cara kerja Reksadana
05 Jul 2023

5 Investasi untuk Persiapan Menikah

Mewujudkan pesta pernikahan mewah membutuhkan dana yang bisa dibilang tidak sedikit. Namun Anda tidak perlu khawatir, pasalnya mempersiapkan dana untuk pernikahan kini bisa dilakukan dengan cara berinvestasi, seperti misalnya dengan instrumen Reksadana Saham.

Tentunya mengumpulkan dana pernikahan dari hasil keuntungan investasi memerlukan waktu yang tidak sebentar. Anda perlu merencanakannya dari jauh-jauh hari dan secara matang. Apabila dilakukan dengan benar, target dana tersebut dapat terkumpul di waktu yang tepat.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai jenis-jenis investasi yang dapat dipilih untuk Anda yang sedang berencana mengumpulkan dana untuk menikah. Namun sebelumnya simak terlebih dahulu penjelasan pentingnya mempersiapkan dana pernikahan berikut.

Pentingnya Mempersiapkan Dana Pernikahan

Setiap orang pasti inginnya menikah hanya sekali untuk seumur hidup. Maka tidak ada salahnya bila Anda memiliki rencana untuk merayakan hari spesial tersebut dengan mewah dan meriah. Untuk bisa mewujudkan perayaan pernikahan yang mewah, maka dari itu Anda perlu mempersiapkan dana pernikahan.

Apa sih yang dimaksud dengan dana pernikahan itu? Sesuai namanya, dana pernikahan merupakan sebuah pos keuangan yang difungsikan untuk tujuan yang berhubungan dengan serba-serbi pernikahan.

Penggunaanya dimulai dari acara dan kebutuhan sebelum pernikahan, pesta pernikahan atau resepsi, maupun acara setelah pernikahan seperti misalnya bulan madu.

Dengan memiliki dana pernikahan yang cukup untuk memenuhi semua kebutuhan proses pernikahan, maka nantinya momen spesial tersebut bisa memiliki kenangan tersendiri yang tidak terlupakan.

Berangkat dari gagasan tersebut, banyak orang yang tidak enggan mengumpulkan dana pernikahan besar demi mewujudkan pesta pernikahan impiannya.

Tidak jarang juga orang-orang merencanakan secara detail macam-macam agenda, hal-hal yang dibutuhkan, dan besaran biaya yang harus dikeluarkan dengan begitu rinci agar tidak ada yang terlewat.

Umumnya, biaya besar dalam acara pernikahan itu diperlukan untuk kebutuhan menyewa gedung, catering, atau pada busana pengantin yang indah. Namun besarnya biaya yang harus dikeluarkan ini bisa diatur sesuai dengan apa-apa saja yang Anda butuhkan.

Dari penjelasan di atas sudah tergambar jelas bahwa mempersiapkan dana pernikahan dari jauh-jauh hari itu penting untuk dilakukan. Pasalnya apabila Anda memiliki pesta pernikahan impian yang mewah namun dana pernikahan itu belum juga mencukupi target saat sudah mendekati hari-H, hal ini bisa membuat rencana jadi kacau.

Daripada mengacaukan rencana atau harus mengorbankan pesta pernikahan yang sudah Anda impikan, lebih baik mulai persiapkan dana pernikahan sedini mungkin.

Alasan Investasi Cocok Dijadikan Sebagai Dana Pernikahan

Salah satu cara yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengumpulkan dana pernikahan, yaitu dengan melakukan investasi. Mengapa investasi dinilai sebagai cara tepat untuk mempersiapkan dana pernikahan?

Setelah mengetahui bahwa mempersiapkan dana pernikahan itu penting untuk dilakukan sedini mungkin, pada artikel ini akan dibahas mengenai alasan-alasan yang membuat melakukan investasi cocok dijadikan sebagai cara untuk mengumpulkan dana pernikahan

Berikut ini beberapa alasan yang membuat investasi menjadi cara yang tepat untuk mempersiapkan dana pernikahan.

  • Menawarkan Keuntungan Besar

Alasan pertama yang membuat investasi cocok dilakukan untuk mempersiapkan dana pernikahan, yaitu karena instrumen-instrumennya cenderung menawarkan keuntungan yang besar.

