Reksadana Saham
04 Oct 2022

Serba Serbi Reksadana: Jenis-Jenis dan Syarat Ketentuan

Beberapa tahun belakangan ini banyak orang yang mulai tertarik untuk memulai investasi. Ada berbagai jenis investasi yang dilakukan, dan salah satu yang paling sering digunakan adalah Reksadana Saham. Apa itu Reksadana Saham, jenis, serta syarat dan ketentuannya akan dibahas secara detail disini.

Seperti telah dibahas sebelumnya, Reksadana menjadi salah satu jenis investasi yang menarik minat banyak orang. Reksadana, seperti jenis investasi yang lain, menawarkan berbagai keuntungan yang bisa memperkuat portofolio Anda. Poin penting mengapa Reksadana banyak digunakan adalah karena mudah untuk dipahami, sehingga sangat pas untuk pemula.

Reksadana memiliki berbagai jenis investasi yang bisa dipilih untuk memenuhi tujuan masing-masing. Secara sederhana, Reksadana adalah produk berbentuk kumpulan dana yang bertujuan untuk modal investasi dan dikonversikan ke produk lain. Nantinya Anda juga akan mengetahui berbagai istilah penting, seperti Manajer Investasi, Obligasi, saham, dan hal penting lainnya.

Mengenal Tentang Reksadana Saham

Ketika membahas tentang hal ini, Anda perlu tahu dulu apa itu Reksadana dan apa itu saham. Berikut akan dijelaskan secara terperinci tentang istilah tersebut.

  • Reksadana

Reksadana adalah suatu wadah untuk investor dengan tujuan pengelolaan modal atau dana yang seluruhnya dilakukan oleh Manajer Investasi. Dana ini akan diinvestasikan ke portofolio investasi. Anda tidak perlu khawatir akan kredibilitas Reksadana karena seluruhnya sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Dengan melakukan investasi Reksadana, investor dapat menginvestasikan uang ke pasar uang, Obligasi, atau jenis lain yang ada di prospektus Reksadana. Ada beberapa jenis Reksadana yang perlu Anda tahu: Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Saham, dan Campuran.

  • Saham

Ketika membahas tentang Reksadana, secara otomatis pembahasan soal saham juga harus dilakukan. Saham adalah tanda keikutsertaan modal sebuah badan usaha ataupun individu terhadap perusahaan. Hal penting yang perlu diketahui dari saham adalah harganya yang fluktuatif karena bergantung dari penawaran dan permintaan nilai saham.

Fluktuasi nilai saham ini dapat berpengaruh dari suku bunga, tingkat inflasi, kinerja perusahaan, dan juga kondisi politik dan sosial. Berbicara mengenai instrumen investasi, saham cenderung diminati investor karena memiliki imbal hasil atau return yang menarik.

Secara singkat bisa disimpulkan bahwa Reksadana Saham adalah Reksadana yang mengalokasikan minimum 80 persen dari portofolionya ke dalam produk saham.

Jenis-Jenis Reksadana

Hal yang perlu Anda ketahui ketika ingin memulai investasi adalah mengetahui investasi yang sesuai. Maka Anda harus mencari investasi yang tepat sasaran agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal, sesuai dengan perencanaan. Ada berbagai jenis Reksadana yang bisa Anda pilih, namun pastikan dulu bahwa Anda benar-benar memahami tiap poin penting dari jenisnya agar bisa memilih satu yang paling tepat.

  • Reksadana Pasar Uang

Reksadana jenis ini merupakan jenis investasi yang dilakukan dalam bentuk investasi pasar uang. Berikut adalah poin penting terkait Reksadana Pasar Uang:

  • Reksadana jenis pasar uang diinvestasikan pada aset yang memiliki jangka waktu kurang dari setahun.
  • Ada beberapa instrumen yang diinvestasikan yaitu sertifikat Deposito, Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Deposito berjangka, Sertifikat Bank Indonesia (SBI), dan instrumen lainnya.
  • Reksadana Pasar Uang ini memiliki profil risiko rendah yang bertujuan untuk pemeliharaan modal investasi dan menjaga likuiditas.
  • Karena minim resiko, maka tingkat return juga cenderung rendah.
  • Reksadana Pendapatan Tetap

