jenis Obligasi
13 Oct 2022

Keuntungan Investasi Obligasi untuk Beli Smartphone Idaman

Dari sekian banyak investasi yang ada di pasar modal, Obligasi adalah salah satu yang banyak diminati, baik oleh investor pemula atau investor lama. Jenis Obligasi yang ada di pasar modal dapat digunakan untuk berbagai tujuan investasi para investor, misalnya untuk membeli smartphone yang diidamkan. 

Tidak hanya itu, Obligasi secara umum memberikan potensi keuntungan yang besar kepada para investor, di antaranya memberikan pendapatan tetap berupa kupon (bunga). Selain itu, banyak opsi seri efek bersifat utang yang minim risiko.

Apa Itu Investasi Obligasi?

Investasi Obligasi adalah bentuk investasi berupa pemberian pinjaman kepada perusahaan atau pemerintah. Bantuan ini diberikan dalam bentuk surat utang berjangka waktu. Surat utang yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pemerintah tersebut mempunyai nilai tertentu dan memiliki waktu jatuh tempo.

Sederhananya, dengan surat utang tersebut, perusahaan atau pemerintah mempunyai utang kepada Anda dengan nominal dan tempo pembayaran yang telah disepakati. Sebagai investor, Anda akan mendapat keuntungan dari bunga yang dibayarkan setiap bulannya.

Kelebihan dari investasi Obligasi adalah resikonya lebih kecil dan cenderung stabil, sehingga Obligasi bisa menjadi bentuk investasi yang cocok untuk Anda.

Keuntungan Investasi Obligasi

Jika Anda sudah paham dengan definisi Obligasi, Anda bisa mulai berinvestasi Obligasi melalui bank terpercaya. Saat Anda membeli Obligasi, Anda mendapat kupon sebagai keuntungannya. Keuntungan kupon atau bunga yang didapatkan bersifat periodik, misalnya setiap bulan, per tiga bulan, per enam bulan atau sesuai kesepakatan. Keuntungan lain dari investasi Obligasi adalah:

  • Mendapatkan potensi keuntungan capital gain, yaitu keuntungan yang didapat dari selisih harga jual setelah dikurangi dengan harga beli.
  • Cocok dijadikan tabungan untuk jangka panjang sebab pada umumnya waktu jatuh tempo investasi Obligasi berkisar 1 tahun ke atas.
  • Untuk Obligasi Pemerintah, keamanannya lebih terjaga dan lebih terpercaya dengan risiko kerugian kecil.
  • Tersedia dalam banyak pilihan seri efek utang yang bisa Anda pilih di pasar sekunder.

Keuntungan Investasi Obligasi Korporasi

Dari semua jenis Obligasi yang ada, Obligasi Korporasi adalah salah satu yang populer. Ringkasnya, Obligasi Korporasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan swasta dan BUMN. Sama seperti Obligasi Pemerintah, Obligasi Korporasi memiliki berbagai seri.

Obligasi yang juga dikenal dengan nama Corporate Bond ini memberi banyak keuntungan bagi para pemegangnya, di antaranya:

  • Memperoleh Pendapatan Tetap (Fixed Income) Berupa Kupon Atau Bunga

Pemegang Obligasi akan menerima bunga tetap secara reguler sampai waktu jatuh tempo dan ditetapkan dalam persentase nilai nominal. Tingkat bunga Obligasi relatif lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata bunga Deposito atau sertifikat Bank Indonesia.

  • Keuntungan Atas Penjualan Obligasi (Capital Gain)

Capital gain didapatkan apabila investor membeli Obligasi dengan harga diskon dengan nilai lebih rendah dari nominalnya, dan pada saat jatuh tempo Anda pemegang Obligasi akan memperoleh pembayaran yang sesuai dengan harga nominal. Sehingga harga jualnya pun menjadi lebih tinggi daripada harga beli.

