Jenis Obligasi
02 Jun 2023

Apa Bedanya Investasi Jangka Panjang, Menengah dan Pendek?

Investasi jenis Obligasi adalah strategi alokasi aset yang cukup menguntungkan dengan nilai yang stabil sehingga risikonya lebih minim dibandingkan saham. Dalam dunia finansial, apakah Anda tahu Obligasi termasuk investasi jangka panjang, menengah, atau pendek?

Sebenarnya, investasi Obligasi dapat masuk ketiganya. Namun, ini tergantung bagaimana Anda mengatur strategi dalam berinvestasi dengan tujuan dalam jangka panjang, menengah, atau pendek.

Perbedaan Investasi Jangka Panjang, Menengah, dan Pendek

Bagi seorang investor, penting sekali untuk memahami perbedaan investasi jangka panjang, menengah, atau pendek. Tujuannya agar investasi yang dilakukan jelas sesuai target dan instrumen yang dibeli juga tepat. Berikut sejumlah perbedaan dari ketiga jenis investasi tersebut yang dibedakan berdasarkan waktu, keuntungan, dan tujuannya.

●        Waktu

Sesuai istilahnya, investasi jangka panjang membutuhkan waktu yang paling lama dalam berinvestasi, yaitu berkisar lebih dari lima tahun. Sedangkan untuk investasi jangka menengah butuh waktu sekitar 1-5 tahun dan jangka pendek hanya kurang dari 1 tahun.

Anda dapat menentukan jenis investasi dalam jangka panjang, menengah, atau pendek berdasarkan waktu tersebut. Biasanya, investasi jangka panjang dipilih untuk mempersiapkan dana pensiun dan investasi jenis Obligasi sangat direkomendasikan.

Ada dua jenis investasi Obligasi yang umum dikenal, yaitu Obligasi Pemerintah dan swasta. Banyak yang merekomendasikan Obligasi Pemerintah ketimbang swasta lantaran aset yang diterbitkan pemerintah lebih terjamin, sedangkan pada perusahaan cenderung berisiko gagal pembayarannya.

●        Keuntungan

Berdasarkan waktu investasinya yang berbeda-beda, tentu saja secara keuntungan juga beda tingkatannya. Investasi jangka pendek butuh waktu yang singkat sehingga keuntungan yang diharapkan lebih banyak dibandingkan investasi jangka panjang. Kendati demikian, ini tergantung dari instrumen investasi yang dipilih.

Semisal hanya berinvestasi pada Reksadana, tentu keuntungannya lebih kecil dibandingkan saham yang memiliki return tinggi tapi risikonya besar. Sebab itu, investasi jangka panjang dapat menjadi andalan bagi Anda yang ingin memperoleh keuntungan besar dalam waktu yang lama atau belasan tahun.

Sementara pada investasi jangka menengah memungkinkan Anda untuk mendapatkan pendapatan pasif dengan cukup aman dalam kurun waktu sekitar 1-5 tahun. Besarnya keuntungan ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda untuk memilih instrumen investasi yang tepat.

●        Tujuan

Berkaitan dengan tujuan, investasi jangka panjang, menengah, dan pendek juga tergantung dari perkiraan waktu yang Anda perlu untuk memperoleh target yang ingin dicapai. Apabila Anda butuh modal dalam waktu cepat, maka investasi jangka pendek adalah rekomendasinya. Misal, dana untuk renovasi rumah atau beli perabotan.

Adapun pada investasi jangka menengah biasanya lebih difokuskan untuk kebutuhan yang sedikit lebih lama. Contohnya, investasi untuk pendidikan anak, membeli kendaraan, atau membangun rumah impian. Khusus investasi jangka panjang, memang paling cocok untuk mempersiapkan dana pensiun.

Bagi investor, penentuan tujuan sangat penting sebelum memutuskan untuk membeli aset. Tujuan dalam berinvestasi turut membantu para investor agar lebih fokus dalam mencapai targetnya sehingga pengelolaan keuangan jadi lebih bijak.

