Reksadana Pendapatan Tetap adalah
20 Jun 2023

Apakah Bisa Bangun Bisnis Kontrakan dengan Reksadana?

Bisnis kontrakan ialah salah satu bisnis yang digemari masyarakat karena bisa hasilkan passive income. Bisnis ini pun bisa dilakukan oleh berbagai kalangan. Namun siapa pun yang ingin memulainya harus mempunyai modal terlebih dahulu. Salah satu sumber modal yang bisa digunakan adalah keuntungan dari Reksadana Pendapatan Tetap atau RDPT.

Pengertian serta manfaat dari jenis Reksadana ini akan diulas lebih jauh. Selain itu, pelajari juga tips memulai bisnis kontrakan di sini.

Reksadana Pendapatan Tetap untuk Bisnis Kontrakan

Reksadana jenis Pendapatan Tetap adalah instrumen investasi yang dianggap mempunyai risiko minimal. Selain itu, cara transaksinya juga cukup mudah dengan modal investasi yang minim. Maka dari itu, jenis investasi ini cukup populer di kalangan investor, terutama mereka yang masih pemula dan tidak ingin mengambil banyak risiko.

Reksadana Pendapatan Tetap adalah jenis yang berbeda dengan instrumen investasi lainnya. Salah satu perbedaannya adalah 80% dari dana yang diinvestasikan akan dialokasikan pada instrumen yang bisa memberikan pendapatan tetap pada investornya.

Contohnya adalah Obligasi yang merupakan surat utang yang dikeluarkan suatu lembaga. Itulah mengapa Reksadana ini disebut Pendapatan Tetap.

Simak penjelasan mengenai beberapa kelebihan RDPT di bawah ini:

●     Risiko Rendah

RDPT mempunyai risiko rendah jika dibandingkan dari beberapa instrumen lainnya. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti nilainya yang tidak naik turun karena sebagian besar dana dialokasikan pada instrumen yang bisa memberikan keuntungan dengan rutin. Oleh sebab itu, imbal hasilnya pun cenderung stabil.

●     Modal Minim

Seperti yang sudah dijelaskan, investasi RDPT bisa dimulai dengan modal yang minim. Oleh sebab itu, jenis reksadana dengan Pendapatan Tetap ini cocok bagi investor pemula yang ingin memulai dengan modal sedikit.

●     Keuntungan Lebih Tinggi

Instrumen RDPT mempunyai keuntungan lebih tinggi daripada bunga deposito bank pada umumnya. Selain itu, bunga deposito bisa dikenakan PPh hingga 20%. Sedangkan RDPT tidak dikenakan pajak apa pun.

Ada suatu mekanisme yang harus ditempuh hingga akhirnya dana yang diinvestasikan dapat memberikan keuntungan bagi investornya. Mekanisme ini dimulai dari dana yang disetorkan pada pihak yang mempunyai Manajer Investasi terkemuka dan terpercaya.

Setelah itu, Manajer Investasi akan mengalokasikan dana ke berbagai instrumen termasuk instrumen yang bisa memberikan Pendapatan Tetap. Instrumen tersebut akan menghasilkan bunga. Bunga ini akan diinvestasikan lagi oleh Manajer Investasi. Keuntungan dari hasil investasi inilah yang akan diberikan kepada para investor.

Tips Membangun Bisnis Kontrakan dengan RDPT

Pada ulasan sebelumnya Anda sudah mengetahui secara singkat apa itu RDPT beserta kelebihan dan mekanismenya. Kini waktunya Anda memahami tips membangun bisnis kontrakan dengan RDPT. Berikut beberapa di antaranya:

●     Tentukan Lokasi

Lokasi merupakan faktor utama yang memengaruhi perkembangan bisnis kontrakan Anda. Ada berbagai hal yang perlu Anda pertimbangkan saat menentukannya, seperti keamanan, kenyamanan, fasilitas umum, jarak dengan pusat kota, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga bisa memilih lokasi yang dekat dengan kawasan industri. Hal ini disebabkan banyak pegawai industri yang mencari kontrakan di sekitar kawasan tersebut. Selain itu,pusat perekonomian juga sering dibangun di sekitarnya sehingga bisa menjadi nilai positif dari kontrakan Anda.

