Pinjaman KTA
24 Oct 2022

Ulas Kelebihan Pinjaman KTA Dibanding Pinjaman Lainnya

Pasti kamu sudah tidak awam dengan pinjaman. Ya, pinjaman sering digunakan masyarakat untuk membantu mereka dalam masalah pembiayaan. Namun, apakah kamu sudah pernah mendengar pinjaman KTA?

KTA adalah singkatan dari Kredit Tanpa Agunan. Itu artinya, kamu tidak perlu agunan atau jaminan untuk mendapatkan pinjaman. KTA sendiri berbeda dengan bentuk pinjaman lainnya. Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Perbedaan Pinjaman KTA dengan Pinjaman Lain

Akhir-akhir ini, KTA telah menjadi incaran banyak orang. Hal ini disebabkan oleh keunggulan-keunggulan yang dimiliki KTA. Namun sebelum ke keunggulan, kamu harus tahu perbedaan KTA dengan pinjaman lain di bawah ini.

  1. Jaminan
    Perbedaan paling mencolok antara KTA dan KDA (Kredit Dengan Agunan) adalah agunan itu sendiri atau jaminan.
    Dengan KDA, kamu harus menyiapkan jaminan agar pengajuan pinjaman kamu diterima. Jaminan ini bisa bermacam-macam, mulai dari surat-surat kendaraan bermotor hingga sertifikat rumah.
    Tidak semua aset dapat diterima menjadi agunan karena ada beberapa syarat yang menjadi pertimbangan pihak kreditur dan harus dipenuhi, yaitu:
    1. Agunan mempunyai nilai ekonomis, yakni aset dapat dinilai dengan uang.
    2. Kepemilikan agunan dapat diganti dengan mudah.
    3. Agunan dapat dimiliki berdasarkan hukum seutuhnya.
    4. Kreditur memiliki hak untuk likuidasi

