Reksadana Pasar Uang
06 Mar 2023

Manfaat Reksadana Pasar Uang: Jangka Pendek & Menengah

Investasi Reksadana Pasar Uang menawarkan keuntungan yang menarik bagi para investor. Baik bagi investor dengan profil risiko konservatif sampai profil risiko agresif. Dengan jangka waktu jatuh tempo kurang dari satu tahun, Anda bisa berinvestasi untuk tujuan jangka pendek dan menengah.

Jenis Reksadana ini akan menempatkan dana investasi Anda dalam aset jangka pendek seperti Deposito Berjangka, Pasar Uang, atau Obligasi. Masa jatuh temponya kurang dari setahun. Sementara imbal hasilnya relatif lebih tinggi dari tabungan maupun Deposito.

Keuntungan Investasi Reksadana Jenis Pasar Uang

Sama halnya dengan jenis Reksadana lain, dana Anda akan dikelola oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi akan menaruh dana pada aset jangka pendek di instrumen Pasar Uang maupun berbagai macam surat berharga.

Meski masa jatuh temponya lebih pendek, namun jenis Reksadana yang satu ini mampu memberikan keuntungan yang menarik. Sayang jika Anda melewatkannya begitu saja. Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari Reksadana dengan instrumen Pasar Uang:

● Risiko Rendah

Reksadana yang satu ini memiliki risiko paling rendah di antara jenis Reksadana yang lain. Karena hampir semua portofolio investasinya adalah instrumen dengan risiko yang relatif rendah juga.

Selain itu, instrumen investasi yang dipakai bersifat likuid yang artinya dana bisa ditarik kapan pun oleh investor. Hal tersebut masih berkaitan dengan jangka waktu Reksadana ini yang memang lebih pendek dari jenis Reksadana yang lain.

Risiko yang mungkin terjadi dalam Reksadana dengan instrumen Pasar Uang yaitu gagal bayar atau wanprestasi dari penerbit surat berharga. Atau Manajer Investasi tidak dapat mengembalikan dana investor karena adanya penarikan dana besar-besaran.

Meski begitu Reksadana ini tetap produk investasi yang cukup aman. Serta diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

●  Cocok Bagi Investor Profil Risiko Konservatif

Reksadana dengan jenis Pasar Uang cocok bagi investor yang memiliki profil risiko konservatif. Yaitu mereka yang lebih memilih instrumen investasi yang aman. Mereka cenderung menghindari investasi yang terlalu berisiko.

Biasanya, tujuan investor konservatif dalam berinvestasi adalah menjaga modal yang ditanam tetap aman. Serta memperoleh imbal hasil yang stabil walau angkanya lebih kecil.

Karena itulah Reksadana di Pasar Uang akan cocok untuk investor konservatif. Risikonya relatif minim dan imbal hasil dari Reksadana ini cenderung lebih tinggi dari tabungan Deposito.

● Mudah Dicairkan

Keuntungan lainnya dari Reksadana jenis ini yaitu mudah dicairkan. Karena sifat dari Reksadana ini yang sangat likuid. Anda bisa mencairkan dana kapan pun pada saat hari bursa. Tanpa dikenakan potongan maupun penalti.

Hal ini sangat menguntungkan ketika Anda membutuhkan dana segar dalam waktu cepat. Berbeda dengan jenis investasi lain yang dananya belum tentu bisa ditarik kapan pun investor menginginkannya.

Anda sudah memahami apa itu Reksadana Pasar Uang serta keuntungannya. Keuntungan dari Reksadana di Pasar Uang ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang sedang berencana menambah portofolio investasi. Jenis Reksadana ini dapat menjadi pilihan yang menarik.

Manfaat Jangka Pendek & Jangka Menengah Investasi Reksadana

Reksadana dapat menjadi pilihan tepat untuk mengelola kekayaan. Ketika menentukan jenis Reksadana, Anda harus memastikan dulu apa tujuan dari investasi yang hendak Anda lakukan. Di samping mempertimbangkan profil risiko serta jangka waktu investasi.

Apakah produk investasi yang Anda pilih untuk mempersiapkan dana pendidikan, dana pensiun, pernikahan, atau rencana masa depan lainnya. Dari situ, Anda bisa memilih produk investasi yang tepat dan sesuai.

