pinjaman kta
21 Nov 2022

Tips Menghindari Penyalahgunaan Pinjaman KTA

Kredit tanpa agunan (KTA) merupakan salah satu produk pinjaman perbankan yang populer. Nilai bunga yang cenderung kecil serta proses pengajuan yang praktis membuat banyak kalangan lebih memilih untuk menggunakan pinjaman KTA.

 

Namun, sebelum mengajukan KTA pastikan jika dana yang kamu ajukan tersebut memang benar-benar dibutuhkan seperti renovasi rumah, biaya pernikahan, liburan bersama keluarga ataupun biaya pendidikan.

 

Mengingat produk KTA semakin banyak diminati, tidak bisa dipungkiri jika beberapa oknum tidak bertanggung jawab juga banyak memanfaatkan momen tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Oleh sebab itu, kamu juga perlu waspada terhadap penyalahgunaan KTA.

 

Tips Memanfaatkan KTA dengan Bijak

Berikut kami paparkan beberapa tips memanfaatkan KTA secara bijak.

 

  • Pastikan Tujuan Penggunaannya Jelas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tujuan pengajuan KTA haruslah jelas. Jangan sampai kamu mengajukan KTA hanya untuk hal-hal yang tidak dibutuhkan sama sekali.

 

Jika kamu membutuhkan dana pinjaman untuk keperluan yang tidak terlalu mendesak maka akan lebih baik untuk tidak mengajukannya. Hal ini justru hanya akan merugikan kamu yang harus membayar cicilan setiap bulannya.

 

  • Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan

Tips memanfaatkan KTA selanjutnya adalah dengan menyesuaikan kondisi keuangan yang dimiliki. Bagaimanapun juga KTA termasuk pinjaman yang wajib kamu lunasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bank.

 

Jadi, ada baiknya jika kamu benar-benar memperhitungkan jumlah pinjaman yang akan diambil dengan kondisi finansial yang sedang dihadapi saat ini dan juga di masa yang akan datang. Jangan mengorbankan pos-pos pengeluaran yang penting hanya untuk mendapatkan KTA ini.

 

  • Ajukan Nominal hanya Seperlunya

Sama seperti poin sebelumnya, kamu juga patut mempertimbangkan jumlah nominal pinjaman yang akan diambil.

 

Sekalipun pihak perbankan menawarkan jumlah pinjaman yang bisa diambil hingga kisaran Rp300 juta, jika yang kamu butuhkan hanyalah sekitar Rp100 atau Rp200 juta saja, maka ada baiknya untuk mengajukan nominal pinjaman sesuai dengan kebutuhan kamu saja.

 

Pinjaman bunga rendah memang telah banyak ditawarkan untuk pengajuan KTA ini. Meskipun demikian, kamu tetap perlu memperhitungkan secara pasti berapa jumlah pinjaman yang dibutuhkan. Dengan begitu, kamu pun sudah memiliki gambaran mengenai jumlah pinjaman yang harus dibayar setiap bulannya.

 

Jangan sampai kamu mengajukan pinjaman yang terlalu besar hingga kamu sendiri kesulitan untuk membayarnya setiap bulan. Ingat! “Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik ya!”

 

  • Cermati Syarat dan Ketentuannya

Jangan asal saat mengajukan pinjaman tanpa membaca syarat dan ketentuannya dengan teliti. Perlu kamu tahu bahwa setiap lembaga perbankan memiliki aturan dan ketentuannya masing-masing. Dengan memahami semua syarat dan ketentuan yang diberikan maka kamu pun bisa terhindar dari risiko salah persepsi saat mengajukan pinjaman.

 

  • Rencanakan Pelunasannya

Yang namanya pinjaman maka tentu berkaitan erat dengan yang namanya waktu pelunasan. Agar pinjaman KTA yang kamu ajukan dapat dimanfaatkan secara efektif maka rencanakanlah jadwal pelunasannya.

 

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatur jadwal pelunasan ini ialah dengan menghitung masa tenor dan suku bunga dari produk KTA yang dipilih. Jumlah nominal yang kamu dapatkan dari hasil perhitungan tersebut bisa menjadi acuan untuk menyisihkan uang setiap bulannya.