Jenis Reksadana ini memiliki resiko yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan jenis investasi sebelumnya yang dibahas. Meski demikian, jenis Reksadana ini juga menjadi salah satu yang paling banyak diminati oleh investor. Berikut adalah poin penting terkait dengan Reksadana Pendapatan Tetap:

  • Reksadana ini menginvestasikan dana ke dalam bentuk Obligasi dan hutang minimal sebesar 80 persen.
  • Tujuan utama Reksadana Pendapatan Tetap adalah untuk memberikan return yang lebih stabil.
  • Reksadana Campuran

Dari namanya, bisa diketahui bahwa Reksadana jenis ini merupakan aktivitas investasi yang mengalokasikan dana dari investor ke kombinasi instrumen Obligasi dan saham pada portofolio investasi. Berikut poin penting dari Reksadana Campuran:

  • Salah satu keuntungan dari melakukan investasi Reksadana Campuran adalah persentase tinggi potensi pengembalian modal atau tingkat return.
  • Namun dengan potensi return tinggi, maka Reksadana jenis ini juga memiliki risiko yang terbilang tinggi.
  • Reksadana Saham

Jenis terakhir adalah Reksadana Saham. Investasi jenis ini merupakan aktivitas investasi dana dalam jumlah minimal 80 persen ke saham. Berikut poin penting tentang Reksadana Saham:

  • Anda wajib hati-hati bila memilih jenis investasi Reksadana ini karena memiliki profil risiko tertinggi.
  • Reksadana jenis ini memiliki tujuan untuk menangkap pertumbuhan nilai saham jangka panjang.
  • Karena resiko yang tinggi berbanding lurus dengan potensi return tertinggi.

Syarat dan Ketentuan Berinvestasi Reksadana

Setelah mengetahui tentang apa itu Reksadana Saham dan juga berbagai jenisnya, kini saatnya untuk Anda mengetahui apa saja syarat dan ketentuan saat ingin melakukan investasi Reksadana.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang syarat dan ketentuan melakukan investasi Reksadana, ketahui dulu beberapa istilah penting berikut:

  • Subscription: pembelian
  • Top up subscription: pembelian selanjutnya
  • Recurring subscription plan: pembelian Reksadana berkala
  • Switching: pengalihan
  • Redemption: penjualan kembali

Seluruh transaksi Reksadana akan dikelola oleh Manajer Investasi yang akan bekerja sama dengan bank yang telah Anda pilih. Manajer Investasi akan menyampaikan instruksi transaksi dari aplikasi.

  • Definisi

Anda harus mengetahui beberapa definisi penting lain terkait dengan Reksadana sebagai berikut:

  1. Manajer Investasi

Manajer Investasi merupakan pihak yang bertugas untuk mengelola semua portofolio efek dari para Nasabah. Selain itu, Manajer Investasi juga berperan sebagai pengelola portofolio investasi kolektif bagi sekelompok Nasabah. Ada pengecualian untuk hal ini yaitu bagi dana pensiun, perusahaan asuransi, serta bank yang mengelola kegiatannya sendiri.

  1. Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Ini merupakan nilai pasar yang wajar dari portfolio suatu Reksadana setelah mengurangi biaya operasional yang setelahnya akan dibagi dengan jumlah saham atau unit penyertaan yang beredar dan dimiliki oleh investor. Jadi bisa dibilang bahwa nilai investasi yang Anda miliki bisa diukur dari nilai ini.

  1. Penawaran Umum Reksadana

Penawaran unit ini dilakukan oleh Manajer Investasi yang bertujuan untuk menjual unit kepada masyarakat sesuai dengan tata cara pelaksanaan dalam Undang-Undang Pasar Modal serta Kontrak Investasi Kolektif.

  1. Prospektus

Nasabah akan memperoleh pernyataan tercetak atau informasi tertulis yang berfungsi untuk Penawaran Umum Reksadana dan digunakan untuk membeli Unit Penyertaan Reksadana.

  1. Unit Penyertaan Reksadana

Ini merupakan ukuran dari bagian kepemilikan portofolio Reksadana yang diterbitkan dalam satuan unit penyertaan.

  1. Pembelian Reksadana Berkala

Fasilitas ini memungkinkan pembelian Reksadana secara reguler atau berulang pada jangka waktu yang telah ditentukan oleh bank.

