reksadana pendapatan tetap
03 Jul 2023

Ingin Investasi Relatif Stabil? Coba Reksadana Ini

Semua orang pasti menginginkan investasi yang rendah risiko dan memiliki nilai keuntungan tetap. Namun, pada kenyataannya belum ada instrumen investasi yang benar-benar stabil. Jika ingin memperoleh return yang cenderung tetap, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT).

Reksadana ini tergolong cukup stabil bila dibandingkan dengan Reksadana Campuran dan Reksadana Saham. Nilai return-nya juga sangat menarik bahkan lebih tinggi dari rata-rata suku bunga Deposito.

Ingin tahu lebih lanjut tentang RDPT? Simak penjelasan selengkapnya pada pembahasan berikut.

Apa Itu Reksadana Pendapatan Tetap?

Mungkin Anda masih bertanya-tanya tentang Reksadana? Sebenarnya Reksadana adalah instrumen investasi yang dikelola secara langsung oleh Manajer Investasi. Dengan kata lain, Reksadana merupakan sebuah sistem yang menghimpun dana investor untuk dikelola agar menghasilkan nilai tambah.

Lalu apa yang dimaksud dengan RDPT? Reksadana Pendapatan Tetap atau RDPT adalah salah satu produk Reksadana yang mengelola dana investor melalui instrumen yang bersifat tetap, seperti Obligasi dan Pasar Uang. Sebagian besar dana investor akan diinvestasikan ke Obligasi dan sisanya dialokasikan ke Pasar Uang.

Walaupun disebut ‘Pendapatan Tetap’ Reksadana ini juga dapat mengalami fluktuasi nilai. Namun, masih tergolong stabil karena tingkat fluktuatifnya sangat terbatas. Bila dibandingkan dengan Reksadana Saham, nilai investasi RDPT tentu jauh lebih stabil.

Oleh sebab itu, banyak investor yang tertarik menginvestasikan dananya di sana. Sebenarnya RDPT lebih cocok untuk investor yang memiliki profil risiko konservatif dan moderat. Dua tipe investor tersebut biasanya menginginkan nilai investasi yang stabil karena belum siap menghadapi risiko yang terlalu tinggi.

RDPT juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin melakukan investasi jangka pendek (kurang dari 1 tahun). Apabila ingin mendapat keuntungan yang lebih maksimal, maka sebaiknya Anda melakukan investasi jangka menengah, yakni 3 sampai 5 tahun.

Keuntungan Investasi di RDPT

Sebelum melakukan investasi di RDPT ada baiknya jika Anda mengenal kelebihannya lebih dulu. Selain menawarkan nilai return yang cukup stabil, RDPT juga memiliki kelebihan lain yang tak kalah menarik.

Investor biasanya lebih disarankan memilih RDPT karena dinilai menjanjikan dan rendah risiko. Ingin tahu apa saja kelebihan RDPT? Simak informasi selengkapnya pada penjelasan berikut.

●       Proses Pencairan Dana Cepat

Selain Reksadana Pasar Uang, RDPT juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyimpan dana darurat. Karena investasi ini menawarkan proses pencairan dana investasi dalam waktu yang singkat. Umumnya proses tersebut memakan waktu sekitar 4 sampai 5 hari kerja terhitung dari tanggal penjualan Unit Penyertaan.

Dengan kelebihan tersebut, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mendapat dana investasi Anda kembali. Bila dibandingkan dengan Deposito, tentu proses pencairan RDPT lebih cepat karena bisa dilakukan kapan saja tanpa perlu menunggu tanggal jatuh tempo.

●       Memiliki Fleksibilitas Tinggi

Selain memiliki proses pencairan yang cepat dan mudah, Reksadana Pendapatan Tetap juga mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi. Itu karena investasi RDPT dapat diperjualbelikan kapan saja sesuai keinginan Anda.

Bahkan Anda dapat memilih berapa Unit Penyertaan yang akan dijual. Itu artinya, Anda bisa menjualnya sebagian atau seluruhnya dengan mudah. Ketika memerlukan dana untuk kebutuhan darurat Anda bisa mencairkannya sesuai yang diperlukan.

●       Menawarkan Keuntungan yang Menarik

Saat melakukan investasi, hal utama yang dijadikan pertimbangan adalah peluang keuntungannya. Anda tidak perlu kecewa saat memilih RDPT sebagai pilihan investasi. Karena jenis Reksadana ini menawarkan keuntungan yang cenderung stabil.

