Apartemen
30 Dec 2022

Tips Renovasi Apartemen dengan Konsep Eklektik

Ingin punya apartemen yang nyaman dengan konsep eklektik? Kamu bisa mewujudkannya karena sekarang ada KTA dari bank yang bisa dimanfaatkan untuk renovasi. Kamu tinggal menyusun rencana renovasi dan memastikan hasilnya benar-benar sesuai dengan konsep yang diharapkan.

eklektik ini memang bisa jadi konsep yang tepat untuk diterapkan di apartemen. Banyak hunian yang sudah menggunakan gaya dekorasi ini karena estetik dan memberi kesan nyaman. Yuk, cari tahu lebih jauh apa sebenarnya konsep eklektik itu dan bagaimana cara untuk mewujudkannya.

Apa Itu Konsep Eklektik dalam Hunian?

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan konsep hunian eklektik? eklektik itu sendiri adalah gaya desain dan arsitektur yang sangat digemari di abad 19. Konsep eklektik menggabungkan unsur historis sehingga bisa menghasilkan sebuah tampilan yang autentik dan berkelas.

Tapi jangan salah ya, walaupun di dalamnya ada unsur historis tapi konsep eklektik ini tetap sangat fleksibel. Di dalamnya masih mengutamakan kebebasan dalam berekspresi jadi tidak mengesampingkan sisi modern dalam pengaplikasiannya.

Konsep eklektik ini bisa diterapkan di berbagai hal. Bukan hanya desain interior tapi juga bisa berupa struktur bangunan, motif dekorasi, jenis furniture yang dipakai, dan lain-lain.

Sebenarnya kalau dilihat sekilas, konsep hunian eklektik ini cukup mirip dengan desain bergaya klasik. Contohnya saja seperti desain interior dengan gaya victorian dan gothic. Jadi bisa dibayangkan kemana arah konsep dari gaya eklektik ini.

eklektik bisa jadi pilihan model interior yang tepat kalau kamu menginginkan rumah yang punya kesan klasik dan elegan. Tapi konsepnya sama sekali tidak membosankan dan masih masuk buat anak-anak muda.

Tips Renovasi Apartemen dengan Konsep Eklektik

Semakin tertarik buat renovasi apartemen dengan gaya desain eklektik tadi? Nah, kamu bisa menerapkan beberapa tips ini supaya keinginan tersebut bisa terwujud:

  • Cari Desain eklektik yang Paling Disukai

Pertama-tama, carilah dulu desain eklektik yang paling kamu sukai. Konsep eklektik itu sendiri cukup populer dan banyak sekali peminatnya. Jadi tidak sulit menemukan rumah-rumah atau apartemen yang menggunakan konsep tersebut.

Satu konsep atau satu gaya desain interior di sebuah hunian itu bisa diwujudkan dalam berbagai jenis visual. Jadi kalau kamu cuma memilih konsep eklektik tanpa menunjuk contoh yang spesifik maka akan sulit untuk mewujudkannya.

Apalagi soal warna, ini sangat sensitif dan biasanya punya pengaruh besar di dalam sebuah hunian. Jadi pastikan kamu memilih konsep eklektik yang sesuai dengan konsep warna yang paling cocok dengan selera pribadi.

Jangan lupa ya, pilihan desain eklektik tadi harus disesuaikan juga sama apartemen yang ditempati. Terutama dari segi ukuran, pastikan kalau desain yang dipilih bisa mudah diadaptasi di apartemen dengan ukuran tersebut.

  • Buat Rencana Renovasi sesuai Kondisi Apartemen

Lanjut buat rencana renovasi sesuai kondisi apartemen yang ditempati. Dalam hal ini kamu bisa mulai dengan menentukan mana saja titik yang akan diubah supaya konsep eklektik tadi bisa diwujudkan.

Rencana renovasi ini penting karena bisa dijadikan acuan buat para pekerja. Kamu juga bisa lebih mudah mendapatkan gambaran seperti apa hasil akhir renovasi nantinya.

Sebagai pemilik apartemen, kamu pasti tahu betul ukuran dan desain apartemen yang ditempati. Jadi kamu bisa memperkirakan dengan baik mana saja yang masuk ke dalam rencana renovasi.