  • Ketentuan Umum
  1. Bank tidak akan bertanggung jawab terhadap segala risiko yang terjadi karena pengelolaan portofolio dari Unit Penyertaan Reksadana, juga terhadap:
  • Saran investasi dalam Reksadana, baik yang diberikan dari kinerja investasi Reksadana atau dari investor. Investor mencari penasehat keuangan sendiri terkait dengan peluang investasi yang sedang dijalankan.
  • Biaya dan kewajiban keuangan lain seperti utang, denda, klaim, tuntutan, tindakan, tindakan hukum, keputusan pengadilan, gugatan, kerugian dari peluang investasi, kerugian lain yang diperoleh investor karena informasi dana yang diberikan oleh bank. Ada pengecualian apabila kerugian disebabkan oleh pengurus bank.
  1. Harga Reksadana ditentukan oleh nilai efek dan bank tidak punya kewenangan untuk menentukan dan mengatur harga nilai Reksadana.
  2. Ketika instruksi sudah diterima oleh bank, maka instruksi dari investor telah sah dan mengikat. Instruksi ini tidak dapat diubah dan dibatalkan.
  3. Kegiatan surat menyurat yang berhubungan dengan investasi Reksadana ini seluruhnya akan ditujukan kepada investor.
  4. Atas permohonan investor atau untuk tujuan informasi investasi, bank dapat memberikan prospektus, perhitungan, info memo, laporan setengah tahunan dan tahunan, buku iklan, promosi terbaru, informasi statistik, dan publikasi bahan yang berhubungan dengan Reksadana.
  5. Setiap permintaan informasi tambahan tentang Unit Penyertaan Reksadana yang ditujukan pada Manajer Investasi harus diajukan secara tertulis kepada pihak bank. Kemudian bank akan memberikan jawaban berdasarkan informasi yang diterima dari Manajer Investasi.
  6. Jika investor masih memerlukan informasi lebih lanjut, maka disarankan untuk menghubungi customer service.
  • Pengelolaan Reksadana
  1. Diversifikasi Investasi

Reksadana dapat diinvestasikan ke berbagai jenis efek agar resiko tidak terpusat pada satu efek saja.

  1. Dikelola oleh Manajer Investasi

Pengelolaan portofolio investasi dilakukan seluruhnya oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi juga memiliki wewenang untuk melakukan riset langsung untuk menganalisa harga efek dan juga mengakses informasi ke dalam pasar modal.

Dengan hadirnya Manajer Investasi, Anda akan merasa aman karena ada pihak yang membantu mengelola investasi.

  1. Transparansi Informasi

Pihak yang mengelola Reksadana wajib untuk mengumumkan Nilai Aktiva Bersih etiap hari. Selain itu, wajib untuk menerbitkan laporan keuangan secara berkala agar investor bisa memantau secara langsung dan rutin terkait dengan perkembangan investasinya.

Investasi Reksadana? Pilih DBS Treasures

Anda tidak perlu bingung ketika memilih mana investasi Reksadana yang sekiranya cocok untuk Anda. Sebagai mitra Nasabah, DBS Treasures memberikan Anda kesempatan berkonsultasi terkait dengan Reksadana yang tepat untuk Anda dan juga seluruh persyaratan yang perlu disiapkan. Berikut adalah kelebihan dari DBS Treasures yang bisa Anda rasakan:

  • Pengelolaan investasi oleh profesional

Semua pilihan investasi kami dikelola oleh mitra Manajer Investasi berpengalaman untuk mengoptimalkan kinerja produk.

  • Dapatkan wawasan untuk memandu Anda berinvestasi

Didukung tim ahli finansial yang andal dan proaktif menyampaikan analisa pasar serta peluang terkini sesuai aspirasi Anda.

  • Mengurangi risiko melalui diversifikasi

Diversifikasikan penyebaran dana Anda ke berbagai jenis aset investasi untuk mengurangi risiko.

  • Kemudahan transaksi via Aplikasi digibank by DBS.

Beli, jual, switching, dan proses registrasi SID sangat mudah. Ada beragam pilihan Reksadana baik dari fund house atau Manajer Investasi dan kategori produk atau Reksadana.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengakses link berikut ini: https://www.dbs.id/id/treasures-id/investasi/apa-itu-Reksadana-dan-saham

Investasi Reksadana Saham bukan lagi jadi hal yang susah dilakukan. Cukup pahami kebutuhan Anda dan mulai berinvestasi dengan yakin bersama DBS Treasures.