Namun biasanya untuk bisa menghasilkan keuntungan yang besar ini beberapa instrumen investasi membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Maka dari itu Anda perlu mempersiapkan dana pernikahan sedini mungkin agar return investasi yang didapatkan bisa mencapai target dana pernikahan yang dibutuhkan.

  • Cenderung Minim Risiko

Tidak hanya menawarkan return atau keuntungan yang besar, namun beberapa investasi juga cenderang memiliki risiko yang minim. Tentunya faktor ini menjadi alasan yang tepat untuk melakukan investasi sebagai cara mengumpulkan dana pernikahan.

Catatan pentingnya, yaitu Anda perlu mempelajari seluk beluk dari instrumen investasi yang Anda pilih terlebih dahulu sebelum memulainya. Pasalnya, investasi bisa berhasil dan mendapatkan banyak keuntungan itu salah satu kuncinya berada di pemahaman Anda terhadap instrumen yang Anda pilih.

Jangan pernah untuk mencoba berinvestasi, terlebih untuk kebutuhan dana pernikahan, dengan hanya mengikuti kata teman. Pasalnya jika demikian, ada kemungkinan alih-alih mendapatkan keuntungan, dana pernikahan Anda bisa melayang.

  • Bisa Dilakukan dalam Jangka Waktu Pendek Maupun Panjang

Satu lagi alasan berinvestasi bisa dipilih sebagai cara mengumpulkan dana untuk pernikahan, yaitu karena instrumen yang ditawarkan bisa dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Sebagai contoh, yaitu investasi Reksadana. Instrumen ini bisa dilakukan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan begitu bagi Anda yang waktu pernikahannya sudah ditentukan, instrumen ini cocok untuk dijadikan pilihan.

Jangka waktu Reksadana ini bisa ditentukan dan menyesuaikan dengan profil risiko investasi Anda. Tentukan juga produk Reksadana yang paling sesuai untuk mencapai target Anda, seperti misalnya produk Reksadana Saham, Reksadana Pendapatan Tetap, maupun Reksadana Pasar Uang.

Nah itu dia beberapa alasan yang menjadikan investasi cocok dijadikan sebagai cara untuk mengumpulkan dana pernikahan Anda. Namun sebelum memulai investasi, pastikan Anda memilih instrumen investasi yang tepat agar hasil yang didapatkan bisa sesuai dengan target dana pernikahan impian Anda.

Daftar Jenis Investasi untuk Mempersiapkan Dana Pernikahan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan dana persiapan pernikahan, yaitu dengan cara berinvestasi.

Ketika Anda ingin menyiapkan dana pernikahan dengan investasi, satu hal yang perlu diperhatikan, yaitu investasi tersebut harus dilakukan sesuai dengan tujuannya.

Jadi, jika investasi tersebut memang direncanakan untuk dana pernikahan, sebelumnya Anda harus sudah melakukan perincian seberapa besar jumlah dana yang ingin dikumpulkan dan jangka waktu berinvestasi.

Agar tidak salah pilih, pada poin ini akan dibahas mengenai jenis-jenis instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan untuk mempersiapkan dana pernikahan:

  • Deposito

Jenis investasi pertama yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengumpulkan dana demi mewujudkan pernikahan impian, yaitu Deposito. Instrumen satu ini dikatakan menjadi instrumen yang tepat karena memiliki risiko yang rendah.

Tidak hanya itu saja, keuntungan apabila Anda menyiapkan dana pernikahan menggunakan Deposito, yaitu instrumen yang tergolong ke dalam investasi pendapatan tetap ini juga menawarkan return atau keuntungan yang lebih besar apabila dibandingkan sekadar menabung di rekening biasa. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan bukan?

  • Investasi Emas

Jenis investasi berikutnya yang juga cocok dipilih apabila Anda berniat menyiapkan dana pernikahan, yaitu investasi emas. Investasi ini bukan hanya menguntungkan saja melainkan juga populer dan banyak dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat.

Meskipun demikian, apabila Anda tertarik untuk berinvestasi emas, Anda perlu mulai mempelajari dan mengamati pergerakan dari harga emas agar investasi yang dilakukan bisa berhasil mendapatkan keuntungan.