Instrumen Investasi Jangka Pendek, Panjang, dan Menengah

Ada banyak jenis investasi jangka pendek, panjang, dan menengah yang bisa Anda pilih. Berikut sejumlah jenis investasi tersebut yang bisa Anda jadikan referensi.

●        Jenis Investasi Jangka Pendek

Apabila target Anda untuk mengumpulkan keuntungan hanya kurang dari satu tahun, maka dipertimbangkan untuk memilih investasi jenis Deposito, Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, dan Obligasi.

Sejumlah jenis instrumen ini dinilai mampu menawarkan keuntungan yang lebih besar dalam waktu relatif cepat terutama saat nilai aset meningkat.

Pada Deposito, Anda dapat mencairkan dananya dalam rentang waktu tiga bulan. Sedangkan pada beberapa Reksadana dan Obligasi, return yang tinggi akan mempercepat pengumpulan modal dengan catatan Anda paham pergerakan aset dan risikonya.

Biasanya, seseorang memilih investasi jangka pendek ini biasanya untuk memenuhi kebutuhan dalam waktu dekat atau yang perlu modal kecil. Misalnya, untuk membangun kolam renang, renovasi ruangan, membeli alat elektronik, dan lainnya.

●        Jenis Investasi Jangka Menengah

Apabila Anda ingin berinvestasi dengan potensi keuntungan yang besar tapi secara risiko lebih rendah dibandingkan saham, pilihlah investasi jenis Obligasi seperti Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Instrumen ini termasuk paling aman dalam berinvestasi karena pengelolaannya dijamin oleh negara.

Anda bisa memperoleh keuntungan dari bunga yang dibayarkan secara reguler dan peluang meraih capital gain. Potensi Capital gain akan semakin besar untungnya jika selisih antara penjualan dengan pembelian aset nilainya tinggi pula.

●        Jenis Investasi Jangka Panjang

Bagi Anda yang ingin merencanakan keuangan dalam jangka panjang khususnya untuk persiapan dana pensiun, investasi emas, Reksadana Saham dan saham adalah opsi yang tepat. Jenis investasi jangka panjang ini banyak dipilih para investor dalam melakukan diversifikasi.

Emas termasuk instrumen yang nilainya cenderung naik terus dan Reksadana juga lebih stabil serta rendah risikonya. Secara potensi keuntungan memang tidak sebesar return saham, tapi dalam jangka panjang akan sangat menguntungkan.

Maka dari itu, banyak yang merekomendasikan kedua jenis investasi tersebut sebagai tabungan masa depan.

Nikmati Keuntungan Investasi Obligasi Bersama DBS Treasures

Obligasi dapat menjadi instrumen andalan Anda dalam berinvestasi karena menawarkan potensi return yang cukup besar, nilai yang lebih stabil, dan ada jaminan pembayaran khusus pada aset yang diterbitkan pemerintah. Apabila tertarik, perbankan prioritas DBS Treasures adalah pilihan tepat dalam berinvestasi Obligasi karena ada banyak keuntungan investasisebagai berikut:

  • Dapatkan Kupon Reguler Secara Berkala

Anda juga akan mendapat kupon (bunga) secara berkala hingga jangka waktu Obligasi berakhir.

  • Potensi Capital Gain

Tersedia berbagai jenis Obligasi yang bisa dijual kapan pun dan dapatkan potensi keuntungan dari kenaikan harga Obligasi.

  • Kupon Kompetitif

Nilai keuntungan yang kompetitif di atas rata-rata bunga yang diberikan Deposito berjangka.

  • Tidak Ada Biaya Tambahan

Anda tidak dikenakan biaya apapun karena hanya ada spread, yakni selisih harga jual dan harga beli (bid dan offer).

  • Transaksi 24/7

Anda dapat melakukan jual-beli Obligasi dengan mudah selama 24 jam penuh di Aplikasi digibank by DBS.

Keunggulan lain yang perlu Anda ketahui, yakni kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannva. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Dengan berbagai kemudahan tersebut, tidak mengherankan jika DBS Treasures banyak direkomendasikan sebagai platform yang tepat untuk berinvestasi berbagai jenis Obligasi. Apabila Anda tertarik, dapatkan informasi detailnya di sini.