Kelebihan dan kekurangan dari Reksa Dana campuran
02 Nov 2022

Kelebihan dan kekurangan dari Reksa Dana campuran

Reksa Dana campuran merupakan salah satu cara untuk melakukan diversifikasi portofolio saham dan obligasi hanya dengan satu investasi.

Salah satu contoh umumnya adalah Reksa Dana yang menginvestasikan 60% pada saham dan 40% pada obligasi. Dengan pilihan saham dan obligasi yang beragam, Reksa Dana campuran memiliki profil risiko/imbal hasil yang lebih baik dibandingkan dengan Reksa Dana yang murni memiliki alokasi ke obligasi atau saham.

Seperti Reksa Dana pada umumnya, Reksa Dana campuran dikelola oleh manajer investasi. Artinya, sebagai investor Anda dapat menganggapnya sebagai investasi pasif. Tidak perlu memantau pasar dan mengambil keputusan mengenai aset yang akan dibeli atau dijual – prosesnya diserahkan kepada para ahli yang mendedikasikan waktunya secara penuh di bidangnya.

Kelebihan dari investasi dalam Reksa Dana campuran

  1. Diversifikasi

    Untuk melindungi Anda dari penurunan ekonomi di pasar, penting untuk berinvestasi dalam berbagai aset yang tidak saling berkaitan. Misalnya, investasi dalam perusahaan penambangan emas, perusahaan perhiasan, dan emas fisik akan meningkatkan risiko Anda dalam satu komoditas. Jika terjadi penurunan  di pasar emas, seluruh portofolio Anda dapat terpengaruh secara signifikan.

    Dengan demikian, penting untuk berinvestasi dalam berbagai perusahaan  yang tidak berkaitan, serta berbagai aset. Berbeda dengan Reksa Dana yang fokus pada saham atau obligasi saja, Reksa Dana campuran mengurangi risiko melalui diversifikasi investasi dengan dua cara:

    1. Di banyak perusahaan yang berbeda, dan
    2. Saham dan obligasi.

    Apabila terjadi penurunan di satu industri, Anda akan tetap tenang karena sudah berinvestasi dalam perusahaan lain yang tidak berkaitan.

    Sama halnya, pasar obligasi sering kali berkebalikan dengan pasar saham. Jika kinerja saham sedang tidak baik pada Reksa Dana campuran, kinerja obligasi dapat menggimbangi penurunan saham, dan sebaliknya.

  2. Dikelola secara profesional oleh para ahli

    Reksa Dana campuran dikelola oleh para ahli keuangan yang memilihkan aset untuk memastikan dana dikelola dengan baik. Jika Anda baru mulai berinvestasi atau tidak memiliki banyak waktu, ini bisa menjadi pilihan untuk dipertimbangkan.

    Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyeimbangkan kembali portofolio Anda atau memilih dari aset-aset yang tersedia. Berinvestasi dalam portofolio yang beragam seperti itu membutuhkan sumber daya besar, serta komitmen personal dan emosional.

  3. Keseimbangan antara pertumbuhan kekayaan dan pelestarian kekayaan
    Selama peningkatan kinerja ekonomi, kinerja saham cenderung lebih baik daripada obligasi. Perusahaan bertumbuh lebih cepat dan memberikan dividen yang lebih besar, sementara nilai saham perusahaan meningkat. Saham memiliki pergerakan kenaikan yang tak terbatas, sementara obligasi hanya dapat mengembalikan modal dengan bunga.

    Selama penurunan kondisi ekonomi, hal yang sebaliknya sering terjadi. Obligasi adalah instrumen utang, sehingga perusahaan harus membayar kembali, bagaimanapun kondisi pasar. Ini menjamin aliran pendapatan yang solid bagi para pemegang obligasi, bahkan saat kinerja pasar buruk.

    Dengan mengombinasikan obligasi dan saham, Reksa Dana campuran mengambil posisi di antara pertumbuhan kekayaan dan pelestarian kekayaan. Reksa Dana campuran mungkin memberikan imbalan yang lebih rendah dari saham, tetapi umumnya jauh lebih besar daripada imbal hasil obligasi. Imbal hasil ini biasanya melebihi laju inflasi. Selain itu, komponen obligasi akan memastikan Reksa Dana campuran dapat melindungi kekayaan Anda saat ini, bahkan ketika masa-masa kurang baik.

     

    Keseluruhan Reksa Dana campuran cenderung memberikan volatilitas imbal hasil per unit yang lebih besar daripada Reksa Dana berbasis saham atau obligasi. Inilah yang kami maksud dengan profil risiko/imbalan.

    Ini menjadikan Reksa Dana campuran pilihan yang baik untuk investor di usia 40-an karena harus menumbuhkan dana pensiun mereka. Reksa Dana campuran dapat terus menumbuhkan kekayaan Anda tanpa mengambil risiko besar untuk dana yang sudah Anda kumpulkan.

  4. Mengurangi kebutuhan untuk memiliki beberapa Reksa Dana

    Saat berinvestasi dalam Reksa Dana campuran, Anda tidak perlu berinvestasi dalam Reksa Dana berbasis saham dan obligasi yang terpisah. Anda juga lebih mudah memantau kinerja portofolio Anda karena tidak perlu menghitung imbal hasil dari beberapa produk Reksa Dana. Anda hanya perlu memantau kinerja dari Reksa Dana campuran Anda.

Kekurangan dari investasi dalam Reksa Dana campuran


  1. Imbal hasil yang lebih rendah dalam jangka panjang daripada Reksa Dana saham murni

    Sebagian besar dari Reksa Dana campuran diinvestasikan dalam obligasi. Jadi, kinerja Reksa Dana campuran hampir tidak mungkin melebihi Reksa Dana saham murni untuk jangka panjang (misalnya 20 atau 25 tahun). Jika Anda mencari produk yang lebih aktif, maka Reksa Dana campuran bukan pilihan yang tepat. Reksa Dana campuran lebih cocok untuk investor yang menginginkan risiko lebih rendah, tetapi tetap menumbuhkan dana pensiun mereka.

  2. Tidak cocok untuk investor mandiri

    Reksa Dana campuran dijalankan oleh manajer investasi yang berkualifikasi. Investor tidak memiliki kontrol langsung atas aset yang dibeli atau dijual. Sama seperti Reksa Dana lainnya, Reksa Dana campuran dirancang untuk investor yang mencari cara pasif untuk mengelola kekayaan mereka.

  3. Bukan untuk investor yang fokus sepenuhnya pada perlindungan kekayaan

    Beberapa investor fokus sepenuhnya pada perlindungan kekayaan.

    Misalnya, jika Anda seorang pensiunan berusia 70 tahunan, Anda ingin fokus melindungi sisa kekayaan Anda daripada mengambil risiko untuk menumbuhkannya. Berinvestasi dalam saham (baik membeli saham secara langsung, atau membeli Reksa Dana dengan alokasi saham yang besar) bisa membuat sisa kekayaan Anda terpapar risiko yang tidak diinginkan.

    Untuk investor seperti itu, lebih baik membeli Reksa Dana obligasi murni atau membeli obligasi secara langsung.

Gunakan pendekatan yang tepat untuk berinvestasi dalam Reksa Dana campuran

Hubungi Kami

untuk solusi finansial komprehensif DBS Treasures

untuk menikmati kemudahan transaksi transaksi investasi dalam mata uang Rupiah maupun Dolar Amerika yang tersedia 24/7