Cara investasi Reksadana
07 Jul 2023

5 Tips Reksadana Saham Tetap Untung Meski Pasar Turun

Perlu diketahui dulu bahwa performa Reksadana akan sangat dipengaruhi oleh kondisi pasar. Menanggapi hal tersebut, maka Reksadana Saham adalah pilihan instrumen investasi yang tepat bagi Anda.

Instrumen investasi ini menawarkan prospek keuntungan yang cukup tinggi dan aman untuk dilakukan. Ditambah lagi Reksadana itu sendiri bebas dari beban pajak. Sehingga tidak memberatkan.

Namun bagaimana jika kondisi pasar sedang turun, apakah masih mungkin bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan? Mari cari tahu selengkapnya di sini!

Keuntungan Investasi Reksadana Saham

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui apa saja sebenarnya keuntungan memilih investasi di Reksadana ini. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan:

●     Dana Dikelola Manajer Investasi

Keuntungan pertama, Anda tidak perlu mengelola dana investasi secara mandiri. Dana akan langsung dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional dan berpengalaman. Secara otomatis, Anda tidak perlu pusing mengambil langkah investasi sendiri.

Manajer Investasi akan membantu Anda mengoptimalkan pengelolaan dana ke instrumen yang tepat. Jika Anda memilih Manajer Investasi yang tepat maka akan lebih mudah untuk meraih keuntungan optimal.

●     Risiko Lebih Rendah Dibanding Investasi Saham

Reksadana dalam bentuk instrumen saham ini memang memiliki risiko yang paling tinggi dibandingkan bentuk Reksadana lain. Seperti Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, dan Reksadana Campuran.

Namun jika dibandingkan dengan investasi saham secara langsung, instrumen ini punya risiko yang jauh lebih rendah.

Jika Anda ingin berinvestasi saham namun tidak siap dengan risikonya yang besar, Reksadana ini akan jadi pilihan tepat.

●     Potensi Return yang Besar

Keuntungan lainnya adalah ada potensi return yang cukup besar dari instrumen investasi ini. Jenis Reksadana ini memang punya risiko yang lebih besar dari Reksadana lain namun potensi keuntungannya juga jauh lebih besar.

Namun perlu diketahui bahwa nilai return ini akan sangat dipengaruhi oleh performa pasar dan strategi yang Anda terapkan dalam berinvestasi. Selama Anda menerapkan strategi yang tepat, pasti potensi return bisa memuaskan.

●     Bebas dari Pajak

Salah satu keuntungan dari instrumen Reksadana adalah bebas dari pajak. Artinya nilai keuntungan yang akan Anda dapatkan tidak dipotong pajak melainkan diterima secara utuh.

Hal ini tentu akan membuat keuntungan atau profit investasi Anda jadi lebih optimal. Tidak seperti bentuk investasi lainnya yang menjadi bagian dari objek pajak sehingga profit investasi masih dipotong pajak.

●     Aman dan Fleksibel

Instrumen investasi ini terjamin aman karena diawasi langsung oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Anda tinggal memilih platform investasi yang tepat dan terjamin keamanannya.

Lebih dari itu instrumen ini juga terbilang sangat fleksibel. Anda bisa menukarnya dengan produk Reksadana lain dan tingkat likuiditasnya juga lebih tinggi dibandingkan investasi saham secara langsung.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda rasakan jika memilih investasi Reksadana dalam bentuk saham. Namun pastikan bahwa Anda juga paham apa saja risikonya sehingga langkah investasi ini jadi lebih aman untuk diambil.

Pengaruh Harga Pasar terhadap Reksadana

Performa Reksadana tentu sangat dipengaruhi oleh harga pasar. Dalam hal ini Anda perlu mengenal IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan yang menjadi indikator penting dalam aktivitas di pasar saham.

IHSG akan dipakai untuk memantau pergerakan harga saham di pasar yang ikut berpengaruh pada investasi Reksadana Saham. Hal ini memiliki korelasi yang cukup kuat dengan NAB atau Nilai Aktiva Bersih dalam investasi Reksadana.