Rekomendasi Smartphone Impian Tercanggih

Keuntungan investasi Obligasi tidak bisa disebut kecil. Anda bisa menggunakan keuntungan tersebut untuk memenuhi kebutuhan Anda dan membeli barang yang Anda inginkan. Smartphone canggih terbaru misalnya. Rekomendasinya adalah sebagai berikut:

  • iPhone 13 Pro Max (Rp13 - 36,2 juta)

Dibanderol sekitar Rp13–36 juta, iPhone 13 Pro Max adalah ponsel dengan spek yang paling canggih. Ponsel ini ditenagai oleh chipset Apple A15 Bionic dan 6 Core berkecepatan sampai 3,2 GHz. Kapasitas RAM 6GB dan ROM 1TB.

iPhone 13 Pro Max mempunyai baterai fast charging 27W dengan kapasitas 4352 mAh, sudah dilengkapi dengan wireless charging 15W. Daya tahan baterai lebih tinggi dibanding seri pendahulunya.

  • Samsung Galaxy Z Fold 3 5G (Rp19 juta)

Disebut-sebut sebagai pesaing iPhone, Samsung Galaxy Z Fold 3 5G memiliki dua layer. Layar utama ada di bagian dalam dan bisa dilipat. Layar ponsel canggih ini 7,6 inci yang sudah dilengkapi dengan resolusi 2208 x 1768 pixel dan refresh rate sebesar 120 Hz.

Samsung Galaxy Z Fold 3 5G mempunyai layar cover yang bisa mengakses fitur ponsel tanpa perlu membuka layar lipatnya. Untuk kamera, ponsel ini menggunakan 4 kamera dengan resolusi 4 MP untuk layar cover, 3 kamera 12 MP di belakang. Ponsel ini dibanderol sekitar Rp19 juta.

  • Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Rp12,5 juta)

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G adalah varian Galaxy seri S paling mahal. Dibanderol sekitar Rp12,6 juta, ponsel ini punya layar Dynamic Amoled 2x terbaru dengan kontras 50% yang lebih baik dan warna lebih kaya.

Ada refresh rate 120Hz di ponsel ini. Di segi kamera, ponsel satu ini punya 108 MP dimana kamera utamanya didukung dengan periskop 10MP, kamera telephoto resolusi 10 MP, dan Ultrawide 12MP. Zoom kameranya bisa 100x.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G miliki chipset Exynos 2100 yang terbaru dari pabrikan 5 nm. Performanya lebih efisien dan lebih cepat. Kapasitas baterai besar 5000mAh, dilengkapi fitur fast charging 25W yang bisa mengisi daya 50% dalam 30 menit.

  • Asus ROG Phone 5 Ultimate (Rp29,5 juta)

Para gamer wajib memiliki ASUS ROG Phone 5 Ultimate. Ditenagai oleg chipset Snapdragon 888 5G, performa kecepatan ponsel ini terbilang tinggi dan stabil meskipun memainkan game dengan syarat spesifikasi tinggi.

Dukungan refresh rate 144Hz dan response 1ms, tampilan layar ponsel ini lebih mulus. Selain itu, ponsel ini didukung oleh baterai berkapasitas super besar 6000 mAh dengan fast charging 65W. Harganya sekitar Rp29,96 juta.

  • Huawei P40 Pro+ (Rp12,5 juta)

Huawei P 40 Pro+ dilengkapi dengan kamera ultra vision Leica Penta dengan 50 MP untuk kamera utama, 8MP kamera Periscope yang bisa melakukan zoom sampai 100x, 40MP kamera ultrawide, dan Depth Sensing 3D camera.

Kamera pada ponsel ini dilengkapi sensor kamera 1/1.28 inci dengan filter warna RYYB. Didukung oleh 4 in 1 Pixel Binning dan Octa PD autofocus yang tajam dan detail. Huawei seri ini ditenagai ISP dan NPU yang lebih upgrade sehingga bisa memproses foto yang lebih jernih saat malam hari.

Kamera depan 32 MP, mempunyai fokus otomatis dan kamera IR untuk foto bokeh saat menggunakan mode swafoto. Detail cahaya pada kamera ini lebih baik, natural dan akurat. Untuk mendapatkan ponsel ini, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp9,5 juta – Rp12,5 juta.

