Kenali Jenis Obligasi dan Karakter Khusus Obligasi
15 Jul 2022

Kenali Jenis Obligasi dan Karakter Khusus Obligasi

Banyak investor mengalami kesulitan dalam memilih Obligasi yang cocok. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, penyebabnya bisa berasal dari kurangnya pengetahuan mengenai jenis Obligasi yang tersedia. Ketidaktahuan ini mempersulit Anda menemukan mana Obligasi yang cocok dengan profil risiko.

Sudah jadi rahasia umum bahwa investor wajib memperhatikan profil risiko sebelum membeli, menjual, atau mengalihkan aset, Obligasi termasuk di dalamnya. Untuk memudahkan Anda untuk memilih, jenis dan karakter Obligasi berikut bisa Anda cermati.

Karakter dan Jenis Obligasi Berdasarkan Berbagai Faktor

Definisi Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan pemerintah atau korporasi dan dimiliki investor yang sudah membelinya. Memiliki Obligasi artinya pihak penerbit memiliki kewajiban untuk membayarkan imbal hasil atau kupon secara berkala dan mengembalikan nilai pokok ketika jatuh tempo.

Berbeda dengan surat berharga lain, Obligasi memiliki beberapa karakteristik. Pertama adalah nilainya akan ditentukan dari performa perusahaan, aliran arus kas, dan besar kecil keperluan bisnis.

Kedua adalah jangka waktu Obligasi bervariasi, mulai dari 1 hingga 10 tahun. Karakter ini membuat Obligasi termasuk investasi jangka pendek hingga menengah. Ketiga adalah jadwal pembayaran kupon yang biasanya dilakukan, mulai dari tiap bulan, tiga bulanan, per semester, dan lainnya.

Jenis Obligasi Berdasarkan Penerbit Obligasi

Jenis Obligasi sendiri bisa dibedakan berdasarkan beberapa kategori, yang pertama dibahas adalah dari penerbitnya. Berikut ini jenisnya.

1.     Obligasi Korporasi

Disebut dengan korporasi karena pihak penerbitnya adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tapi bisa juga pihak swasta. Contohnya Obligasi Pertamina, BRI, PLN, Indosat dan lain sebagainya. Jenisnya terdiri dari obligasi kupon tetap, kupon variabel dan obligasi yang mengacu pada prinsip syariah.

2.     Obligasi Pemerintah

Jenis Obligasi yang kedua diterbitkan langsung oleh pemerintah, contohnya Obligasi Negara Ritel (ORI). Indonesia menerbitkan Obligasi ini pertama kali di tahun 2006 bulan Agustus. Selain ORI saat ini juga ada Sukuk Ritel (SukRi), Sukuk Negara Tabungan (ST) dan masih banyak lagi.

Jenis Obligasi Berdasarkan Kupon

Selain dari pihak penerbit jenis investasi Obligasi juga dibedakan berdasarkan kuponnya. Pada jenis ini dibagi menjadi tiga yaitu:

1.     Obligasi Tanpa Kupon (Zero Coupon Bonds)

Apa maksudnya tanpa kupon, bagaimana investor mendapatkan keuntungan? Maksud dari Obligasi ini adalah kupon yang diberikan tidak berkala. Obligasi Tanpa Kupon ini dianggap sebagai surat utang tanpa bunga hingga jatuh tempo. Para investor dapat membeli surat utang tersebut dengan diskon dan kemudian akan menerima pembayaran secara penuh saat jatuh tempo. Keuntungan Obligasi ini terlihat dari selisih harga beli dan harga jual obligasinya Jadi perhatikan saat memilih Obligasi dengan jenis kupon ini, khususnya jika Anda ingin mendapatkan imbal hasil secara berkala. Kecuali Anda berencana untuk menyimpan dana investasi dan mengambil keuntungannya bersamaan dengan pokok.

2.     Obligasi Kupon Tetap (Fixed Coupon Bonds)

Inilah jenis kupon yang paling sering didengar, bahkan kebanyakan investor hanya mengenali kupon ini. Kupon akan diberikan secara berkala dan nilainya sudah ditetapkan sejak masa penawaran dari Obligasi diterbitkan.

Apabila Anda memiliki rencana dalam waktu dekat, maka kupon yang dibayarkan secara berkala dengan nominal yang sudah diketahui ini bisa sangat membantu. Tinggal pilih mana Obligasi yang nilai kuponnya sesuai dengan tujuan investasi.

3.     Obligasi Kupon Variabel (Variable Coupon Bonds)

Cara kerja dari jenis Obligasi ini sama dengan fixed coupond bonds yaitu bunga yang diberikan secara berkala. Perbedaannya adalah jika fixed coupond bonds nominal bunga sudah ditetapkan di awal, pada kupon variabel tidak.

Nominal bunga ini akan berubah kapan saja dan disetujui pada waktu tertentu. Perubahannya sendiri dipengaruhi acuan suku bunga perbankan. Obligasi ini memang sedikit tricky sehingga butuh pemantauan lebih lanjut mengenai kinerja produknya.

Jenis Obligasi Berdasarkan Nominal

Anda kini sudah mengetahui jenis Obligasi berdasarkan penerbit dan kupon, selanjutnya jenis dibedakan dari nominal. Maksud nominal di sini akan menentukan berapa modal yang sebaiknya Anda persiapkan untuk memiliki sebuah Obligasi. Apa saja jenisnya?

