Obligasi Pemerintah
21 Jul 2022

Termasuk Obligasi Pemerintah, Apa Itu ORI? Simak Di Sini

Anda ingin berinvestasi pada instrumen SBN atau Obligasi Pemerintah? ORI atau Obligasi Ritel Indonesia menjadi salah satu instrumen pilihan dari SBN.

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh korporasi atau pemerintah yang di dalamnya terdapat nilai nominal, jangka waktu, hingga tingkat kupon tertentu. Adapun alasan mengapa surat utang dapat dijadikan instrumen investasi, karena ketika dilakukan pembelian pada Obligasi ini, maka investor yang membelinya akan mendapatkan kupon atau imbal hasil secara berkala. Mereka juga berpotensi mendapatkan capital gain bila harganya meningkat.

Di Indonesia sendiri terdapat Obligasi yang diterbitkan pemerintah, yakni Obligasi Negara Ritel atau yang juga disebut Obligasi Ritel Indonesia (ORI). Investor dapat membeli ORI melalui agen penjual Obligasi.

Keamanan Obligasi Ritel Indonesia (ORI) juga dijamin, karena sudah tertera dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara. Sementara untuk pembayaran pokok dan juga kupon ORI ini sudah diatur dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dalam kurun waktu tertentu.

 

Tujuan Diterbitkannya ORI

Dikeluarkannya Surat Berharga Negara oleh pemerintah dijadikan sebagai alternatif sumber pendanaan untuk berbagai kebutuhan program pemerintahan guna menyejahterakan rakyat. Diantaranya terkait program pemerataan pembangunan nasional, kesehatan, pendidikan dan serta berbagai program kesejahteraan masyarakat di Indonesia.

Selain itu, ekonomi global juga memiliki tingkat fluktuasi yang relatif tinggi. Tak terkecuali Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah haruslah melakukan upaya sebagai alternatif pendanaan atas berbagai program pemerintah guna mensejahterakan masyarakat.

Dalam hal ini, Obligasi Ritel Indonesia mempunyai tujuan untuk menutup kekurangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui investasi ini. Dengan pembelian Obligasi Ritel Indonesia (ORI), maka investor bukan hanya mengembangkan dana pribadinya saja. Tetapi juga membantu pemerintah dalam pembangunan nasional.

Adapun dana yang sudah terkumpul dari hasil investasi ini, nantinya akan digunakan untuk membantu pembangunan negara. Dengan adanya kontribusi dari masyarakat, maka nilai mata uang rupiah juga semakin menguat.

 

Karakteristik Obligasi Pemerintah - Obligasi Ritel Indonesia (ORI)

Pemerintah menerbitkan Surat Berharga Negara (SBN) yang masing-masingnya mempunyai karakteristik dan keunggulan berbeda. Sama seperti ORI, di mana instrumen Obligasi Pemerintah ini memiliki beberapa karakteristik seperti berikut.

  1. ORI berbentuk tanpa warkat atau surat (scripless), serta asetnya dapat diperjualbelikan antar Investor Domestik (SBN tipe tradable).
  2. Memiliki kupon yang bernilai tetap, sehingga tidak akan terjadi kenaikan atau penurunan.
  3. Memiliki potensi capital gain / loss karena merupakan instrumen Surat Berharga Negara tipe tradable atau dengan kata lain bisa diperjualbelikan di Pasar Sekunder. Artinya, harga instrumen Obligasi Ritel Indonesia (ORI) ini bisa mengalami kenaikan atau penurunan berdasarkan tingkat permintaan pasar. Semisal jika harga beli aset 100, maka bisa terjadi kenaikan hingga 102 atau juga penurunan ke angka 99. Akan tetapi ketika jatuh tempo, maka harga asetnya akan kembali ke-100.
  4. Menawarkan minimal pembelian Rp 1 juta dengan maksimal pembeliannya Rp 3 miliar.
  5. Menawarkan kupon yang dibayarkan setiap bulannya.
  6. Memiliki kupon dengan nilai yang relatif lebih tinggi dari Suku Bunga Acuan atau BI Rate pada saat Obligasi Ritel Indonesia (ORI) diterbitkan. Misalkan saja di tahun 2021, suku bunga BI Rate berada di angka 3,5%. Sementara Obligasi Ritel Indonesia (ORI) yang diterbitkan di tahun 2021 memiliki kupon sebesar 5,57% per tahun.

 

Keuntungan Investasi Obligasi Negara Ritel (ORI)

Berbagai keuntungan dengan memilih instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) untuk berinvestasi adalah sebagai berikut.

1. Negara Menjamin Kupon

Berdasarkan Undang-undang SUN (Surat Utang Negara), pemerintah telah menjamin kupon dan nilai pokoknya, serta mempersiapkannya dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di setiap tahun. Itulah sebabnya mengapa pilihan instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) menjadi alternatif investasi aman dengan risiko gagal bayar yang cukup rendah.

2. Kupon yang Relatif Lebih Tinggi dari Bunga Deposito

Pemerintah seringkali menawarkan kupon yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga Deposito untuk setiap penawaran produk surat berharga negara. Selain itu, investor juga berpotensi memperoleh capital gain atau potensi keuntungan. Keuntungan ini didapat dari penjualan Obligasi di Pasar Sekunder dengan harga yang lebih tinggi dibanding harga belinya.