 

pinjaman yang dibayar sesuai jadwal yang ditentukan juga akan menghindarkan kamu dari risiko kerugian berupa pembayaran denda. Tentu saja risiko denda ini juga akan menguras dompet karena kamu perlu mengeluarkan modal lebih lagi.

 

Risiko Menyalahgunakan Pinjaman KTA

Tidak bisa dipungkiri jika kebutuhan hidup saat ini memang semakin mahal. Harga yang semakin melambung tinggi juga menjadi salah satu alasan mengapa berbagai kebutuhan hidup menjadi mahal setiap tahunnya. Tingginya biaya hidup otomatis berimbas pula pada gaya hidup banyak orang. Tak heran jika beberapa kalangan harus berhutang demi memenuhi kebutuhan mereka.

 

KTA menjadi salah satu produk pinjaman yang banyak digunakan guna menunjang kebutuhan banyak kalangan. Proses pengajuan yang lebih mudah serta tidak adanya jaminan rumah, kendaraan dan barang-barang lainnya saat mengambil pinjaman membuat banyak pihak menjatuhkan pilihan pinjaman pada KTA. Namun, perlu kamu ketahui bahwa segala jenis pinjaman memiliki waktu periode pelunasan yang jika tidak dilunasi maka bersiaplah dengan risiko denda.

 

Denda yang harus dibayarkan tentu akan semakin berkali-kali lipat jumlahnya jika kamu terus menunda pembayaran. Jika ini terus berlanjut maka bersiaplah untuk dikejar oleh para debt collector. Tentu kamu tidak mau bukan menghabiskan sisa hidup dengan terus diburu oleh penagih hutang. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pengajuan pinjaman KTA, kamu harus memiliki kondisi keuangan yang stabil lebih dulu.

 

Pastikan jika pinjaman cicilan yang akan dibayarkan setiap bulannya tidak mengganggu pos-pos pengeluaran biaya hidup sehari-hari seperti tagihan listrik, asuransi kesehatan, konsumsi hingga biaya kebutuhan anak. Jika kebutuhan sehari-hari kamu saja sulit untuk kamu penuhi lewat gaji yang dimiliki maka ada baiknya untuk mengajukan pinjaman KTA saat kondisi keuangan sudah kembali sehat.

 

Namun, jika kamu memang sedang membutuhkan pinjaman KTA maka ada baiknya untuk memperhitungkan nominal pinjaman yang akan diambil dan menyesuaikannya sesuai dengan gaji dan pengeluaran sehari-hari.

 

Mengambil pinjaman secara asal tanpa perhitungan yang matang hanya akan membebani hidup kamu dan keluarga. Terlilit hutang yang tak sanggup dibayar berisiko besar pada kesehatan mental. Kamu bisa stress, ketakutan bahkan bisa menjadi semakin depresi.

 

Situasi seperti ini banyak ditemui pada orang-orang yang tak sanggup membayar hutang mereka. Stress berlebihan akan mengganggu kehidupan sehari-hari seperti jarang makan, susah tidur hingga sulit untuk bersosialisasi lagi. Stress dan depresi ini muncul akibat adanya tekanan dari dalam diri yang pada akhirnya memunculkan ketakutan dan kekhawatiran setiap harinya.

 

Pada akhirnya, kondisi yang kamu hadapi tersebut juga berimbas pada keluarga termasuk pada anak dan juga pasangan. Tak sedikit kasus bunuh diri terjadi akibat masalah hutang pinjaman ini. Bahkan, banyak pula yang sulit mengontrol emosinya sehingga gelap mata menghabisi keluarga dan orang-orang terdekatnya demi melampiaskan amarahnya tersebut.

 

Pada dasarnya, tak ada yang salah dengan berhutang, akan tetapi jika dilakukan tanpa perhitungan yang matang maka risiko buruk seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bisa saja terjadi. Kesehatan mental dan fisik sangatlah dipengaruhi jika mengalami tekanan hutang ini. 

