muda dan sejahtera di masa tua. Ini tentu menjadi impian bagi banyak orang. Anda juga tentu mengharapkan hal tersebut, bukan?

Aset aktif akan membantu Anda mendapatkan kenyamanan tersebut. Anda sudah produktif bekerja di masa muda dan bisa menikmati hasil dari aset aktif di masa tua saat pensiun.

Semakin banyak jenis aset aktif yang Anda miliki di masa tua, maka akan semakin baik. Artinya ada lebih banyak sumber dana yang masih bisa Anda andalkan untuk mencukupi berbagai kebutuhan meskipun sudah pensiun.

Selain kuantitas, tentu kualitas dari aset aktif yang Anda miliki sangatlah berpengaruh. Pastikan untuk memiliki jenis aset aktif yang tepat dan bisa menghasilkan banyak keuntungan di masa depan.

Mulai Berinvestasi bersama DBS Treasures demi Masa Depan

Reksadana menjadi salah satu pilihan aset aktif yang bisa Anda andalkan di masa depan. Mulailah untuk berinvestasi dalam bentuk instrumen ini bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Ada beragam keuntungan yang bisa Anda nikmati di sini.

Dana investasi akan langsung dikelola oleh Manajer Investasi yang bermitra dengan DBS Treasures dan sudah profesional di bidangnya. Manajer Investasi siap bekerja untuk mengoptimalkan performa investasi Anda.

DBS Treasures juga memberikan wawasan terkurasi untuk memandu Anda berinvestasi. Didukung tim ahli finansial yang mengomunikasikan analisis pasar serta peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).  Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Anda juga bisa mendapatkan kemudahan transaksi berkat adanya Aplikasi digibank by DBS. Lewat aplikasi ini, Anda sudah bisa melakukan registrasi SID (Single Investor Identification) serta bertransaksi dengan praktis.

Langsung saja mulai investasi Reksadana bersama DBS Treasures dan persiapkan finansial Anda di masa depan. Klik di sini agar Anda bisa mengakses informasi lebih lengkap.