Investasi Properti di Tahun Kerbau Logam 2021
15 Feb 2021

Investasi Properti di Tahun Kerbau Logam 2021

Dalam Feng Shui, setiap tahun memiliki pola energi berbeda yang dapat mempengaruhi manusia, bangunan dan alam. Jika tahun Tikus Logam 2020 diibaratkan sebagai tahun perubahan yang dramatis, maka tahun Kerbau Logam 2020 adalah tahun transisi, seperti proses peralihan atau musim pancaroba dalam arti positif menuju hal yang lebih baik.

Momentum kebangkitan pasar properti nasional di awal tahun 2020 harus terhambat karena berhadapan dengan pandemi COVID-19. Di tahun Kerbau Logam 2021, pasar properti harus tetap bertahan di tengah kondisi New Normal, karena pandemi COVID-19 yang belum selesai dan program vaksin yang baru saja berjalan di awal tahun 2021.

Di semester 1 tahun 2021, sektor properti dan pendukungnya yang berelemen Tanah masih akan dipengaruhi oleh elemen Logam & Air dari Tahun Tikus Logam sebelumnya. Kedua elemen ini memberi pengaruh adanya aktivitas di sektor properti, namun kemajuannya tidak stabil dan tertahan karena pandemi. Kondisi pasar properti akan berubah dari kondisi minus atau survivor mode di tahun 2020, di tahun 2021 akan mengalami sedikit peningkatan menjadi wait & see mode, melihat dan menunggu perkembangan pandemi serta kondisi ekonomi.

Sedangkan di semester 2 tahun 2021, elemen Logam dan Tanah dari Kerbau Logam akan lebih kuat pengaruhnya. Aktivitas di sektor properti akan semakin meningkat dan persaingan pemasaran properti juga akan semakin banyak. Artinya pasar properti akan ada potensi peningkatan transaksi, namun juga ada kemungkinan diskon/perang harga, saling berebut pasar.

Pasar properti dari sisi residensial, khususnya rumah tapak & apartemen hunian, akan melambung (rebound) terlebih dahulu di tahun 2021. Sedangkan dari sisi komersial (perkantoran, mall, retail, hotel dan penyewaan apartemen) masih harus menunggu.

Pasar properti residensial yang akan rebound terlebih dahulu adalah sektor menengah, yaitu Pasar Properti dengan kisaran harga 500 juta rupiah sampai 1 milyar rupiah. Sedangkan properti residensial sektor bawah akan bertumbuh dengan mengandalkan subsidi dari pemerintah untuk bertahan.

Pasar properti di sisi industri akan mengalami perbaikan. Terutama untuk properti pergudangan dan logistik akan mengalami peningkatan karena pengaruh animo belanja online yang semakin meningkat. Semua ini adalah dampak pandemi dengan adanya pembatasan sosial dan aktivitas Work From Home.

Dengan kondisi demikian, sektor properti di tahun Kerbau Logam 2021, dari sudut pandang Feng Shui, diprediksi berpotensi tumbuh berkisar 40%-50% untuk sektor menengah dan 30% untuk sektor bawah dibandingkan tahun 2020 sebelumnya. Sedangkan untuk sektor yang lain tampaknya masih kurang menggembirakan.

Prospek properti di tahun Kerbau Logam 2021 terbilang cukup bagus dan optimis bila dibandingkan dengan tahun 2020. Semua dengan asumsi skenario program vaksin COVID-19 dari Pemerintah berjalan baik dan didukung oleh semua lapisan masyarakat, serta protokol kesehatan tetap disiplin dijalankan meskipun program vaksin telah berjalan dan pembatasan sosial dilonggarkan.

Tahun Kerbau Logam 2021, dalam sektor properti akan ada tren semakin marak investasi properti dengan sistem pengumpulan dana bersama (crowdfunding) dan pengembangan properti berkonsep religius.
 
Di sisi lain, pengaruh energi Kerbau Logam 2021, membuat banyak orang cepat & ceroboh mengambil keputusan, serta adanya potensi penipuan yang cerdas dan canggih. Oleh karena itu, sebaiknya tetap jeli berinvestasi properti dengan:
  • memperhatikan dokumen pembelian atau penjualan properti dengan lebih teliti
  • lindungi data pribadi yang bersifat rahasia dalam segala jenis transaksi, terutama transaksi elektronik
  • melakukan pengecekan & verifikasi developer properti atau oknum perusahaan properti atau penjual properti untuk berjaga-jaga
  • memilih notaris atau pejabat pembuat akta tanah yang terpercaya
  • tidak mudah tergiur dengan harga properti murah
  • penuh pertimbangan & tidak tergesa-gesa mengambil keputusan pembelian properti
Secara umum, investasi properti di tahun Kerbau Logam 2021, menurut Feng Shui masih menarik karena harga properti masih murah dan di satu sisi berada dalam momentum yang tepat, yaitu transisi menuju peningkatan seiring dengan pandemi yang semakin terkendali.

Semakin yakin berinvestasi di bidang properti, KPR dari DBS Home Loan menawarkan program khusus dengan suku bunga rendah mulai dari 5,5% p.a. Untuk melihat detail program dan mengajukan KPR, silakan klik di sini
.