Saat kondisi pasar bergejolak dan dibayangi sentimen negatif, maka IHSG akan turun. Pada fase ini, investor sebaiknya tidak menjual Reksadana mereka dan malah menambah kepemilikan Reksadana.

Perlu dicatat bahwa kondisi turunnya IHSG biasanya tidak akan bertahan lama. Seringkali IHSG kembali naik dan membuat nilai Reksadana kembali ada di posisi yang bagus.

Umumnya investor akan merasa cemas saat harga pasar mengalami penurunan. Padahal dalam kondisi tersebut investor masih tetap punya kesempatan bahkan untuk meraih cuan.

Tips Investasi Reksadana Untung Meskipun Pasar Turun

Saat kondisi pasar turun, maka Anda tidak perlu merasa panik. Cobalah untuk menerapkan tips-tips berikut ini agar investasi Reksadana tetap bisa untung meskipun dalam kondisi pasar turun:

●     Tetap Fokus pada Tujuan Investasi

Tips pertama, tetaplah fokus pada tujuan investasi yang Anda miliki. Ingat, sebelum memulai investasi Anda punya tujuan dan ini bisa berbeda dengan investor lainnya meskipun memakai instrumen yang sama.

Jika Anda memulai investasi dengan tujuan finansial jangka panjang di atas 5 tahun, maka tidak perlu panik dengan perubahan harga pasar yang cukup fluktuatif. Tidak perlu takut dengan penurunan harga yang sifatnya hanya sementara.

Anda masih memiliki cukup banyak waktu sampai nanti tujuan investasi tercapai. Masih ada kesempatan harga pasar kembali naik dan Anda mendapat keuntungan investasi sesuai target.

Sangat direkomendasikan untuk tidak terlalu sering mengecek portofolio. Terlalu sering memeriksa portofolio hanya akan membuat Anda semakin stres apalagi saat harga pasar ternyata turun.

●     Tahan Diri untuk Melakukan Redeem

Sebaiknya tahan diri Anda untuk melakukan redeem atau pencairan dana. Jika portofolio investasi Anda mengalami penurunan, sebaiknya jangan tergesa-gesa untuk melakukan pencairan.

Ingat kembali bahwa masih ada potensi kenaikan harga. Harga pasar yang turun belum tentu akan terus bertahan sampai target waktu investasi yang Anda tentukan. Selalu ada peluang harga pasar tersebut kembali meningkat.

Jika Anda langsung melakukan pencairan saat portofolio sedang turun, maka Anda bisa mengalami kerugian yang disebut realized loss. Bisa jadi ke depannya nilai Reksadana tersebut malah naik dan membuat kerugian Anda semakin besar.

Percayalah bahwa selalu ada waktu yang tepat bagi Anda untuk melakukan redeem. Jika waktunya tiba, Anda bisa mencairkan dana investasi dengan keuntungan yang jauh lebih besar.

●     Kesempatan untuk Top Up

Saat harga pasar turun, justru Anda harus memanfaatkan situasi ini untuk top up. Investor yang cerdas pasti akan melihat kondisi ini sebagai peluang yang sangat bagus karena bisa melakukan top up dengan harga lebih murah.

Prinsip dasar dalam berinvestasi adalah melakukan pembelian saat harga turun dan penjualan saat harga naik. Dari sini Anda pasti langsung paham bahwa harga pasar turun bukan berarti sebuah pertanda buruk.

Jika harga portofolio Anda turun, maka Anda bisa melakukan top up atau menambah pembelian. Justru Anda bisa menghemat lebih banyak modal investasi dan bisa meraih profit yang lebih besar saat waktunya tiba.

Namun pastikan Anda tetap menganalisis kondisi pasar dan performa Reksadana di masa depan secara teliti. Pastikan bahwa Reksadana yang akan di-top up tadi memang punya potensi yang bagus dan prospeknya menguntungkan kedepannya.