  • Cari Vendor yang Bisa Mewujudkan Konsep Eklektik

Ini dia yang paling penting untuk dilakukan jika ingin merenovasi apartemen. Pastikan kamu mencari vendor yang benar-benar terpercaya dan hasil kerjanya memang berkualitas bagus.

Zaman sekarang ada banyak vendor renovasi apartemen yang memberi penawaran beragam. Tapi kamu harus fokus ke vendor yang bisa mewujudkan desain eklektik tadi di dalam apartemen.

Biasanya setiap vendor renovasi punya fokus konsep yang berbeda-beda. Bahkan ada juga yang mungkin belum pernah mengerjakan renovasi dengan gaya eklektik seperti yang diharapkan.

Daripada hasil akhirnya tidak sesuai ekspektasi maka lebih baik langsung cari vendor yang memang paham betul konsep eklektik tersebut. Cari tahu juga contoh-contoh hasil renovasi dengan konsep eklektik yang sudah mereka lakukan.

  • Segera Berburu Furniture yang Tepat

Kamu harus tahu kalau salah satu poin penting dalam renovasi apartemen itu pemilihan furniture atau perabot. Jadi selain mempertimbangkan renovasi lantai, dinding, atau langit-langit, pastikan kamu juga memikirkan masalah perabot tadi.

Di titik ini kamu bisa memilih mau beli atau pesan secara custom. Mungkin kamu bisa lebih hemat waktu kalau melakukan custom tapi memang butuh waktu lebih lama dan biayanya juga bisa jadi lebih banyak.

Sama halnya seperti mencari desain eklektik yang paling sesuai selera tadi, kamu juga bisa berburu ide desain furniture dulu lewat berbagai sumber. Cari tahu perabot apa saja yang bisa memperkuat desain eklektik di dalam apartemen tadi.

  • Perhitungkan Kebutuhan Biaya

Nah, ini dia yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam setiap proses renovasi. Sudah pasti kamu harus mempersiapkan biaya dan memperhitungkan pemakaiannya dengan teliti.

Biaya renovasi apartemen ini bisa saja membengkak kalau tidak diperhitungkan dan dipersiapkan dengan baik. Apalagi kalau kamu tidak punya kontrol dan membiarkan vendor melakukan pemilihan produk sesuka hati mereka.

Lebih disarankan untuk menghitung pemakaian budget sejak awal sebelum renovasi dimulai. Ajak vendor untuk berdiskusi masalah ini sehingga kamu bisa lebih mudah mempersiapkan biaya dengan jumlah yang tepat.

Konsep eklektik itu sendiri menawarkan tampilan yang mewah dan elegan. Jadi bukan hal aneh kalau biaya yang dibutuhkan agar bisa menghasilkan desain eklektik ini cukup besar.

Ada solusi mudah yang bisa kamu ambil untuk memenuhi kebutuhan biaya renovasi apartemen dengan konsep eklektik. Kredit tanpa agunan atau KTA adalah salah satunya dimana kamu bisa mendapat pinjaman dana dengan cepat sesuai nominal yang kamu butuhkan.

Tips Mengatur Budget Renovasi Rp100-200 Juta

Apakah mungkin melakukan renovasi apartemen dengan gaya eklektik ini pakai budget Rp100-200 juta? Tentu saja mungkin! Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan saat mengatur budget renovasi dengan nominal tersebut:

  • Pilih Dulu Vendor yang Sesuai

Poin penting dalam renovasi ini adalah vendor yang akan diajak bekerja sama. Mereka punya peran besar dalam mendukung kelancaran atau keberhasilan renovasi. Jadi kamu harus mengalokasikan dana untuk memilih vendor terlebih dahulu.

Pastikan vendor yang kamu pilih sudah sesuai. Lihat kemampuan renovasi mereka dan jauh lebih baik kalau vendor tersebut memang ahli mewujudkan konsep eklektik di dalam sebuah hunian seperti yang sudah dibahas tadi.

Diskusikan total biaya renovasi dengan pihak vendor. Jika biaya untuk vendor sudah terpenuhi maka bisa dikatakan aman.

  • Buat List Kebutuhan Renovasi dengan Rinci

Renovasi itu butuh banyak hal dan semuanya butuh pengeluaran. Lebih mudah mengatur pengeluaran renovasi kalau kamu menuliskan daftar kebutuhannya secara rinci.