 

Tips Menghindari Penyalahgunaan KTA dari Pihak Tak Bertanggung Jawab

Hampir sama dengan risiko penyalahgunaan pinjaman online, kamu juga perlu berhati-hati saat ingin mengajukan pinjaman KTA. Berikut adalah beberapa tips penting yang bisa kamu terapkan agar terhindar dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

 

  • Tidak Mengunggah Identitas Diri di Media Sosial

Kemajuan teknologi memang semakin memudahkan segala aktifitas sehari-hari, begitu halnya dalam pengajuan pinjaman KTA yang sudah bisa dilakukan secara online. Namun, hal ini justru bisa menjadi celah bagi orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, saat melakukan pengajuan KTA, pastikan untuk tidak mengunggah informasi diri di berbagai sosial media.

 

  • Waspada Menerima Pesan dari Sumber yang Mencurigakan

Kebocoran data pribadi memang semakin marak, jadi pastikan untuk lebih mewaspadai berbagai informasi yang kamu terima terkait pengajuan KTA baik itu lewat SMA, WA maupun lewat pesan sosial media lainnya.

 

Pastikan untuk tidak mengklik tautan apapun yang diberikan saat menerima pesan yang tak jelas asal-usulnya. Terlebih jika isi pesan tersebut memberikan iming-iming pengajuan pinjaman KTA dalam jumlah fantastis dengan syarat yang tidak masuk akal.  

 

Kamu wajib berhati-hati jika tiba-tiba menerima permintaan akses data yang tidak pernah kamu lakukan sama sekali sebelumnya. Jika mendapatkan telepon yang tidak jelas dan mengatasnamakan sebuah lembaga pinjaman maka ada baiknya untuk segera mengabaikannya saja.

 

  • Pastikan Lembaga Perbankan Terdaftar dalam OJK

Sebelum mengajukan pinjaman KTA kamu juga patut memastikan jika lembaga pemberi dana pinjaman tersebut memang telah terdaftar pada OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Perlu kamu tahu bila saat ini sudah banyak lembaga abal-abal yang menawarkan pinjaman. Oleh sebab itu, lebih telitilah sebelum mengajukan pinjaman.

 

  • Memahami Semua Ketentuan Pengajuan pinjaman

Berhubung proses pengajuan pinjaman KTA sudah semakin mudah dan praktis maka hal ini juga dimanfaatkan oleh beberapa oknum untuk mendapatkan keuntungan dari banyak nasabah. Salah satunya ialah dengan menawarkan ketentuan dan syarat pengajuan pinjaman yang terbilang sangat mudah.

 

Terlebih saat ini proses pengajuan pinjaman juga sudah bisa dilakukan lewat aplikasi digital dan juga website, maka banyak penipu di luar sana menggunakan software dan website pinjaman ilegal untuk mencuri data-data penting nasabah yang kurang paham tentang teknologi.

 

Jadi, saat kamu mendapatkan tawaran untuk mengakses sebuah aplikasi ataupun website untuk pengajuan pinjaman, pastikan dulu apakah situs dan software tersebut legal atau illegal. Bacalah ketentuan pengajuan pinjaman dari lembaga resmi serta cek dengan teliti mengenai alamat situs dan aplikasi resmi yang digunakan.

 

Ajukan Pinjaman Lebih Mudah dan Praktis dengan digibank KTA

digibank KTA menawarkan proses yang mudah, jumlah pinjaman yang super besar dan juga menghadirkan pinjaman bunga rendah.  Berikut adalah beberapa keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan saat mengajukan pinjaman KTA ini.

 

  • Online 24 jam dimana nasabah bisa melakukan pengajuan KTA online tanpa ribet karena apply online dimana saja dan kapan saja melalui Aplikasi digibank by DBS atau melalui website go.dbs.com/kta yang bisa diakses melalui handphone.
  • Proses approval cepat hanya dalam 60 detik saja.
  • Dana langsung cair ke rekening digibank by DBS hingga Rp 200 juta.
  • Kamu bisa mengatur jumlah pinjaman sesuka hati.
  • Cicilan hingga 36 bulan.
  • Tidak membutuhkan berkas fisik.
  • Persyaratan mudah di mana kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, atau Semarang, memiliki e-KTP dan NPWP, dan berpenghasilan minimum 5 juta.

Semua proses pengajuan pinjaman KTA digibank KTA lebih praktis dan anti ribet. Pastikan untuk mengajukan pinjaman KTA lewat lembaga resmi yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Lihat informasi lengkapnya melalui link berikut https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/pinjaman-digibank-kta.