Tidak hanya itu saja, nilai keuntungan yang ditawarkan juga cukup menarik bahkan lebih tinggi dari rata-rata suku bunga Deposito. Umumnya produk RDPT menawarkan imbal hasil mulai dari 6 sampai 10 persen per tahun. Nilai tersebut tentu lebih tinggi dari keuntungan yang ditawarkan Reksadana Pasar Uang.

●       Terjamin Keamanannya dan Diawasi OJK

Apakah Anda masih ragu memilih Reksadana sebagai pilihan investasi? Di luaran masih banyak orang yang meragukan keamanan investasi di Reksadana. Hal tersebut karena instrumen investasi ini masih tergolong baru dan belum banyak orang yang memahaminya.

Meskipun tergolong baru, Reksadana merupakan instrumen investasi yang legal dan aman. Semua kegiatan pengelolaan dana yang dilakukan Manajer Investasi sudah dijamin keamanannya.

Sebab, Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah memberlakukan kebijakan dan pengawasan terhadap kegiatan investasi tersebut.

●       Dikelola Langsung oleh Manajer Investasi

Jika Anda ingin memulai investasi tapi belum begitu paham dengan kondisi pasar, mungkin RDPT bisa menjadi solusi yang tepat. Saat melakukan investasi di Reksadana Anda tidak perlu repot-repot memikirkan strategi dan memantau kondisi pasar secara berkala.

Manajer Investasi akan mengupayakan segala cara untuk meningkatkan kinerja Reksadananya. Dengan demikian, Anda cukup menunggu hasilnya dan menunggu timing yang tepat untuk menjualnya kembali.

Meski demikian, bukan berarti Anda boleh memilih produk RDPT secara sembarangan. Agar mendapat keuntungan maksimal, pilih Reksadana yang memiliki kinerja bagus. Anda bisa melihat progres kinerjanya melalui portofolio yang diberikan Manajer Investasi. 

●       Memiliki Sistem yang Transparan

Instrumen investasi yang memiliki sistem tertutup patut Anda curigai. Karena pasti ada hal-hal yang ditutup-tutupi dari investor yang kemungkinan bisa merugikan Anda. Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan jika Anda berinvestasi di Reksadana.

Sistem pengelolaan dana investor akan dilakukan secara transparan, sehingga Anda dapat memantau ke mana saja dana tersebut diinvestasikan. Manajer Investasi akan melaporkan informasi tersebut secara berkala ke setiap investor.

Setelah membaca kelebihan Reksadana Pendapatan Tetap, apakah Anda mulai tertarik menggunakannya sebagai instrumen investasi? Sebelum memulai investasi di RDPT Anda harus memahami risiko-risiko terlebih dulu.

Risiko Investasi RDPT yang Perlu Diwaspadai

Memang benar RDPT memiliki banyak kelebihan tapi Anda juga harus waspada dengan risikonya. Semua orang pasti ingin menginvestasikan dananya ke instrumen yang aman. Namun, perlu Anda ingat baik-baik bahwa tidak ada investasi yang tidak mempunyai risiko.

Semua investasi pasti memilikinya tapi dengan tingkatan yang berbeda-beda. Sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir karena RDPT termasuk jenis investasi yang memiliki tingkat risiko rendah. Ingin tahu apa saja risikonya? Simak pada penjelasan berikut.

●       Keterlambatan Pencairan Investasi

Sebenarnya risiko ini tidak hanya terjadi pada RDPT tapi juga sering dijumpai di instrumen investasi lain. Keterlambatan pencairan dana investasi pada RDPT biasanya terjadi karena Manajer Investasi kesulitan menyiapkan dana tunai untuk investor yang melakukan penarikan.

Hal tersebut umumnya disebabkan karena meningkatnya jumlah investor yang melakukan penarikan dalam waktu yang sama. Namun, risiko ini tidak begitu fatal karena Manajer Investasi pasti akan membayarnya hanya saja mereka membutuhkan tambahan waktu.

●       Kerugian Tidak Ditanggung Pemerintah

Berbeda dengan produk perbankan, RDPT dan jenis Reksadana lainnya merupakan produk pasar modal. Sehingga kerugian yang Anda alami saat melakukan investasi di Reksadana tidak dijamin oleh Pemerintah.