  • Investasi Saham

Alternatif investasi selanjutnya yang juga bisa Anda coba sebagai cara untuk mengumpulkan dana pernikahan, yaitu dengan berinvestasi saham. Cara ini bisa menjadi opsi yang tepat apabila Anda ingin melangsungkan pernikahan dalam rentang 2-3 tahun ke depan.

Apabila Anda ingin mencoba investasi ini, perlu diketahui bahwa saat ini sudah banyak perusahaan yang menjual sahamnya dengan harga yang terjangkau, seperti misalnya seharga Rp100.000.

Meskipun demikian, Anda perlu hati-hati jika ingin mengumpulkan dana pernikahan dari berinvestasi saham. Pasalnya instrumen ini terkenal memiliki risiko yang tinggi. Maka sebelum memulai berinvestasi, Anda perlu untuk mempelajari banyak informasi dan juga strategi terkait investasi ini.

  • Investasi Surat Berharga Negara Ritel

Mengumpulkan dana pernikahan juga bisa dilakukan dengan cara melakukan investasi Surat Berharga Negara Ritel. Perlu diketahui bahwa instrumen investasi ini merupakan investasi yang umumnya berjangka panjang.

Maksudnya yaitu, alih-alih dibeli rutin secara bulanan, investasi surat berharga negara ini berlaku dalam jangka waktu tahunan. Umumnya, jangka waktu investasi ini berlaku hingga 5 tahun atau lebih.

Untuk jenisnya sendiri, surat berharga umumnya diterbitkan oleh lembaga pemerintah maupun lembaga swasta. Contoh surat berharga tersebut antara lain, yaitu ORI, Sukuk maupun SBR.

Apabila Anda berniat untuk mencoba berinvestasi untuk mempersiapkan dana pernikahan, Anda perlu menyiapkan dana yang besar di awal. Oleh karena tidak dibuka setiap waktu, Anda juga perlu rajin mencari informasi terkait pembukaan waktu pembelian melalui Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko.

  • Investasi Reksadana

Cara kerja Reksadana yang memiliki jangka pendek maupun jangka panjang ini bisa menjadi instrumen investasi yang tepat digunakan untuk mempersiapkan dana pernikahan.

Jenis investasi ini juga beragam yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan target Anda seperti Reksadana Pasar Uang, Reksadana Pendapatan Tetap, maupun Reksadana jenis Saham.

Selain menawarkan fleksibilitas, berinvestasi dengan Reksadana juga dinilai aman dan minim risiko. Akan tetapi, Anda perlu tetap mempelajari betul produk investasi ini sebelum memulainya agar bisa meminimalisir kerugian.

Persiapkan Dana Pernikahan dengan Investasi Reksadana Saham

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mempersiapkan dana pernikahan itu penting untuk dilakukan. Salah satu rekomendasi investasi yang bisa Anda coba untuk mempersiapkan kebutuhan ini, yaitu investasi Reksadana jenis saham.

Bersama mitra yang tepat, seperti misalnya DBS Treasures, Anda akan dibantu untuk bisa mencapai target dana pernikahan yang Anda impikan. Berikut ini ada beberapa kelebihan yang ditawarkan jika Anda berinvestasi Reksadana.

  • Investasi Dikelola Langsung oleh Manajer Investasi

Investasi bersama mitra DBS Treasures akan langsung dikelola oleh Manajer Investasi yang profesional. 

  • Mendapatkan Wawasan untuk Memandu Selama Berinvestasi

Anda akan mendapatkan wawasan yang bisa digunakan untuk memandu Anda selama berinvestasi dari tim finansial yang sudah ahli dalam menyampaikan analisis pasar dan peluang terbaru.

  • Diversifikasi Lebih Mudah

Dengan berinvestasi bersama DBS Treasures, Anda dapat melakukan diversifikasi dengan lebih mudah dan minim risiko.

  • Transaksi Lewat Satu Aplikasi

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menikmati kemudahan transaksi melalui satu Aplikasi digibank by DBS yang bisa diakses melalui perangkat yang terkoneksi ke internet.

Anda berkesempatan untuk didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang akan mengomunikasikannya, serta mendapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portfolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML).

Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Apabila Anda tertarik untuk memulai investasi dengan instrumen Reksadana Saham bersama DBS Treasures, Anda bisa klik di sini untuk info lebih detailnya.