Tuliskan apa saja yang harus kamu beli dalam proyek renovasi ini. Jangan lupa, lengkapi juga dengan jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk setiap kebutuhan tersebut.

List kebutuhan ini tidak hanya membantu mengontrol pengeluaran atau pemakaian budget tapi juga bisa membantu kelancaran renovasi. Kalau semua kebutuhan terpenuhi pasti kamu juga bisa lebih mudah menyelesaikan proyek tersebut.

Di sini kamu juga bisa minta bantuan vendor. Diskusi saja dengan vendor dan cari tahu apa saja barang-barang dan kebutuhan renovasi yang mereka butuhkan. Jangan lupa konsep eklektiknya harus tetap dipertahankan.

  • Tentukan Batasan Renovasi

Kamu bisa lebih mudah mengendalikan pengeluaran atau pemakaian budget renovasi jika ada batasan. Tentukan dulu batasan renovasi yang ingin kamu lakukan di apartemen. Mana saja bagian yang akan diubah dan apa saja yang akan dilakukan.

Kalau tidak ada batasan, biaya renovasi sudah pasti bisa membengkak. Apalagi tidak ada teori pasti yang membatasi berapa seharusnya biaya untuk renovasi apartemen.

Kamu bisa saja lapar mata dan menginginkan banyak hal dalam renovasi tersebut. Akhirnya budget Rp100-200 juta jadi kurang mencukupi sampai proyek renovasi selesai.

Berapapun uang yang kamu sediakan untuk renovasi, bisa saja habis begitu saja bahkan kurang. Jadi kamu harus tentukan dulu batasan renovasinya sejak awal dan pastikan batasan ini jadi acuan saat menggunakan dana renovasi.

  • Pilih Furniture yang Masuk Budget

Kamu harus memikirkan baik-baik furniture apa saja yang bisa dipakai di apartemen dengan konsep eklektik tadi. Sebaiknya segera sisihkan dana untuk memilih furniture yang tepat baik itu beli atau buat secara custom.

Kebutuhan budget untuk furniture ini juga bisa dibilang besar. Jadi kamu harus hati-hati memilih furniture yang harganya masuk dengan budget. Sesuaikan saja supaya kamu tidak kekurangan biaya padahal proses renovasi belum selesai.

Dalam hal ini kamu juga tetap butuh batasan. Langsung buat batasan berapa banyak uang yang bisa dihabiskan untuk membeli furniture. Jadi ada kontrol yang mencegah kamu untuk membeli furniture sesuka hati sampai menghabiskan banyak biaya.

Ingat kembali kalau biaya renovasi apartemen itu tidak murah. Jadi kamu harus benar-benar teliti dalam mengeluarkan uang. Apalagi kalau kamu sudah punya budget sejak awal, jangan sampai budget tersebut tidak dimanfaatkan secara optimal.

Renovasi Apartemen dengan Gaya Eklektik dengan KTA

Rencana renovasi apartemen dengan konsep eklektik bisa kamu wujudkan sekarang juga menggunakan modal dana KTA dari digibank KTA. Produk pinjaman ini memiliki banyak keunggulan yang sangat menguntungkan untukmu.

Kamu bisa melakukan pengajuan pinjaman secara online 24 jam melalui laman go.dbs.com/kta atau bisa juga melalui Aplikasi digibank by DBS. Approval-nya sangat singkat, hanya butuh waktu 60 detik dan kamu bisa langsung mencairkan dana pinjaman sampai Rp200 juta.

Proses pengajuan pinjaman ini juga fleksibel dimana kamu bisa menentukan nominal dananya dengan mudah. Tenor cicilannya pun panjang bisa mencapai 36 bulan. Ditambah lagi kamu tidak perlu mengumpulkan dokumen fisik apapun.

Persyaratan untuk mendapat pinjaman ini juga sangat mudah. Kamu harus memastikan tinggal di area Jabodetabek, Semarang, Surabaya, dan Bandung. Pastikan kamu punya penghasilan minimal Rp5 juta dan memiliki e-KTP serta NPWP.

Adanya produk digibank KTA ini akan memberi kemudahan bagi kamu untuk renovasi apartemen dengan konsep eklektik yang estetik. Lakukan pengajuan secepatnya agar kamu juga bisa lebih cepat menikmati suasana hunian eklektik tanpa perlu banyak drama. Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan melakukan pengajuan.