  • Samsung Galaxy Z Flip3 5G (Rp16 juta)

Ponsel canggih yang dibanderol seharga Rp15 -16  juta ini juga termasuk ponsel lipat favorit pengguna. Seri ini mengusung konsep clampshell seperti ponsel lama. keutamaan dari ponsel ini adalah layar lipat yang menggunakan Foldable Amoled. Saat ponsel dilipat, ponsel akan berukuran 4,2 inch sehingga lebih ergonomis.

Layar lipat pada ponsel ini sudah mendukung refresh rate 120 Hz. Layar menggunakan Dynamic Amoled 2x yang punya tingkat kecerahan warna yang baik, terang, dan halus. Pada ponsel ini terdapat kamera di samping belakang.

Di layar inilah notifikasi dan gambar estetik yang mempercantik tampilan ponsel akan muncul. Selain itu, Anda bisa menggunakan layar belakang untuk mengambil swafoto. Layar belakang ini juga digunakan untuk melihat preview foto yang Anda ambil.

  • OPPO Find X3 Pro (Rp16 juta)

OPPO Find X3 Pro punya kamera 50 MP yang sudah dilengkapi dengan 10-bit Full-Path Colour Engine. Di samping itu, teknologi kompensasi warna dari ponsel seri ini punya Color Vision Deficiency (CVD) yang punya tingkat kontras warna yang lebih dalam sehingga bisa menghasilkan diferensiasi warna yang lebih jelas.

OPPO Find X3 Pro punya sudut pandang Ultrawide 110.3 inci. Kamera Ultrawide biasanya memiliki distorsi gambar saat mengambil foto dari sudut pandang lebar. Namun, hal itu tidak terjadi pada ponsel seri ini. OPPO Find X3 bahkan dilengkapi kamera mikroskop yang bisa mengambil gambar objek sangat kecil.

  • Xiaomi Mi 11 Ultra (Rp13,4 juta)

Seri Mi 11 Ultra adalah ponsel keluaran Xiaomi paling mahal yang pernah diproduksi. Ponsel ini punya spek tinggi dibandingkan ponsel-ponsel lain dari Xiaomi di kelas high-end. Kamera pada ponsel ini berhasil meraih angka 143 pada skor DXOMARK. Angka ini adalah yang paling tinggi di kebanyakan ponsel flagship di tahun 2021.

Selain itu, Mi 11 Ultra punya kamera telefoto dengan resolusi 48MP dan bisa melakukan Zoom Hybrid 10x dan sampai 120x maksimal. Hasil zoom maksimal tetap detail dan jelas. Tertarik pada ponsel ini? Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp13,4 juta.

DBS Treasures Mitra Investasi Jenis Obligasi yang Bisa Anda Percaya

Tidak perlu ragu untuk memilih perbankan prioritas DBS Treasures sebagai mitra dalam investasi Obligasi, karena dapat memberikan apa yang Anda butuhkan untuk mengelola dana secara optimal. Berinvestasi Obligasi bersama DBS Treasures mempunyai beberapa keunggulan, seperti:

  1. Kupon Reguler

Memberikan pendapatan reguler berupa kupon yang dibayarkan secara berkala selama periode investasi oleh penerbit Obligasi.

  1. Potensi Capital Gain

Beberapa jenis Obligasi dapat dijual kapan pun sebelum jatuh tempo dan memperoleh potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

  1. Kupon Kompetitif

Memberikan tingkat kupon yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.

  1. Tidak Ada Biaya Tambahan

Hanya spread atau selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer).

  1. Transaksi 24/7

Registrasi dan transaksi dari satu aplikasi. Serta tersedia ragam produk Obligasi yang dapat diperjualbelikan di Aplikasi digibank by DBS.

Investasi jenis Obligasi bersama DBS Treasures jelas menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tertarik untuk mengelola uang secara maksimal. Pelajari informasi lebih lanjut mengenai investasi Obligasi bersama DBS Treasures di sini