Reksadana dengan instrumen Pasar Uang sebenarnya memberikan manfaat yang menarik bagi investor. Dana dari investasi ini bisa bermanfaat untuk kebutuhan jangka pendek dan juga jangka menengah.

Sebelumnya disebutkan bahwa Reksadana dengan instrumen Pasar Uang, cocok bagi investor konservatif. Yaitu investor yang mementingkan keamanan dan cenderung menghindari risiko besar, seperti nilai investasi fluktuatif dan ketidakpastian tren keuangan.

Namun, Reksadana Pasar Uang sebenarnya bisa menjadi pilihan investasi bagi investor dengan profil risiko yang lebih tinggi. Minim risiko dan imbal hasil yang relatif lebih rendah bukan berarti membuat jenis Reksadana ini jadi tidak menarik.

Reksadana jenis ini juga bisa dipilih untuk menambah diversifikasi portofolio investasi. Atau menjadi pilihan alternatif untuk menaruh dana darurat. Berikut ini penjelasannya:

●  Dana Darurat

Reksadana dengan jenis ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk menaruh dana darurat Anda. Karena sifatnya yang sangat likuid, Anda bisa menyimpan dana di produk investasi dengan tenang.

Sebab kapan pun Anda membutuhkan kembali dana tersebut, Anda bisa mencairkan dana pada saat hari bursa.

Anda bisa menempatkan dana darurat yang semula ditaruh di rekening tabungan, kemudian dialihkan ke investasi Reksadana. Sehingga dana yang Anda siapkan untuk kebutuhan mendadak bisa sekaligus dikembangkan dari imbal hasil investasi.

● Diversifikasi Investasi

Diversifikasi portofolio investasi penting untuk dilakukan oleh investor agar mengurangi kemungkinan risiko dari produk investasi.

Bila Anda menaruh dana kekayaan hanya pada satu instrumen investasi saja, ketika mengalami risiko tertentu seperti wanprestasi dan gagal bayar, Anda akan mengalami kerugian.

Anda perlu menempatkan dana dalam beberapa jenis instrumen investasi. Salah satunya Anda bisa menambah Reksadana jenis Pasar Uang untuk menambahkan portofolio investasi.

Kemudahan Investasi Reksadana Pasar Uang di DBS Treasures

Kini, Anda sudah paham apa itu Reksadana Pasar Uang. Investasi Reksadana ini dapat menjadi pilihan tepat untuk mengelola dana milik Anda. Tentukan apa tujuan investasi Anda kemudian temukan jenis Reksadana yang sesuai dengan profil risiko Anda.

DBS Treasures dapat menjadi mitra manajemen kekayaan yang bisa diandalkan untuk mengelola dana investasi Anda. Anda dapat memilih berbagai jenis Reksadana, termasuk Jenis Pasar Uang yang minim risiko.

Berikut ini beragam kemudahan yang akan Anda peroleh jika bergabung menjadi Nasabah prioritas DBS Treasures:

●  Dana Investasi Dikelola oleh Profesional

Pilihan produk investasi Anda akan dikelola oleh Manajer Investasi terkemuka dan profesional. Sehingga Anda tidak perlu merasa ragu karena Manajer Investasi akan mengoptimalkan kinerja produk investasi yang telah Anda pilih.

● Nasabah Mendapatkan Wawasan Investasi

Anda juga akan mendapatkan ketenangan dalam berinvestasi  karena tim ahli finansial dari DBS Treasures akan memberikan wawasan investasi terkurasi. Tim ini akan mengomunikasikan analisa pasar serta peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Nasabah, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).  Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

● Diversifikasi Investasi

Manajer Investasi akan mendiversifikasikan penyebaran dana Anda ke berbagai macam aset investasi untuk mengurangi risiko.

● Transaksi Mudah melalui Aplikasi digibank by DBS

Kebutuhan untuk registrasi SID (Single Investor Identification), proses pembelian dan penjualan, sampai switching, semuanya bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini akan mempermudah berbagai keperluan finansial Anda, termasuk untuk investasi Reksadana.

Bergabunglah menjadi Nasabah perbankan prioritas dengan menempatkan dana investasi mulai dari Rp500 juta. Anda dapat berinvestasi Reksadana Pasar Uang dengan tenang dan yakin bersama DBS Treasures.

Kunjungi halaman Reksadana untuk informasi selengkapnya melalui tautan di bawah ini https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-reksadana-dan-saham.