1. Obligasi Konvensional (Conventional Bond)

Satu slot Obligasi konvensional bisa Anda dapatkan dengan nominal sekitar Rp1 miliar. Jika Anda sudah memiliki lebih dari nominal ini, bisa langsung membeli beberapa slot.

2. Obligasi Ritel (Retail Bond)

Berbanding jauh dengan Obligasi konvensional, Anda hanya perlu nominal mulai dari Rp1 juta untuk memiliki satu slot. Kebanyakan penerbit dari Obligasi ini adalah pemerintah dan beberapa dari korporasi.

Jenis Obligasi Berdasarkan Jatuh Tempo

Pembeda Obligasi terakhir adalah dari waktu jatuh temponya. Jenis ini juga penting Anda cermati karena akan menyesuaikan tujuan investasi.

1.  Obligasi Jangka Panjang

Disebut juga dengan Obligasi berjangka karena memang tanggal jatuh tempo cukup panjang dan hanya ditetapkan satu kali saja. Periodenya bisa lebih dari satu tahun tergantung ketentuan dari penerbit.

2.  Obligasi Jangka Pendek

Istilah lainnya adalah Obligasi serial yang memiliki tanggal jatuh tempo lebih pendek bisa satu tahun namun terdiri dari serangkaian tanggal. Jadi Anda tetap bisa berinvestasi dalam jangka panjang, apalagi jika termasuk Obligasi tanpa kupon.

Sudah Mantap dengan Investasi Obligasi? Pilih Hanya di DBS Treasures

Berdasarkan definisi Obligasi, karakteristik dan jenis-jenis di atas, Anda tentu sudah memiliki gambaran mana Obligasi yang cocok untuk tujuan investasi dan profil risiko sesuai kriteria Anda. Pemilihan produk Obligasi lengkap bisa Anda dapatkan di perbankan prioritas DBS Treasures.

Selain menyediakan pilihan Obligasi Pemerintah, DBS Treasures juga memberikan keuntungan lain kepada para Nasabahnya. Apa saja keuntungannya, simak berikut ini:

1. Penerbit Obligasi adalah Pemerintah

Hadirnya Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah tentu mendatangkan rasa aman dan nyaman bagi Anda karena dijamin oleh Undang-undang. DBS Treasures memberikan kemudahan berinvestasi Obligasi dengan kelengkapan obligasi pemerintah baik dari pasar perdana ataupun di pasar sekunder.

2.  Kelengkapan Pilihan Obligasi

Setiap investor tentu memiliki preferensi yang berbeda termasuk Anda. DBS Treasures sangat memahami preferensi ini sehingga pilihan produk yang disediakan pun sangat lengkap. Mulai dari jangka waktu bervariasi dan juga kupon yang diberikan setiap bulannya.

Tidak hanya itu, preferensinya juga disesuaikan dengan mata uang yaitu IDR, USD dan EUR. Kira-kira mana yang cocok dengan preferensi Anda?

3. Potensi Keuntungan Menjual Kembali Obligasi

Keuntungan dari aktivitas jual beli Obligasi atau capital gain juga bisa Anda dapatkan. Pasalnya Anda bisa menjual kapan saja Obligasi di DBS Treasures, baik itu ketika sedang membutuhkan dana darurat maupun melihat adanya kenaikan harga Obligasi.

Potensi memperoleh capital gain pun semakin tinggi karena keleluasaan untuk melakukan jual beli.

4.  Nilai Kupon yang Kompetitif

Tak dapat dipungkiri bahwa kupon atau imbal hasil kerap menjadi acuan investor untuk membeli Obligasi. Selama berinvestasi melalui DBS Treasures Anda akan menemukan penawaran produk dengan kupon yang kompetitif. Nilainya pun ada di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.

5. Lebih Untung Tanpa Biaya Tambahan

Selama melakukan transaksi melalui DBS Treasures Anda hanya akan mendapatkan biaya spread saja yaitu selisih dari harga jual dan beli atau bid offer. Hal ini tentu memperingan Anda karena keuntungan yang nantinya akan dikurangi pajak.

6. Memperoleh Kupon secara Reguler

Obligasi di DBS Treasures tidak menggunakan jenis yang tanpa kupon. Jadi Anda akan tetap mendapatkan kupon secara berkala, bukan di akhir waktu jatuh tempo. Pembayarannya sendiri dilakukan penerbit Obligasi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dan periode investasi yang Anda lakukan.

7. Mengakses 24 Jam Penuh

Tidak ada hari yang membuat Anda kesulitan mengakses investasi Obligasi selama bersama DBS Treasures. Akses investasinya semakin dipermudah secara online yakni melalui Aplikasi digibank by DBS.

Memiliki pengetahuan yang lengkap akan jenis Obligasi, karakter Obligasi, sampai di mana Anda sebaiknya berinvestasi bisa meminimalisir risiko. Anda akan terhindar dari Obligasi yang pihak penerbitnya gagal bayar. Bisa juga terhindar dari salah memilih Obligasi dengan jatuh tempo yang tidak sesuai.

Terus memperluas wawasan seputar Obligasi akan membantu Anda dalam menentukan strategi tepat dan menghindari langkah impulsif.

Informasinya sudah sangat lengkap disediakan oleh DBS Treasures. Anda hanya perlu bergabung menjadi Nasabah dan yakin untuk mulai berinvestasi sekarang untuk menikmati semua keuntungannya.

Dapatkan advisory yang dipersonalisasi dari Relationship Manager Anda, dipertajam oleh inovasi digital agar Anda yakin mengambil keputusan investasi.

Rencanakan investasi dengan kami untuk solusi finansial