3. Menawarkan Kupon Setiap Bulan

Berinvestasi memungkinkan investor bisa memperoleh tingkat bunga tetap hingga waktu jatuh tempo di tiap bulannya. Ketika sudah waktu jatuh tempo, maka penerbit surat berharga akan mengembalikan modal awalnya.

Produk Obligasi Negara Ritel (ORI) menawarkan jangka waktu jatuh tempo hingga 3 tahun. Akan tetapi, investor bisa menjual produk investasi ini sebelum waktu jatuh tempo di Pasar Sekunder.

4. Bentuk Partisipasi dalam Mendukung Pembangunan

Obligasi Negara Ritel (ORI) memberi kesempatan bagi para investornya untuk bisa ikut serta dalam mendukung pembangunan negara yang berkaitan dengan pembiayaan. Selain itu, kebijakan untuk pembelian Obligasi Negara Ritel (ORI) juga hanya dapat dilakukan oleh Warga Negara Indonesia yang memiliki KTP. Tentu saja hal ini akan semakin memperkuat perekonomian dalam negeri.

5. Jaminan Pendanaan

Memiliki investasi Obligasi Pemerintah jenis Obligasi Negara Ritel (ORI) dapat memberikan keuntungan tambahan bagi investor. Hal ini karena investor dapat menjadikannya sebagai jaminan untuk mendapat pendanaan. Bukti kepemilikan Obligasi Negara Ritel (ORI) ini nantinya dapat dipinjamkan maupun dijaminkan pada pihak lain.

6. Berinvestasi Lebih Praktis dan Mudah

Kini, investor dapat melakukan berbagai transaksi investasi Obligasi Negara Ritel (ORI) dengan memanfaatkan sistem digital. Berinvestasi dengan lebih mudah dan praktis bisa melalui DBS Treasures. Nah, ingin mendapatkan berbagai keunggulan menjadi Nasabah perbankan prioritas di sini?

 

Berinvestasi Obligasi Pemerintah Lebih Nyaman dengan DBS Treasures

Sekarang, pembelian Surat Berharga Negara atau Obligasi semakin mudah diakses oleh para investor. Kemudahan ini berkat hadirnya layanan e-SBN.

Proses pembelian Obligasi bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Caranya pun mudah, sebab Anda hanya perlu download dan login di Aplikasi digibank by DBS, mengisi data pribadi, serta selanjutnya lakukan pemesanan SBN.

Segeralah bergabung sebagai Nasabah perbankan prioritas DBS Treasures dan investasikan dana Anda. Nantinya, berbagai keunggulan dan keistimewaan eksklusif bisa Anda dapatkan seperti berikut ini.

1. Kupon Kompetitif

Investor akan mendapatkan keuntungan dengan diberikannya tingkat kupon Obligasi yang kompetitif di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.

2. Diterbitkan Pemerintah

Investasi Obligasi Pemerintah melalui DBS Treasures aman dan dijamin dalam Undang-undang. Ditambah lagi, keamanan berinvestasi juga didukung dengan platform yang sudah berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Menyediakan Berbagai Pilihan

Berinvestasi pada Obligasi menawarkan berbagai pilihan jangka waktu sesuai preferensi investor. Begitu juga untuk mata uang yang dipilih, seperti IDR dan USD.

4. Kupon Reguler

Investasi Obligasi akan memberikan pendapatan reguler berupa kupon yang akan penerbit bayarkan secara berkala selama waktu periode investasi berlangsung.

5. Potensi Capital Gain

Instrumen Obligasi bisa kembali dijual kapan pun, asalkan sebelum jatuh tempo. Di mana nantinya investor juga berkesempatan untuk memperoleh capital gain atau potensi keuntungan atas terjadinya kenaikan harga Obligasi.

6. Tidak Menetapkan Biaya Tambahan

Hanya ada spread ataupun selisih antara harga jual dan harga beli (bid dan offer), tanpa terdapat biaya tambahan lainnya.

7. Transaksi Leluasa 24/7

Beragam produk Obligasi tersedia di Aplikasi digibank by DBS yang bisa Anda perjual belikan. Berbagai layanan perbankan bisa memudahkan Anda mengelola finansial kapan pun dan di mana pun, serta aktivitas investasi hingga 7 hari 24 jam.

Aksesnya hanya melalui ponsel pintar tanpa harus pergi ke kantor cabang bank. Unduh segera Aplikasi digibank by DBS di Google Play Store atau Apple Play Store.

Di samping berbagai keunggulan di atas, Anda juga dapat melakukan diskusi lebih jauh seputar investasi Obligasi ini bersama DBS Treasures. Di sini, Anda bisa mendapatkan strategi manajemen kekayaan yang sudah disesuaikan dengan preferensi dan aspirasi Anda, sehingga Anda dapat yakin mengambil keputusan finansial. Anda akan didukung oleh Relationship Manager dan para wealth specialist yang tersertifikasi.

Obligasi Ritel Indonesia (ORI) cocok untuk para investor yang ingin risiko minimal, namun meraih potensi keuntungan yang lebih besar dibandingkan rata-rata bunga Deposito. Bersama DBS Treasures, berbagai keuntungan dan kemudahan investasi Obligasi Pemerintah ada di depan mata.