●     Bandingkan Harga

Setelah mempunyai beberapa pilihan lokasi, maka Anda bisa mulai membandingkan harga tanah atau bangunan di daerah tersebut. Tentu Anda bisa memilih harga termurah untuk menekan modal, namun Anda juga perlu menimbang berbagai kelebihan serta kekurangan dari lokasi tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu membandingkan harga sewa di lokasi tersebut. Hal ini bisa ditanyakan saat ingin membeli tanah atau bangunan di sana atau melakukan survey ke berbagai kontrakan. Dengan demikian, Anda bisa memperhitungkan keuntungan yang didapat.

●     Perkiraan Masa Depan

Anda juga bisa memperhatikan perkiraan masa depan dari lokasi yang Anda pilih. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui apakah bisnis kontrakan Anda akan terus berkembang dan diminati oleh masyarakat atau tidak.

Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan untuk memperkirakan hal ini, seperti kegiatan ekonomi, pembangunan infrastruktur, dan hal-hal lain yang direncanakan oleh pihak swasta maupun pemerintah. Anda bisa mendapatkan informasi pendukung melalui media sosial, situs resmi, koran, dan lain sebagainya.

●     Sumber Air

Air merupakan hal yang terpenting dalam suatu rumah tangga karena berbagai manfaatnya. Oleh sebab itu, mengetahui keberadaan sumber air dan cara mendapatkannya cukup penting untuk diperhatikan oleh para pebisnis kontrakan. Jika air yang didapatkan sulit, maka konsumen pun enggan menyewanya.

Selain itu, jenis air yang tersedia juga perlu dipertimbangkan. Hal ini berkaitan dengan kebersihan air hingga berapa biaya yang perlu dikeluarkan oleh penyewa untuk mendapatkannya. Aspek-aspek seperti inilah yang akan menjadi pertimbangan para konsumen sebelum memutuskan untuk menyewa kontrakan Anda.

●     Denah

Jika Anda memilih kontrakan yang sudah dibangun, maka Anda bisa memperhatikan denah dari bangunan tersebut. Ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan, seperti berapa banyak ruangan yang tersedia, posisi pintu masuk, hingga area parkir. Anda bisa mengonsultasikannya dengan yang profesional

Namun jika Anda memilih untuk membangun kontrakan mulai dari awal, maka Anda bisa lebih leluasa untuk menentukan seperti apa bangunan yang akan disewakan. Aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan pun serupa dengan penjelasan sebelumnya.

●     Akses

Akses juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan oleh para pebisnis kontrakan. Akses ini meliputi apakah kontrakan tersebut jauh dari jalan raya atau tidak, lalu lebar jalan di depan kontrakan, gerbang tol terdekat jika ada, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan transportasi umum terdekat. Jadi, konsumen bisa mempunyai lebih banyak pilihan saat mobilisasi karena tidak selamanya masyarakat bisa menggunakan kendaraan pribadi. Dengan kata lain, akses menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan bisnis kontrakan Anda.

Membangun Bisnis Kontrakan dengan Reksadana

Setelah  mengetahui berbagai tips membangun kontrakan bersama RDPT. Sekarang Anda bisa mulai mempertimbangkan mitra untuk investasi jenis Reksadana tersebut, seperti DBS Treasures.

DBS Treasures akan memberikan berbagai keuntungan pada Anda, seperti:

  • Investasi dikelola oleh Manajer Investasi terkemuka.
  • Pemerolehan wawasan mengenai Reksadana Pendapatan Tetap.
  • Risiko dapat diminimalisir dengan cara menyebar dana ke beragam aset.
  • Mudahnya transaksi hingga registrasi Single Investor Identification bagi investor pemula melalui Aplikasi digibank by DBS

Raih kesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Demikian berbagai kelebihan yang akan Anda dapatkan jika membangun bisnis kontrakan dengan RDPT bersama DBS Treasures. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa klik di sini!