Reksadana
29 Nov 2023

Mengenal 6 Keuntungan Reksadana Campuran

Ketika hendak memulai investasi, umumnya seorang investor akan mencari tahu terlebih dahulu instrumen investasi mana yang memiliki keunggulan untuk bisa membantunya mencapai tujuan.

Bicara tentang keunggulan, masing-masing instrumen investasi memiliki beberapa keunggulan yang akan membuatnya lebih cocok dipilih oleh investor tertentu dibandingkan dengan instrumen yang lain.

Sekarang ini, sudah ada banyak jenis instrumen investasi yang bisa dipilih apabila Anda tertarik untuk mencoba melakukan investasi, mulai dari saham, Obligasi, maupun Reksadana.

Dalam lingkup Reksadana sendiri, ada beberapa jenis produk yang bisa dipilih seperti Reksadana Saham, Pasar Uang, Pendapatan Tetap maupun produk Reksadana Campuran yang akan menjadi topik pembahasan pada artikel ini.

Untuk Anda yang ingin memahami lebih dalam tentang produk Reksadana Campuran, simak pembahasan lengkap terkait jenis-jenis hingga keuntungannya pada poin-poin di bawah ini.

 

Jenis-Jenis Reksadana Campuran

 

Sesuai dengan namanya, Reksadana Campuran merupakan sebuah instrumen yang cocok dipilih oleh Anda yang ingin berinvestasi di beberapa instrumen sekaligus.

Dikatakan demikian karena mengutip dari laman Investopedia, Reksadana Campuran ini adalah instrumen yang dana investasinya dialokasikan ke dalam berbagai aset dengan tingkat risiko rendah hingga tinggi seperti saham maupun Obligasi.

Berdasarkan penempatan dananya, berikut akan dibahas mengenai beberapa jenisnya:

 

●        Jenis Konservatif

Jenis yang pertama ialah konservatif. Pada jenis konservatif ini, pengelola investasi atau disebut juga dengan Manajer Investasi cenderung akan mengalokasikan dana dari investor pada Obligasi, instrumen pendapatan tetap, dan juga pasar uang secara lebih banyak dibandingkan dengan saham.

 

●        Jenis Agresif

Berikutnya ada jenis agresif. Berkebalikan dari jenis Reksadana Campuran yang sebelumnya, pada jenis agresif, Manajer Investasi akan mengalokasikan dana secara lebih banyak pada instrumen saham daripada instrumen lainnya seperti pendapatan tetap dan pasar uang.

Hal ini dilakukan atas dasar pertimbangan instrumen saham memiliki potensi keuntungan yang lebih besar. Apabila terdapat kenaikan harga pada unit, maka investor akan mendapatkan return yang lebih besar pula. Situasi ini berlaku pula sebaliknya.

 

●        Jenis Moderat

Jenis Reksadana Campuran yang terakhir yaitu moderat. Pada jenis ini, penempatan dana yang dilakukan oleh Manajer investasi umumnya sama rata atau seimbang.

Artinya, masing-masing instrumen seperti saham dan pendapatan tetap akan menerima alokasi dana yang jumlahnya sama besar. Dengan melakukan penempatan dana jenis moderat, maka kemungkinan kerugian yang terjadi dapat lebih diminimalisir.

 

Demikian pembahasan tentang jenis-jenis dari Reksadana Campuran yang perlu Anda ketahui. Oleh karena pemilihan jenis Reksadana ini akan sangat berpengaruh pada hasil investasi, baik keuntungan maupun kerugian, Anda sebagai investor perlu mempertimbangkannya dengan sangat hati-hati.

 

Keuntungan Berinvestasi Reksadana Campuran

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, setiap instrumen investasi memiliki keuntungannya masing-masing. Seperti misalnya pada kasus Reksadana Campuran, ada beberapa keuntungan yang bisa diraih apabila Anda mencoba jenis investasi satu ini.