●     Lakukan Pengalihan Aset

Tidak ada salahnya untuk mencoba mengalihkan aset jika memang penurunan nilai terus terjadi untuk jangka waktu yang lama. Apalagi jika Anda punya rencana untuk memakai dana investasi dalam jangka waktu pendek.

Hal ini bisa terjadi pada investor yang melakukan investasi dengan jangka pendek, misalnya 1-3 tahun. Jika harga pasar terus mengalami penurunan dan tidak menunjukkan tanda-tanda naik maka lebih bagus lakukan pengalihan.

Pilihlah instrumen yang jauh lebih aman dan stabil. Dalam hal ini Anda perlu melakukan analisis dan mengamati kondisi pasar dengan cermat. Jangan sampai salah ambil pilihan dan malah merugi lebih besar.

Sebagai contoh, Anda bisa mengalihkan dana dari Reksadana dalam bentuk saham tadi ke Reksadana Pasar Uang yang risikonya jauh lebih rendah. Ini juga bisa jadi pilihan tepat bagi Anda investor yang konservatif.

●     Terapkan Strategi DCA

Ada lagi strategi yang bisa Anda terapkan supaya bisa tetap meraih untung saat harga pasar turun. Cobalah untuk melakukan investasi Reksadana pakai sistem DCA atau Dollar Cost Averaging.

Ini merupakan strategi investasi dimana Anda perlu menabung secara rutin dan teratur. Investor tidak akan peduli apakah harga pasar naik atau turun, mereka akan tetap berinvestasi sampai tujuan finansial bisa tercapai.

Strategi ini akan membuat modal investasi yang dikeluarkan jadi seimbang, karena Anda berinvestasi saat harga rendah maupun tinggi. Nantinya Anda akan merasakan keuntungan investasi yang jauh lebih memuaskan.

Kunci penting berinvestasi saat harga pasar turun adalah tetap tenang. Ingat bahwa setiap investor punya tujuan masing-masing jadi jangan pernah meniru langkah investor lain apalagi dalam situasi panik karena harga pasar turun.

Selain itu Anda juga harus memastikan bahwa langkah yang diambil sudah sesuai dengan profil risiko. Langkah bijak dan tenang selama kondisi harga pasar turun akan membantu meminimalkan kerugian serta mengoptimalkan keuntungan Anda.

Lakukan Investasi Reksadana Bersama DBS Treasures

Cara investasi Reksadana saat ini semakin mudah dan praktis apalagi jika Anda melakukannya bersama DBS Treasures. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan jika Anda berinvestasi di sini:

●     Pengelolaan Dana oleh Manajer Investasi

Dana investasi akan langsung dipegang dan dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional. Manajer Investasi ini sudah bermitra dengan DBS Treasures dan siap membantu performa investasi jadi lebih optimal.

●     Ada Tim Ahli Finansial

Terdapat tim ahli finansial yang akan memperluas wawasan investasi Anda. Tim ini akan memberikan informasi terbaru dan terlengkap mengenai peluang pasar.

●     Diversifikasi Jadi Lebih Mudah

Bersama DBS Treasures, Anda bisa lebih mudah melakukan diversifikasi. Diversifikasi dana investasi ke berbagai jenis instrumen yang berbeda akan jadi jauh lebih mudah dan aman.

●     Ada Aplikasi yang Mempermudah Transaksi

Tersedia aplikasi digibank by DBS yang bisa diakses secara mobile dan mempermudah transaksi investasi. Anda bisa melakukan registrasi SID (Single Investor Identification), menjual, membeli, dan switch Reksadana dengan mudah.

Lewat aplikasi ini Anda juga akan terhubung dengan banyak pilihan jenis Reksadana. Mulai dari Reksadana berdasarkan Manajer Investasi maupun Reksadana di kategori produk tertentu.

Bersama DBS Tresures, Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dan peluang terkini sesuai profil risiko dan kebutuhan portofolio, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Persiapan finansial Anda juga akan dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Investasi Reksadana Saham akan jadi jauh lebih mudah dan aman untuk Anda lakukan bersama DBS Treasures. Segera klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan mulailah berinvestasi.