Seluruh kerugian tersebut akan Anda tanggung secara mandiri karena tidak termasuk dalam tanggung jawab Pemerintah. Itu sebabnya Anda harus hati-hati saat memilih Manajer Investasi. Telusuri track record-nya terlebih dulu agar Anda terhindar dari risiko satu ini.

●       Turunnya Nilai Aktiva Bersih (NAB)

Walaupun jenis Reksadana ini disebut ‘Pendapatan Tetap’ bukan berarti nilai investasinya benar-benar stabil sepanjang waktu. Meski cenderung stabil ada kalanya terjadi penurunan Nilai Aktiva Bersih atau NAB. Risiko ini bisa terjadi karena beberapa penyebab, di antaranya yaitu :

  • Menurunnya performa perusahaan Manajer Investasi
  • Terjadi perubahan ekonomi dan politik yang tidak menentu sehingga mempengaruhi nilai investasi
  • Terjadi inflasi atau fluktuasi suku bunga acuan karena penurunan kondisi ekonomi
  • Terjadi bencana alam yang dahsyat sehingga mempengaruhi ekonomi negara

●       Manajer Investasi Melakukan Kesalahan

Tidak ada hal yang sempurna di dunia ini termasuk dalam investasi. Kelalaian dalam mengelola dana investor bisa saja dialami Manajer Investasi. Risiko ini umumnya terjadi pada perusahaan Manajer Investasi baru yang belum begitu berpengalaman.

Manajer Investasi yang tidak kompeten dapat menyebabkan kerugian besar bagi investor. Manajer Investasi juga bisa mengalami wanprestasi karena mereka gagal melakukan kewajibannya yang telah disetujui di dalam kontrak. Hal ini tentu dapat mengurangi nilai investasi dalam jangka waktu tertentu.

Meskipun memiliki beberapa risiko, RDPT masih layak Anda pilih karena tingkat risikonya tergolong cukup rendah. Untuk menghindari kerugian pastikan memilih Manajer Investasi profesional yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi.

DBS Treasures Pilihan Tepat untuk Investasi Reksadana

Sekarang Anda bisa melakukan investasi dengan mudah dan aman dengan DBS Treasures. Tidak hanya menyediakan produk investasi, tetapi DBS Treasures juga akan  membantu dan  mewujudkan tujuan finansial yang mapan di masa depan.

Ada berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan jika bergabung sekarang. Berikut beberapa kemudahan yang akan Anda dapatkan:

●       Produk Investasi yang Dikelola Profesional

Tidak perlu ragu, produk Reksadana yang tersedia telah dikelola oleh Manajer Investasi profesional. Mereka telah berpengalaman dalam mengoptimalkan kinerja Reksadana agar menghasilkan keuntungan yang maksimal.

●       Dapatkan Informasi untuk Panduan Investasi

Apakah Anda tidak memiliki waktu untuk meriset kondisi pasar? Anda tidak perlu khawatir karena DBS Treasures akan menyajikan informasi terbaru seputar peluang investasi dan hasil analisa pasar dari tim ahli finansial berpengalaman. 

●       Lebih Mudah Melakukan Diversifikasi

Tersedia berbagai pilihan produk investasi yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan diversifikasi. Dengan menempatkan dana ke beberapa produk investasi Anda dapat meminimalisir risiko.

●       Mudah, Praktis dan Efisien

Melalui Aplikasi digibank by DBS Anda bisa melakukan berbagai transaksi investasi dengan mudah, praktis, dan efisien waktu. Cukup melalui aplikasi tersebut Anda dapat membuat Nomor Tunggal Identitas Pemodal, membeli/menjual Reksadana, bahkan switching investasi pun bisa dilakukan.

Bermitra dengan DBS Treasures akan mempermudah kegiatan investasi Anda. Dapatkan hasil analisa pasar dan peluang investasi terbaru dari tim ahli finansial yang telah disesuaikan dengan profil risiko dan portofolio Anda. Beragam informasi tersebut telah disesuaikan oleh teknologi canggih yaitu Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Dukungan untuk Anda juga dilengkapi solusi yang disesuaikan secara khusus dengan investasi (Grow) dan asuransi (Protect). Hal ini tentu akan membantu Anda membuat keputusan investasi yang tepat di saat yang akurat sesuai preferensi.

Segera lakukan investasi Reksadana Pendapatan Tetap di DBS Treasures. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik di sini.