Dengan pengelolaannya yang akan dibantu oleh kehadiran Manajer Investasi, instrumen yang cara kerjanya mengalokasikan dana di beberapa aset sekaligus ini menawarkan beberapa keuntungan yang bisa menarik perhatian Anda sebagai seorang investor. Adapun beberapa keuntungan dari Reksadana Campuran ialah sebagai berikut:

●        Modal untuk Investasi Umumnya Terjangkau

Salah satu keuntungan yang bisa Anda rasakan sebagai investor dengan memilih instrumen Reksadana Campuran ialah modal awal yang diperlukan umumnya terjangkau. Oleh karena itu, untuk Anda yang merupakan seorang investor pemula, jenis instrumen ini menarik sekali untuk dipertimbangkan.

Untuk besaran modal awalnya sendiri sangat beragam. Anda bisa memilih produk dengan nilai modal awal yang sesuai dengan kondisi keuangan.

●        Nilai Imbal Hasil yang Kompetitif

Keuntungan berikutnya dari Reksadana Campuran, yaitu nilai dari imbal hasilnya cenderung kompetitif. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pengalokasian dana yang dilakukan.

Imbal hasil akan semakin besar didapatkan apabila dana lebih banyak dialokasikan pada instrumen saham. Sejalan dengan potensi risiko yang juga besar, instrumen saham juga menjadi instrumen yang menawarkan potensi keuntungan paling besar dibandingkan dengan instrumen yang lain.

Oleh karena itu, semakin besar pengalokasian dana investasi Reksadana Campuran pada pasar saham, potensi keuntungan atau imbal hasil yang akan Anda dapatkan juga akan semakin besar.

Meskipun demikian, hal ini bukan berarti Anda atau Manajer Investasi bisa dengan sembarangan mengalokasikan dana sebanyak mungkin pada instrumen saham. Dengan tingkat risiko yang tinggi, pengalokasian dana pada investasi Reksadana Campuran perlu tetap dilakukan dengan hati-hati agar nilai imbal hasilnya bisa optimal.

●        Proses Pencairan Dapat Dilakukan Kapan Saja

Poin keuntungan berikutnya yang tidak kalah menarik, yaitu Anda dapat melakukan proses pencairan Reksadana kapan saja. Dengan likuiditas yang tinggi, para investor dapat melakukan transaksi seperti penjualan maupun mencairkan Reksadana kapan pun.

Begitu selesai melakukan transaksi penjualan, Anda bisa memproses pencairan Reksadana dalam kurun waktu yang singkat mulai dari 1-7 hari kerja bergantung kepada ketentuan Manajer Investasi yang digunakan.

●        Pendapatan Bebas dari Pajak

Reksadana Campuran merupakan jenis instrumen yang imbal hasilnya bebas dari potongan pajak. Dengan demikian, Anda sebagai investor bisa menikmati hasil investasi secara keseluruhan.

●        Dapat Mendiversifikasikan Risiko

Dengan melakukan investasi Reksadana Campuran, pengalokasian dana ke berbagai instrumen bisa menjadi cara untuk meminimalisir potensi kerugian.

●        Relatif Aman

Keamanan dalam berinvestasi merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Investasi Reksadana umumnya diawasi oleh lembaga OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Dengan diawasi oleh lembaga tersebut, maka investasi yang Anda lakukan bersifat aman. Para Manajer Investasi yang bertugas untuk mengelola investasi juga akan melakukan tugasnya secara hati-hati.

Tertarik Berinvestasi Reksadana? Mulai dengan Mitra DBS Treasures

Ketika Anda tertarik untuk memulai berinvestasi, seperti misalnya dengan instrumen Reksadana, beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan ialah pemahaman tentang cara investasi Reksadana dan juga pemilihan mitra berinvestasi.

Bicara tentang mitra dalam berinvestasi, mitra yang tepat dan menjadi rekomendasi untuk Anda yang ingin mencoba berinvestasi Reksadana ialah perbankan prioritas DBS Treasures.

Bersama mitra DBS Treasures, Anda akan mendapatkan beragam manfaat dan kemudahan. Salah satunya yakni mendapatkan wawasan dari para tim ahli finansial yang bisa digunakan untuk memandu selama proses berinvestasi.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Agar bisa lebih memahami terkait investasi Reksadana dengan mitra DBS Treasures, silakan berkunjung ke laman ini untuk informasi selengkapnya.

Segera raih peluang di Aplikasi digibank by DBS.

Diskusikan strategi manajemen kekayaan Anda.