bisnis
25 Jan 2023

Tips Sukses Membuka Bisnis Showroom Mobil

Bisnis showroom mobil di Indonesia mempunyai potensi yang cukup bagus, itu karena minat masyarakat terhadap kendaraan roda empat semakin meningkat. Jika, kamu ingin mengambil peluang tersebut sebaiknya siapkan modal yang cukup dengan mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) agar showroom mobilmu bisa berkembang dengan baik.

Kebanyakan orang di Indonesia cenderung lebih suka bepergian menggunakan mobil dibandingkan transportasi umum maupun kendaraan lain. Tidak heran jika permintaan pasar terhadap kendaraan roda empat terus meningkat dari waktu ke waktu, baik itu berupa mobil baru maupun bekas.

Tips Sukses Mengembangkan Bisnis Showroom Mobil

Meskipun potensi bisnis showroom mobil tergolong cukup bagus  bukan berarti kamu bisa menjalankannya dengan mudah tanpa hambatan. Sebesar apapun peluang bisnisnya pasti akan ada tantangan yang menunggumu, sehingga kamu perlu mengetahui tips mengembangkan bisnis showroom mobil berikut ini. 

●      Mencari Pengalaman di Bidang Jual Beli Mobil

Tips pertama jangan langsung membuka showroom mobil skala besar jika belum memiliki pengalaman di bidang jual beli mobil. Kamu bisa mengawali bisnis ini dengan menjadi perantara antara penjual mobil dengan pembeli atau yang biasa disebut sebagai makelar.

Dengan menjadi perantara kamu akan mendapat banyak pengalaman di bidang jual beli mobil khususnya mobil bekas. Pengalaman ini sangat berguna untuk memulai bisnis showroom mobil yang kamu inginkan. Dengan berbekal pengalaman yang cukup bisnis showroom mobilmu bisa berkembang lebih pesat kedepannya.

●      Siapkan Modal

Setelah mempunyai pengalaman yang cukup di bidang jual beli mobil, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan diri memulai bisnis showroom mobil. Hal pertama yang harus disiapkan yaitu modal, kamu bisa mendapatkannya melalui investor, tabungan pribadi, maupun kredit tanpa jaminan.

Mencari investor memang tidak mudah apalagi jika bisnis tersebut baru dimulai tapi jika mengandalkan uang tabungan kamu tidak bisa mengembangkan bisnis secara maksimal. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika mengajukan kredit tanpa agunan untuk mendapat tambahan modal bisnis.

●      Memilih Lokasi Showroom di Tempat Strategis

Tips mengembangkan bisnis showroom mobil berikutnya, yaitu memilih lokasi showroom di tempat yang strategis. Untuk menarik perhatian banyak orang kamu harus mencari lokasi showroom di tempat-tempat yang ramai. Dengan begitu, akan ada banyak orang yang tertarik membeli mobil di showroom milikmu.

Di awal bisnis sebaiknya kamu menyewa tempat agar biaya operasional bisnis tidak terlalu membengkak. Jika, memungkinkan carilah lokasi dengan harga sewa yang serendah mungkin namun tetap berada di lokasi yang strategis.

●      Cari Mobil Berkualitas yang Paling Diminati Pasar

Tidak semua merek mobil mempunyai kualitas yang bagus meskipun dijual dengan harga tinggi. Oleh karena itu, kamu harus lebih jeli mencari mobil yang menawarkan spesifikasi tinggi dengan kualitas yang bagus. Tips ini bertujuan agar pelanggan puas dengan mobil yang kamu jual.

Dengan begitu tingkat kepercayaan mereka terhadap bisnismu akan semakin tinggi. Selain itu perhatikan juga trend mobil yang sedang berkembang di pasar nasional. Saat ini mobil jenis multi purpose vehicle (MPV) memiliki banyak peminat sehingga patut ada di showroom mobilmu.

Melalui pengajuan kredit tanpa agunan kamu bisa mendapat tambahan modal untuk membeli mobil-mobil jenis MPV yang diminati pelanggan. Tidak harus mobil baru kamu bisa membuka showroom mobil bekas yang kualitasnya masih terjaga.

●      Cari dari Tangan Pertama

Baik itu mobil baru maupun bekas sebaiknya kamu langsung membelinya dari tangan pertama untuk memperlancar jalannya bisnis. Dengan membeli dari tangan pertama kamu bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar karena harganya lebih murah.