    Sebaliknya, KTA tidak memerlukan agunan agar pengajuanmu dapat diterima. Oleh sebab itu, KTA bisa menguntungkan kamu apalagi bila tidak punya aset untuk dijadikan jaminan. Kamu juga tidak perlu memikirkan apapun mengenai jaminan.
  2. Penyitaan
    Jaminan erat kaitannya dengan penyitaan. Bila kamu mengajukan kredit dengan agunan atau jaminan, maka jaminan bisa disita bila kamu tidak dapat menyelesaikan kredit dengan baik. Bahkan, kreditur bisa melelang asetmu.
    Berbanding terbalik dengan KTA, kamu tidak akan mengalami penyitaan aset karena tidak ada aset yang kamu jaminkan ketika mengajukan kredit. Hal ini bisa melegakan kamu karena kamu tidak perlu khawatir kehilangan aset apapun.
    Namun bagaimanapun juga, kamu tetap harus menyelesaikan cicilanmu meskipun kamu menggunakan KTA. Bila cicilanmu bermasalah, kamu akan dihubungi pihak kreditur hingga permasalahanmu selesai.
  3. Suku Bunga
    Kredit dengan agunan di manapun biasanya memiliki suku bunga yang relatif sama dan kecil. Hal ini berkaitan dengan agunan yang dimiliki sehingga pihak kreditur seperti bank pun berani untuk memberikan suku bunga yang kecil.
    Berbeda dengan Kredit Tanpa Agunan, suku bunganya bisa berbeda antara pihak kreditur satu dengan lainnya. Ada beberapa pihak kreditur yang memberikan suku bunga cukup besar karena tidak adanya agunan.
    Namun, kamu masih bisa mengajukan Kredit Tanpa Agunan dengan suku bunga yang cukup kecil. Caranya adalah melalui bank yang bekerja sama dengan perusahaan tempat kamu bekerja.
    Di samping itu, jika kamu mempunyai kartu kredit dari sebuah bank dan kamu tidak pernah mengalami masalah kredit sebelumnya, bank juga bisa menerima pengajuan kredit tanpa agunanmu.
    Bila kamu tidak mempunyai fasilitas-fasilitas seperti di atas, kamu bisa menggunakan pinjaman online bunga rendah. Namun, kamu harus memastikan bahwa pinjaman tersebut legal agar tidak membahayakan dirimu sendiri nantinya.
    Melihat penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa kamu perlu melakukan survey terlebih dahulu terkait suku bunga dari masing-masing kreditur. Di samping itu, kamu juga bisa mempertimbangkan fasilitas-fasilitas yang kamu punya.
  4. Tenor
    Bila kamu memilih Kredit Dengan Agunan, maka kamu bisa memilih tenor atau jatuh tempo dari cicilan kamu relatif lebih panjang dari KTA. Hal ini masih berkaitan dengan agunan yang kamu ajukan sehingga kreditur berani memberikan waktu lebih.
    Bila kamu memilih Kredit Tanpa Agunan, biasanya kamu akan mendapatkan limit tenor lebih pendek daripada kredit dengan agunan. Namun jangan khawatir karena kamu masih tetap bisa memilih tenor yang cocok untuk kebutuhanmu.
  5. Limit Pinjaman
    Jika kamu memilih kredit dengan agunan, maka pihak kreditur berani memberikan pinjaman lebih besar. Hal ini disebabkan pihak kreditur mempunyai jaminan atas pemberian kredit tersebut.
    Namun, limit pinjaman yang diberikan kreditur akan bergantung pada agunan yang kamu berikan. Semakin besar nilai agunanmu, semakin besar juga pinjaman yang akan diberikan oleh kreditur.
    Itulah sebabnya, banyak orang yang memberikan sertifikat rumah sebagai agunan karena biasanya itulah aset mereka dengan nilai paling tinggi.
    Berbeda dengan KDA, Kredit Tanpa Agunan sering memiliki limit pinjaman lebih rendah karena tidak adanya jaminan dari debitur. Namun, kamu tetap bisa memilih limit pinjaman sesuai kebutuhanmu dari berbagai pihak kreditur
  6. Proses
    Proses yang harus dilalui oleh kamu bila mengajukan Kredit Dengan Agunan cukup panjang. Hal ini disebabkan kamu harus menyiapkan segala dokumen pendukung untuk mendapatkan pinjaman serta data-data mengenai agunanmu.
    Setelah mendapatkan pinjaman, pihak kreditur masih harus mengecek semua dokumen-dokumen. Belum lagi mereka harus men-survey nilai dari agunan yang kamu ajukan.
    Setelah mendapatkan data-data yang dibutuhkan, baru mereka akan menghitung berapa pinjaman yang akan kamu dapatkan. Nilai pinjaman ini tentu akan berada di bawah nilai agunanmu.
    Hal ini berbeda bila kamu memilih Kredit Tanpa Agunan. Meskipun kamu perlu menyediakan beberapa syarat, namun kamu tidak memerlukan semua langkah-langkah tersebut. Pihak kreditur pun juga demikian.
    Bahkan, ada beberapa penyedia KTA yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja agar pengajuan kreditmu dapat diterima. Biasanya, hal ini terjadi kepada jasa pinjaman online bunga rendah.
    Di samping itu, karena kreditur tidak menghitung berapa pinjaman yang akan mereka pinjamkan karena tidak adanya agunan sebagai patokan, maka kamu bisa menentukan sendiri besaran pinjaman sesuai kebutuhanmu.
  7. Syarat
    Syarat-syarat yang harus kamu tempuh pun berbeda. Bila ingin mengajukan Kredit Dengan Agunan, sudah pasti kamu harus memenuhi syarat agunanmu. Di samping itu, biasanya kamu juga akan diminta syarat-syarat lain seperti buku nikah dan lain-lain.
    Bila kamu mengajukan Kredit Tanpa Agunan, maka syarat-syaratnya akan bervariasi tergantung dari kreditur. Biasanya, syarat KTA dari pinjaman online akan lebih mudah.
    Itulah sebabnya kamu perlu men-survey beragam syarat yang kamu perlukan sebelum mengajukan pinjaman. Pilihlah syarat-syarat yang cocok dengan kebutuhanmu.

Kelebihan Kredit Tanpa Agunan

Dari penjelasan diatas, kamu sudah mengetahui berbagai perbedaan antara pinjaman KTA dengan bentuk kredit lainnya yang biasanya menggunakan agunan. Ada beberapa poin-poin yang bisa kamu pertimbangkan untuk memilih KTA, yakni:

  • Mudahnya Proses Peminjaman
    Seperti yang sudah kamu ketahui, kamu tidak perlu repot-repot menyiapkan jaminan. Di samping itu, kamu juga tidak perlu menyiapkan berbagai dokumen yang berkaitan dengan jaminan.
  • Singkatnya Waktu Proses Peminjaman
    Karena kamu tidak harus menempuh beragam langkah seperti saat memilih Kredit Dengan Agunan, maka kamu bisa memangkas waktu proses dalam pengajuan peminjamanmu.
  • Lebih Bebas
    Memang kamu bisa bebas dalam mengatur tenormu sendiri seperti kredit lainnya. Namun perlu diingat bahwa kamu juga mendapatkan kebebasan lainnya, seperti mengatur berapa banyak yang kamu butuhkan untuk pinjamanmu.
    Selain poin-poin di atas, ada juga  kelebihan yang kamu dapatkan bila kamu memilih KTA secara online, yakni kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa harus datang ke kantor. Jamnya pun bisa disesuaikan.
  • Variasi Peraturan
    Dengan Kredit Tanpa Agunan, kamu akan mendapatkan lebih banyak variasi peraturan. Variasi yang dimaksud di sini adalah tidak semua Kredit Tanpa Agunan menerapkan peraturan yang sama seperti yang sudah dibahas di atas.
    Berangkat dari alasan diatas, kamu bisa memilih peraturan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Hal ini juga berkaitan terhadap poin sebelumnya, yakni kamu bisa lebih bebas dalam pengajuan pinjamanmu.
  • Variasi Penyedia Kredit Tanpa Agunan
    Saat ini, penyedia jasa Kredit Tanpa Agunan tidak terbatas pada bank saja. Namun, banyak juga pinjaman online yang bersedia memberikan Kredit Tanpa Agunan. Oleh sebab itu, kamu lebih bisa memilih kreditur yang sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Lebih Terbuka bagi Segala Jenis Orang
    Karena kemudahan syarat, proses, waktu, dan lain-lain, maka Kredit Tanpa Agunan lebih terbuka bagi segala jenis orang. Bahkan, beberapa kreditur juga menyediakan KTA bagi orang kurang mampu yang tidak bisa mengajukan kredit dengan agunan.
    Alasan ini tentu dapat membantu kamu dalam masalah pembiayaan. Siapapun kamu, kamu masih bisa mengajukan kredit, termasuk kamu yang tidak mempunyai aset sekalipun.
    Itulah beragam kelebihan Kredit Tanpa Agunan dibandingkan Kredit Dengan Agunan. Dari penjelasan-penjelasan di atas, tentu kamu tahu bahwa KTA dapat lebih memudahkan hidup dan masalah pembiayaan yang kamu miliki. Ya, memang KTA adalah solusi di masa modern.
    Mungkin sekarang kamu mulai berpikir penyedia jasa KTA mana yang bisa kamu percaya untuk mengajukan pinjamanmu. Maka dari itu, mari kenali digibank by DBS, salah satu penyedia jasa pinjaman KTA yang terpercaya.
    digibank by DBS adalah salah satu bank digital terkemuka. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu khawatir akan kredibilitasnya. Selain itu, DBS Indonesia berkomitmen untuk menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik. Tentu hal ini bisa membuat kamu semakin aman dalam mengajukan pinjaman.
    Ada berbagai keunggulan yang bisa Sahabat digibank peroleh bila memutuskan untuk mengajukan pinjaman di digibank by DBS. Keunggulan-keunggulan tersebut adalah:
  • Online 24 Jam
    Siap melayani 24 jam secara online sehingga kamu bisa kapan saja dan di mana saja mengajukan pinjaman melalui website go.dbs.com/kta atau Aplikasi digibank by DBS yang bisa diunduh di ponselmu.
  • Proses Cepat
    Tak perlu lama untuk menunggu pinjamanmu karena prosesnya hanya memerlukan waktu 60 detik saja.
  • Langsung Cair
    Tidak hanya cepat, Sahabat digibank juga bisa mendapatkan dana hingga 200 juta Rupiah yang langsung ditransfer ke rekening kamu di digibank by DBS.
  • Atur Pinjamanmu Sendiri
    Tak perlu khawatir akan besaran dana karena kamu bisa mengatur berapa banyak pinjamanmu sendiri.
  • Atur Waktu Cicilanmu Sendiri
    Tak perlu khawatir juga akan tenor karena kamu bisa mengatur jatuh tempo cicilanmu sendiri hingga 36 bulan.
  • Tanpa Dokumen secara Fisik
    Kamu tak perlu mencantumkan dokumen secara fisik saat mengajukan pinjaman. Cukup dokumen secara online saja.
  • Mudahnya Persyaratan
    Persyaratan untuk mengajukan pinjaman sangat mudah, yakni kamu harus berdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, dan semarang, mempunyai NPWP dan e-KTP, serta mempunyai pendapatan minimal 5 juta Rupiah.

Bagaimana, menarik bukan? Untuk informasi lebih lanjut, Sahabat digibank bisa menuju ke website https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/pinjaman-digibank-kta

Tunggu apalagi? Yuk, ajukan pinjaman KTA digibank KTA dan nikmati keuntungan-keuntungan yang ditawarkan.