●      Bangun Relasi Bisnis Seluas Mungkin

Pada berbagai bidang bisnis relasi merupakan hal penting yang akan mendukung kesuksesan. Melalui jaringan relasi yang luas kamu bisa mendapat berbagai informasi terkait bisnis jual beli mobil. Tidak hanya itu saja kamu kamu juga bisa mendapat rekan bisnis yang tepat.

Kamu juga harus menjalin hubungan kerja sama dengan berbagai pihak bank atau leasing untuk mempermudah pelanggan yang ingin membeli mobil secara kredit. Cara melakukannya cukup mudah kamu hanya perlu mendatangi beberapa perusahaan leasing penyedia kredit kendaraan di wilayah sekitarmu.

Selain perusahaan leasing kamu juga perlu menjalin kerja sama dengan makelar mobil dan sales freelance untuk membantu meningkatkan penjualan. Kamu bisa menerapkan sistem bagi hasil berupa persentase atau semacamnya sebagai upah atas jasanya.

●      Menerapkan Strategi Promosi yang Efektif dan Efisien

Meskipun sudah bekerja sama dengan sales freelance dan makelar mobil, tetap saja kamu membutuhkan upaya promosi untuk memperkenalkan showroom mobil tersebut ke masyarakat. Agar mendapat hasil yang maksimal pastikan memilih strategi promosi yang efektif dan efisien bagi bisnis.

Contohnya dengan menerapkan strategi digital marketing yang memanfaatkan media digital sebagai wadah promosinya, seperti Instagram, Twitter, Facebook, website, marketplace khusus jual beli mobil, dan semacamnya.

Melalui media digital tersebut kamu bisa mempromosikan bisnis showroom ke pelanggan yang tepat secara luas sehingga lebih efektif dan hemat biaya.

●      Terus Ikuti Trend Pasar

Tren mobil di pasar Indonesia terus mengalami perubahan sehingga kamu harus siap mengikuti perubahan tersebut jika ingin bertahan. Supaya tidak ketinggalan kamu harus terus update mengenai trend jenis dan model mobil yang sedang diminati masyarakat Indonesia.

●      Ciptakan Inovasi Baru

Jika, ingin bisnis showroom mobilmu bertahan dalam waktu yang lama maka kamu harus membuat inovasi dan terobosan baru setiap waktu. Inovasi yang dimaksud disini adalah mengenai pelayanan terhadap pelanggan. Kamu harus bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk pelanggan.

Untuk mewujudkannya berikan mereka kemudahan dalam bertransaksi di showroom mobilmu. Contohnya dengan membuat platform digital khusus jual beli mobil bekas atau layanan inovatif lainnya.

Kembangkan Bisnis Showroom Mobil Impianmu dengan KTA

Sekarang tidak perlu bingung mencari tambahan modal bisnis karena digibank KTA menawarkan kredit tanpa jaminan dengan limit Rp200 juta. Kamu bisa mulai mengembangkan bisnis showroom mobil dengan mengajukan kredit sesuai jumlah yang dibutuhkan.

Berikut ini kelebihan digibank KTA  yang akan mempermudahmu mendapat tambahan modal bisnis:

  • Proses pengajuan kredit bebas agunan dapat dilakukan kapan dan dimana saja lewat Aplikasi digibank by DBS atau website go.dbs.com/kta selama 24 jam nonstop.
  • Tidak perlu menunggu lama cukup dalam 60 detik kamu akan mendapat notifikasi persetujuan.
  • Limit besar yakni Rp200 juta. Ini pun bisa langsung cair ke rekening digibank by DBS milikmu.
  • Jumlah kredit tanpa agunan bisa kamu tentukan sendiri sesuai keinginan.
  • Cicilannya ringan karena bisa diangsur hingga 36 bulan.
  • Prosesnya mudah dan praktis karena tidak perlu memberikan dokumen fisik apapun.
  • Sebelum mengajukan kredit tanpa jaminan, pahami dulu syarat kredit tanpa agunan digibank KTA. Syarat utamanya adalah harus berdomisili di area cakupan yaitu di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang, serta mempunyai e-KTP, NPWP, dan gaji paling sedikit Rp5 juta per bulan.

Dapatkan tambahan modal bisnis senilai Rp200 juta untuk mengembangkan bisnis showroom mobil impianmu dengan digibank KTA. Yuk tunggu apalagi segera ajukan kredit tanpa agunan sekarang juga! Dapatkan informasi selengkapnya terkait syarat dan ketentuan pengajuan kredit tanpa jaminan ini di sini.